How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Membuat dan Memasang Google Form di WordPress

Jika Anda ingin membuat formulir online untuk berbagai macam kebutuhan seperti kontak formulir, kuis, survei, formulir pendaftaran dan masih banyak lagi, maka Anda bisa membuatnya dengan mudah menggunakan layanan Google yang bernama Google Form.

Layanan Google form ini adalah layanan gratis yang memiliki banyak manfaat untuk Anda dan bisa dipasang dengan mudah di situs WordPress Anda. Di WordPress Anda juga bisa membuat berbagai macam formulir dengan menggunakan plugin seperti Contact Form7 atau WPForm dan plugin sejenis lainya, tapi jika Anda tidak ingin menggunakan plugin maka solusi yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan Google Form. Google form cukup mudah disesuaikan di mana saja begitu juga di situs WordPress. Namun, Anda masih perlu mengikuti langkah-langkah tertentu agar Google form sukses untuk dipasang di situs WordPress Anda.

Sebelum kita mulai membahas langkah-langkah untuk memasang Google Form ke WordPress. Sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu tentang Google Forms dan bagaimana mereka membantu.

Baca : Cara Memasang Google Maps di WordPress

Apa itu Google Forms?

Google Form adalah layanan Google yang berfungsi untuk membuat berbagai macam formulir online secara gratis. Google Forms membantu Anda membuat formulir seperti formulir untuk survei, kuesioner, kuis, polling, registrasi, event, formulir pemesanan dan masih banyak lagi. Dengan memanfaatkan Google Forms ini Anda juga dapat mengembangkan bisnis Anda dengan mengumpulkan alamat email untuk berlangganan newsletter dan memanfaatkan tanggapan yang diterima dari pengguna Anda.

Google Form WordPress

Untuk menggunakan layanan Google Formulir ini, Anda sebaiknya menginstall Google Drive di komputer atau perangkat seluler Anda karena Google form adalah salah satu layanan yang dibawa oleh layanan penyimpanan awan Google Drive seperti halnya layanan Google Document, Google Spreadsheet, dan Google Slides.

Anda dapat mendownload dan menginstall Google Drive di perangkat Anda secara gratis, silahkan download Google Drive disini ⇒ Download Google Drive.

Jika Anda sudah terbiasa dengan antarmuka Google Drive dan merasa nyaman menggunakannya, buka bagian “My Drive” dan klik tombol “New” di pojok kiri atas. Saat Anda melihat menu drop-down, arahkan kursor mouse ke opsi “More”, dan Anda akan melihat opsi “Google Forms” di sub-menu.

Google Drive Google Form

Mengapa Menggunakan Google Forms?

Seperti yang sudah saya sebutkan diawal artikel ini bahwa WordPress juga memiliki berbagai macam plugin yang memiliki kemampuan untuk membuat berbagai macam formulir seperti Contact Form7 dan lainnya. Dan Formulir yang dibuat dengan plugin ini secara default diintegrasikan ke dalam situs WordPress Anda. Anda hanya perlu mengaktifkannya dan mulai membuat berbagai formulir sesuai dengan kebutuhan situs WordPress Anda. Namun, dengan menggunakan plugin maka semua data yang Anda dapatkan dari pengunjung Anda akan disimpan di database WordPress Anda, jika data itu banyak maka bisa membebani database dan mempengaruhi kecepatan situs Anda.

Keunggulan dari Google Form selain gratis adalah bahwa Anda tidak perlu menggunakan database situs WordPress Anda untuk menyimpan data dari pengunjung Anda melainkan disimpan di Google Drive dan ini juga berarti data yang Anda simpan jauh lebih aman jika situs Anda terjadi masalah. Selain itu formulir yang Anda buat dengan Google Form juga dapat Anda bagikan di situs lain dengan mudah.

Google Form menawarkan pilihan berbagi yang mudah dan antarmuka mendukung mobile. Selain itu, tanggapan yang Anda terima melalui Google Formulir langsung disimpan ke Google Drive Anda, yang bahkan memungkinkan Anda untuk menambahkan kolaborator ke tugas tersebut untuk mengelolanya.

Langkah Membuat dan Memasang Google Form di WordPress

1. Buka “My Drive” dan Klik tombol “New”, Arahkan kursor mouse ke opsi “More” dan pilih menu “Google Forms” – Klik “Form a Template”.

Google Drive Google Form 2

2. Anda akan diarahkan ke situs web Google Forms, di mana Anda perlu memilih opsi “Blank Form” untuk membuat formulir sesuai keinginan Anda atau bisa memilih formulir yang sudah jadi pada bagian “Template Gallery”.

Google Drive Google Form 3

3. Setelah memilih opsi “Blank Form”, isi judul dan deskripsi formulir. Mulai tambahkan kolom formulir Anda. Jika Anda membutuhkan Anda bisa mengklik tombol “Add”, di bawah menu untuk menambahkan field baru dalam formulir. Google Forms juga memberi Anda pilihan untuk mengubah jenis pertanyaan dan jawaban.

Klik pada “Multiple Choice”, menu drop down di pojok kanan dan pilih pola pilihan Anda. Anda juga bisa menambahkan berbagai macam teks, video, gambar maupun section.

Google Drive Google Form 4

4. Jika pembuatan formulir sudah selesai Anda bisa langsung klik tombol “Send”. Anda akan diarahkan ke jendela “send form popup”. Klik pada tab “Embed”, yang terlihat seperti ini “< >” dan klik “copy” untuk menyalin kode embed. Pada bagian ini Anda juga bisa mengatur ukuran formulir yang akan ditampilkan di situs Anda. Dan juga dapat secara langsung membagikan formulir ke media sosial seperti Google Plus, Facebook dan Twitter.

Google Drive Google Form 5

5. Setelah Anda mencopy kode “Embed HTML” tersebut, silahkan Paste kode embed ke bagian posting atau halaman di situs WordPress Anda. Dan jangan lupa untuk mengubah editor WordPress Anda dari Visual ke Text terlebih dahulu dan paste kode embed form pada posisi yang Anda inginkan.

Google Drive google form 6

6. Setelah itu silahkan klik pada tombol “Publish” dan sekarang formulir Anda siap untuk Anda gunakan di situs WordPress Anda.

Baca : Cara Memasang Google Translate di WordPress

Dan itulah panduan mengenai cara membuat Google Form dan cara memasang formulir google pada situs WordPress Anda, Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Blog Expert Responsive Free

Blog Expert adalah Theme WordPress Responsive Gratis dengan desain minimal, bersih, modern dan sempurna...

Cara Monitoring Keamanan WordPress dengan WP Security Audit Log

Keamanan selalu menjadi bagian penting yang harus diperhatikan ketika Anda menjalankan bisnis, baik itu...

Close