How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Blockonomics: Sistem Pembayaran dengan Bitcoin di WooCommerce

WooCommerce merupakan plugin paling populer untuk WordPress yang digunakan untuk berbagai macam bisnis eCommerce, salah satu yang paling umum adalah toko online. Dengan WooCommerce Anda bisa menerima berbagai macam sistem pembayaran seperti transfer bank lokal (daftar bank terbesar indonesia), kartu kredit dan sistem pembayaran online seperti PayPal dan lainnya. Tapi yang paling terbaru adalah Anda juga bisa menerima pembayaran dengan mata uang digital Bitcoin di toko online WooCommerce Anda.

Dengan menambahkan sistem pembayaran bitcoin, itu berarti Anda sedang membuka pasar bisnis Anda jauh lebih maju dan diterima oleh pengguna diseluruh dunia karena pembayaran bitcoin saat ini sangat diminati dan proses yang jauh lebih cepat dan mudah dibanding dengan sistem pembayaran lainnya. Hal yang paling menyenangkan dari bitcoin adalah tidak adanya aturan negara yang membatasi sistem pembayaran ini.

Pada artikel kali ini saya akan memperkenalkan kepada Anda sebuah cara untuk menerima pembayaran di WooCommerce dengan bitcoin tanpa pihak ketiga dengan plugin Blockonomics.

Blockonomics

Apa itu Blockonomics?

Blockconomics adalah solusi pembayaran bitcoin terdesentralisasi yang menyediakan pengguna dengan alat transaksi khusus yang meningkatkan penggunaan BTC mereka. Manfaat dari platform ini meliputi:

Blockonomics for WooCommerce

  • Solusi pembayaran yang terdesentralisasi
  • Pengguna dibayar langsung melalui dompet mereka atau tanpa perantara
  • Platform ini aman karena tidak ada yang memiliki akses ke kunci pribadi pengguna kecuali pemiliknya
  • Platform ini tanpa izin dan tanpa batas karena tidak ada dokumentasi atau KYC diperlukan, Anda harus menggunakan email Anda untuk mendapatkan solusi pembayaran.
  • Seluruh proses checkout terjadi di situs web Anda – tidak perlu mengirim pengunjung Anda keluar dari situs Anda.

Blockconomics merupakan solusi pembayaran untuk toko e-commerce yang ingin mengintegrasikan cryptocurrency sebagai opsi pembayaran lain yang lebih modern dan mudah diterima oleh pengguna diseluruh dunia dengna proses pembayaran yang cepat dan tanpa masalah.

Blockonomics untuk Siapa?

Siapapun Anda yang saat ini sedang menjelankan bisnis eCommerce atau toko online bisa menggunakan layanan yang ditawarkan oleh Blockonomics.

Dengan menambahkan opsi pembayaran bitcoin, akan sangat mungkin Anda bisa menjadi lebih sukses dan pendapatan Anda akan meningkat. Hal ini dikarenakan pelanggan dan toko e-commerce sama-sama akan mendapat manfaat dari penggunaan Blockconomics dengan sistem pembayaran bitcoin yang menguntungkan.

Selain itu, dengan blockconomics memungkinkan toko e-commerce dan pembeli untuk menyingkirkan biaya transaksi kartu kredit yang begitu besar dan merugikan penjual sekaligus para pembeli.

Blockonomics plugin

Blockconomics juga sangat mudah diintegrasikan ke sistem pembayaran dari berbagai jenis website sehingga lebih mudah digunakan. Apalagi bagi pengguna platform web seperti WordPress, Prestashop, Magento, Opencart, dan WHMC, Semua sudah disediakan plugin khusus untuk masing-masing platform tersebut sehingga lebih memudahkan Anda ketika akan mengintegrasikan blockonomics ke website Anda.

Harga Blockonomics

Blockonomics merupakan plugin gratis dan layanan mereka juga gratis untuk 10 transaksi pertama Anda. Setelah itu, Anda akan membayar biaya transaksi 1% flat untuk semua transaksi. Karena tidak satu pun dari uang Anda yang pernah menyentuh dompet Blockonomics, Anda harus benar-benar membayar terlebih dahulu biaya transaksi ini setelah 10 transaksi gratis Anda selesai. Anda dapat memperoleh kembali uang ini jika Anda tidak menggunakannya, jadi tidak ada biaya tambahan kecuali apa yang Anda proses.

Harga Blockonomics

Biaya yang diminta oleh Blockonomics jauh lebih rendah dibanding ketika Anda menerima pembayaran dengan PayPal atau kartu kredit. Anda akan jauh mendapatkan untung daripada harus menerima uang Anda di potong oleh sistem pembayaran lainnya.

Cara Kerja Plugin Blockonomics

Disini saya akan menjelaskan cara kerja plugin blockonomic untuk WooCommerce, dan ini akan sama dengan cara kerja pada plugin-plugin untuk platform lain.

Blockonomics Proses

Pertama, Blockonomics memungkinkan Anda untuk dapat menerima pembayaran Bitcoin di WooCommerce tanpa bertindak sebagai perantara langsung. Dimana, para pembeli yang melakukan proses checkout tetap berada di situs Anda sampai transaksi selesai dan uang langsung masuk ke dompet toko online Anda.

Prosesnya adalah pengguna memiliki penghitung waktu yang membatasi kapan mereka dapat mengirim pembayaran (mulai dari 10-30 menit). Selanjutnya, Melalui API Blockonomics akan melihat blockchain untuk mencari transaksi spesifik tersebut.

Selanjutnya, setelah pembayaran dikonfirmasi dua kali di blockchain, Blockonomics secara otomatis menandai pesanan sebagai dibayar.

Jika tidak ada pembayaran dalam jendela waktu (plus buffer), Blockonomics secara otomatis menandai pesanan sebagai dibatalkan.

Selain itu, semua hal lain tentang prosesnya cukup normal! Pengguna masih akan menggunakan keranjang WooCommerce normal dan checkout – mereka hanya akan mendapatkan metode pembayaran Bitcoin baru untuk dipilih.

Cara Menggunakan Blockonomics di WooCommerce

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin WooCommece Bitcoin Payment Blockonomics, tentu Anda sebelumnya sudah memiliki WooCommerce terinstall di situs WordPress Anda.

Blockonomics plugin Install

Setelah Blockonomic Anda aktifkan, silahkan untuk masuk pada menu Settings » Blockonomics. Pada bagian pengaturan ini, Anda hanya perlu mengkonfigurasi beberapa pengaturan dasar.

Pada dasarnya, yang paling penting adalah memasukkan API Blockonomics. Selain mengkonfigurasi API Key Blockonomics, Anda juga dapat memilih:

  • Apakah atau tidak untuk menerima pembayaran Altcoin dengan Shapeshift
  • Berapa lama pengatur waktu untuk memberikan pembeli di halaman pembayaran (ini adalah berapa lama mereka harus mengirim pembayaran ke alamat Anda) Rentang waktu yang dapat Anda pilih adalah 10 sampai 30 menit.

Blockonomics settings

Untuk mendapatkan API Blockonomics, silahkan kunjungi situs Blockonomis dan masuk pada halaman ‘Merchant’, silahkan Anda mendaftar untuk mendapatkan akun gratis Blockonomics.

Blockonomics register

Anda harus mengonfirmasi email Anda. Dan setelah Anda melakukannya, Anda harus memasukkan alamat xpub dompet Bitcoin Anda:

Blockonomics xpub

Dan setelah itu, Blockonomics akan memberi Anda kunci API yang Anda butuhkan. Anda perlu menambahkan kunci API itu ke dashboard WordPress Anda di kotak “Blockonomics API Key”:

Blockonomics API

Selanjutnya, Anda dapat menguji pengaturan Anda dengan menekan tombol “Test Setup”. Dan jika berhasil maka akan ada pesan “Congrat! Setup is all done’ dan tekan tombol ‘Save’.

Setelah pengaturan dasar selesai, mari kita lanjutkan pada pengaturan Blockonomics di WooCommerce.

Konfigurasi Blockonomics di WooCommerce

Untuk mengkonfigurasi Blockonomics pada sistem pembayaran WooCommerce, silahkan masuk pada menu WooCommerce » Settings » Payment:

blockonomics Payment WooCommerce

Anda akan melihat sistem pembayaran dengan nama “Bitcoin” ditambahkan. Silahkan aktifkan itu dan klik tombol ‘Manage’, Anda dapat mengganti nama metode pembayaran selama proses pemeriksaan atau membiarkan seperti itu saja.

Jika sudah, silahkan klik tombol ‘Save Changes’ untuk menyimpan pengaturan yang Anda lakukan.

Selanjutnya mari kita lihat bagaimana proses pembelian di WooCommerce dengan sistem pembayaran bitcoin.

Proses pembelian produk adalah sama seperti biasanya. Hanya sekarang, ketika pembeli akan melakukan checkout, mereka akan melihat opsi pembayaran Bitcoin baru ditambahkan pada sistem pembayaran:

Blockonomics checkout

Setelah mereka memeriksa metode Bitcoin, mereka akan dapat:

  • Lihat konversi untuk total pesanan dari fiat ke cryptocurrency
  • Pindai kode QR untuk mengirim pembayaran
  • Kirim langsung ke alamat dompet Anda
  • Bayar dengan Altcoin menggunakan ShapeShift (jika Anda mengaktifkan fitur ini)

Mereka juga akan memiliki pengatur waktu tersebut di bagian atas, yang sekali lagi, Anda dapat menyesuaikan panjangnya:

Blockonomics checkout 2

Jika pembelanja tidak mengirim pembayaran tepat waktu, mereka akan melihat pemberitahuan pembayaran kedaluwarsa dengan petunjuk untuk kembali dan coba lagi.

Jika tidak, mereka hanya perlu menunggu pembayaran mereka untuk dikonfirmasi di blockchain.

Selanjutnya Anda sebagai penjual atau pemilik toko online, saat Anda menunggu pembeli untuk mengirim Bitcoin ke dompet Anda, pesanan akan ditampilkan dengan status “Pending Payment” di dasbor WooCommerce Anda:

Dan pesanan akan tetap sebagai Penangguhan Tertunda sampai pembayaran mendapat dua konfirmasi di blockchain (dalam hal ini akan dikonfirmasi) dan untuk Pengatur waktu berakhir (dalam hal ini akan ditampilkan sebagai dibatalkan). Perhatikan, sebenarnya ada sedikit penyangga di luar penghitung waktu yang dilihat oleh pelanggan, yang saya anggap memungkinkan waktu untuk transaksi dikonfirmasi di blockchain jika pengguna mengirim di dekat penghitung waktu.

Jadi semuanya masih dilakukan secara otomatis meskipun tidak ada pihak ketiga. Anda tidak perlu campur tangan secara manual untuk mengubah status pesanan.

Kesimpulan

Blockonomics merupakan solusi sistem pembayaran bitcoin di berbagai macam situs eCommerce, Dengan blockonomics pembayaran dengan bitcoin menjadi lebih mudah karena terintegrasi dengan berbagai macam platform web.

Tidak ada yang sulit dengan Blockonomics, karena seluruh proses setup hanya butuh beberapa menit yang sangat mudah seperti yang bisa Anda lihat pada artikel ini. Setelah Anda selesai, Anda akan menerima pembayaran cryptocurrency dalam waktu singkat. Dan toko online Anda sekarang sudah bisa menerima pembayaran dengan mata uang digital bitcoin.

Biaya yang di minta oleh Blockonomics juga sangat ringan yaitu hanya 1% dari tiap transaksi, tentu ini merupakan layanan yang murah dan bisa membawa bisnis Anda ke arah yang lebih sukses.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Benaa – Tema WordPress Keren Untuk Real Estate

Apakah Anda saat ini sedang mencari tema WordPress untuk Real Estate yang membantu Anda...

Pofo – Tema WordPress untuk Para Kreatif dan Blogger

Apakah Anda saat ini sedang ingin membuat website dengan tampilan dan fungsional yang luar...

Close