How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Apa Perbedaan Antara Pengindeksan dan Perayapan Google?

Apa Perbedaan Antara Pengindeksan dan Perayapan Google? – Menurut saya ini adalah topik yang cukup penting namun cukup disalahpahami oleh kebanyakan blogger baru. Kebanyakan blogger baru berpikir Pengindeksan Google (Google Indexing) dan Perayapan (Crawling) sebagai hal yang sama, dan pada kenyataanya adalah berbeda diantara keduanya.

Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan perbedaan antara pengindeksan Google dan perayapan Google dan mengapa Anda perlu mengetahui tentang hal ini.

Perbedaan Pengindeksan dan Perayapan Google

Apa itu Perayapan Google?

Perayapan Google atau Google Crawling secara sederhana, ini adalah proses yang digunakan oleh Google Search untuk menemukan halaman web baru dari World Wide Web (WWW) untuk kemudian disimpan di server pencarian Google. Ini adalah program komputer yang dijalankan 24/7 pada perangkat keras yang sangat kuat.

Loading...

Program ini menemukan halaman baru melalui 2 metode berbeda.

  • Saat webmaster mengunggah file sitemap.xml melalui Google Search Console, kemudian Google merayapi semua halaman itu.
  • Ketika Perayap Google (Google Crawling) menemukan tautan internal baru di halaman web mana pun, peramban itu mengunjungi mereka dan mengirimkannya ke server Google.

Baca : Cara Cepat Meningkatkan SEO WordPress di Peringkat Google

Apa itu Pengindeksan Google?

Ketika perayap Google menemukan laman web baru melalui proses perayapan (crawling), perayap itu mengirimnya kembali ke server Google. Server khusus Google kemudian menyimpan halaman web baru tersebut. Proses menyimpan halaman tersebut dikenal sebagai Indeks Google (Google Index).

Jika itu terdengar terlalu membingungkan maka anggaplah indeks Google sebagai tempat penyimpanan Google untuk menyimpan halaman web. Halaman web tersebut kemudian ditampilkan dalam hasil pencarian pada permintaan tertentu.

Apa itu Googlebot?

Ini adalah nama umum untuk Perayap Google (Google Crawling) yang mengunjungi laman web, menemukan tautan baru, dan menyimpannya ke dalam indeksnya. Ada 2 jenis Googlebot:

Loading...
  • Googlebot Mobile – Googlebot ini merayapi laman dalam format seluler.
  • Googlebot Desktop – Merangkak versi desktop dari halaman web.

Pertama Pengindeksan Mobile yang terbaru telah sedikit mengubah proses ini. Sebelum Google memperkenalkan Googlebot untuk pengindeksan seluler, Googlebot terlebih dahulu merayapi versi desktop dari suatu situs web dan kemudian mengindeks halaman dan memeringkatnya dalam hasil pencarian. Sekarang, ini bekerja sedikit berbeda. Pertama-tama merayapi versi seluler suatu situs web kemudian menyimpannya dalam indeksnya. Jadi, sekarang dibalik menjadi merayapi untuk mobile dan kemudian untuk desktop.

Apa itu Pusat Data Google dan Di Mana Lokasinya?

Ini adalah pusat penyimpanan data khusus yang menyimpan data untuk banyak platform dan layanan Google. Server-server ini secara khusus dirancang untuk menyimpan data pada ratusan hard drive dan solid state drive (SSD) tanpa kehilangan data.

Di sinilah Google mengindeks semua data halaman web. Tidak ada angka resmi tentang berapa banyak pusat data yang ada tetapi menurut laporan Gartner 2016, ada sekitar 2,5 juta pusat data dan berada di seluruh dunia di berbagai negara. Dan tentu saja sekarang jauh lebih besar lagi jumlahnya.

Baca : 10 Plugin SEO WordPress Terbaik Gratis Untuk Meningkatkan Peringkat Google

Apa perbedaan antara Pengindeksan dan Perayapan Google?

Perbedaan antara Pengindeksan Google (Indexing) dan Perayapan Google (Crawling) adalah cukup besar. Perayap Google adalah program yang mengunjungi ribuan halaman web setiap hari atau mungkin lebih. Di sisi lain, indeks adalah tempat ia menyimpan halaman web tersebut sehingga dapat ditampilkan dalam hasil pencarian.

Google menamakannya crawler ‘Googlebot’. Tujuan perayap ini adalah untuk mengunjungi halaman baru, menemukan tautan di halaman tersebut, dan mengunjungi mereka. Jika ia menemukan halaman baru maka ia mengirimnya ke server Google search yang dikenal dengan nama “Google Index”. Proses ini sepenuhnya otomatis. Namun, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mengindeks semua halaman web di situs web Anda sehingga nantinya dapat ditemukan di mesin pencarian Google.

Bagaimana sebagai seorang Webmaster, Apa yang dapat Anda lakukan agar Google dapat Merambah dan Mengindeks Halaman Anda Lebih Cepat?

Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan bahwa laman web Anda dirayapi dan diindeks secara teratur oleh Googlebot:

Dan itulah penjelasan saya tentang Pengindeksan Google dan Perayapan Google. Saya harap artikel ini bermanfaat. Beri tahu saya di komentar jika Anda memiliki pertanyaan tentang perbedaan antara proses pengindeksan (Google Indexing) dan perayapan Google (Crawling).

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 Plugin Cache Terbaik untuk Mempercepat Situs WordPress

Plugin cache adalah salah satu plugin wajib Anda install pada WordPress, karena dengan menggunakan...

7 Perbedaan Antara Proxy dan Layanan VPN

7 Perbedaan Antara Proxy dan Layanan VPN - Saat Anda ingin mengakses internet atau...

Close