fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Panduan Lengkap Tentang Menu WordPress

Navigasi adalah komponen kunci dari setiap website, apakah itu bagian menu front-end maupun back-end dari situs Anda. Karena menu digunakan oleh administrator, editor, penulis, dan pengunjung situs untuk menavigasi situs menjadi lebih mudah dan mempercepat pengguna dalam menemukan halaman penting dalam website.

Pada artikel ini, saya ingin memberikan panduan lengkap bagaimana WordPress menangani menu dan berbagi dengan Anda koleksi plugin WordPress yang memungkinkan Anda untuk mengelola menu pada bagian halaman Administrator, memodifikasi menu, dan mengatur gaya dari menu itu sendiri.

WordPress telah dibangun dengan sistem menu yang memungkinkan Anda untuk membuat menu kustom sesuai keinginan Anda sendiri. Menu-menu ini dapat ditampilkan di area tombol navigasi bagian header dan sisi samping atau sidebar. Ketika Anda membandingkan WordPress dengan sistem manajemen konten lainnya, WordPress tentu merupakan yang terbaik.

Di front-end, menu navigasi utama bisa menjadi menu horizontal atau menu vertikal. Kebanyakan website mengadopsi menu horizontal di bagian atas situs web mereka dengan menu sub tambahan ditampilkan dalam menu vertikal. Namun, beberapa situs hanya menggunakan menu vertikal yang kebanyakan terletak pada bagian atas situs atau header untuk navigasi menu utama mereka.

Mari kita lihat sekilas bagaimana Anda dapat menambahkan menu untuk website WordPress Anda.

Baca : Cara Membuat Menu di WordPress

Pengenalan Menu Admin WordPress

Di area admin WordPress, menu utama akan ditampilkan di sisi kiri setiap halaman. Menu ini mengarahkan link ke semua halaman administrasi Anda. Ini termasuk posting, halaman, komentar, media, plugin, pengaturan, dan banyak lagi.

Opsi tambahan, seperti profil Anda dan cara pintas untuk menambahkan posting baru dan halaman, dan menu-menu cepat yang dibawa oleh plugin tertentu dapat ditemukan di bagian atas setiap halaman di WordPress admin bar.

menu wordpress back end

Cara Membuat Menu di WordPress

Anda dapat membuat menu di WordPress bagian depan, Anda dapat dengan mengunjungi Appearance »Menu di area admin WordPress Anda.

appearance menus WordPress

Ini akan membawa Anda ke layar Edit Menu yang dibagi menjadi dua kolom. Kolom di sebelah kiri Anda memiliki Pages, Categories, dan Custom Links. Kolom di sebelah kanan adalah tempat Anda menambahkan dan menyesuaikan item menu di WordPress.

buat menu baru WordPress

Mari kita buat menu navigasi khusus pertama Anda.

Untuk membuat menu, pertama Anda klik teks link “Create New Menu” dibagian atas dan berikan nama untuk menu Anda, mis. “My First Menu” dan kemudian klik tombol “Create Menu”. Ini akan memperluas area menu, dan akan terlihat seperti ini:

area menu

Seperti yang dapat Anda lihat di tangkapan layar, situs demo saya ini memiliki dua lokasi menu tema berlabel “Primary” dan “Secondary”. Nama dan penempatan lokasi menu akan bervariasi sesuai dengan tema yang digunakan.

Selanjutnya, Anda perlu menambahkan menu dari “Pages” ke area menu. Anda dapat melakukan ini dengan memilih “Pages” yang sudah Anda buat sebelumnya dan ditampilkan dalam daftar sebelah kiri dan mengklik tombol “Add to Menu”.

tambah menu baru

Setelah menambahkan halaman ke menu, pilih lokasi tema tempat Anda ingin menampilkan menu dengan mencentang area “Primary atau Secondary” dan klik tombol ‘Save Menu’.

lokasi menu tema

Setelah itu, lihat di situs web Anda dan pastikan posisi sudah sesuai dengan yang Anda inginkan, jika tidak maka Anda dapat selalu mengeditnya kapan saja.

menu preview

Anda juga dapat menambahkan menu ke area menu sebelah kanan dari “Categories atau Custom links”, caranya sama dengan diatas ketika menambahkan “Pages” sebagai Menu.

Mengatur Posisi Menu

Anda mungkin memperhatikan bahwa setiap item menu yang Anda tambahkan diatur dalam urutan mana menu awal yang Anda tambahkan. Jika itu tidak sesuai, maka Anda bisa mengaturnya kembali hanya dengan klik menu dan tahan, kemudian geser keatas atau kebawah sesuai dengan tempat atau urutan yang Anda inginkan. Jika urutan sudah pada tempatnya, lepaskan mouse Anda maka menu akan menempati posisi yang sesuai dengan keinginan Anda.

Seret dan lepas item menu untuk mengatur ulang posisi mereka

buat sub menus

Ulangi proses ini untuk membuat menu baru untuk lokasi tema lainnya.

Membuat Menu Drop-Down atau Sub Menu di WordPress

Menu drop down, juga dikenal sebagai sub menu di WordPress, ini adalah menu navigasi dengan item menu induk dan anak. Menu-menu ini biasanya ditata dengan tema WordPress sedemikian rupa sehingga ketika pengguna mengarahkan mouse mereka ke item menu induk, semua sub-menu mereka ditampilkan.

menu hover

Membuat sub menu memungkinkan Anda untuk menambahkan sistem navigasi yang terstruktur dengan baik ke situs Anda. Caranya, Dalam struktur menu Anda, seret item menu tepat di bawah item induk. Selanjutnya, Geser atau seret item menu ke kanan. Anda akan melihat bahwa itu akan secara otomatis menjadi item sub-menu.

Anda dapat menambahkan beberapa lapis sub-item untuk membuat menu navigasi. Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua tema mendukung menu berlapis multi-layer. Sebagian besar melakukannya hingga 2-lapisan saja.

Membuat Menu dari Link Custom di WordPress

Untuk menjadikan Cateogries dan Pages sebagai menu itu mudah, tapi jika Anda ingin membuat menu kustom yang tidak terdiri dari kategori dan halaman, maka Anda bisa membuat menu kustom dari URL yang Anda masukkan.

Caranya, Cukup klik pada tab “Custom Links” di kolom sebelah kiri untuk membukanya. Anda akan melihat bahwa itu hanya memiliki dua bidang. Yang pertama adalah untuk URL di mana Anda perlu menambahkan tautan yang sebenarnya ingin Anda tambahkan. Bidang kedua diberi label teks links tempat Anda akan menambahkan nama menu untuk tautan tersebut.

custom links

Catatan: Penting bagi Anda untuk memulai semua tautan dengan http:// atau https://. Jika tidak, maka menu akan rusak.

Dan inilah menu ditampilkan dalam bagian depan situs WordPress yang sudah selesai dan juga posisi menu yang diatur sebelumnya dalam posisi “Primary” dan “Secondary”.

lokasi menu

Plugin untuk Kustomisasi Menu Admin

Menu admin WordPress utama ditampilkan di sisi kiri area admin WordPress. Pintas tambahan dapat ditemukan di WordPress admin bar yang ditampilkan di bagian atas halaman.

Plugin berikut akan membantu Anda menyesuaikan menu ini admin WordPress.

WP Admin UI Customize

WP Admin UI Customize adalah plugin yang menawarkan fitur sekitar selusin cara yang berbeda untuk menyesuaikan tampilan admin area WordPress Anda.

Plugin dapat digunakan untuk memodifikasi bar admin yang ditampilkan di bagian atas setiap halaman dan menu admin utama yang ditampilkan di sisi kiri. Pilihan lain termasuk mengubah halaman login Anda, mengubah meta kotak, dan menghapus meta tag dari header Anda.

wp-admin-ui-customize wordpress

AG Custom Admin

Plugin lainnya untuk kustomisasi menu admin adalah AG Custom Admin. Plugin ini memungkinkan Anda untuk menerapkan skema warna baru ke daerah admin Anda dan memodifikasi dashboard Anda, halaman login, admin bar, dan banyak lagi.

Item menu dapat diedit, dihapus, atau ditambahkan, untuk menu admin utama Anda. AG Custom Admin juga bisa  untuk menyesuaikan item menu.

ag-custom-admin wordpress

Admin Menu Tree Page View

Admin Menu Tree Page View memungkinkan Anda mengakses halaman lebih cepat dengan menampilkan semua halaman dalam struktur tree atau pohon. Halaman tambahan dapat ditambahkan dengan cepat melalui tampilan struktur tree.

admin-menu-tree-page-view

Admin Menu Post List

Admin Post List adalah solusi yang lebih fleksibel untuk Admin Menu Tree Page View karena mendukung halaman, posting blog, dan jenis posting kustom lainnya.

Anda dapat mengubah urutan daftar item dan membatasi panjang judul. Anda juga dapat membatasi jenis posting sehingga hanya artikel yang diterbitkan yang akan ditampilkan.

admin-menu-post-list

Baca : Tutorial Membuat Menu Berbeda Saat User Login di WordPress

OZH ‘Admin Drop Down Menu

Apakah Anda bosan dengan menu WordPress yang di tampilkan pada sisi kiri halaman? Jika demikian, OZH Admin Drop Down Menu merupakan solusi untuk anda.

Plugin ini akan mengubah posisi menu admin utama ke bagian atas halaman. Item menu dapat dipilih melalui menu drop down. Warna latar belakang menu dapat disesuaikan di daerah pengaturan. Anda juga dapat mengecilkan menu sehingga hanya ikon yang ditampilkan.

ozh admin wordpress menu

WP Jump Menu

WP Jump Menu menampilkan menu yang berisi cara pintas ke halaman, posting blog, media, dan jenis posting kustom anda. Hal ini dapat diintegrasikan langsung ke WordPress admin bar, ditampilkan di bawah bar admin, atau ditampilkan di bagian bawah halaman.

Area pengaturan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan style dari menu jump, perataan teks, judul menu, dan banyak lagi. Anda juga dapat menentukan warna untuk status yang berbeda. Misalnya, hijau untuk diterbitkan, merah untuk rancangan, oranye untuk tertunda, dll.

wp-jump-menu

Baca : Cara Menambah Menu Deskripsi Pada WordPress

Berikut penjelasan mengenai Menu WordPress secara lengkap, dan beberapa plugin yang bisa anda gunakan untuk merubah menu pada admin. Semoga bermanfaat. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

15 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
10 Tips Keamanan untuk Situs Web Toko Online

10 Tips Keamanan untuk Situs Web Toko Online - Ketika berbicara tentang melindungi informasi...

10+ Situs Terbaik untuk Download Brush Photoshop Gratis

Adobe Photoshop adalah salah satu software atau perangkat lunak pengeditan gambar yang paling menakjubkan...

Close