fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Berapa Banyak Bandwidth Dan Disk Space Yang Dibutuhkan WordPress?

Memahami ruang disk dan bandwidth dan berapa banyak yang Anda butuhkan untuk situs web WordPress Anda sangat penting ketika memilih paket hosting atau memprediksi berapa banyak yang mungkin Anda butuhkan nantinya.

Pada artikel ini, saya akan membahas berapa banyak ruang disk (disk space) yang dibutuhkan situs web WordPress, berapa banyak ruang yang biasanya mereka gunakan, apa yang perlu Anda ketahui tentang paket hosting web dan ruang penyimpanan yang mereka tawarkan, dan berapa banyak bandwidth tergantung pada lalu lintas yang Anda butuhkan.

diskspace dan bandwidth WordPress hosting

Juga, saya akan menyebutkan beberapa tips untuk menjalankan situs Anda secara efisien untuk menghemat ruang, bandwidth, dan menekan biaya.

Ruang disk merujuk pada jumlah ruang penyimpanan yang dialokasikan oleh web hosting ke situs web dan semua file terkait di server. Ini sama dengan ruang disk di hard drive atau hard disk di komputer Anda.

Web hosting mencantumkan berapa banyak ruang disk yang mereka tawarkan bersama dengan rincian paket dan harga mereka. Anda mungkin melihatnya disebut sebagai “disk space,” “disk resource,” “web space” dan bahkan “SSD space”

Tetapi jangan bingung tentang besarnya ruang disk karena tidak berpengaruh pada kunjungan bulanan (mis., Lalu lintas) atau bandwidth (jumlah data yang dapat ditransfer).

Banyak perusahaan hosting menjanjikan ruang disk dan bandwidth yang tidak terbatas. Tapi sungguh, apakah Anda membutuhkan ruang penyimpanan sebanyak itu?, meskipun mereka menulis unlimited atau tidak terbatas, pada dasarnya mereka tetap membatasinya, namun itu di batas yang wajar yang mana sangat dimungkinkan Anda tidak mencapainya.

Berapa banyak ruang disk yang Anda pikir Anda butuhkan mungkin sangat berbeda dari berapa banyak ruang yang Anda butuhkan.

Berapa banyak ruang penyimpanan yang dibutuhkan situs web Anda bergantung pada berbagai aspek. Itu tergantung pada inti WordPress, plugin, dan tema, database dan file media, cadangan situs, dan hosting email.

Jika email termasuk dalam paket hosting Anda, ini akan termasuk dalam ruang disk Anda.

Layanan Hosting Terbaik Luar Negeri

best host bluehost

Bluehost Hosting

$2.95/Mo Free Domain, Unlimited space, Unlimited Bandwith, Email Dan Garansi Uang kembali. Lihat Detail

best host ipage

Ipage Hosting

$1.99/Mo Free Domain, Unlimited space, Unlimited Bandwith, Email Dan Garansi Uang kembali. Lihat Detail

diskspace dan bandwidth WordPress siteground

SiteGround Hosting

$3.49/Mo Free Domain, Unlimited space, Unlimited Bandwith, Email Dan Garansi Uang kembali. Lihat Detail

diskspace dan bandwidth WordPress best host Hostgator

Hostgator Hosting

$3.95/Mo Free Domain, Unlimited space, Unlimited Bandwith, Email Dan Garansi Uang kembali. Lihat Detail

Layanan Hosting Terbaik Indonesia

diskspace dan bandwidth WordPress best host niagahoster

Niagahoster Hosting

Rp. 14000 Free Domain, Unlimited space, Unlimited Bandwith, Email Dan Garansi Uang kembali. Lihat Detail

diskspace dan bandwidth WordPress best hosting ardetamedia

Ardetamedia Hosting

Rp. 19.000 Free Domain, Unlimited space, Unlimited Bandwith, Email Dan Garansi Uang kembali. Lihat Detail

best host dewaweb

Dewaweb Hosting

Rp. 30.000 Free Domain, Unlimited space, Unlimited Bandwith, Email Dan Garansi Uang kembali. Lihat Detail

best host Domainesia

Domainesia Hosting

Rp. 20000 Free Domain, Unlimited space, Unlimited Bandwith, Email Dan Garansi Uang kembali. Lihat Detail

Berapa Banyak Disk Space Yang Dibutuhkan Website WordPress?

Berbagai jenis situs web memiliki kebutuhan penyimpanan yang berbeda.

Sebuah blog sederhana akan memiliki kebutuhan yang berbeda dibandingkan dengan situs WooCommerce yang menjual berbagai produk.

Blog dan situs pribadi biasanya terdiri dari post, foto, dan terkadang file video dan umumnya tidak memerlukan banyak ruang.

Portofolio, agensi, aplikasi, dan situs web bisnis dengan konten dinamis, termasuk gambar, video, audio, dan skrip, mungkin memerlukan lebih banyak ruang.

Situs WooCommerce dengan banyak halaman produk dan dengan gambar produk berkualitas tinggi dapat dengan cepat mengisi ruang disk.

Situs web musik, video, dan game yang padat media akan memiliki kebutuhan ruang disk yang besar.

Baca : 10 Layanan Hosting Terbaik dan Murah [Best Host].

Apa itu Ruang Disk Rata-Rata Penggunaan Situs WordPress?

Perusahaan Hosting terbaik telah menerbitkan data penggunaan ruang disk rata-rata, yang diambil dari situs WordPress yang telah di-host di server mereka selama lebih dari empat tahun.

  • WordPress Core: 8.9 MB (4.9.5+)
  • Rata-rata Direktori plugin: 100 MB
  • Rata-rata Direktori tema: 25 MB
  • Rata-rata Direktori upload: 1 GB
  • Rata-rata Database MySQL: 85 MB

Rata-rata, layanan hosting telah menemukan bahwa klien mereka menggunakan sekitar 1.2 GB data untuk satu instalasi WordPress.

Sebagai contoh blog centerklik ini dengan artikel lebih dari 1000 dan begitu banyak media gambar hanya memakan disk space sebesar 2 GB.

Berapa Banyak Disk Space yang Dibutuhkan Situs WordPress Anda?

Jika Anda tertarik untuk mengetahui seberapa banyak ruang disk yang digunakan situs web Anda, ada beberapa cara berbeda untuk mengetahuinya.

Cara termudah adalah menginstal plugin My Simple Space yang gratis dan menambahkan widget sederhana ke dashboard WordPress yang menampilkan detail tentang situs Anda

Rincian itu termasuk seluruh ukuran situs Anda, ukuran database Anda, dan uraian masing-masing folder utama dalam instalasi WordPress Anda.

Selain itu, jika Anda menggunakan cPanel, Anda dapat melihat informasi singkat total penggunaan disk space serta penggunaan disk basis data Anda di bagian sidebar samping kanan.

Ketika Anda mengklik “Disk Usage,” itu akan membawa Anda ke halaman yang memberikan informasi rincian penggunaan penyimpanan Anda, termasuk berapa banyak ruang yang digunakan setiap folder dalam instalasi WordPress Anda.

Berapa Banyak Bandwidth yang Dibutuhkan Website WordPress?

Bandwidth adalah istilah untuk mengukur tingkat lalu lintas dan data yang diizinkan mengalir antara pengguna dan situs Anda, biasanya diukur dalam hitungan detik.

Semakin banyak bandwidth yang dimiliki koneksi data, semakin banyak data yang dapat dikirim dan diterima pada satu waktu.

Bandwidth dapat dibandingkan dengan jumlah air yang dapat mengalir melalui pipa air.

Semakin besar pipa, semakin banyak air yang dapat mengalir melewatinya sekaligus. Bandwidth bekerja dengan prinsip yang sama.

Jadi, semakin tinggi kapasitas tautan komunikasi, atau pipa, semakin banyak data dapat mengalir melaluinya per detik.

Berapa Banyak Bandwidth yang Dibutuhkan Website Anda?

Bandwidth adalah semua tentang jumlah pengunjung (lalu lintas) yang Anda miliki ke situs Anda.

Anda mungkin bertanya-tanya apakah bandwidth 100 atau 200 GB sudah cukup untuk situs web Anda.

Namun pada kenyataannya, 80% situs web saat ini menggunakan bandwidth tidak lebih dari 5 GB per bulan.

Hanya situs dengan jutaan penayangan dan jumlah pengunjung yang signifikan per bulan akan membutuhkan tingkat bandwidth bulanan yang lebih besar.

Itu biasanya situs web berbasis gambar atau streaming video. Jadi dengan begitu Anda sekarang sudah bisa memastikan berapa bandwidth yang Anda butuhkan untuk website Anda.

Semua penyedia hosting harus membayar bandwidth mereka, jadi untuk menyediakan layanan tidak terbatas itu sangat tidak mungkin dan pada kenyataanya mereka tetap membatasi pada jumlah yang wajar.

Secara tak terbatas, artinya bagi pengguna rata-rata tidak terbatas karena mereka tidak akan pernah mencapai batasnya.

Dan jangan kagum dengan penyedia yang menawarkan bandwidth dalam jumlah besar, lebih banyak tidak selalu berarti lebih baik.

Bagaimana Menghitung Bandwidth yang Anda Butuhkan?

Berikut ini cara menghitung bandwidth WordPress yang mungkin Anda butuhkan:

  • Perkirakan ukuran halaman rata-rata situs Anda dalam kilobyte (KB). *
  • Lipat gandakan ukuran halaman rata-rata (dalam KB) dengan jumlah pengunjung rata-rata bulanan.
  • Lipat gandakan hasil dari langkah 2 dengan jumlah rata-rata tampilan halaman per pengunjung.

* Jika Anda tidak tahu, gunakan alat uji Pingdom Loads Time pada beberapa halaman dan ambil rata-rata halaman yang diuji untuk nomor pengujian basis Anda.

Ingat bahwa perhitungan ini harus mencakup semua situs yang di-host di server.

Misalnya, jika lima domain dijalankan pada akun yang sama, tambahkan juga ke perhitungan.

Jika Anda belum memiliki situs web tetapi berencana untuk memiliki dan tidak tahu paket hosting mana yang dipilih berdasarkan kebutuhan bandwidth, maka Anda memilih bandwidth 5-10 GB atau jika mereka menawarkan paket unlimited pada semua paketnya maka Anda tidak perlu memikirkan ini karena mereka biasanya sudah memberikan bandwidth yang cukup untuk Anda.

Anda selalu dapat meningkatkan ketika hal-hal mulai tumbuh. Misalnya, saya menggunakan bandwidth untuk blog WordPress ini diatas 120GB tiap bulannya dan ini akan semakin tumbuh dari waktu ke waktu.

Mengantisipasi Akun Anda untuk Tumbuh di Masa Depan

Jika Anda sedang dalam proses meluncurkan situs web baru, kemungkinan Anda tidak akan membutuhkan banyak ruang atau bandwidth dan itu cukup pada hosting bersama atau paket shared hosting.

Tetapi ketika kehadiran online Anda tumbuh, dan situs web Anda menyertainya, Anda tentu akan meningkatkan atau membeli paket hosting yang lebih baik di masa depan.

Jika Anda mengantisipasi situs web Anda akan tetap kecil, masuk akal untuk tetap dengan alokasi hosting dan ruang disk Anda saat ini.

Tetapi jika Anda berencana untuk memperluas situs Anda dalam waktu yang tidak terlalu lama dan Anda menggunakan hosting bersama, Anda mungkin ingin melihat opsi hosting lain yang lebih andal yang menyediakan ruang disk lebih besar, seperti VPS hosting, dedicated hosting, atau cloud hosting.

Apa pun rencana Anda, jangan menunda berpikir tentang masa depan situs web Anda. Yang terbaik adalah merencanakan masa depan dan mengetahui pilihan Anda.

Baca : 10+ Layanan Hosting Terbaik di Indonesia [Murah Banget]

Bagaimana cara Menghemat Ruang Disk dan Bandwidth WordPress?

Luangkan waktu untuk meninjau gambar Anda dan menghapus apa pun yang tidak Anda butuhkan. Juga, kompres dengan alat optimasi gambar atau plugin.

Ini akan mengecilkan ukuran gambar Anda, menghapus informasi file yang tidak perlu, dan membantu memuat gambar Anda lebih cepat.

Diskspace dan bandwidth WordPress Self Hosting

Hapus plugin dan tema yang tidak lagi Anda gunakan. Ini direkomendasikan sebagai praktik terbaik untuk pemeliharaan dan keamanan WordPress.

Hapus cadangan atau backup file lama. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi Anda bisa memiliki cadangan backup file lama di server Anda.

Masuk ke situs Anda melalui FTP Client atau cPanel atau metode apa pun yang Anda suka dan periksa semua folder Anda.

Pastikan cadangan di masa mendatang disimpan di luar lokasi menggunakan AWS, Dropbox, atau Google Drive untuk menghemat ruang, dan untuk keamanan tambahan.

Optimalkan database Anda. Dengan WP Rocket, Anda dapat dengan cepat membersihkan database dan menghapus revisi post, spam dan komentar yang dibuang, transien yang kadaluwarsa, serta menjadwalkan pembersihan otomatis.

Baik Anda mencoba memutuskan paket hosting baru atau merencanakan kebutuhan penyimpanan masa depan situs Anda, penting untuk memahami seberapa banyak ruang yang dibutuhkan situs Anda versus seberapa banyak yang menurut Anda diperlukan.

Mengetahui berapa banyak yang Anda gunakan saat ini, atau memperkirakan berapa banyak yang Anda harapkan untuk digunakan jika Anda meluncurkan situs baru, akan memastikan Anda membeli hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah situs Anda disiapkan, jangan lupa perhatikan berat halaman Anda untuk memastikan halaman Anda dimuat dengan cepat. Dan Anda juga ingin membersihkan basis data Anda secara teratur, sehingga selalu bersih dan akan menjadikan website WordPress Anda cepat ketika dimuat.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Tips Mudah Meningkatkan Keamanan WordPress [Best]

Dalam dunia online keamanan sistem begitu sangat penting untuk diperhatikan, begitu juga bagi Anda...

Panduan Lengkap – Penelitian Kata Kunci untuk SEO

Penelitian kata kunci adalah langkah pertama dalam proses copywriting SEO dan merupakan bagian penting...

Close