fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Software Open Source Gratis Terbaik Tahun 2019

Lengkapi perangkat Windows, Mac atau Linux Anda dengan software open source terbaik dibawah ini untuk melengkapi dan menunjang kebutuhan software untuk pekerjaan Anda sehari-hari.

Tidak semua Software ‘gratis’ adalah sama. Pengembang program mungkin telah memilih untuk mendistribusikannya secara gratis, tetapi itu tidak berarti Anda dapat mengeditnya, atau membagikannya sendiri.

Istilah ‘open source’ mengacu pada Software yang kode sumbernya tersedia secara bebas untuk di unduh, di edit, digunakan, dan dibagikan, tanpa batasan hak cipta. Ada berbagai lisensi open source, yang memberikan pengguna kebebasan yang berbeda, tetapi tujuan utama open source adalah untuk mendorong eksperimen, kolaborasi, dan berbagi pengetahuan.

Software open source memiliki banyak keunggulan dibandingkan opsi ‘gratis’ lain yang akan Anda temui – bahkan jika Anda bukan seorang pengembang. Software Open source biasanya dikelola oleh komunitas dan sering diperbarui untuk menambal kerentanan atau menghilangkan bug segera setelah mereka diidentifikasi; tidak ada batasan penggunaan komersial, jadi Anda bisa menggunakannya untuk bisnis pribadi Anda; dan kemampuan untuk mengedit sumber berarti ada banyak plugin yang dibuat pengguna tersedia untuk diunduh secara bebas dan bahkan berbayar.

Anda akan menemukan versi open source dari hampir semua Software yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari bahkan kebutuhan perusahaan – dari office suite hingga aplikasi media. Dan berikut adalah pilihan untuk Software open source terbaik yang digunakan untuk memenuhi dan menunjang pekerjaan Anda sehari-hari dan kebutuhan pekerjaan kantoran dan perusahaan.

Baca : 8 Software dan Aplikasi Antivirus Gratis Terbaik Tahun Ini

1. Software perkantoran: LibreOffice

Software Open Source Gratis Terbaik Libre Office

Tidak perlu membeli software Microsoft Office dengan alternatif software open source ini

LibreOffice adalah rangkaian lengkap Software perkantoran, termasuk aplikasi luar biasa untuk dokumen teks, spreadsheet, presentasi, dan basis data. Ini semua sepenuhnya kompatibel dengan format file Microsoft Office terbaru, sehingga Anda tidak akan kesulitan berbagi file yang berfungsi dengan pengguna Word, Excel, PowerPoint, dan Access.

Ini berarti bahwa pemformatan dokumen disimpan dengan benar untuk dicetak jika Anda harus mengimpor / mengekspor file antara LibreOffice dan Microsoft Office, apa yang dilakukan oleh software ini tidak semua platform Software Office dapat lakukan. Namun, ini adalah produk yang dapat di download dan digunakan secara offline seperti halnya software Ms. Office daripada yang dapat Anda gunakan di cloud, tidak seperti beberapa software sejenis lainnya seperti Office 365 dan G Suite.

Dokumen terlihat bersih, tajam dan profesional seperti ketika dibuat menggunakan Software berbayar, dan ada ratusan template yang tersedia untuk diunduh, digunakan, dan diedit.

Komunitas besar kontributor LibreOffice telah mengumpulkan koleksi materi pendukung yang brilian, termasuk forum dan bahkan live chat jika Anda membutuhkan bantuan ketika menggunakan software ini.

2. Editor foto: GIMP

Software Open Source Gratis Terbaik

Editor foto open source favorit banyak pengguna, dikemas dengan berbagai alat yang lengkap

Editor gambar open source yang kuat dan fleksibel, GIMP hampir sama dengan Adobe Photoshop bahkan hampir menyamainya, Anda bisa menggunakan software ini tanpa perlu membayarnya. Ini mendukung layer, dan dikemas dengan alat canggih untuk meningkatkan gambar Anda atau membuat yang baru dari awal.

Anda dapat menyesuaikan setiap aspek dari penampilan gambar Anda secara manual, atau menggunakan lusinan filter dan efek yang dapat disesuaikan untuk mencapai hasil yang luar biasa hanya dengan beberapa klik. GIMP hadir dengan sejumlah besar plugin yang dibuat pengguna yang sudah diinstal sebelumnya, dan menambahkan lebih banyak dengan mudah.

Jika Anda tidak membutuhkan kekuatan GIMP dan lebih suka antarmuka yang lebih sederhana, Anda bisa menggunakan Paint.NET – editor foto open source hebat yang sedikit lebih ringan dengan fitur minimalis, tetapi lebih mudah digunakan.

3. Media player: VLC Media Player

Software Open Source Gratis Terbaik

Pemutar media open source yang dapat menangani hampir semua format file

VLC Media Player adalah salah satu pemutar media gratis terpopuler di dunia, dan untuk alasan yang bagus – VLC Media Player dapat menangani hampir semua file audio, file video, atau berbagai jenis media yang ingin Anda putar, tanpa perlu dipusingkan menginstal codec tambahan. VLC Media Player memberi Anda tingkat kontrol yang luar biasa atas pemutaran, memungkinkan Anda mengoptimalkan video dan audio yang dikonfigurasi dengan perangkat keras Anda.

VLC Media Player sangat ideal untuk streaming podcast, serta stasiun radio internet seperti Last.fm dan TuneIn Radio. Ada juga arsip ekstensi dan skin yang luar biasa, dan WYSIWYG Skin Editor memungkinkan Anda membuat desain khusus sendiri.

Tambahan terbaru untuk VLC adalah pemutaran video 360 derajat, yang memungkinkan Anda menikmati video imersif dengan headset VR, dan perkembangan yang lebih menarik selalu mengikuti dan mengimbangi teknologi video baru.

Baca : 10 Software Perekam Layar Terbaik untuk Membuat Video Tutorial

4. Editor video: Shotcut

Software Open Source Gratis Terbaik

Sangat bagus untuk pengguna baru, dan pengganti yang bagus untuk Windows Movie Maker

Jika Anda mencari editor video open source yang hebat dan gratis, maka Anda harus memilih untuk menggunakan Shotcut. Pada awalnya mungkin terlihat sedikit rumit, tetapi tambahkan beberapa toolbar opsional dan Anda akan segera memiliki fitur yang paling kuat dan berguna di ujung jari Anda.

Beberapa alat terbaiknya meliputi filter cepat untuk audio dan video (yang tidak merusak dan dapat berlapis-lapis untuk mencapai efek yang berbeda), penyeimbangan tingkat lanjut, wipes dan transisi lainnya, penilaian warna, impor drag and drop, dan pemotongan langsung dan penggabungan klip.

Baca : 7 Software Video Editing Gratis dan Terbaik

5. Audio editor: Audacity

Software Open Source Gratis Terbaik

Alat open source yang sempurna untuk merekam dan mengedit podcast dan musik

Bahkan jika Anda memiliki uang untuk membeli sebuah software untuk editor audio, Anda dapat memilih untuk tetap menggunakan Audacity sebagai alternatif open source. Ini memiliki hampir semua alat yang Anda butuhkan untuk merekam dan memperbaiki file suara, dan fitur apa pun yang kurang dapat ditambahkan dengan berbagai ekstensi yang luas.

Audacity adalah alat pilihan bagi banyak podcaster, musisi dan narator buku audio berkat hasil kualitas profesionalnya. Anda dapat menggunakannya untuk menggabungkan klip, menyalin dan menempel bagian audio, menghilangkan suara dan suara-suara yang tidak diinginkan lainnya, menghilangkan vokal dari lagu, mengubah frekuensi, dan menerapkan efek seperti echo dan reverb.

6. Browser web: Mozilla Firefox

Software Open Source Gratis Terbaik

Peramban web yang kuat, dapat disesuaikan sepenuhnya dengan sebuah plugin untuk berbagai tujuan

Banyak browser baru yang bermunculan dan bersaing untuk menjadi yang terbaik, tetapi software open source Firefox ini sangat fleksibel. Daya tarik utamanya adalah koleksi ekstensi. Dengan ribuan plug-in yang tersedia untuk Anda, mudah untuk mengubah Firefox menjadi browser yang sempurna.

Firefox diperbarui setiap lima hingga delapan minggu, dan Anda bisa merasakan fitur-fitur terbaru dengan menginstal beta atau ikut serta dalam Firefox Test Pilot – cara untuk mencicipi alat eksperimental yang mungkin dimasukkan ke dalam rilis mendatang.

Kode sumber Firefox membentuk dasar dari banyak proyek spesialis, termasuk Tor Browser yang berfokus pada keamanan dan Waterfox yang berpusat pada kecepatan, yang dirancang dengan mempertimbangkan kekuatan pengguna.

Namun, meskipun Firefox semakin populer, browser secara tradisional berjuang untuk menangani Flash, mengakibatkan Firefox menjadi tidak stabil dan menghabiskan sumber daya prosesor atau hanya mematikan secara tak terduga.

7. Klien email: Mozilla Thunderbird

Software Open Source Gratis Terbaik

Klien email gratis yang merupakan pengganti ideal untuk Windows Live Mail yang sudah tidak berfungsi

Jika Anda memiliki beberapa akun email – bahkan jika mereka dengan penyedia yang sama – klien email open source Mozilla Thunderbird akan menghemat waktu dan kerumitan antara tab browser dan login. Seperti Firefox, Thunderbird adalah proyek open source yang diterbitkan oleh Mozilla Foundation, dan hampir dapat diadaptasi secara tak terbatas.

Fitur standar Thunderbird termasuk pembaca RSS dan kemampuan untuk menautkan ke file yang terlalu besar untuk dikirim sebagai lampiran, dan tambahan opsionalnya mencakup ramalan cuaca dan tab aplikasi Google. Anda bisa menggunakan software ini untuk mengumpulkan beberapa akun email Anda dalam satu tempat sehingga mudah untuk mengelola email pribadi maupun bisnis.

Baca : 5 Platform Layanan Email Marketing Terbaik Wajib di Coba

8. Pengelola kata sandi: KeePass Password Safe

Software Open Source Gratis Terbaik

Buat kata sandi yang kuat untuk akun dan simpan di brankas yang aman

Tidak ada kekurangan pengelola kata sandi gratis, tetapi KeePass Password Safe adalah opsi open source favorit banyak pengguna diseluruh dunia. Software ini memang terlihat sederhana, tetapi dikemas dengan semua alat dan fitur yang Anda inginkan, termasuk enkripsi AES dari seluruh basis data detail login Anda (bukan hanya kata sandi itu sendiri), otentikasi dua faktor melalui kata sandi master dan file kunci, dan pembuatan kata sandi acak yang aman.

KeePass sangat kecil, dan karena ini adalah program portabel Anda dapat membawanya pada USB flashdisk, dan berkat library plug-in yang luas, mudah untuk diintegrasikan dengan browser dan penyedia penyimpanan cloud pilihan Anda.

9. Software FTP: FileZilla

Software Open Source Gratis Terbaik

Jika Anda menjalankan situs web Anda sendiri, kemungkinan besar Anda akan memerlukan Software FTP untuk mengunggah file langsung ke server Anda. Meskipun ada beberapa klien FTP yang ada dan bagus bisa Anda temui, FileZilla mungkin adalah versi gratis terbaik yang dapat Anda gunakan. → Panduan Lengkap Cara Menggunakan FTP Client [FileZilla].

Ini merupakan software FTP yang sederhana namun handal. Di panel kiri, FileZilla menyajikan tampilan pemilihan folder Anda (dari Windows Explorer, jika menggunakan Windows) di mana Anda dapat memastikan Anda memilih folder file yang akan Anda unggah – di sebelah kanan, panel tersebut menunjukkan lokasi Anda di server, yang akan menjadi susunan folder dan file yang tampak serupa sehingga mudah dalam mengelola dan menempatkan file yang akan Anda unggah.

Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda mengklik melalui folder di panel kanan ke tempat Anda ingin mengunggah file Anda, seperti dalam folder Public_HTML di banyak server Linux. Anda hanya perlu melakukan drag and drop untuk memindahkan file Anda yang ingin di unggah dari panel kiri dan ke panel kanan.

Sederhana, mudah, dan biasanya sangat mudah dipahami bagi pemula sekalipun. Jika Anda perlu izin CHMOD untuk file, itu semudah klik kanan pada file atau folder yang Anda perlukan untuk menerapkannya.

Baca : 7 Software FTP Client Terbaik Gratis Download

10. Sistem Operasi: Linux

Software Open Source Gratis Terbaik

Linux di awal kehadiranya lebih dikhususkan untuk para pengguna geek dan pecandu kode, namun saat ini varietas Linux telah melakukan upaya besar untuk menjadi lebih ramah pengguna bagi orang-orang dengan sedikit pengetahuan pengkodean, dan menghadirkan pesaing serius untuk Windows dan Apple Mac iOS sebagai alternatif untuk menjalankan sistem operasi di desktop Anda .

Baca : Panduan Lengkap: Cara Instal Linux Ubuntu 18.04 LTS Dekstop

Upaya ini telah membantu mendorong Linux menuju arus utama, seperti yang digaris bawahi oleh raksasa komputer Dell yang bergerak untuk menjual desktop dan laptop dengan OS linux langsung ke publik. Dan dimana Windows tetap menjadi target pilihan bagi peretas, sehingga Linux menghadirkan dirinya sebagai alternatif yang lebih aman, selama Anda tetap melakukan update.

Masalah lain kenapa dulu linux masih kurang diminati adalah karena sebagian besar aplikasi Software dikembangkan untuk Windows dan sekarang sudah ada banyak aplikasi atau software yang dibuat untuk linux.

Selain itu, sejak langkah teknologi menuju komputasi awan dan aplikasi berbasis browser itu berarti bahwa tidak lagi masalah sistem operasi yang Anda gunakan untuk banyak aplikasi populer, jadi jika Anda mencari untuk menjalankan komputer Anda untuk bisnis daripada tujuan game maka Linux bisa menjadi pilihan yang sempurna.

Mungkin kesulitan terbesar ketika ingin bermigrasi dari Windows ke Linux hari ini sebenarnya adalah pada pilihan yang tersedia. Alih-alih menjadi satu sistem operasi, Linux menjadi platform dengan banyak pilihan “rasa” atau “distro” yang berbeda yang dikembangkan oleh perusahaan atau komunitas yang berbeda-beda. Meskipun mereka semua berjalan dari kode sumber dasar yang sama, masing-masing telah diprogram untuk memenuhi penggunaan dan penekanan yang berbeda – beberapa bagus untuk digunakan di rumah, untuk sekolah, untuk game dan yang lain fokus pada server (Distro Server Linux Terbaik Pada Tahun 2019). Ini menjadi kesulitan tersendiri bagi pengguna baru. Namun jika Anda seorang pengguna baru yang ingin menginstall linux untuk dekstop pribadi Anda maka Linux ubuntu bisa menjadi pilihan terbaik.

Namun perlu Anda ketahui bahwa Anda tidak perlu terjebak pada distro Linux tertentu – Anda dapat menghapus apa pun yang tidak Anda sukai dan menginstal yang ingin Anda coba.

Baca : 10 Distro OS Linux Terbaik Yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Dan itulah 10 daftar software open source dan gratis yang bisa Anda gunakan untuk membantu menunjang aktivitas harian Anda bahkan untuk kebutuhan software di kantor dan bisnis Anda. Menggunakan software open source bisa selalu menjadi pilihan yang bijak dibanding Anda harus menggunakan software berbayar namun bajakan.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Panduan Lengkap Cara Monetisasi YouTube

Ada banyak sensasi dalam menghasilkan uang melalui YouTube dan seiring berjalannya waktu telah berevolusi...

Apa itu Steemit & Bagaimana Cara Menghasilkan Uang di Steemit?

Hal terbaik yang terjadi pada Anda adalah ketika Anda mulai menikmati menghasilkan uang secara...

Close