How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Membuat Balasan Email Otomatis di Gmail + Contoh

Cara Membuat Balasan Email Otomatis di Gmail + Contoh – Pada 2017, ada 3,7 miliar pengguna email di seluruh dunia – jumlah yang diperkirakan meroket menjadi 4,3 miliar pada tahun 2022. Prediksi kenaikan pengguna email tersebut tentu memiliki alasan tersendiri yaitu Email adalah saluran penting untuk pemasaran dan bisnis yang terus berkembang dan siap untuk otomatisasi. Dan bahkan setiap pemilik smartphone sangat diharuskan memiliki email atau setiap orang yang ingin membuat akun secara online mereka diharuskan memiliki email terlebih dahulu.

Selanjutnya, saya disini tidak ingin membahas tentang pertumbuhan email, melainkan ingin membahas tentang fitur bagus dan sangat berguna yang dibawa oleh email, lebih khusus disini saya akan membahas tentang fitur Gmail yaitu Auto Reply atau balasan otomatis.

Dimana fitur Auto Reply ini sangat berguna ketika Anda ingin memberikan balasan email dari pertanyaan yang sama dari pengguna lain. Nah, jika Anda menggunakan Gmail, Anda dapat mengatur balasan otomatis di Gmail yang memicu respons templat khusus berdasarkan konten email yang Anda terima, sehingga Anda dapat menghemat waktu Anda di kotak masuk email dan lebih banyak waktu melakukan hal yang paling penting.

Dan fitur ini juga bisa Anda manfaatkan untuk memberikan balasan otomatis setiap email yang masuk pada Anda ketika Anda sedang berlibur, jadi Anda bisa memberikan informasi pada pengguna lain bahwa Anda sedang berlibur dan memberitahukan jadwal libur dan hari masuk kerja Anda.

Baca : Cara Cepat Menerjemahkan isi Email Pada Gmail

Dan berikut adalah petunjuk langkah demi langkah untuk mengatur balasan otomatis atau Auto Reply di Gmail, plus contoh cara terbaik untuk memanfaatkan fitur bermanfaat ini dalam bisnis Anda.

Membuat Templates

Sebelum Anda dapat menerapkan fitur respons otomatis, Anda perlu mengatur pesan agar bertindak sebagai respons otomatis Anda.

1. Buka https://mail.google.com/mail, lalu klik ikon roda gigi atau Setelah di pojok kanan atas disamping avatar Anda.

Balasan email otomatis di Gmail

2. Klik menu tab “Lanjutan” dibagian atas, lalu pilih “Aktifkan” di sebelah “Template”. Dan jangan lupa mengklik tombol “Simpan Perubahan” di bagian bawah layar.

Balasan email otomatis di Gmail 2

3. Sekarang “Templates” telah diaktifkan, Anda dapat membuat email baru dengan mengklik ikon ‘Tulis’ di sudut kiri atas dan ketika pesan yang ingin Anda kirim sebagai balasan otomatis. Setelah selesai, klik pada tiga titik di jendela email untuk memunculkan opsi email. Pilih “Template”, kemudian pilih “Simpan draf sebagai template” dan terakhir pilih “Simpan sebagai template baru”.

Balasan email otomatis di Gmail 3

4. Selanjutnya, sebuah jendela popup akan muncul di mana Anda dapat memberi nama pada template Anda. Ketikkan nama dan pilih “OK”.

Balasan email otomatis di Gmail 4

Menyiapkan Jawaban Otomatis

Sekarang setelah email respons balasan otomatis Anda disimpan sebagai template, Anda siap menggunakannya sebagai balasan otomatis terhadap email tertentu.

Klik ikon roda gigi lagi dan pilih “Pengaturan” sekali lagi.

Balasan email otomatis di Gmail

Kali ini, klik “Filters and Blocked Addresses” di menu. Pilih “Create a new filter”. Atau lebih mudahnya langsung saja klik tanda panah kecil di bagian kolom pencarian dibagian atas.

Balasan email otomatis di Gmail 4.1

Di jendela berikutnya yang muncul, pilih aturan mana yang ingin Anda terapkan untuk filter Gmail. Anda dapat memilih untuk memasukkan alamat email “Dari” tertentu, subjek tertentu, atau email yang berisi (atau tidak mengandung) kata-kata tertentu. Setelah selesai, klik “Buat filter”.

Balasan email otomatis di Gmail 5

Pada layar berikutnya, centang kotak yang mengatakan “Kirim Template” dan pilih template yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Klik “Buat Filter”, dan Anda selesai.

Ingatlah bahwa email lama tidak akan menerima respons kalengan, tetapi jika meneruskan, surat baru apa pun yang sesuai dengan kriteria yang Anda tetapkan untuk filter Anda akan menerima respons kalengan secara otomatis.

Baca : Cara Mudah Menjadwal Email di Gmail Secara Gratis

Contoh Balasan Email Otomatis

Dibawah ini hanya sekedar contoh untuk balasan email otomatis yang sering digunakan oleh para pekerja profesional di perusahaan. Anda bisa menggunakan fitur balasan email otomatis di Gmail ini untuk berbagai macam kebutuhan sesuai keinginan Anda.

Dalam contoh ini saya akan memberikan contoh balasan email otomatis di Gmail ketika Anda sedang dalam masa liburan, tetapi Anda tidak ingin mengabaikan pesan email dari pelanggan Anda dan mengabarkan pada pelanggan Anda informasi yang menyatakan Anda sedang dalam masa liburan.

[Salam Anda],

Terima kasih untuk email anda.

Saya saat ini sedang dalam masa liburan dari kantor mulai pada [tanggal] dan kembali aktif bekerja pada [tanggal].

Jika Anda membutuhkan bantuan selama waktu ini, salah satu anggota tim saya akan dapat membantu. Mereka dapat dihubungi di [nomor telepon] atau email di hari Senin-Jumat mulai jam 9.00 sampai 4.00.

Untuk pertanyaan yang tidak mendesak selama ketidakhadiran saya, Anda dapat menghubungi [Nama] di [email], dan mereka akan dengan senang hati membantu Anda.

Salam Hormat,

[Nama]

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa ada banyak kegunaan yang efektif untuk email balasan otomatis yang tidak dianggap sebagai pribadi. Ketika dilakukan dengan penuh selera, mereka bahkan dapat melatih audiens, prospek, atau kolega Anda untuk menunggu dalam waktu tertentu, ini akan memberikan informasi penting pada mereka dan menjadikan pelanggan Anda tidak merasa di abaikan. Cara ini juga efektif untuk menghindari kiriman email yang berulang untuk sekedar menanyakan tanggapan atau balasan dari Anda.

Baca : Cara Mencari atau Menemukan Email Arsip di Gmail

Dan itulah panduan lengkap cara membuat balasan email otomatis di Gmail, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu memudahkan Anda dalam membalas email yang sama dan berulang dari berbagai pelanggan Anda atau untuk memberikan informasi penting pada setiap email masuk secara otomatis. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Zakra – Tema WordPress Terbaik dan Mendukung Editor Gutenberg

Zakra - Tema WordPress Terbaik dan Mendukung Editor Gutenberg. Apakah Anda saat ini sedang...

WP SmartPay – Plugin Gateway Pembayaran Paddle Untuk WordPress

WP SmartPay - Plugin Gateway Pembayaran Paddle Untuk WordPress - Apakah Anda berencana membuat...

Close