How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Software Panggilan Konferensi Terbaik untuk Bisnis

10 Software Panggilan Konferensi Terbaik untuk Bisnis – Semenjak peristiwa luar biasa ini terjadi menyerang seluruh dunia yang sangat menyedihkan ini yaitu wabah virus corona atau covid 19 membuat semua orang dibatasi untuk keluar rumah, begitu juga dengan perusahaan-perusahaan besar yang mengharuskan karyawannya untuk bekerja dari rumah, hal ini bertujuan untuk menghentikan mata rantai penyebaran virus corona (covid 19). Baca → MyJio – Aplikasi Untuk Memeriksa Gejala Virus Corona (Covid 19).

Dengan diberlakukannya pembatasan aktivitas diluar rumah dan para karyawan yang harus bekerja dari rumah, maka banyak perusahaan dari berbagai bidang baik skala kecil maupun besar, mencari solusi untuk tetap berhubungan dengan karyawan atau semua jajaran pegawai secara jarak jauh. Dan cara yang paling efisien untuk melakukan itu adalah dengan melakukan panggilan konferensi atau (conference call).

Dengan menggunakan software panggilan konferensi (conference call) ini, Anda tetap bisa berkomunikasi secara efektif dengan karyawan Anda atau dengan rekan kerja Anda agar tetap bisa melakukan kerja dari rumah dengan efektif dan bisnis Anda tetap berjalan dengan baik. Selain itu, dengan panggilan konferensi ini, Anda tetap bisa melakukan rapat secara online dan bahkan para penegak hukum di indonesia dalam menggelar acara pengadilan juga di lakukan secara online dengan menggunakan panggilan konferensi (conference call).

Jika Anda saat ini sedang mencari software apa yang bagus untuk memenuhi kebutuhan layanan panggilan konferensi terbaik, maka di artikel ini saya akan memberikan 10 software panggilan konferensi yang terbaik. Software conference call terbaik di pasaran saat ini adalah Zoom, GoToMeeting, dan Lifesize. Ketiga software tersebut menjadi terbaik karena kualitas suara yang dihasilkan sangat bagus, platform yang kaya fitur, dan interoperabilitas di seluruh sistem operasi.

Selain ketiga software konferensi diatas, saya juga akan menyebutkan alternatif lainnya, semua akan saya ulas dengan lengkap dari harga dan fitur dari layanan panggilan konferensi. Dimana software layanan panggilan konferensi terintegrasi, termasuk obrolan video, pesan instan, dan banyak lagi.

10 Software Panggilan Konferensi Terbaik untuk Bisnis

Bisnis yang berbeda tentu akan membutuhkan software panggilan konferensi (conference call) dengan fitur dan kemampuan yang berbeda. Tiga software pada posisi teratas ini menawarkan paket dan fitur panggilan konferensi yang bagus secara keseluruhan, tetapi jika Anda membutuhkan suatu software panggilan konferensi yang sederhana, ada 7 pilihan lain yang mungkin cocok untuk bisnis Anda.

Saya disini memilih dan memberi peringkat pada software panggilan konferensi ini menggunakan lima kriteria utama: Kualitas audio dan video, kualitas tampilan, berbagai fitur, kualitas dukungan, dan kisaran rencana harga yang ditawarkan.

Meskipun saya menetapkan peringkat berdasarkan nomor di bawah, itu tidak berarti bahwa Anda tidak akan menemukan layanan lain dalam daftar dibawah yang paling memenuhi kebutuhan spesifik Anda. Saat Anda membaca ulasan dibawah, Anda akan menemukan fitur-fitur khusus yang paling baik disediakan oleh setiap layanan, dan mungkin itu hanya yang Anda butuhkan.

1. Zoom

Zoom Video Call Conference Panggilan Konferensi

Harga: $14 – $19 per bulan per host

Meskipun baru di layanan panggilan konferensi, Zoom telah berubah arah sejak didirikan pada tahun 2011. Software panggilan konferensi ini bagus sekali dan mudah digunakan ini membuat panggilan konferensi semudah mengirim link ke calon peserta melalui email.

Zoom, meskipun status sebagai rookie di dunia layanan panggilan konferensi, perusahaan ini telah menunjukkan bahwa pengalaman tidak selalu diterjemahkan menjadi produk yang berkualitas. Zoom memiliki Antarmuka yang mudah digunakan, dikombinasikan dengan harga murah dan fitur berlimpah, dengan mudah menebus masalah kualitas audio yang mungkin Anda miliki.

Selain konferensi video standar dan kemampuan pengiriman pesan IM, Zoom dilengkapi dengan sejumlah fitur bermanfaat yang menyatukan tim Anda. Anda dapat melakukan acara pemasaran dan pertemuan balai kota dengan fungsi video webinar mereka, Anda juga dapat berkolaborasi dengan rekan kerja dengan fitur Zoom Rooms, dan menambahkan lusinan aplikasi ke Software ini untuk fungsionalitas tambahan.

Beberapa pengulas mengeluh bahwa kualitas audio tidak sempurna, meskipun status audio HD. Selain itu, Zoom menawarkan salah satu layanan panggilan konferensi yang lebih terjangkau dan komprehensif di pasaran.

2. GoToMeeting

GoToMeeting Video Call Conference Panggilan Konferensi

Harga: $14 – $39 per bulan

Jika Anda mencari layanan panggilan konferensi yang dapat diandalkan dengan pengalaman bertahun-tahun dan banyak panggilan konferensi, GoToMeeting adalah Software yang perlu Anda perhatikan. Sejak 1997, GoToMeeting telah menjadi salah satu nama yang paling dikenal dalam panggilan konferensi. GoToMeeting sudah digunakan oleh 18 juta pengguna dengan menyelenggarakan 80 juta pertemuan setiap tahun.

GoToMeeting dapat menampilkan video HD, audio jernih, dan fitur-fitur yang cukup membantu untuk membuat semua orang dalam layanan merasa nyaman dan puas, GoToMeeting adalah standar industri karena suatu alasan. Antarmuka yang sederhana, dikombinasikan dengan tata letak yang mudah digunakan, menjadikan software ini benar-benar bagus untuk semua orang di kantor. Terutama, Software ini memberikan kompatibilitas yang tak tertandingi dengan berbagai perangkat, dari ponsel ke PC ke Mac.

Satu-satunya kekurangan GoToMeeting adalah ada beberapa fitur canggih yang hilang yang pada dasarnya akan membuat pengalaman panggilan konferensi yang lebih baik seperti Anda tidak dapat berbagi video, Anda tidak dapat mengambil polling, dan rapat video ditutup pada enam sesi.

GoToMeeting adalah layanan panggilan konferensi yang sangat andal yang akan menjadi solusi yang bagus untuk konferensi jarak jauh. Saya rasa GoToMeeting sudah bagus dengan audio dan video berkualitas tinggi untuk membuat tim atau karyawan Anda tetap terhubung.

3. Lifesize

Lifesize Video Call Conference Panggilan Konferensi

Harga: $16 – $23 per pengguna per bulan

Lifesize adalah software panggilan konferensi yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Netflix, Yelp, LinkedIn, eBay, dan Major League Baseball. Dengan melihat siapa yang menggunakan lifesize Anda bisa yakin bahwa ini adalah software conference call yang benar-benar bagus. Lifesize membuat panggilan konferensi nyaman dengan saluran aman, fitur bermanfaat, dan ini merupakan aplikasi pemenang penghargaan.

Anda tidak hanya akan dapat memanfaatkan teknologi video dan audio untuk terhubung dengan anggota tim, Anda juga akan dapat menyimpan dan berbagi pertemuan dengan rekan kerja lainnya, mengkonfigurasi kalender Anda ke dalam platform, dan melacak bagaimana karyawan menggunakan Software dengan pelaporan mendalam. Selain itu, lifesize memiliki dukungan pelanggan 24/7, setiap masalah yang muncul dapat diselesaikan dengan segera.

Lifesize memiliki fitur chat, Audio sangat jernih, resolusi video memukau, dan kemampuan integrasi yang tak tertandingi menjadikan Lifesize menjadi software layanan panggilan konferensi yang cocok untuk semua jenis bisnis.

4. Webex

webex Video Call Conference Panggilan Konferensi

Harga: $13 – $26

Webex adalah software panggilan konferensi yang benar-benar lengkap. Anda tidak akan menemukan lebih banyak fitur dalam Software lain yang dimiliki oleh Webex, dan sumber dayanya menyediakan semua bantuan yang Anda perlukan untuk membuatnya berfungsi untuk perusahaan Anda.

Ini juga digunakan oleh perusahaan teknologi besar untuk membuat panggilan konferensi dengan karyawan mereka, perusahaan tersebut adalah Cisco. Software webex ini dipenuhi dengan semua fitur tambahan yang bagus.

Anda dapat membuat polling untuk peserta konferensi, menerima dan menjawab pertanyaan di platform, berbagi file dalam sekejap, membubuhi keterangan dokumen bersama dalam mode presentasi, dan bahkan memfasilitasi pertemuan break-out dan tindak lanjut langsung setelah panggilan konferensi yang lebih besar. Semua ini, dikombinasikan dengan kualitas audio dan video yang luar biasa, menjadikan Webex pilihan tepat untuk panggilan konferensi di bisnis Anda.

5. UberConference

Uberconference Video Call Conference Panggilan Konferensi

Harga: $15 per bulan per pengguna

UberConference adalah platform konferensi dasar yang mudah digunakan yang dirancang untuk semua orang. Tidak ada kode PIN, tidak ada unduhan, tidak ada kerumitan ketika masuk ke rapat online – cukup buat tautan, kirim ke peserta, dan semuanya sudah diatur dengan benar.

Versi gratis UberConference cukup komprehensif, tetapi versi berbayar hadir dengan beberapa fitur tambahan, termasuk nomor panggilan masuk kustom, analisis terperinci, akses internasional, dan portal manajemen tim. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan musik hold, dengan lagu Rick Astley “Never Gonna Give You Up” sebagai salah satu opsi.

UberConference, dapat bekerja di berbagai browser terbaik. Namun, akan sangat bekerja dengan lancar ketika Anda menggunakan Google Chrome, UberConference benar-benar merupakan pilihan bagus bagi siapa pun yang ingin membuat panggilan konferensi secara sederhana. Dan ini tidak memiliki banyak fitur, tetapi kemudahan penggunaan akan membuat semua karyawan Anda mudah menggunakan ini.

6. BlueJeans

Harga: $12 – $16 per host per bulan

Inti dari pengaturan layanan panggilan konferensi (conference call) di perusahaan Anda adalah untuk dapat benar-benar berkomunikasi, dan Anda tidak dapat melakukannya tanpa kualitas audio. Di sinilah BlueJeans benar-benar bersinar, karena teknologi audionya didukung oleh Dolby Voice. Software ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti filter kebisingan di latar belakang dan tingkat volume yang konsisten pada perangkat apa pun.

Selain itu, BlueJeans hadir dengan fitur-fitur seperti penjadwalan satu-klik dan berbagi layar yang mudah, sehingga Anda tidak akan membuang waktu kapan pun untuk mengatur pertemuan. Anda juga dapat mengintegrasikan aplikasi seperti Facebook Workplace, Microsoft Team, Skype for Business, dan Slack untuk paket konferensi yang lebih lengkap.

BlueJeans adalah layanan panggilan konferensi yang hebat jika Anda ingin menghemat waktu dalam jadwal sehari-hari Anda. Sebagian besar fitur-fiturnya dirancang untuk mempercepat proses, yang masuk akal bagi bisnis yang sedang tumbuh.

7. Join.me

Harga: $17

Sistem panggilan konferensi (conference call)  yang dapat disesuaikan tidak selalu menjadi prioritas, tetapi itulah yang Join.me tawarkan kepada Anda yang tidak dilakukan orang lain. Anda bisa mendapatkan URL yang dirancang khusus untuk setiap pertemuan, dan bahkan menyesuaikan background untuk rapat.

Selain fitur unik itu, Anda akan mendapatkan fitur standar yang membuat sistem panggilan konferensi berfungsi, seperti berbagi layar yang mudah, kemampuan presentasi, dan audio berkualitas tinggi yang ditenagai oleh OpenVoice Integrated.

Join.me memang datang dengan aplikasi seluler untuk perangkat Android dan iOS, yang fungsinya cukup baik. Namun, ulasan menunjukkan bahwa fungsionalitas desktop jauh dari sempurna, jadi pastikan Anda memiliki opsi seluler yang siap untuk tim Anda.

Join.me bukan layanan panggilan konferensi yang paling terkenal atau paling komprehensif, tetapi tentu saja memiliki fasilitasnya, yaitu kemampuan menyesuaikan dan kualitas audio. Jika dua faktor ini sudah cukup bagi Anda, maka join.me sudah cukup untuk Anda.

8. Skype

Harga: Gratis

Jika Anda pernah mengobrol lewat video dengan seseorang, kemungkinan Anda pernah mendengar tentang Skype. Perusahaan ini identik dengan panggilan konferensi (conference call) , dan menyediakan platform yang komprehensif dengan biaya gratis.

Namun, sementara itu memang menawarkan beberapa fitur unik seperti chatbots yang diberdayakan AI dan kompatibilitas dengan perangkat Alexa, paket gratis tidak cukup mendukung pengguna untuk menjadi praktis untuk mengembangkan bisnis karena untuk panggilan konferensi dibatasi beberapa orang saja.

Untuk opsi gratis, Skype jelas melakukan pekerjaan yang hebat dalam menyediakan layanan panggilan konferensi yang hebat. Namun, ini bukan pilihan bagus untuk bisnis, karena tidak memungkinkan banyak pengguna atau peserta konferensi.

Baca : Panduan Cara Install Skype di Ubuntu 18.04

9. Google Hangouts

Harga: Gratis

Anda tidak dapat menyangkal bahwa Google Hangouts adalah opsi yang hebat dan nyaman ketika Anda ingin melakukan video call dengan tim Anda secara jarak jauh. Tetapi jika Anda benar-benar perlu berkomunikasi secara teratur, Anda akan jauh lebih baik dengan layanan yang berfokus pada kualitas audio dan konektivitas yang solid.

Karena Google Hangouts adalah gratis, tentu tidak akan sebagus dengan software konferensi berbayar lainnya, tapi ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif gratis yang bagus. Kompatibilitasnya dengan Gmail dan Google Calendars menjadikannya ini lebih menarik.

Kekurangan Google hangoust tentu saja pada konektivitas yang buru, terutama untuk obrolan video yang menampung banyak pengguna. Kualitas audio juga buruk dibandingkan dengan layanan berbayar, dan teknologi filter kebisingan juga tidak ada di Google Hangouts.

10. Free Conference Call.com

Harga: Gratis

FreeConferenceCall.com merupakan layanan panggilan konferensi (conference call) gratis lainnya. Ini menawarkan semua fungsi konferensi audio dan video yang khas, termasuk berbagi layar, merekam, dan bahkan fitur menggambar.

Namun, FreeConferenceCall.com tidak menawarkan fitur-fitur canggih seperti polling dan jumlah pengguna terbatas. Tetapi jika Anda mencari layanan panggilan konferensi gratis, maka ConferenceCall.com cukup solid, dengan lebih banyak fitur daripada yang Anda harapkan dari layanan gratis lainnya.

Dan itulah 10 software dan layanan panggilan konferensi (conference call) baik berbayar maupun gratis yang bisa Anda gunakan untuk keperluan bisnis Anda untuk memenuhi kebutuhan pertemuan jarak jauh, rapat, berkomunikasi bisnis dan masih banyak lagi. Semoga ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *