How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Perbedaan dan Kelebihan dari USB 3 Vs USB4

Perbedaan dan Kelebihan dari USB 3 Vs USB4 – USB Implementers Forum (USB-IF) baru saja menyatakan banyak informasi tentang iterasi terbaru USB bernama USB4 (tidak ada spasi antara USB dan 4), yang diumumkan pada bulan Maret tahun ini. Dari kelihatannya, versi berikutnya dari konektor di mana-mana memiliki banyak hal untuk ditawarkan baik dalam hal kecepatan maupun efisiensi.

Kelebihan USB4

Peningkatan signifikan pada USB 3 mengeja berita hebat bagi para profesional kreatif dan pengguna sehari-hari. Ingin tahu apa perbedaan utama antara USB4 dan USB 3 (atau 3.2, atau 3.1)? Itulah tepatnya yang menjadi bagian singkat ini. Jadi baca terus saat saya membandingkan USB4 dengan standar USB sebelumnya di USB4 vs USB 3.

Baca : 10+ Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang USB4

USB4 Vs USB 3: Apa yang Membuat USB4 Lebih Baik

Pada artikel ini, saya akan melihat sekilas tentang semua fitur USB4 baru yang menjadikannya layak di-upgrade dibandingkan pendahulunya, serta membandingkan kelebihan USB4 dari USB 3 dan USB 3.1. Kita akan berbicara tentang peningkatan kecepatan, kompatibilitas Thunderbolt, pemisahan data, harga, dan banyak lagi. Dengan itu, mari kita lihat kelebihan apa yang dibawa oleh USB4.

1. Perubahan Port

Nah jika Anda telah memperhatikan pengembangan USB4, maka Anda sudah tahu bahwa standar USB4 baru akan memanfaatkan port USB-C yang lebih kecil dan reversibel daripada port USB-A standar. Saya pikir ini adalah perkembangan yang sangat baik karena penggunaan port USB-C akan membawa masa depan di mana semua perangkat kita menggunakan port universal lebih dekat.

2. Kecepatan

Apa yang membedakan USB4 dari pendahulunya USB 3 (atau 3.2, atau 3.1 gen2v2) adalah kemampuan untuk memberikan kecepatan transfer hingga 40 gigabit per detik. Kecepatan USB versi 3.2 terbaru dua kali lipat maksimal 20 Gbps. Selain itu, iterasi terbaru dari USB adalah 8 kali lebih cepat dari standar USB 3 asli. Namun, sementara USB4 dirancang untuk memberikan kecepatan hingga 40 Gbps, tidak semua perangkat USB akan dapat mendukungnya.

CEO USB Promoter Group Brad Saunders telah menyatakan bahwa versi terbaru dari konektor dimana akan menawarkan tiga kecepatan: 10 Gbps, 20 Gbps, dan 40 Gbps. USB4 diharapkan pada smartphone dan perangkat yang berharga murah mendukung kecepatan rendah, sementara perangkat kelas atas akan kompatibel dengan kecepatan maksimum.

Baca : Apa itu WiFi 6? Penjelasan Lengkap Tentang WiFi 6

3. Kompatibilitas Thunderbolt 3

Yang ini sudah hampir sesuai harapan. Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan pengembangan, izinkan saya memberi tahu Anda bahwa Intel sebelumnya mengumumkan bahwa itu akan memberikan protokol Thunderbolt 3 ke USB Promoter Group secara gratis. Itu berarti perangkat dengan port USB4 akan mendukung perangkat yang dilengkapi Thunderbolt 3. Ini adalah berita yang sangat bagus karena tidak ada standar USB sebelumnya yang mendukung Thunderbolt 3.

Kompatibilitas USB4 dengan Thunderbolt 3 akan sangat menguntungkan semua orang. Karena USB4 adalah standar gratis, perusahaan tidak perlu membayar royalti kepada Intel untuk menggunakannya. Semoga ini akan mendorong semakin banyak pabrikan untuk mengadopsi kompatibilitas Thunderbolt 3. Itu berarti Anda mungkin melihat dukungan eGPU pada laptop yang didukung AMD di masa depan. Namun, perhatikan bahwa kompatibilitas Thunderbolt bukan bagian yang diperlukan dari spesifikasi USB4. Jadi sepenuhnya bergantung pada produsen untuk mendukung fitur ini.

4. Alokasi Sumber Daya yang Lebih Baik

Departemen lain di mana USB4 jauh lebih baik daripada USB 3 adalah alokasi sumber daya yang lebih baik dalam hal-hal seperti tampilan dan pemisahan data. Berbeda dengan pendahulunya, USB versi terbaru dengan sempurna menyesuaikan jumlah sumber daya yang tersedia untuk mengirim video dan data melalui koneksi yang sama. Jadi, tidak ada peluang pengurangan kecepatan.

Sebagai contoh, katakanlah, Anda berurusan dengan dua hal seperti mentransfer data dan menangani umpan video secara bersamaan pada perangkat USB4 Anda yang dilengkapi untuk memberikan kecepatan hingga 40 Gbps. Jika proses sebelumnya membutuhkan 15 Gbps untuk mentransfer data dengan cepat dan lancar, USB4 akan secara dinamis menyesuaikan untuk menyediakan 25 Gbps yang tersisa untuk yang terakhir, memastikan tidak ada jeda. Tidak ada fitur seperti itu dalam standar USB yang lebih lama sehingga perubahan ini sangat ditunggu.

5. Kompatibilitas dengan perangkat Lama

Seperti pendahulunya termasuk USB 3, USB4 juga kompatibel dengan perangkat yang lebih tua. Itu berarti Anda dapat menggunakannya dengan perangkat dan port yang dilengkapi USB 3 dan USB 2 menggunakan dongle. Tetapi perlu dicatat adalah bahwa USB4 tidak akan dapat memberikan kecepatan maksimum 40 Gbps ketika Anda menghubungkannya ke port USB 2 atau USB 3. Jika Anda menggunakan USB4 dengan teknologi USB yang lebih lama, kecepatan akan otomatis pada kecepatan terendah.

Baca : Penjelasan Lengkap Teknologi Internet Nirkabel 5G

6. Host USB4 Mendukung USB PD

Salah satu peningkatan terbesar yang datang dengan USB4 adalah dukungan untuk pengiriman daya USB. Sementara beberapa perangkat USB-C mendukung pengiriman daya (USB PD), tidak semua melakukannya. Dengan USB4, setiap perangkat dan host USB 4 akan mematuhi standar USB PD yang bagus untuk mengisi daya perangkat Anda. Sementara secara teoritis USB PD mendukung pengiriman daya hingga 100 watt, masih harus dilihat apakah standar USB4 baru akan cocok dengan ini atau akankah ia menawarkan opsi pengiriman daya yang berbeda, seperti halnya dengan kecepatan.

7. Biaya Pembuatan

Meskipun USB4 siap digunakan untuk menggantikan versi lama, perangkat yang kompatibel tidak akan hadir dalam waktu dekat. Mengikuti siklus pengembangan khas produk baru, perangkat yang mendukung USB4 tidak akan tersedia setidaknya sebelum 12-18 bulan dari sekarang. Hambatan terbesar untuk adopsi massal tampaknya adalah biaya tambahan. Karena komponen yang lebih mahal daripada USB 3.2, versi terbaru dari USB akan jauh lebih mahal untuk pembuatan. Itu berarti bahwa kemungkinan USB4 menjadi standar adalah ketika harga sudah menurun di masa depan.

USB4 vs USB 3: Langkah di Arah yang Benar

Mempertimbangkan semua faktor, USB4 tampaknya merupakan langkah ke arah yang benar dalam lebih dari satu cara. Baik itu kecepatan yang ditingkatkan atau berbagi bandwidth yang sangat baik antara video dan data, ini telah mencakup sebagian besar pangkalan untuk menjadi aset yang hebat bagi tidak hanya pembuat dan perancang tetapi juga pengguna sehari-hari Anda.

Baca : Pengertian Lengkap Tentang Apa Itu Internet of Things (IoT)?

Dan itulah beberapa perbedaan dan kelebihan antara USB4 VS USB3, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda dan mari kita tunggu kehadiran USB4 di perangkat-perangkat yang baru dikemudian hari.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
10+ Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang USB4

Diumumkan pada bulan Maret tahun ini, standar USB "USB4" yang serba baru siap untuk...

10 Alasan Situs Anda Perlu Untuk Lakukan Optimasi SEO

10 Alasan Situs Anda Perlu Untuk Lakukan Optimasi SEO - Sejak internet mulai berkembang...

Close