Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

7 Langkah Penting Ketika Akan Update WordPress

Saat ini melakukan updgrade dan update sistem WordPress sudah berkembang sangat baik dari tahun ke tahun dan mudah sekali. Namun, masih ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memastikan bahwa upgrade WordPress Anda berjalan lancar.

update wordpress

Melakukan update WordPress memang sangat mudah, tapi kadang juga menimbulkan masalah serius ketika update tidak berjalan dengan lancar. Pada artikel kali ini saya akan membuat artikel tentang 7 langkah penting ketika akan melakukan update WordPress. Sebenarnya langkah ini tergantung pada apa yang Anda butuhkan untuk memperbarui, beberapa langkah-langkah ini mungkin perlu dihilangkan, tapi di sini adalah urutan yang tepat ketika ingin melakukan update wordpress yang benar:

Baca : Cara Nonaktifkan Pemberitahuan update WordPress

1. Waktu

Pertama dan terpenting, upgrade dan update WordPress harus dilakukan pada jam off-peak Anda, yaitu waktu pada saat dimana situs Anda mendapatkan lalu lintas rendah. Biasanya waktu ini di malam hari (ketika orang kebanyakan sedang tidur dan sudah pulang dari tempat kerja), tapi itu tergantung pada pola lalu lintas situs Anda, Anda harus melihat terlebih dahulu di Google Analytics Anda untuk melihat kapan waktu terendah situs Anda mendapatkan kunjungan.

Kuncinya di sini adalah untuk menjalankan upgrade atau update pada situs Anda sebaiknya di lakukan pada waktu aktivitas rendah, hal ini untuk menghindari jika sesuatu berjalan tidak lancar dan terjadi masalah.

2. Back Up

Dengan mempunyai file Backup, tentu hal tersebut dapat memastikan bahwa Anda memiliki rencana tindakan sesegera mungkin ketika terjadi suatu kesalahan. Anda dapat mengembalikan situs Anda seperti semula dengan cepat dan mencari solusi tanpa harus kehilangan situs Anda dalam beberapa jam.

  • Back up database situs Anda. Anda dapat melakukannya melalui PHPMyAdmin atau dengan menggunakan plugin seperti backup wp.
  • Back up tema dan plugin. Anda dapat mengambil backup manual melalui FTP client atau juga bisa menggunakan bantuan plugin.

Perlu dicatat bahwa back up folder upload (di dalam wp-content), yang sering dapat memakan waktu yang lama, jadi hal ini tidak diperlukan sebelum upgrade. Jadi yang perlu Anda lakukan adalah back up database, tema dan plugin situs Wordpres Anda.

3. Caching Off

Menonaktifkan plugin caching Anda sangat di perlukan sebelum melakukan update WordPress. Plugin cache yang sering digunakan adalah W3 Total Cache, WP Super Cache, atau Quick Cache.

Silahkan matikan terlebih dahulu, karena hal ini memastikan bahwa Anda tidak caching halaman pemeliharaan selama update dan tidak sebaliknya mengganggu proses update.

4. Update Plugin dan Framework Tema

Seringkali, update WordPress disertai dengan update plugin dan tema. Pengembang biasanya memiliki head yang akan datang ketika update WordPress dan dengan dveloper akan tahu dan segera membuat plugin dan tema mereka kompatibel dan siap ketika updateWordpress baru dirilis.

Silahkan Perbarui semua plugin dan tema sebelum upgrade WordPress.

5. Update WordPress

Pada langkah ke 5 ini, sekaranglah saatnya untuk melakukan update atau upgrade WordPress itu sendiri! Cukup klik tombol upgrade otomatis dan biarkan WordPress melakukan hal tersebut.

Kadang-kadang dapat mengambil beberapa detik untuk menyelesaikan, tunggu sampai proses update selesai dalam waktu beberapa detik sampai proses berjalan selesai dengan lancar.

6. Aktifkan Caching Plugin

Mengaktifkan Plugin caching dan membersihkan semua cache.

Jika Anda menggunakan W3 Total Cache atau plugin cahce lainnya dan tidak memiliki konfigurasi yang disesuaikan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengaktifkan kembali Cache Anda dan memperbarui pengaturan Cache ke pengaturan semula.

7. Periksa Situs Anda

Luangkan waktu sebentar untuk melihat perubahan pada situs Anda dan membuka beberapa halaman dan posting. Jika sesuatu tidak bekerja dengan baik, segera cari penyebab kesalahan tersebut dan segera mencari solusi agar situs Anda berjalan dengan baik.

Baca : Cara Disable Update Otomatis di WordPress

Diatas adalah 7 langkah penting yang harus Anda lakukan ketika melakukan update atau upgrade WordPress, memang tidak semua point diatas wajib Anda lakukan, tapi untuk menghindari masalah yang serius lebih baik memang di lakukan. Semoga bermanfaat dan selamat ngeblog. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress New Maxx Responsive Free

New Maxx adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang dirancang untuk blog, situs berita online...

Cara Membangun Bisnis Online Pertama Anda Menjadi Sukses

Menurut para ahli online marketing , 9 dari 10 bisnis online gagal dalam tahun...

Close