How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Manfaat G Suite untuk Bisnis dan Kenapa Harus Menggunakannya

Saya adalah pengguna produk G Suite, layanan SaaS yang sangat penting dan membawa banyak manfaat dalam pekerjaan sehari-hari baik untuk individual, bisnis dan perusahaan. G Suite benar-benar dapat meningkatkan produktivitas tim dalam sebuah kelompok maupun perusahaan. Salah satu produk G Suite yang sangat berguna adalah solusi email terbaik di pasar saat ini untuk bisnis. Belum lagi fitur lain yang menyertainya, seperti penyimpanan Google Drive, Chat, Calendar, Video Conference dan alat-alat seperti Google Docs dan Google Sheets.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan manfaat G Suite yang tak tertandingi, mengapa saya menggunakannya dan merekomendasikannya kepada Anda semua, dan bagaimana perbandingannya dengan solusi serupa lainnya di pasar.

Apa itu G Suite?

Manfaat menggunakan G Suite untuk bisnis

G Suite adalah rangkaian aplikasi cerdas milik Google. Ini sebelumnya dikenal sebagai Google Apps, hingga diganti mereknya pada akhir 2016. Saya merekomendasikan G Suite terutama untuk pengguna yang membutuhkan hosting email untuk bisnis mereka. Namun, G Suite lebih dari sekadar email. Ini juga mencakup berbagai aplikasi dan fitur yang bisa sangat berguna. Faktanya, Anda mungkin sudah menggunakan atau familiar dengan beberapa fitur di antaranya.

Fitur yang Sering Digunakan Setiap Hari

Loading...

G Suite memiliki tiga paket berbeda yang dapat Anda gunakan. Kami menggunakan paket Basic G Suite untuk karyawan kami di sini, di Kinsta. Ini dimulai hanya dengan $5 / pengguna / bulan. Bagi banyak dari Anda, mungkin hanya rencana dasar yang Anda perlukan. Inilah yang termasuk:

Gmail

email gmail tutorial

Loading...

Gmail adalah klien email terbaik dan paling populer. Tidak mengherankan karena Gmail telah ada sejak 2004 dan sekarang memiliki lebih dari 1,2 miliar pengguna diseluruh dunia. Salah satu hal terbaik ketika menggunakan G Suite adalah Anda mendapatkan versi Gmail klien email online bebas iklan yang disempurnakan yang mungkin sudah Anda gunakan.

G Suite pada dasarnya memungkinkan karyawan Anda untuk memiliki akun Gmail sendiri dengan alamat email dengan nama domain bisnis Anda (contoh: john@yourbusiness.com). Bisnis yang sangat kecil dengan satu atau dua pengguna mungkin bisa lolos dengan akun Gmail gratis dan beberapa aturan alias + penerusan. Namun begitu Anda mulai mempekerjakan dua atau tiga karyawan, Anda akan membutuhkan akun yang dapat dikelola secara terpisah.

Baca : Cara Mencari atau Menemukan Email Arsip di Gmail

Google Calendar

Sebuah bisnis maupun perusahaan yang profesional tidak bisa lepas dengan yang namanya penjadwalan dan ini bisa Anda atur dengan mudah menggunakan Google Kalender. Banyak pengguna menggunakan Google Calendar untuk menjadwalkan panggilan dengan klien dan menetapkan tanggal jatuh tempo serta pengingat untuk proyek penting. Google Kalender dapat membantu Anda mengatur jadwal Anda dengan mudah.

Salah satu hal hebat tentang menggunakan Google Kalender di G Suite adalah kemampuan untuk membuat banyak kalender yang dapat diakses oleh semua orang di perusahaan Anda (atau bahkan sebagian pengguna). Misalnya, Anda mungkin menginginkan kalender grup untuk acara seperti liburan tim, rapat dan pertemuan rutin. Memiliki semua karyawan Anda yang terhubung ke organisasi yang sama membuat tugas seperti ini lebih mudah jika dibandingkan dengan versi gratis.

Google Drive

google-drive

Google Drive memungkinkan Anda menyimpan, mengakses, dan berbagi file Anda di satu tempat yang aman. Dan Anda dapat memiliki akses mudah ke file tersebut dari perangkat apa pun dan dari manapun. Paket G Suite Basic hadir dengan penyimpanan 30 GB untuk setiap pengguna. Edisi G Suite Business, Enterprise, dan Teams menyediakan penyimpanan tak terbatas sehingga Anda akan selalu memiliki cukup ruang untuk file Anda. Catatan: Jika Anda adalah tim yang lebih kecil dengan kurang dari 5 pengguna, Anda hanya mendapatkan 1 TB / pengguna.

Jika Anda belum pernah menggunakan Google Drive sebelumnya, salah satu hal terbaik yang kami sukai dari Google Drive adalah fungsi penelusuran yang menakjubkan! Meskipun, ini mungkin tidak terlalu mengejutkan karena mereka juga menjalankan mesin pencarian terbesar di dunia yaitu Google. Tahukah Anda bahwa Anda bisa mencari berdasarkan konten dalam dokumen (terlepas dari nama file)? Sangat berguna. Artinya, Anda dapat dengan mudah menemukan apa yang Anda cari, tidak peduli seberapa tidak teraturnya file Anda.

Versi berbayar Google Drive memberi Anda penyimpanan dua kali lipat dari drive pribadi gratis dan Gmail, dukungan 24/7, kontrol berbagi, dan pelaporan lanjutan.

Baca : Panduan Lengkap Cara Daftar Google AdSense [Terbaru]

Google Docs dan Google Sheets

Google Docs dan Google Sheets merupakan alat penting yang sangat berguna dan ini bekerja sama persis dengan Microsoft Word dan Excel. Ini memungkinkan Anda untuk membuat dan mengedit dokumen teks dan spreadsheet langsung di browser Anda. Impor dokumen Anda agar dapat langsung diedit, termasuk file Microsoft Word, Excel, dan PDF (.docx, .doc, .pdf, .rtf, .txt, xlsx, .csv, .html, .ods). Sekarang bahkan dapat berkolaborasi dan mengomentari file Microsoft Office tanpa harus mengonversi secara otomatis ke format Google.

Anda juga dapat mengekspor ke format pihak ketiga yang umum. Hal ini memudahkan untuk berkolaborasi dengan individu atau perusahaan lain dan mengirim file bolak-balik, tanpa perlu menginstal atau membeli perangkat lunak tambahan.

Catatan: Google Dokumen dan Spreadsheet yang dibuat langsung di G Suite dan tidak diperhitungkan dalam batas penyimpanan Anda.

Berikut adalah beberapa tugas umum yang digunakan:

  • Mendapatkan umpan balik dan komentar dari anggota tim.
  • Mengirim konten ke orang lain saat menulis di situs pihak ketiga. Kami tidak pernah memiliki siapa pun dalam beberapa tahun terakhir ini yang meminta dokumen Word, semua orang selalu meminta Google Dokumen. Mengapa? Karena itu sangat sederhana dan mudah digunakan.
  • Mengolah data spreadsheet.
  • Menjalankan angka keuangan cepat.
  • Berbagi Google Doc dengan rekan kerja
  • dan masih banyak lagi

Salah satu fitur terbaik dari Google Docs dan Spreadsheets adalah komentar real time dan versi unlimited. Versi sebelumnya disimpan tanpa batas waktu dan tidak diperhitungkan dalam ruang penyimpanan Anda. Ini membuatnya sangat mudah untuk melacak perubahan yang dilakukan pada dokumen atau membatalkan kesalahan. Berbagi dokumen dengan rekan kerja Anda atau orang lain juga sangat mudah.

Google Keep

Google Keep tampaknya menjadi salah satu rahasia yang disimpan dengan baik yang tidak diketahui siapa pun. Jika Anda mencari alternatif Evernote dasar, Google Keep bisa menjadi pilihan hebat! Ini adalah alat kecil yang hebat terlepas dari apakah Anda menggunakan G Suite atau tidak. Sebagai produk Google, ini bekerja dengan sempurna dalam ekosistem Google.

Ini bisa menjadi cara mudah untuk menyimpan pertanyaan umum yang Anda dapatkan dari pelanggan di tempat yang nyaman. Buat daftar tugas, catatan, dan setel pengingat agar tetap pada jalurnya. Semuanya disinkronkan di seluruh perangkat Anda, jadi yang penting selalu dalam jangkauan. Bagikan dengan mudah kepada tim Anda dan arsipkan setelah Anda selesai. Dan sekali lagi penelusuran Google bekerja sempurna dengannya.

Admin Console G Suite

Admin Console untuk G Suite memungkinkan pemilik bisnis mengelola semuanya dengan mudah dari satu tempat. Ini mendapat perbaikan baru-baru ini dan jauh lebih baik daripada sebelumnya dengan Google Apps.

Lakukan segalanya mulai dari menambahkan pengguna dan grup baru, mengelola perangkat, mengonfigurasi setelan keamanan (seperti autentikasi 2 faktor), menambahkan domain kustom baru untuk bisnis Anda yang dapat digunakan untuk Gmail.

Sebagian besar, jika tidak semua fitur di G Suite harus diaktifkan oleh administrator agar dapat digunakan. Beberapa di antaranya juga hanya tersedia di paket yang lebih tinggi. Jika fitur tidak diaktifkan dan pengguna mencoba mengaksesnya, mereka akan melihat pesan “tidak tersedia” (seperti yang terlihat di bawah).

Fitur tambahan

Berikut beberapa fitur tambahan yang juga sangat populer dikalangan pengguna dan mungkin Anda juga tertarik untuk menggunakannya:

  • Google Hangouts Chat: Pernahkah Anda mendengar tentang Slack? Google Hangouts Chat baru (dirilis Februari 2018) pada dasarnya adalah alat pesaing Google yang baru. Ini adalah ruang kerja grup khusus dengan obrolan 1: 1 dan obrolan grup. Anda dapat membuat percakapan lebih efisien dengan berinteraksi langsung dengan bot Google yang sangat terintegrasi dan aplikasi pihak ketiga. Obrolan Hangouts disertakan secara gratis dengan semua paket G Suite. Google Hangout ini juga sangat ringan sehingga ketika jaringan internet Anda lemah ini tetap bekerja.
  • Google Hangouts Meet: Mungkin kebanyakan orang lebih suka obrolan video Zoom atau Slack, tetapi Google Hangouts Meet masih membuat panggilan video dan konferensi menjadi mudah. Meet sepenuhnya terintegrasi dengan G Suite, sehingga Anda dapat bergabung ke rapat langsung dari acara Kalender atau undangan email. Jika Anda menjalankan G Suite versi Enterprise, Anda juga dapat memanfaatkan nomor panggilan masuk saat orang sedang dalam perjalanan atau mungkin tanpa akses internet.
  • Google Form: Sebagian besar dari Anda mungkin pernah mengisi Formulir Google sebelumnya. Dan ini cukup mudah digunakan dan populer di indonesia. Ini bisa menjadi cara yang sangat cepat dan mudah untuk mengumpulkan informasi.
  • Google Slides: Ingin alternatif yang layak untuk Microsoft Powerpoint? Google Slides adalah alat yang sama dengan itu. Sama seperti dengan produk mereka yang lain, Anda dapat memanfaatkan kolaborasi dan komentar waktu nyata mereka, serta riwayat versi tak terbatas.
  • Google Sites: Saya tidak menyarankan penggunaan Google Sites karena WordPress jauh lebih baik untuk ini. Lihat alasan mengapa Anda harus menggunakan WordPress.
  • Mobile Management: Jika Anda khawatir perangkat karyawan dicuri. Untuk itulah pengelolaan seluler berguna. Aktifkan ini dengan mudah sebagai admin dan hapus data G Suite dari jarak jauh dari perangkat jika diperlukan.

Fitur Tambahan untuk Pengguna G Suite Business dan Enterprise

Penting juga untuk mencatat fitur tambahan dalam paket G Suite Business dan Enterprise. Jika bisnis Anda lebih besar dan sangat bergantung pada email, ini dapat membantu meredakan beberapa kekhawatiran Anda.

  • Cloud Search: Ingin meningkatkan kemampuan penelusuran di G Suite? Fitur Cloud Search memungkinkan Anda mencari di seluruh konten perusahaan Anda di G Suite. Dari Gmail dan Drive ke Dokumen, Spreadsheet, Slide, Kalender, dan lainnya.
  • Vault: Anda tidak akan pernah memiliki terlalu banyak cadangan. Vault memungkinkan Anda mengelola, mempertahankan, menelusuri, dan mengekspor email organisasi Anda, konten file Google Drive, dan chat yang direkam. Pada dasarnya, Anda dapat mengarsipkan semua data Anda dan menetapkan kebijakan retensi.

Familiar, Kompatibel, dan Mudah Digunakan

Salah satu manfaat terbesar menggunakan G Suite untuk bisnis Anda adalah sebagian besar karyawan Anda mungkin sudah terbiasa menggunakan produk seperti Gmail untuk email dan Google Doc. Hal ini membuat transisi menjadi sangat mudah dan memastikan Anda tidak perlu membuang waktu untuk menjelaskan kepada karyawan baru tentang cara menggunakan alat perusahaan; tidak seperti Zoho atau Office 365 yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut.

G Suite juga memiliki kompatibilitas terbaik di perangkat seluler dibandingkan dengan penyedia email lainnya. Ini bekerja, di mana saja!

Dan jika Anda sudah memiliki akun Gmail pribadi, Google membuatnya sangat mudah untuk beralih antar akun dengan satu klik (akun Gmails dan G Suite pribadi).

Loading...

Baca : Plugin Google Untuk Iklan Google AdSense WordPress

Uptime

Dalam hal waktu aktif, Google adalah salah satu yang terbaik dalam hal keandalan. Jika Anda ingin mengetahui detail teknisnya, G Suite menawarkan 99,9% Services Level Agreement (SLA) untuk layanan yang tercakup, dan dalam beberapa tahun terakhir mereka benar-benar telah melampaui itu. Juga karena fakta bahwa email adalah bagian penting dari setiap bisnis, G Suite tidak memiliki periode waktu henti atau pemeliharaan terjadwal. Semua pusat datanya dibangun dengan infrastruktur yang redundan.

Tetapi sama seperti layanan lainnya, mereka tidak akan pernah bisa mencapai 100%. Oleh karena itu, Anda selalu dapat mem-bookmark dasbor status G Suite untuk pembaruan pada semua produk mereka.

Kekurangan G Suite

Sejujurnya, tidak banyak kekurangan yang akan Anda temukan saat menggunakan G Suite. Meskipun pasti tergantung dari jenis bisnis Anda. Berikut beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan:

  • G Suite sepenuhnya berbasis web tanpa opsi untuk perangkat lunak. Jika Anda terbiasa menggunakan Microsoft Office, Anda mungkin akan menemukan bahwa Google Docs dan Sheets tidak sekuat itu.
  • Office 365 masih memenangkan pasar perusahaan, sementara G Suite masih mengejar ketinggalan.
  • Office 365 memang menawarkan lebih banyak penyimpanan langsung. Namun, G Suite menawarkan penyimpanan tidak terbatas jika Anda melakukan upgrade ke paket yang lebih tinggi.

Cara Pindah ke G Suite

G Suite menawarkan uji coba gratis selama 14 hari, sehingga Anda bahkan dapat mencobanya sebelum mengeluarkan uang untuk benar-benar daftar G suite secara penuh. Proses orientasi mereka juga sangat mudah.

Berikut beberapa langkah cepat untuk memulai G Suite untuk bisnis Anda:

Langkah 1

Daftar untuk uji coba gratis Anda.

daftar g suite

Langkah 2

Aktifkan akun Anda dengan masuk ke Google Admin Console. (Catatan: Masuk dengan alamat email dan sandi G Suite Anda. (Alamat ini diakhiri dengan @bisnisanda.com, dan bukan @gmail.com atau Akun Google pribadi.)

g suite admin console

Langkah 3

Di Admin Console, klik “Start Setup” untuk meluncurkan wizard penyiapan. Anda akan memberi setiap anggota tim alamat email di domain Anda (seperti john@yourbusiness.com), sehingga mereka dapat mulai menggunakan Gmail, Kalender, Hangouts, dan semua layanan G Suite lainnya. Anda juga dapat menambahkan pengguna tambahan secara manual kapan saja.

Jika Anda memiliki domain tambahan, Anda juga dapat menambahkannya atau membuat alias email.

g suite domain alias

Langkah 4

Di Admin Console, Anda selanjutnya harus mengikuti langkah-langkah untuk memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik domain. Anda akan mendapatkan kode verifikasi untuk ditambahkan ke situs web atau setelan domain Anda. G Suite memiliki petunjuk yang sangat bagus untuk setiap registrar DNS dan penyedia DNS tentang cara memverifikasi domain Anda.

Langkah 5

Langkah terakhir adalah mengikuti panduan memulai cepat G Suite untuk menyiapkan aplikasi tambahan, seperti Google Drive, Google Calendar, Google Contact, dll. Selesai!

Tips G Suite

Setelah G Suite aktif dan digunakan, ada beberapa peringatan atau error kecil yang mungkin Anda alami. Salah satunya adalah pesan berikut saat mencoba menyimpan foto profil.

Maaf! Kami tidak dapat menyimpan foto profil Anda. Silakan coba lagi nanti.

g suite could not save profile photo

Di G Suite, admin harus memberikan izin kepada pengguna untuk menyimpan foto profil. Ini dapat dilakukan dari “Directory → Directory settings → Profile editing“.

g suite directory profile edit

Centang opsi “Photo” dan tekan “Save”.

g suite photo

Catatan: Biasanya perlu waktu beberapa jam agar setelan G Suite diterapkan. Jadi saya sarankan untuk menunggu sebentar sebelum mencoba mengunggah foto lagi.

Baca : 30 Tema WordPress Gratis Sempurna Untuk AdSense dan SEO

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, G Suite dapat menjadi solusi yang bagus untuk bisnis apa pun dalam hal hosting email dan menyediakan solusi lengkap untuk penyimpanan dan kolaborasi dokumen dengan tim dan karyawan Anda. Ini sangat terjangkau dan mudah digunakan. Sebagian besar karyawan Anda mungkin sudah terbiasa dengan Gmail, yang membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari alat baru. Selain itu, kebanyakan alat Google sudah familiar dengan banyak pengguna sehingga ini benar-benar mudah digunakan oleh semua orang.

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Mengganti File di Google Drive Tanpa Mengubah Link

Cara Mengganti File di Google Drive Tanpa Mengubah Link - Google Drive adalah tempat...

Crello – Software Desain Grafis dan Editor Foto Online Gratis

Crello - Software Desain Grafis dan Editor Foto Online Gratis - Ketika Anda sedang...

Close