How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Menambah Menu Deskripsi Pada WordPress

Sering kita melihat pada theme WordPress ada sebagian besar tema tersebut di desain untuk menampilkan menu deskripsi, atau tulisan kecil dibawah label menu utama. Mungkin sebagian dari pengguna baru WordPress yang tidak terbiasa dengan tema WordPress akan kesulitan untuk bagaimana menampilkan tulisan tersebut pada tema seperti pada demo dari tema yang sudah di download. Seperti halnya theme WordPress yang digunakan centerklik, pada menu juga di desain untuk menampilkan tulisan kecil dibawah tulisan menu utam. Lihat pada blog centerklik atau liat gambar dibawah ini jika anda belum paham, silahkan lanjutkan membaca panduan ini.

tulisan menu kecil wordpress

Pada artikel kali ini saya akan menunjukkan kepada Anda cara untuk menambah dan menampilkan menu deskripsi pada tema WordPress. Tutorial ini juga saya buat karena banyak sekali pengunjung yang bertanya kepada saya tentang bagaimana memunculkan atau membuat tulisan kecil dibawah menu tersebut. Silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Baca : Cara membuat dan mengatur menu pada WordPress

Cara Menambah Deskripsi Menu Pada WordPress

Untuk membuat deskripsi menu yang perlu Anda lakukan adalah dengan masuk ke menu Appearance » Menus, dan buatlah menu baru dengan memilih menu dari bagian sebelah kiri dan klik “Add to Menu”, misalnya saya membuat menu dari page dengan nama “Deals”.

Lalu arahkan kursor mouse Anda ke pojok kanan atas pada tombol “Screen options” dibagian pojok kanan atas, dan centang pilihan Descriptions. Pada dasarnya secara default memang WordPress tidak mengaktifkan pilihan “Descriptions” pada menu WordPress, jadi Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu untuk memunculkan ruang untuk konfigurasi tersebut.

screen option menu wordpress

Selanjutnya Anda perlu memasukkan tulisan pada “Description” di menu yang ingin Anda tampilkan deskripsinya seperti gambar dibawah ini. Saya ingin menambahkan deskripsi “Must See” dibawah menu “Deals” dan setelah itu klik tombol “Save Menu” untuk menyimpan perubahan.

descriptions menu wordpress

Dan sekarang akses situs WordPress Anda dan lakukan refresh, Maka Anda akan melihat menu Anda sudah memiliki deskripsi dibawahnya.

Tapi perlu Anda ketahui bahwa tidak semua tema mendukung ini, Anda hanya bisa menampilkan tulisan ini pada tema yang mendukung, atau Anda bisa melakukan kustomisasi sendiri agar muncul pada tema Anda. Karena itu tergantung dengan pengembang tema WordPress tersebut apakah memasukkan kustom code CSS khusus untuk menampilkan menu deskripsi sehingga dapat ditampilkan dengan baik seperti tema WordPress yang saya gunakan.

Baca : 7 Fitur WordPress tersembunyi yang sering dilupakan

Diatas adalah panduan untuk menambahkan tulisan di deskripsi menu pada WordPress, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Ascend Responsive Free by Kadence Themes

Ascend adalah Tema WordPress Responsive Gratis dengan tampilan minimalis dan cantik yang akan memenuhi...

Popup Maker – Plugin Pembuat Popup Keren untuk WordPress

Popup Maker – Plugin Pembuat Popup Keren untuk WordPress - Pop-up adalah jendela yang...

Close