How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

9 Plugin SEO WordPress Terbaik Gratis Untuk Meningkatkan Peringkat Google

Plugin SEO WordPress Terbaik Gratis Untuk Meningkatkan Peringkat Google. WordPress secara default sudah dibuat secara khusus memenuhi teknik SEO agar ramah terhadap mesin pencari. Tapi meskipun begitu, Anda masih bisa mengoptimalkan situs WordPress Anda dengan berbagai cara agar lebih ramah lagi terhadap mesin pencari dan menang dalam persaingan bisnis online Anda.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk optimasi SEO yang paling penting adalah pemilihan nama domain yang sesuai dengan niche atau kata kunci, kecepatan website yang ringan ketika dimuat dengan pemilihan layanan hosting terbaik dan optimasi kecepatan situs web WordPress, pemilihan tema WordPress yang bagus dan masih banyak lagi.

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan beberapa plugin terbaik gratis untuk optimasi SEO di situs WordPress Anda agar situs web Anda mudah mendapatkan peringkat terbaik di hasil mesin pencarian.

Baca : Cara Cepat Meningkatkan SEO WordPress di Peringkat Google

9 Plugin SEO Gratis Terbaik untuk WordPress

Dengan menggunakan plugin dalam daftar ini Anda dapat mengoptimalkan beberapa area yang akan menjadikan situs Anda ramah terhadap mesin pencari, selain mengoptimalkan SEO secara on-page, beberapa daftar plugin dibawah ini juga berguna untuk meningkatkan kecepatan situs web WordPress Anda :

SEO Yoast

Yoast SEO Plugin

Dengan lebih dari 6 juta unduhan, Yoast adalah plugin SEO pertama yang harus dipasang setiap pengguna WordPress. Plugin tunggal ini menangani banyak aspek dari SEO situs WordPress Anda.

Bahkan, jika Anda telah menggunakan plugin terpisah untuk sitemap, redirection dan beberapa fitur lainnya, Anda dapat berhenti menggunakannya setelah Anda menggunakan Yoast SEO.

Baca : Cara Install dan Settings Plugin SEO by Yoast [New]

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda capai dengan menggunakan plugin Yoast SEO:

  • Tambahkan meta tag ke beranda
  • Tambahkan meta tag ke postingan
  • Pengoptimalan media sosial (gambar, judul & deskripsi)
  • Buat file sitemap
  • Edit robots.txt dan .htaccess
  • Integrasi Google Search Console.
  • Kontrol pengindeksan blog Anda
  • Tetapkan kata kunci utam dan optimalkan SEO untuk halaman

Catatan: Meta tag adalah judul meta, deskripsi meta.

Saya telah menulis tutorial rinci ini yang menunjukkan Anda cara mengatur SEO dengan plugin Yoast.

Anda dapat menggunakan plugin ini secara gratis dari WordPress.org di sini. Ada versi pro Yoast SEO juga yang menambahkan beberapa fitur tambahan seperti:

  • Redirection
  • Yoast Internal linking (Membantu menghubungkan link yang lebih baik dari blog Anda)
  • Tautan internal yang masuk dan keluar

All In One SEO Pack

all in one seo

Plugin ini berfungsi sama dengan Yoast, namun jika Anda tidak ingin menggunakan Yoast SEO, yang merupakan salah satu plugin SEO terbaik yang saya sukai, Anda selalu dapat mencoba alternatif lain yaitu menggunakan All-in-One SEO Pack.

Sejak dirilis pada tahun 2007, plugin WordPress ini telah menyediakan webmaster dengan solusi yang mudah digunakan untuk banyak tantangan terkait SEO.

Keuntungan terbesar menggunakan plugin All In One SEO adalah Anda tidak memerlukan pengalaman apa pun untuk mengoptimalkan SEO situs WordPress Anda. Jika Anda dapat membaca dan Anda dapat memasukkan data yang tepat di bidang yang tepat, maka Anda dapat menggunakan plugin ini dengan sangat mudah karena memang penggunaan plugin ini sangat sederhana dan jelas.

Fitur-fitur unggulan All in One SEO Pack meliputi:

  • XML Sitemap dan dukungan Google Analytics.
  • Pengoptimalan otomatis judul untuk semua mesin pencari.
  • Pembuatan tag META otomatis.
  • Membantu Anda menghindari duplikat konten, yang dapat berdampak negatif pada peringkat mesin pencari.
  • Kemampuan untuk mengesampingkan pengaturan apa pun.

Secara keseluruhan, All in One SEO Pack memberi Anda kendali sebanyak atau sesedikit yang Anda mau. Ketika Anda mendapatkan pengalaman, Anda dapat mengambil tanggung jawab lebih banyak, melalui fitur-fitur canggih dari plugin ini. Tapi jika Anda ingin menggunakan plugin versi gratis dari All In One SEO, saya lebih menyarankan untuk menggunakan Yoast SEO karena fitur versi gratis yang jauh lebih lengkap dibanding All In One SEO Pack.

Baca : Tutorial Menggunakan All in one SEO Pack WordPress [New]

Dan perlu Anda ingat bahwa jangan menggunakan kedua plugin antara Yoast SEO dan All in One SEO secara bersamaan karena ini memiliki tujuan dan kegunaan yang sama. Jadi, jangan pernah bertanya bagaimana jika menggunakan keduanya.

W3 Total Cache

panduan-w3-total-cache

Banyak orang yang mengabaikan betapa pentingnya menyediakan pengalaman pengguna dengan meningkatkan kecepatan situs. Google telah menjelaskan bahwa kecepatan situs adalah faktor peringkat, jadi ini bukan sesuatu yang ingin Anda abaikan.

Jika Anda mengalami masalah di dibagian ini, saatnya untuk mempertimbangkan manfaat dari penggunaan plugin W3 Total Cache. Dimana plugin ini berguna untuk menyimpan cache atau menyimpan file statis, file js dan CSS untuk mempersingkat waktu pemuatan halaman dari server pusat.

Dengan ini, Anda dapat meningkatkan kecepatan situs, serta pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan. W3 Total Cache juga digunakan oleh perusahaan besar seperti AT&T dan Mashable, dimana itu sudah membuktikan bahwa plugin ini bekerja dengan baik untuk situs WordPress.

Ada banyak manfaat menggunakan plugin ini karena dapat meningkatkan 10x dalam kinerja situs secara keseluruhan (Kelas A di YSlow atau peningkatan Google Page Speed ​​yang signifikan) saat sepenuhnya terkonfigurasi.

Kelemahan plugin W3 Total Cache adalah konfigurasi yang terlalu rumit dan membuat pemula harus banyak belajar, tapi jika Anda menguasai plugin ini maka Anda akan mendapatkan manfaat penuh dari plugin W3 Total Cache. Tapi jika Anda memiliki uang maka saya sangat menyarankan untuk menggunakan WP Rocket yang memiliki konfigurasi yang jauh lebih mudah dan mengoptimalkan kinerja situs WordPress secara keseluruhan bahkan tanpa melakukan konfigurasi, Anda akan melihat kecepatan yang meningkat drastis.

SEO Optimized Images

SEO Optimized Images Plugin WordPress

Kebanyakan pemula WordPress yang sedang belajar SEO, mereka mudah untuk terjebak dan terlalu asik dalam mengoptimalkan konten sehingga mengabaikan pentingnya mengoptimalkan gambar.

Namun, ada lebih banyak menggunakan gambar daripada hanya memasukkannya ke konten Anda. Anda juga harus memastikan bahwa masing-masing dioptimalkan, karena ini akan meningkatkan peringkat Anda, sementara juga membantu mengarahkan lalu lintas melalui pencarian Gambar di Google.

Dengan panduan plugin SEO Optimized Images, Anda dapat “secara dinamis memasukkan atribut alt dan title Seo Friendly” ke setiap gambar.

Saat menggunakan WordPress, sangat mudah untuk menambahkan gambar ke postingan dan halaman. Namun, itu tidak menjamin bahwa Anda akan mengoptimalkan masing-masing untuk kinerja SEO yang optimal.

Jika Anda ingin menghindari kesalahan terkait gambar apa pun di masa mendatang, pastikan untuk menggunakan plugin ini. Ini akan membantu mengoptimalkan SEO pada gambar Anda dan juga menghemat waktu Anda.

Baca : SEO Friendly Images Plugins SEO untuk Gambar

Broken Link Checker

Broken link checker Plugin WordPress

Plugin Broken Link Checker mudah digunakan dan kuat dengan lebih dari 500.000 pemasangan aktif dan mendapatkan peringkat tinggi yang perlu Anda gunakan. Plugin ini berguna untuk memantau berbagai macam link di dalam situs WordPress Anda dan dapat memberi tahu Anda tentang link yang rusak dan membantu memperbaikinya dengan langkah yang cepat.

Pastikan bahwa situs web Anda tidak dipenuhi dengan tautan yang rusak, karena dapat berdampak negatif pada peringkat dan pengalaman pengguna Anda. Plugin juga dilengkapi dengan fitur yang dapat mencegah mesin pencari untuk mengikuti tautan yang rusak, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang konsekuensi yang dapat terjadi sebelum Anda dapat menghapus atau mengubah tautan atau link yang rusak.

Beberapa fitur broken link checker adalah:

  • Kemampuan untuk memantau tautan di postingan, halaman, komentar, dan bahkan bidang khusus.
  • Mendeteksi tautan apa pun yang tidak berfungsi.
  • Pilihan untuk memberikan tautan yang rusak memiliki tampilan berbeda di post.
  • Pilihan untuk mencegah mesin pencari untuk mengikuti tautan atau link yang rusak.

Related Post Plugin

Related Posts by Bibblio RElated Post Example

Apakah Anda akrab dengan fakta bahwa rasio pantulan atau bounce rate yang rendah adalah merupakan sinyal SEO positif? Bagaimana dengan fakta bahwa Anda ingin menjaga orang-orang di situs Anda selama mungkin?

Kedua hal ini menunjukkan pada mesin pencari tentang seberapa menariknya situs Anda, sementara juga sebagai alat untuk melihat seberapa besar situs Anda memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan di kedua bidang adalah menginstal plugin posting terkait atau Related Post.

Setelah diinstal dan diatur, plugin menampilkan posting dan halaman (atau konten lain) yang terkait dengan konten saat ini. Ide di balik ini sederhana: Anda memberikan konten yang relevan kepada pembaca, yang berarti bahwa mereka akan bertahan lebih lama disitus Anda karena membaca artikel lainnya yang menarik bagi pengunjung.

Dalam dunia SEO saat ini, Anda perlu menurunkan rasio pentalan atau bounce rate dan meningkatkan jumlah waktu tinggal yang lebih lama bagi pengguna di situs Anda. Plugin posting terkait dapat membantu Anda melakukan hal itu.

Baca : 7 Plugin Related Post atau Posting Terkait Terbaik WordPress

Google Analytics Plugin

google-analytics-wd

Memiliki data sebanyak mungkin tentang pengunjung situs web Anda merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari SEO, dengan data tersebut Anda bisa meningkatkan SEO situs Anda bahkan bisa mengetahui mana kelebihan dan kekurangan dari situs web Anda. Selain itu, data pengunjung yang lengkap juga bisa menjadi alat terbaik untuk mengetahui minat dan peluang bisnis yang bisa Anda terapkan di situs.

Baca : Cara Daftar dan Memasang Google Analytics [Terbaru]

Google Analytics merupakan layanan Google yang terbaik untuk memantau dan mengumpulkan data pengunjung ke situs Anda. Maka Anda harus menggunakan alat analisis ini jika Anda ingin mengoptimalkan SEO. Ada beberapa plugin yang bisa Anda gunakan untuk memasang Google analytics di WordPress seperti Google Analytics by MonsterInsights atau Google Analytics WD. Atau jika Anda tidak ingin menggunakan plugin maka bisa memasang Google Analytics secara manual.

AMP for WP Plugin

Google AMP

Saat ini pengunjung sebagian besar datang dari pengguna dengan perangkat mobile smartphone, dan Google sangat menyarankan bagi pemilik website untuk membuat versi AMP (Accelerated Mobile Pages) untuk tampilan versi mobilenya. Dengan mendukung AMP maka situs WordPress Anda akan di akses dengan sangat cepat dan ringan bahkan meningkatkan kecepatan 10X lipat saat diakses dari smartphone, hal ini sangat berpengaruh terhadap SEO dan peringkat mesin pencari yang jauh lebih baik.

Saya sangat menyarankan kepada semua pemilik situs WordPress untuk menggunakan plugin AMP for WordPress atau AMP for WP, dimana kedua plugin tersebut memiliki kemampuan yang bagus untuk mengubah situs WordPress mendukung AMP dan tidak ada konfigurasi yang sulit bahkan pemula sekalipun dapata dengan mudah menggunakannya. Selain itu, juga dilengkapi dengan berbagai pilihan tampilan versi AMP yang banyak dan indah.

Baca : Cara Menjadikan Website WordPress Anda Mendukung Google AMP

WordPress Social Sharing Plugin

Social Share Plugin WordPress

Semua ahli SEO sepakat bahwa media sosial sangat penting dan hal ini tidak bisa dipisahkan dari blog dan konten Anda. Dan kenyataanya memang social signal memiliki pengaruh yang sangat besar untuk peringkat SEO. Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk menggunakan plugin share social pada situs web Anda.

Dengan menambahkan fitur Share social akan memudahkan Anda dan pengunjung Anda ketika ingin membagikan konten ke media sosial dan ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan kunjungan dari media sosial dari berbagai akun pengunjung yang membagikan konten Anda.

Anda bisa memilih salah satu dari banyak plugin social share yang salah satunya adalah Sassy Social Share yang gratis dan memiliki banyak fitur, mendukung banyak saluran media sosial populer, dan memiliki berbagai macam tampilan icon sosial yang bisa Anda sesuaikan dengan tampilan situs web WordPress Anda.

Baca : Tips Trik Meningkatkan SEO Website WordPress

Dan itulah 9 plugin WordPress terbaik dan gratis yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan SEO dan meningkatkan peringkat pada hasil pencarian. Semoga artikel diatas bermanfaat buat Anda dan membantu memudahkan Anda dalam mengoptimasi SEO pada situs WordPress Anda. Selamat mencoba dan siap bersaing di halaman pertama mesin pencari. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
10+ Tema Desain Web Untuk Cafe dan Pencinta Kopi

Ketika Anda berencana ingin mengembangkan bisnis Anda di bidang kuliner dan terutama yang Anda...

Lengkap #1 Cara Pasang CAPTCHA di Login, Register dan Komentar WordPress

Jika Anda menggunakan WordPress sebagai situs keanggotaan, atau situs apa saja dan membiarkan pengunjung...

Close