fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Menemukan atau Melihat Nomor IMEI Tanpa HP

Apakah Anda saat ini sedang kehilangan HP Anda? Kemudian Anda dapat menemukan perangkat Anda atau bahkan menguncinya menggunakan nomor IMEI. Nomor ini tertanam di setiap perangkat, dan dengan ini, menjadi mudah untuk mengidentifikasi smartphone. Ada beberapa cara untuk memeriksa IMEI dari perangkat Handphone Anda. Misalnya dengan mengetik *#06# dari tombol telepon di HP atau Anda dapat masuk ke dalam informasi perangkat dari menu pengaturan. Sedangkan untuk pengguna iOS bisa mendapatkannya melalui iTunes.

Tetapi bagaimana jika Anda dalam keadaan yang berbeda yaitu sedang kehilangan Handphone Anda tanpa mengetahui nomor IMEI perangkat HP Anda? Tentu hal ini bisa sangat menyusahkan, tetapi Anda tidak perlu khawatir. Karena pada artikel ini, Anda dapat menemukan atau melihat nomor IMEI HP Anda tanpa Handphone atau HP ada secara fisik hanya dalam beberapa langkah. Disini saya akan memberikan dua metode untuk Android dan iPhone dimana kedua OS atau sistem operasi tersebut sebagai penguasa dalam dunia perangkat smartphone saat ini. Jadi mari kita mulai.

Baca : Cara Membuat Email di Gmail dengan Komputer dan HP Smartphone

Apa Nomor IMEI?

Sebagian besar dari Anda mungkin tahu tentang IMEI, tetapi jika Anda masih baru dalam istilah ini maka izinkan saya menjelaskan apa itu IMEI. IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Ini adalah angka 15 digit yang disediakan untuk masing-masing perangkat atau Handphone cerdas (smartphone). Dan setiap nomor unik dan spesifik ini hanya untuk satu perangkat. Tidak hanya itu, sebagian besar alat elektronik yang memiliki kemampuan koneksi nirkabel akan memiliki nomor ini yang tidak mungkin diubah. Dan itulah yang membuat IMEI sebagai nomor unik dari setiap perangkat HP diseluruh dunia.

Kenapa Nomor IMEI bisa sangat penting?

Nomor IMEI menjadi sangat penting karena bisa sangat membantu jika Anda kehilangan perangkat handphone Anda. Karena nomor ini khusus untuk satu perangkat saja, ini dapat digunakan untuk melacak perangkat yang hilang atau mengetahui lokasinya. Dengan bantuan nomor IMEI, produsen Handphone Anda dapat memblokir perangkat sepenuhnya atau menghapus semua data darinya. Jadi, jika ada seseorang yang menemukan HP Anda, mereka tidak akan bisa mengoperasikannya lagi dan data Anda bisa aman karena tidak dapat di akses oleh orang lain yang mungkin saja bisa digunakan untuk hal yang tidak bertanggung jawab.

Ini juga dapat membantu jika Anda membeli perangkat bekas. Dengan IMEI, Anda dapat memeriksa apakah perangkat tersebut asli, dicuri, atau hanya salinan perangkat lain.

Metode Untuk Menemukan Nomor IMEI Tanpa HP

Apa pun perangkat yang Anda operasikan, apakah itu Android atau iPhone, Anda dapat menemukan nomor IMEI untuk kedua perangkat Handphone tersebut meskipun Anda sedang tidak memegang perangkat itu sendiri. Untuk Android, Anda bisa menggunakan “Google Find My Device”. Dan untuk iPhone, Anda bisa menemukannya dengan menggunakan akun Apple.

Android

Sebelum memulai, ingat Anda dapat menemukan detail IMEI perangkat Anda yang hilang menggunakan akun Google yang Anda gunakan pada ponsel cerdas atau smartphone Anda.

Google Find My Device

  • Buka browser web di PC Anda dan kemudian kunjungi Google Find My Device.
  • Di sini Anda bisa login dengan menggunakan kredensial akun Google yang sama yang Anda gunakan di Handphone Anda atau lebih mudahnya adalah menggunakan email yang Anda gunakan untuk HP anda.
  • Setelah berhasil login, Anda akan dapat melihat semua perangkat yang terhubung dengan akun Google ini dan menemukan perangkat menggunakan Find My Device. Untuk mendapatkan nomor IMEI handphone Anda, cukup klik pada ikon informasi tepat di samping nama smartphone.
  • Kemudian akan muncul tab kecil di mana Anda akan melihat Informasi Perangkat tempat nomor IMEI disebutkan. Selain itu, Anda akan melihat tanggal kapan perangkat didaftarkan dan terakhir kali perangkat dioperasikan.

Selain itu, Anda dapat menggunakan Google Find My Device untuk melacak perangkat HP Anda, mendapatkan lokasinya, mengunci perangkat atau menghapus semua data dari handphone Anda dari itu.

Namun, fitur untuk menemukan perangkat ini bisa dilacak oleh Google Find My Device ketika Anda juga mengaktifkan fitur Find My Device di pengaturan smartphone Anda.

Caranya : Masuk ke Settings → Security & Location → Find My Device, ubah ke posisi “ON”.

iPhone

Sama halnya untuk iPhone, Anda memerlukan kredensial atau akun ID Apple yang digunakan di perangkat iOS yang diinginkan.

IMEI di Iphone

  •  Buka situs web Apple menggunakan browser apa saja dan kemudian masuk menggunakan ID Apple untuk perangkat yang diinginkan.
  • Setelah Anda login, gulir ke bawah ke bagian “Device” dan di sana Anda akan melihat semua perangkat yang terdaftar dengan akun Apple Anda.
  • Pilih perangkat dan itu akan memberi Anda informasi yang mencakup nomor IMEI dari perangkat HP iPhone Anda.

Metode Tambahan

Terlepas dari metode yang disebutkan di atas, ada beberapa alternatif lain. Metode ini berlaku untuk Handphone Android dan iOS. Jadi mari kita pelajari lebih lanjut lagi.

  • Jika Anda menyimpan kotak atau bungkus (dus book) dari perangkat HP yang telah Anda beli maka itu bisa sangat membantu. Karena di dus book HP tersebut juga tertera nomor IMEI dari perangkat HP Anda. Selain itu, kemungkinan Anda juga dapat menemukan nomor IMEI tersebut pada buku manual karena sebagian besar buku manual pengguna juga memiliki IMEI tertulis di suatu tempat.
  • Jika Anda tidak memiliki kotak HP atau dus book tersebut, atau mungkin Anda telah membelinya secara online tanpa bungkus bawaan HP tersebut, maka Anda dapat menghubungi penjual. Biasanya mereka masih menyimpan detail pembelian, di mana Anda juga dapat melihat stiker IMEI.
  • Terakhir, jika Anda menggunakan jaringan pascabayar pada perangkat yang hilang, maka Anda dapat memeriksa tagihan untuk jaringan di mana mereka memberikan rincian perangkat bersama dengan nomor IMEI.

Risiko Berbagi IMEI?

Padahal nomor IMEI sepertinya berguna. Tetapi mungkin ada kasus di mana orang ketiga dapat mengambil keuntungan jika mereka tahu nomor IMEI dari perangkat Handphone Anda. Mereka dapat membuat klon IMEI untuk perangkat lain, mengunci smartphone Anda sepenuhnya, atau bahkan mencuri data Anda jika mereka juga mendapatkan nomor SIM card Anda. Jadi selalu berhati-hati dan jangan membagikan nomor IMEI dari perangkat HP smartphone Anda kepada orang yang tidak dikenal atau secara online dengan situs web yang tidak terpercaya.

Baca : Panduan Lengkap Memilih Smartphone Android

Kesimpulan

Ini adalah metode untuk menemukan atau melihat nomor IMEI untuk HP smartphone apa pun tanpa adanya perangkat HP tersebut ditangan Anda. Semoga berhasil juga untuk Anda, dan selalu ingat untuk menjaga akun kredensial Google dan Apple yang Anda gunakan di HP Smartphone Anda dengan aman. Dengan cara ini Anda dapat dengan mudah menemukan info perangkat handphone menggunakan akun terkait yang masuk dengan perangkat yang hilang.

Dan itulah beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk menemukan nomor IMEI tanpa HP Anda, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Mudah Membatasi Post Revision di WordPress

Fitur Post revision pada WordPress merupakan fitur yang sangat berguna dan ini memudahkan pengguna...

ExamSnap List: Microsoft Certifications That Will Pay You Well

The world is developing towards the digital age. Jobs, employment, and other career options...

Close