fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Inilah Kecepatan Jaringan Internet 5G Dalam Angka

5G adalah generasi berikutnya dari internet nirkabel berkecepatan tinggi. Ini melampaui 4G dalam kecepatan dengan setidaknya 10 kali lipat dan bahkan lebih cepat daripada jaringan internet yang kebanyakan orang dapatkan dari koneksi broadband kabel mereka di rumah!

Kecepatan Internet 5G

Sangat mudah untuk berbicara tentang seberapa banyak internet 5G akan mengubah dunia, seperti semakin nikmatnya pengalaman menggunakan VR dan AR, panggilan telepon holografik, kota pintar yang saling berhubungan, dll. Namun, untuk memahami seberapa cepat jaringan 5G sebenarnya, mari kita baca lebih lanjut.

Baca : Penjelasan Lengkap Teknologi Internet Nirkabel 5G

Standar Kecepatan 5G

Agar jaringan dianggap 5G, jaringan harus mematuhi aturan tertentu yang ditetapkan oleh otoritas yang berwenang seperti 3GPP. Salah satu spesifikasi itu adalah kecepatan untuk mengunggah (upload) dan mengunduh (download).

Mengunduh (download) adalah ketika Anda menerima informasi yang dikirim dari server di internet (mengunduh gambar, aplikasi, streaming film dan musik, dll.).

Mengunggah (upload) adalah ketika Anda mengirim informasi ke server di internet (berbagi gambar melalui Facebook, upload video ke YouTube, hosting situs web Anda sendiri, dll.).

Ada tingkat unduhan puncak minimum dan kecepatan unggah puncak minimum untuk jaringan yang disebut jaringan 5G, yang berarti bahwa setiap stasiun induk 5G harus mendukung kecepatan setidaknya secepat ini:

  • Kecepatan download puncak 5G: 20 Gb / s (gigabit per detik), atau 20,480 Mb / s (megabit per detik)
  • Kecepatan upload puncak 5G: 10 Gb / s (gigabit per detik), atau 10.240 Mb / s (megabit per detik)

Perlu diingat bahwa kecepatan itu identik, mereka hanya menggunakan unit pengukuran yang berbeda. Juga ingat bahwa bit tidak sama dengan byte (pengukuran di atas ditulis dalam bit).

Karena ada delapan bit dalam setiap byte, untuk mengubah kecepatan 5G tersebut menjadi megabita (MB) dan gigabita (GB), Anda harus membaginya dengan delapan. Banyak pengukuran di unit ini, bukan megabit dan gigabit, jadi penting untuk memahami keduanya.

Ada kecepatan 5G yang sama tetapi dalam byte, bukan bit:

  • Kecepatan download puncak 5G: 2,5 GB / s (gigabytes per detik), atau 2.560 MB / s (megabyte per detik)
  • Kecepatan upload puncak 5G: 1,25 GB / s (gigabytes per detik), atau 1.280 MB / s (megabyte per detik)

5G juga memiliki persyaratan latensi minimum. Latensi mengacu pada selang waktu antara saat menara sel mengirim data dan ketika perangkat tujuan (seperti ponsel Anda) menerima data.

5G membutuhkan latensi minimum hanya 4 ms dengan asumsi bahwa kondisi ideal terpenuhi, tetapi dapat turun hingga 1 ms untuk beberapa bentuk komunikasi, khususnya komunikasi ultra-reliable dan latensi rendah (URLLC).

Penting : Sebagai perbandingan, latensi pada jaringan 4G mungkin sekitar 50-100 ms, yang sebenarnya lebih dari dua kali lebih cepat dari jaringan 3G yang lebih tua!

Kecepatan Jaringan 5G yang sebenarnya

Pengukuran yang tercantum di atas adalah cerminan dari kecepatan 5G dalam kondisi ideal dengan dasarnya tidak ada latensi atau gangguan, dan hanya jika perangkat Anda adalah satu-satunya yang menggunakan sel 5G itu.

Penting : Setiap sel 5G mendukung, minimal, satu juta perangkat untuk setiap kilometer persegi. Kecepatan unduh dan unggah dibagi rata antara setiap perangkat di sel yang sama.

Dengan kata lain, pengguna seluler mungkin tidak akan mengalami kecepatan unduhan / unggah puncak. Namun, Anda dapat memperoleh kecepatan tersebut jika Anda menggunakan sistem akses nirkabel tetap (FWA) khusus di mana Anda tidak perlu membagi bandwidth dengan pengguna lain.

Sebagai contoh, operator jaringan seluler Three Inggris mencapai kecepatan unduh 2 Gb / s pada lingkungan akses nirkabel tetap (FWA), tetapi Three mengharapkan pengguna biasa untuk menarik hanya 80 hingga 100 Mb / s.

Lalu, seberapa cepat 5G sesungguhnya? Jika Anda mendaftar sekarang, kecepatan internet apa yang bisa Anda harapkan?

Sayangnya, jawabannya tidak ada yang pasti. Kecepatan 5G sebenarnya tergantung pada tidak hanya di mana Anda berada ketika Anda mengakses jaringan tetapi faktor-faktor lain seperti perangkat keras yang Anda gunakan, kecepatan perangkat yang menyebarkan jaringan, berapa banyak pengguna lain yang berbagi 20+ Gb / s dengan Anda, dan jenis gangguan apa yang berperan antara Anda dan menara sel yang memancarkan jaringan internet 5G.

Verizon adalah salah satu perusahaan pertama yang merilis 5G di Amerika Serikat, jadi kita dapat melihat data dari pelanggan mereka yang sebenarnya untuk melihat seberapa cepat 5G sekarang, dengan teknologi saat ini. Melihat angka-angka itu secara khusus, kita dapat melihat bahwa pengguna Verizon 5G rumahan dengan FWA dapat mencapai 300 Mb / s hingga 1 Gb / s. Tidak hanya layanan broadband 5G Verizon yang menjamin kecepatan seperti itu, pengguna juga melaporkan hal yang sama.

Di luar statistik yang dapat di kumpulkan hari ini dengan jaringan 5G Live, adalah spekulasi yang dibuat oleh operator. T-Mobile, misalnya, mengatakan 450 Mb / s adalah kecepatan rata-rata yang dapat diharapkan pengguna saat jaringan mereka diluncurkan tahun ini. T-Mobile juga menyatakan bahwa beberapa pengguna 5G mungkin mendapatkan kecepatan secepat 4 Gb / s pada 2024.

Beberapa perusahaan telah mengukur kecepatan 5G lebih cepat. DOCOMO NTT Jepang mencapai lebih dari 25 Gb / s selama uji coba 5G pada tahun 2018 yang melibatkan kendaraan yang bergerak.

Baca : Pejelasan Lengkap Apa Perbedaan 4G dan 5G?

Apa Gunanya Kecepatan Nirkabel 5G untuk Anda

Seperti yang sudah di sebutkan di atas, tanpa contoh, mungkin sulit untuk memvisualisasikan apa yang dapat Anda lakukan pada jaringan 5G vs jaringan 4G, atau koneksi yang lebih lambat lainnya.

Pertimbangkan ini: Anda mengunduh film berukuran 3 GB, menggunakan jaringan 5G, 4G, 4G LTE, dan 3G. Berikut ini waktu yang diperlukan untuk mengunduh film di berbagai jenis jaringan seluler (menggunakan kecepatan realistis, bukan kecepatan puncak):

  • 3G: 1 jam, 8 menit
  • 4G: 40 menit
  • 4G LTE: 27 menit
  • Gigabit LTE: 61 detik
  • 5G: 35 detik

Catatan :Ingat bahwa angka-angka ini hanya rata-rata. Jika koneksi 5G Anda mencapai kecepatan 20 Gb / s, film yang sama dapat disimpan dalam sekejap mata, hanya dalam satu detik dan Anda tidak perlu lagi menggunakan software semacam IDM.

Berikut adalah beberapa contoh lain dari berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh file berukuran berbeda di jaringan 5G, dengan asumsi kecepatan yang berbeda:

  • 1 Gb / s: Dua detik untuk mengunduh 75 gambar JPG (total 300 MB)
  • 5 Gb / s: Delapan detik untuk mengunduh film dua sesi penuh The Office (sekitar 5 GB) melalui Netflix
  • 15 Gb / s: Satu menit untuk mengunduh arsip 105 GB dari data Anda yang didukung secara online
  • 20 Gb / s: Di bawah dua menit untuk mengunduh Avatar: Edisi Khusus (276 GB)

Tentu saja semua aktivitas online Anda lebih cepat pada jaringan internet 5G jika untuk mengunduh file-file besar seperti dalam contoh di atas, benar-benar menunjukkan seberapa cepat hal-hal yang akan didapat.

  • Jika koneksi 3G rata-rata 6 Mb / s (0,75 MB / s), file 3 GB (3,072 MB) akan membutuhkan waktu lebih dari satu jam untuk mengunduh (3072 / 0,75 / 60).
  • Dengan kecepatan unduhan rata-rata 10 Mb / s (1,25 MB / s), film 3 GB (3.072 MB) dapat diunduh sepenuhnya hanya dalam waktu lebih dari 40 menit (3072 / 1.25 / 60).
  • Dengan kecepatan pengunduhan rata-rata 15 Mb / s (1,87 MB / s) untuk 4G LTE, Anda dapat mengunduh file 3 GB (3.072 MB) hanya dalam waktu 27 menit (3072 / 1.87 / 60).
  • Dengan kecepatan unduhan 400 Mb / s (50 MB / s), file 3 GB (3.072 MB) akan membutuhkan waktu lebih dari satu menit untuk diunduh (3072/50).
  • Dengan asumsi kecepatan unduhan 700 Mb / s (87,5 MB / s), file 3 GB (3.072 MB) dapat diunduh hanya dalam 35 detik (3072 / 87.5).

Baca : 3 Cara Mudah Download Video YouTube Tanpa IDM

Itulah kecepatan dari teknologi jaringan internet 5G yang bisa Anda dapatkan dan juga contoh-contoh dalam mengukur kecepatan internet 5G. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Penjelasan Lengkap Teknologi Internet Nirkabel 5G

5G adalah jaringan internet generasi berikutnya dari teknologi jaringan internet seluler setelah 4G. Sama...

Panduan Lengkap Cara Migrasi WordPress ke Hosting Baru

Memindahkan atau migrasi website WordPress Anda dari hosting lama ke hosting baru bisa menjadi...

Close