How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Apa itu Managed WordPress Hosting (Hosting WordPress Dikelola)

Jika Anda seorang yang baru dalam dunia website, blog atau WordPress dan sedang mencari-cari hosting yang bagus untuk situs Anda dengan mengunjungi beberapa situs penyedia layanan hosting pasti sering melihat paket hosting yang ditawarkan seperti “Managed WordPress Hosting” atau “WordPress Hosting”. Dan mungkin Anda bertanya-tanya mengenai apa itu hosting Managed WordPress?

Managed WordPress Hosting

Dan jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform untuk membangun website Anda maka apakah diharuskan menggunakan hosting dengan jenis hosting Managed WordPress?

Apakah hosting Managed WordPress lebih baik dengan paket lain? Kenapa harga untuk hosting Managed WordPress ditawarkan lebih mahal? Dan masih banyak sederet pertanyaan lain mungkin hadir di benak Anda.

Untuk menjawab rasa penasaran Anda tentang hosting Managed WordPress maka pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan secara lengkap tentang apa itu hosting Managed WordPress serta kelebihan dan kekurangan dari menggunakan hosting Managed WordPress.

Apa Managed WordPress Hosting?

WordPress merupakan platform web yang sangat populer yang menjadikan para penyedia layanan web hosting mengisitimewakan WordPress dengan membuat layanan hosting yang disebut Managed WordPress (hosting WordPress dikelola). Hosting jenis ini dibuat khusus untuk memenuhi semua aspek teknis yang dibutuhkan oleh WordPress seperti keamanan, kecepatan, update WordPress, backup harian, website uptime, dan skalabilitas.

Hal ini diciptakan agar pemilik bisnis online dengan WordPress dapat fokus pada menjalankan bisnisnya, dan untuk sistem WordPress dan hostingnya sudah di tangani oleh team ahli dari penyedia hosting.

Salah satu bagian terbaik dari penggunaan Managed WordPress hosting adalah dukungan premium. Dukungan Anda ditangani oleh para ahli WordPress yang mempunyai banyak pengalaman dan pengetahuan mendalam mengenai WordPress yang siap membantu Anda kapan saja jika situs WordPress Anda mengalami masalah.

Kelebihan dan Kekurangan Managed WordPress Hosting

Sebelum Anda mencoba menggunakan layanan hosting jenis Managed WordPress ini sebaiknya baca terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan dari hosting ini :

Kelebihan Managed WordPress Hosting

  • Cepat : Server Managed WordPress hosting dikonfigurasi secara khusus untuk WordPress. Maka hosting ini menjadikan situs WordPress Anda di akses super cepat bahkan ketika website Anda mendapatkan banyak lalu lintas.
  • Keamanan : Situs WordPress merupakan platform yang aman tapi banyak menjadi incaran para hacker karena kepopulerannya, dengan hosting Managed WordPress, keamanan begitu sangat diperhatikan dengan memiliki lapisan keamanan yang sangat ketat yang secara aktif memindai malware dan memblokir semua upaya hacking.
  • Dukungan ahli : Tidak seperti web hosting jenins lain, staf sangat paham dan ahli di bidang WordPress. Team dukungan akan menyarankan Anda dalam menggunakan plugin yang mempengaruhi kinerja, memecahkan masalah lebih cepat, dan banyak lagi. Hal ini seperti memiliki asisten pribadi dengan keahlian WordPress di sisi Anda yang siap membantu Anda.
  • Backup Harian : Server hosting managed WordPress akan secara otomatis membuat backup harian dan menawarkan restore point jika Anda ingin mengembalikan.
  • Automatic Updates : Anda tidak perlu khawatir tentang pembaruan atau update WordPress terbaru karena semua update dilakukan secara otomatis.
  • Tidak ada downtime : Tidak peduli berapa banyak lalu lintas situs yang datang ke situs web Anda, website Anda akan tetap aktif dan tidak akan mengalami downtime.
    Dev Tools – Anda biasanya akan mendapatkan Tools lebih pada Control Panel Anda yang dibutuhkan oleh WordPress.

Kekurangan dari Managed WordPress Hosting

  • Harga : Managed WordPress hosting secara umum ditawarkan dengan harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan paket shared hosting. Rencana dasar untuk managed WordPress biasanya ditawarkan mulai dari $29/bulan. Dan apket shared hosting ditawarkan dengan harga mulai $3.95/bulan bahkan di iPage Anda bisa mendapatkan harga cuman $1.99/bulan saja.
  • Terbatas : Karena arsitektur server khusus untuk menjalankan platform WordPress, ini biasanya akan menjadi kendala bila Anda ingin menjalankan web yang dibangun selain dengan menggunakan WordPress, jadi ini benar-benar untuk WordPress. Selain batasan itu, Managed WordPress hosting juga membatasi penggunaan plugin yang terbukti memperlambat situs Anda. Jadi hal ini tidak sepenuhnya merugikan, tetapi dapat menjadi masalah jika Anda memiliki plugin sendiri untuk kebutuhan situs Anda.
  • Kurang Kontrol : Karena ini merupakan hosting yang di kelola itu berarti Anda tidak begitu memiliki kontrol penuh pada semua aspek teknis server Anda dan aspek teknis berada dibawah team yang disediakan oleh hosting. Tapi memang tujuan menggunakan Managed hosting adalah Anda ingin terbebas dari mengelola WordPress dan servernya. Anda hanya cukup fokus pada bisnis Anda.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari penggunaan web hosting Managed WordPress, dengan membaca hal diatas Anda bisa menyimpulkan apakah Anda benar-benar membutuhkan hosting Managed WordPress.

Kapan Anda perlu menggunakan Managed WordPress hosting?

Disini saya akan memberikan saran untuk Anda untuk membantu memberikan masukkan mengenai perlu atau tidaknya Anda menggunakan managed WordPress hosting.

Jika Anda seorang pemula yang memulai sebuah blog, maka Anda TIDAK perlu menggunakan Managed WordPress hosting. Anda sebaiknya memulai dengan menggunakan hosting WordPress biasa atau paket shared hosting yang memiliki harga jauh lebih terjangkau. Saya menyarankan bagi Anda untuk menggunakan layanan hosting seperti iPage, SiteGround atau Bluehost yang merupakan salah satu dari perusahaan hosting yang disarankan oleh WordPress secara resmi.

Tapi jika saat ini Anda sedang menjalankan usaha kecil dan situs web Anda sudah memiliki lalu lintas yang tinggi dan tidak ingin repot mengurusi hal teknis, maka memilih untuk menggunakan hosting Managed WordPress adalah pilihan yang sangat tepat. Karena jika Anda tidak memiliki keterampilan teknis mengenai server hosting dan WordPress, maka web hosting dan WordPress dapat menjadi rumit dan bisa membuang-buang waktu Anda pada hal teknis daripada bisnis.

Jika Anda menggunakan hosting seperti (shared, VPS, atau dedicated), Anda bertanggung jawab secara pribadi untuk keamanan, update, backup, kecepatan, uptime, dll.

Tapi jika Anda menginginkan sesuatu yang membebaskan Anda dari kerepotan, super cepat, dan menawarkan dukungan dengan cepat dan khusus silahkan untuk menggunakan Managed WordPress hosting.

Diatas adalah penjelasan lengkap mengenai Managed WordPress hosting atau hosting WordPress dikelola, semoga hal diatas dapat membantu Anda dalam memahami dan memutuskan apakah Anda perlu menggunakan hosting Managed WordPress. Dan jika Anda ingin menggunakan hosting jenis Managed WordPress maka dibawah ini saya akan memberikan daftar penyedia layanan hosting Managed WordPress yang tepat untuk Anda gunakan. Daftar Managed WordPress dibawah ini sudah sangat teruji dan digunakan oleh banyak pengguna diberbagai negara, jadi Anda tidak perlu meragukan kualitasnya.

Layanan Web Hosting Managed WordPress

1. BlueHost

Bluehost Managed WordPress Hosting

Managed WordPress Hosting Bluehost dibangun pada teknologi VPS revolusioner, Arsitektur server hosting mereka telah direkayasa dengan unik untuk membuat WordPress berjalan dengan baik didukung dengan team support yang ahli di bidang WordPress yang siap membantu Anda dalam 24/7. Semua dirancang untuk membuat website WordPress aman, mudah digunakan, dan sangat cepat melebihi standar. Server mereka dilengkapi dengan keamanan tingkat tinggi dengan alat yang canggih dan populer. Harga paket terendah yang ditawarkan adalah : $19.99 / bulan. Harga tersebut menjadi terlihat murah karena mengingat Managed WordPress milik Bluehost ini dapat menangani pengunjung bulanan mencapai 100 juta visitor.

  • VPS Power
  • Advanced Nginx Architecture
  • Custom PHP-FPM configuration
  • MOJO Marketplace
  • WordPress-centric Control
  • SiteLock Security
  • CDN Advanced
  • SiteLock WAF

Visit BlueHost

2. SiteGround

SiteGround Managed WordPress Hosting

SiteGround merupakan hosting yang dibangun untuk komunitas, mereka memiliki server yang handal khusus untuk menjalankan WordPress, server managed WordPress siteground sangat cepat dengan CDN gratis, aman dan di dukung oleh team ahli dibidang WordPress dan Anda akan mendapatkan respon yang cepat dari mereka bahkan tanpa menunggu. Untuk menghubungi mereka melalui ticket saja tidak sampai 10 menit Anda sudah mendapatkan balasan dari team support SiteGround. Harga yang ditawarkan terbilang murah yaitu : $3.95 / bulan.

  • 1-Click Installer
  • Autoupdates
  • WP-CLI Enabled
  • SuperCacher
  • WordPress Staging
  • Git Pre-Installed

Visit SiteGround

3. iPage

iPage WordPress Managed Hosting

iPage layanan web hosting yang juga menyediakan hosting Managed WordPress yang menyediakan control panel yang di kustom khusus untuk memudahkan pengguna hosting managed WordPress. Server mereka di rancang khusus untuk WordPress sehingga WordPress dapat berjalan dengan sangat cepat, akses tema mudah, plugin siap install dan dukungan dari team khusus yang ahli dalam WordPress dan mereka siap membantu Anda dalam 24/7. Harga yang mereka tawarkan untuk paket starter adalah $3.75/bulan.

  • Core hosting plan
  • Customized control panel
  • Pre–installed themes & plugins
  • WordPress expert support
  • Enhanced security
  • Super speed

Visit iPage

4. HostGator

HostGator Managed WordPress Hosting

HostGator membangun server hosting managed WordPress dengan teknologi cloud hosting dan terbukti 2.5X lebih cepat daripada paket shared hosting. Mereka membangun server dengan keamanan tingkat tinggi dan control panel yang di desain khusus untuk pengguna WordPress. Team mereka juga sangat berpengalaman di bidang WordPress sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan hal-hal teknis WordPress. HostGator menawarkan harga cukup murah hanya $5.95 / bulan.

  • Supercharged Speed
  • Convenient Simplicity
  • Advanced Security
  • Seamless Scalability
  • Superior Support
  • SSL

Visit HostGator

Diatas adalah beberapa layanan web hosting yang menyediakan hosting managed WordPress yang bisa Anda gunakan. Anda tidak perlu mergaukan kualitas dari masing-masing hosting diatas karena semua sudah terbukti sangat bagus dan mempunyai pengalaman bertahun-tahun.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Shopstar Responsive Free

Shopstar adalah Theme WordPress Responsive Free dengan desain super stylish dan minimalis. Tema ini...

Panduan Lengkap Cara Menggunakan FTP Client [FileZilla]

Saat Anda membaca tutorial tentang WordPress baik di centerklik maupun dari blog lain pasti...

Close