How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Ukuran Gambar dan Foto Instagram Terbaik dan Ideal

Instagram benar-benar membawa magnet pada pengguna diseluruh dunia, banyak orang mengunggah foto terbaik mereka untuk di pamerkan di akun instagram baik mempublikasikan foto dan video terbaik mereka di Instagram. Ada beberapa opsi gambar atau foto yang bisa Anda posting baik itu foto portrait, landscape, dan square, Instagram stories, video IGTV, dan video di feedback Anda, ada begitu banyak cara untuk terlibat dengan pengikut Anda dan mengirimkan konten yang menarik. Dan mungkin saja Anda bertanya-tanya berapa ukuran gambar atau foto di Instagram yang ideal untuk konten Anda?

Di artikel ini saya akan memberikan panduan untuk ukuran dimensi postingan Instagram yang berbeda untuk setiap konten gambar atau foto dan konten lainnya, dan resolusi foto terbaik untuk diunggah ke Instagram untuk hasil yang optimal.

Berapa dimensi ukuran foto dan video yang ideal untuk Instagram?

Ukuran video dan foto Instagram memiliki dimensi yang berbeda-beda tergantung pada orientasi foto dan alat yang digunakan untuk mem-postingnya. Berikut daftar singkat dimensi foto dan video Instagram yang paling umum:

ukuran foto gambar instagram

Jenis Postingan Instagram Aspek Ratio Ukuran Postingan Instagram
Square Photo 1:1 1080 x 1080px
Landscape Photo 1.91:1 1080 x 608px
Portrait Photo 4:5 1080 x 1350px
Instagram Stories 9:16 1080 x 1920px
IGTV Cover Photo 1:1.55 420 x 654px
Instagram Square Video 1:1 1080 x 1080px
Instagram Landscape Video 1.91:1 1080 x 608px
Instagram Portrait Video 4:5 1080 x 1350px

Ukuran Posting Foto Instagram

Saat Instagram pertama kali diluncurkan pada tahun 2012, Pengguna hanya bisa mengunggah foto dengan aspek rasio 1:1. Pengguna yang ingin menampilkan foto landscape dan portrait mereka yang indah dipaksa untuk memangkas foto mereka menjadi persegi atau menggunakan aplikasi lain untuk membuat gambar terlihat menarik.

Untungnya, Instagram sekarang mengerti keinginan pengguna dan memperkenalkan kemampuan untuk menerima foto horizontal dan vertikal pada tahun 2015.

Baca : 15 Tips dan Trik Keren Dalam Menggunakan Instagram

Apakah foto Instagram harus persegi (Square)?

Foto Instagram Anda tidak harus persegi – Anda juga dapat mengunggah foto dalam dimensi portrait persegi panjang dan foto landscape ke kisi Anda tanpa memotong! Triknya adalah memastikan bahwa foto Anda berukuran hingga 1080px pada sisi terpendek. Ingatlah bahwa ada batasan – Jika Anda mengunggah foto yang melebihi rasio aspek (rasio lebar-tinggi foto), Anda harus memotong foto Anda.

Dengan mengingat hal itu, mari kita bicarakan tentang ukuran gambar terbaik untuk postingan foto Instagram, termasuk persegi tradisional, portrait, dan landscape!

Ukuran Foto Persegi Instagram

Ukuran Ideal: 1080 x 1080 piksel

Rasio aspek postingan foto persegi adalah 1: 1 persegi. Ini biasanya merupakan ukuran foto yang paling mudah didapatkan karena sudah pasti ada opsi pemotongan otomatis di sebagian besar aplikasi pengeditan foto dan Instagram itu sendiri. Belum lagi, Anda bisa memotret gambar persegi langsung di kamera iOS! Untuk hasil terbaik, foto Anda harus berukuran antara 320 x 320 piksel dan 1080 x 1080 piksel.

Apakah Instagram menurunkan kualitas gambar?

Apakah foto yang Anda upload terlihat kabur? Hal itu terjadi karena Anda mengupload file dengan ukuran lebih besar dari 1080px. Jika Anda mengunggah gambar yang lebih besar dari ukuran ini, Instagram akan secara otomatis mengompresi gambar Anda dan baru ditampilkan. Kompresi foto yang ekstrim dapat merusak detail gambar, yang berdampak besar pada kualitas gambar Anda.

Hal yang sama berlaku saat Anda mengupload gambar yang lebih kecil dari 320px kali 320px. Instagram akan memperbesar gambar, dan itu menyebabkan pikselasi dan ketidakjelasan.

Untuk mendapatkan foto terbaik di feed Anda, bidik ukuran foto persegi 1080 x 1080 piksel. Versi terkompresi yang ditampilkan di Instagram akan berukuran sekitar 600 x 600 piksel, yang akan tampak sempurna di aplikasi instagram mobile dan dekstop tanpa memengaruhi resolusi!

Jika cara diatas tidak menyelesaikan masalah kompresi, coba unggah dari komputer Anda. Aplikasi web Instagram menjaga kualitas foto jauh lebih efektif daripada yang diunggah dari aplikasi seluler!

Baca : Cara Embed Video dan Foto Instagram di WordPress

Resolusi apa yang digunakan Instagram?

Menurut Instagram, aplikasi mengunggah foto Anda dengan resolusi terbaik hingga lebar 1080 piksel. Selama lebar foto Anda antara 320 dan 1080 piksel, aplikasi akan mempertahankan resolusi asli (selama rasio aspek foto juga benar). Jika rasio aspek foto Anda tidak didukung, foto tersebut akan otomatis dipotong, yang dapat memengaruhi resolusi foto Anda.

Jika Anda ingin melakukannya dengan benar setiap saat, pastikan untuk mengubah ukuran gambar Anda ke lebar maksimum 1080 piksel sebelum Anda mengunggah gambar Anda untuk menghindari pengubahan ukuran atau kompresi otomatis!

Bagaimana cara mengubah ukuran foto untuk Instagram?

Untuk menghindari masalah kualitas dengan foto Instagram Anda, Anda harus selalu mencoba mengubah ukuran foto Anda ke ukuran dan rasio aspek yang sesuai sebelum mengunggah foto Anda ke Instagram. Anda dapat mengubah ukuran foto Instagram Anda dengan berbagai tool dan software editor foto desktop dan web, seperti Adobe Photoshop, LightRoom, dan banyak lagi!

Ukuran Potrait Instagram

Ukuran Foto Ideal: 1080 x 1350 piksel

Ingin tahu bagaimana cara mengunggah gambar penuh di Instagram tanpa memotong? Anda dapat melakukannya dengan foto portrait dan landscape! Foto portrait juga cukup mudah didapatkan pada percobaan pertama, meskipun Anda harus memotong foto vertikal berukuran besar agar sesuai dengan dimensi Instagram.

Baca : Cara Menambahkan Musik di Instagram Stories (Lirik+Sticker)

Berapa ukuran gambar portrait Instagram?

Rasio aspek portrait Instagram yang ideal adalah 4: 5, dan ukuran foto yang ideal adalah 1080 x 1350 piksel.

Jika Anda mengupload foto portrait yang lebih besar, misalnya 4: 6 atau 9:16 (seukuran foto Snapchat), Anda akan diminta untuk memotong sebagian foto agar pas.

Bagaimana Anda menyesuaikan gambar penuh di Instagram?

Jika Anda ingin mengunggah kreasi portrait penuh Anda ke Instagram tanpa memotong menjadi persegi, Anda dapat menggunakan tombol ukuran penuh yang praktis saat mengunggah foto Anda untuk secara otomatis menyesuaikan foto portrait Anda (atau foto landscape) ke rasio aspek maksimum yang tersedia. Cukup ketuk panah di sudut kiri bawah foto Anda agar sesuai dengan seluruh gambar di Instagram!

Berbicara tentang detail, aturan yang sama tentang kompresi dan pembesaran foto berlaku di sini. Untuk mendapatkan resolusi terbaik untuk Instagram, ukuran foto portrait Anda sekitar 1080 x 1350 piksel. Dengan begitu, kompresi otomatis tidak akan memengaruhi kualitas gambar vertikal Anda!

Baca : 5 Fitur Instagram Yang Bagus Untuk Bisnis Anda

Loading...

Ukuran Foto Horizontal Instagram

Ukuran Foto Ideal: 1080 x 1350 piksel

Untuk mendapatkan dimensi foto horizontal untuk Instagram yang tepat tidaklah mudah! Hal itu dikarenakan rasio aspek foto landscape Instagram yang sempurna adalah 1,91: 1. Dengan dimensi tersebut, foto horizontal Anda akan tampil cantik di Instagram tanpa pembatas.

Namun, Anda sebenarnya dapat mengunggah foto landscape dengan rasio aspek 16: 9, dan aplikasi akan secara otomatis menambahkan batas di sekeliling foto.

Bagaimana Anda mendapatkan landscape di Instagram?

Instagram telah menambahkan foto landscape ke feed Anda lebih mudah dari sebelumnya. Berikut cara melakukannya:

  • Buka Instagram
  • Ketuk tombol Add Post (kotak dengan tanda plus)
  • Pilih foto atau video Anda untuk diunggah
  • Ketuk tombol Full-size di kiri bawah tampilan foto (tampak seperti dua sudut). Ini secara otomatis akan menyesuaikan foto Anda menjadi rasio landscape (atau potret jika orientasi foto vertikal)
  • Anda selanjutnya dapat menyesuaikan pemotongan foto dengan mengatur untuk memperbesar dan memperkecil.
  • Ketuk Next untuk melanjutkan unggahan Anda!

Jika Anda sering menggunakan foto landscape di feed Anda, sebaiknya gunakan rasio aspek yang sama untuk masing-masing. Jika tidak, follower Anda mungkin tidak perlu teralihkan dari foto-foto Anda yang menghentikan pertunjukan saat mereka menggulir!

Untuk mendapatkan ukuran foto horizontal terbaik untuk Instagram pada percobaan pertama, pastikan tinggi foto Anda setidaknya 1080px. Ini akan menjaga kualitas foto Anda tetap bagus di ponsel dan desktop!

Baca : Cara Mengaktifkan Mode Gelap Instagram di Android dan iOS

Berapa rasio aspek Instagram?

Instagram memiliki tiga rasio aspek yang tersedia untuk foto dan video Anda. Sebelumnya, rasio aspek 1: 1 (persegi) adalah satu-satunya opsi yang tersedia, tetapi Instagram sekarang memungkinkan foto potrait dan landscape! Rasio aspek untuk foto potrait adalah 4: 5, sedangkan rasio aspek untuk foto landscape adalah 1,91: 1.

Ukuran gambar Instagram terbaik untuk posting adalah:

  • 1080 x 1080 px (Persegi atau square)
  • 1080 x 1350 px (Potrait) dan
  • 1080 x 608 px (landscape).

Berapa dimensi untuk video Instagram?

Sama seperti postingan foto, Anda memiliki opsi untuk menggunakan video persegi, horizontal, atau lanskap di feed Anda. Dimensi yang ideal untuk masing-masing adalah:

  • Persegi dan Korsel – 1080 x 1080 px
  • Potret – 1080 x 1350 px
  • Lanskap – 1080 x 608 px

Rasio aspek masing-masing sama dengan postingan foto, kecuali untuk video lanskap:

  • Rasio aspek 1: 1 untuk video persegi dan carousel
  • Rasio aspek 4: 5 untuk video potret
  • Rasio aspek 16: 9 untuk video lanskap

Alasan merekomendasikan rasio aspek 16: 9 untuk video lanskap adalah karena akan membutuhkan banyak waktu dan upaya untuk mengedit video Anda menjadi rasio aspek 1.9: 1 yang digunakan dalam posting foto. Pengguna Instagram terbiasa melihat video dalam rasio 16: 9, jadi waktu dan upaya untuk memotong dan mengedit video Anda untuk mengubahnya dari 16: 9 mungkin tidak sepadan.

Ada juga beberapa persyaratan minimum dan maksimum yang perlu diketahui saat mengupload video Instagram ke feed Anda. Posting video Instagram Anda harus memiliki maksimal:

  • 30 frame per detik
  • 60 detik
  • Ukuran file 4 GB

Jika video Anda melebihi salah satu persyaratan ini, Anda tidak akan dapat mengupload, jadi ingatlah nomor-nomor penting ini saat merencanakan konten video Anda!

Seperti posting foto Instagram, orientasi tempat Anda merekam video (persegi, lanskap, atau potret) akan menentukan resolusi minimum dan maksimum untuk masing-masing. Resolusi minimum adalah:

  • Resolusi Minimum Video Instagram Persegi dan Korsel adalah 600 x 600
  • Resolusi Minimum Video Instagram Potret adalah 600 x 750
  • Resolusi Minimum Video Lansekap Instagram adalah 600 x 315

Karena file video Anda akan dikompresi saat Anda mengupload, saya sarankan menggunakan resolusi maksimum yang diperbolehkan. Resolusi maksimumnya adalah:

  • Resolusi Maksimum Video Instagram Persegi adalah 1080 x 1080
  • Potret Video Instagram Resolusi Maksimum 1080 x 1350
  • Resolusi Maksimum Video Instagram Lansekap adalah 1080 x 608
  • Resolusi Maksimum Video Instagram Carousel adalah 1080 x 1080.

Baca : 5 Plugin Instagram Gratis Terbaik untuk WordPress

Instagram Stories

Ukuran Instagram stories Ideal: 1080px x 1920px

Instagram Stories adalah alat luar biasa lainnya untuk terhubung dengan pengikut Anda dan memposting semuanya mulai dari posting teks, menyelenggarakan Instagram Lives, dan mengunggah foto dan video! Konten Instagram Stories dimaksudkan untuk dilihat dalam mode potret, jadi meskipun Anda dapat memposting foto dan video lanskap, mereka tidak akan muncul juga di Stories.

Itu juga alasan lain mengapa rasio aspek Instagram Stories berbeda dari ukuran postingan lainnya!
Anda dapat mengunggah foto dan video ke Instagram Stories dalam rasio aspek apa pun dari 1: 9: 1 hingga 9:16. Namun, Anda kemungkinan besar akan menarik perhatian (dan membuat postingan Anda lebih mudah dilihat dan dipahami) jika Anda memenuhi seluruh layar Stories tanpa batas.

Dimensi foto yang Anda butuhkan untuk mengisi seluruh layar Instagram Stories dengan sempurna adalah aspek rasio 9:16, dan ukuran 1080 x 1920 px.

Dimensi Posting IGTV

Ukuran Cover Foto Ideal: 420  x 654 px

IGTV, atau biasa disebut “Youtube for Instagram”, memulai debutnya dengan opsi hanya-potret pada tahun 2018. Sebelumnya, pengguna harus merekam konten mereka (terkadang bernilai satu jam!) Dalam rasio horizontal panjang 9:16. Namun, setelah banyak masukan dari pengguna yang merasa sulit untuk merekam konten berdurasi panjang dengan cara ini, Instagram memilih untuk mengizinkan video lanskap di IGTV pada Mei 2019.

Ini membuka banyak opsi baru untuk memotret konten IGTV, dan beberapa dimensi posting yang perlu diingat. Berikut dimensi terkait dengan video IGTV Anda!

  • Video IGTV vertikal memiliki rasio aspek minimum 4: 5 (potret) dan maksimum 9:16 (Instagram Stories)
  • Video IGTV horizontal memiliki rasio aspek minimum 5: 4 dan maksimum 16: 9
  • Opsi Preview Satu Menit untuk IGTV (yang menempatkan cuplikan preview di feed Anda) dipotong menjadi rasio aspek 4: 5 di feed pengguna
  • Preview Satu Menit dipotong menjadi 1: 1 Square di 9-grid Anda

Berapa Ukuran Gambar Instagram Terbaik?

  • Kotak Foto Instagram: 1080px x 1080px
  • Potret Foto Instagram: 1080px x 1350px
  • Lanskap Foto Instagram: 1080px x 608px
  • Kotak Video Instagram: 600px x 600px
  • Potret Video Instagram: 600px x 750px
  • Lanskap Video Instagram: 600px x 315px
  • Korsel Video Instagram: 600px x 600px
  • Foto Instagram Stories: 1080px x 1920px
  • Foto Cover IGTV: 420px x 654px

Jika Anda menekankan tentang jenis ukuran gambar yang paling masuk akal untuk konten Anda, dan apakah menggunakan perpaduan foto potret, lanskap, dan persegi akan memengaruhi tampilan dan nuansa 9 kisi Anda… jangan khawatir!

Konten Anda akan muncul dalam lanskap, potret, atau aspek persegi di feed pengguna Anda, tetapi akan dipangkas menjadi preview persegi 1: 1 di 9 kisi Anda yang sebenarnya. Pengguna Anda harus memilih foto Anda (atau tersendat saat menggulir!)

Baca : 10 Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik dan Gratis di 2020

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
ConveyThis Translate – Plugin untuk Menerjemahkan Website WordPress Anda

Ketika Anda membuat website baik itu untuk tujuan bisnis maupun website untuk tujuan apapun...

10 Daftar Plugin AutoBlogging untuk WordPress Gratis Terbaik

10 Daftar Plugin AutoBlogging untuk WordPress Gratis Terbaik - Saya sering mengatakan bahwa membuat...

Close