fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

6 Kelebihan dan Kekurangannya Fingerprint HP

Fingerprint HP atau yang lebih dikenal dengan sebutan sidik jari ponsel merupakan fitur keamanan yang sudah mulai digunakan pada beberapa smartphone. Teknologi keamanan ini dinilai jauh lebih baik daripada kata sandi ataupun gambar pola. Namun sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan dari sidik jari smartphone, alangkah lebih baik jika anda mengetahui bagaimana cara kerja sebuah finger print.

Baca : Cara Menemukan atau Melihat Nomor IMEI Tanpa HP

Apa Itu Fingerprint dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Fingerprint atau yang juga disebut sebagai sidik jari merupakan suatu teknologi yang memanfaatkan sensor scanning untuk mengetahui sidik jari seseorang untuk keperluan tertentu. Salah satunya untuk keamanan. Selain itu, sidik jari biasanya digunakan untuk verifikasi identitas.

apa itu fingerprint hp

Fingerprint HP diciptakan tentunya untuk memberikan keamanan ekstra pada ponsel tersebut. Tidak bisa sembarangan orang membuka ponsel yang telah diberi fitur keamanan sidik jari. Hal ini disebabkan karena setiap orang memiliki sidik jari yang tidak sama. Akan sulit bagi anda untuk menemukan sidik jari yang sama persis antara satu orang dengan orang yang lainnya.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Fingerprint HP?

Cara menggunakan fingerprint HP bisa dibilang sangat mudah. Mulanya, anda harus menyetting terlebih dahulu sidik jari pada ponsel tersebut. Nah, jika ingin membuka ponsel tersebut maka anda hanya perlu memegang bagian belakang ponsel. Mengenai fingerprint atau sidik jari, apa saja kelebihan dan kekurangannya dari fitur yang satu ini? Berikut adalah penjelasannya :

Kelebihan Fingerprint

Adapun yang menjadi beberapa alasan mengapa sidik jari dianggap menguntungkan yakni sebagai berikut :

Tingkat Keamanan Tinggi

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap manusia memiliki sidik jarinya masing-masing. Tak ada satupun yang bisa menyamakan. Dari hal ini saja sudah bisa membuktikan bahwa tingkat keamanannya sudah sangat tinggi. Tak mungkin ada orang lain yang bisa membuka ponsel anda jika sudah terpasang fingerprint.

Mudah Dalam Mengingat

Biasanya ponsel menyediakan 3 jenis security yakni gambar pola, PIN, password dan juga sidik jari. Menggunakan pola, pin ataupun password tentu membuat anda harus mengingat-ingat kombinasinya. Bila salah maka ponsel anda tidak mungkin bisa dibuka.  Berbeda halnya pada sidik jari. Cukup dengan menekan bagian belakang hp, maka ponsel anda sudah bisa dibuka.

Unggul Dalam Hal Tampilan

Memiliki ponsel dengan fitur sidik jari memberikan kesan mewah tersendiri. Pasalnya tidak semua smartphone memilikinya. Dengan begitu ponsel anda terlihat jauh lebih mencolok dibandingkan dengan ponsel yang lainnya.

Baca : Panduan Lengkap Memilih Smartphone Android

Kekurangan Sidik Jari

Sementara itu, setiap teknologi juga pasti memiliki kekurangan dan untuk kekurangan dari sebuah fingerprint HP yaitu sebagai berikut :

Bersifat Permanen

Ketika anda sudah menetapkan sebuah sidik jari pada sebuah ponsel maka itu sudah bersifat permanen dan tidak bisa anda ubah-ubah. Tentu hal ini sangat merugikan jika suatu saat nanti ada yang bisa mencuri sidik jari anda. Walaupun hal ini sangat jarang terjadi, anda tetap wajib mewaspadainya.

Dalam Keadaan Tertentu Sensor Tidak Mengenali

Dalam keadaan-keadaan tertentu seperti saat terluka, basah, ataupun berkeringat terkadang sensor sidik jari tidak dapat mengenali. Walaupun itu adalah tangan yang sama. Hal seperti ini merupakan salah satu titik lemah tersendiri dari sebuah fingerprint HP.

Sekarang pilihan kembali ke tangan anda, apakah akan menggunakan fitur sidik jari untuk keamanan ponsel ataukah tidak. Saya telah memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan fingerprint HP, semoga bermanfaat dan bisa anda jadikan referensi Terbaik.

Baca : 10 Software Untuk Membuat Aplikasi Mobile Terbaik dan Gratis

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 Cara Meningkatkan Kecepatan Internet dengan Command Prompt

5 Cara Meningkatkan Kecepatan Internet dengan Command Prompt - Kecepatan internet yang lambat adalah...

5 Rekomendasi Asuransi Pendidikan Terbaik di Indonesia

Ada beberapa Asuransi pendidikan terbaik di indonesia yang bisa anda coba. Anda bisa mencarinya...

Close