How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mengganti File di Google Drive Tanpa Mengubah Link

Cara Mengganti File di Google Drive Tanpa Mengubah Link – Google Drive adalah tempat menyimpan file gratis dan bisa dibagikan kepada siapapun baik itu teman, keluarga, rekan kerja dan siapapun juga dengan sangat mudah. Google memberikan ruang space cukup besar dan bisa kita gunakan secara gratis. Dengan adanya ruang penyimpanan file online ini, kita menjadi mudah ketika ingin menyimpan berbagai macam file dan dokumen penting secara online dan membagikannya pada orang lain dengan hanya membagikan link atau tautan.

Saya pribadi menggunakan penyimpanan Google Drive ini untuk berbagi file dan dokumen pekerjaan untuk bisa di akses oleh team dan dikerjakan secara bersamaan dari tempat manapun. Selain itu, saya juga menggunakan Google drive untuk menyimpan berbagai macam file untuk di download oleh pengguna blog saya. Sebagai contoh adalah saya menaruh file tema WordPress premium yang saya jual di Google drive.

Namun, di Google Drive, jika kita mengunggah file dan membagikan link atau tautannya dengan orang lain, maka setelah melakukan perubahan apa pun pada file tersebut, kita perlu membagikan tautan untuk file yang diperbarui lagi. Google Drive memungkinkan pengunggahan beberapa file dengan nama dan format yang sama yang berarti Anda tidak dapat mengganti file lama dengan versi yang diperbarui meskipun keduanya memiliki nama yang sama, dan itu menyebabkan terbentuknya dua link atau tautan yang berbeda.

Baca : Menggunakan Google Drive untuk Media Library WordPress

Loading...

Di artikel ini saya akan membagikan cara mengganti file di Google drive tanpa mengubah link atau tautannya, jadi ketika Anda mengubah file yang di perbarui, Anda tidak harus membagikan link yang berbeda lagi pada orang lain.

Cara Mengganti File di Google Drive Tanpa Mengubah Link

Ada cara sederhana untuk mengatasinya dan yang diperlukan hanyalah 4 langkah sederhana. Perhatikan bahwa tip ini hanya akan bekerja dengan file yang disimpan di Google Drive seperti file MS Office, PDF, gambar, zip, dll. Tapi ini tidak bekerja dengan file Google Docs.

Baca : 10 Layanan Cloud Storage Terbaik dan Gratis

Langkah 1

Temukan file di dalam Google Drive yang ingin Anda ganti atau perbarui. Klik kanan pada file tersebut dan kemudian klik “Manage Versions”. Opsi Manage Versions ini hanya berfungsi saat Anda menggunakan Google Drive di web browser. Dan tidak bekerja di aplikasi mobile.

locating file Mengganti File Google Drive

Langkah 2

Klik tombol “Upload New Version”.

Loading...

manage versions Mengganti File Google Drive

Loading...

Penting: Versi lama dari file yang Anda perbarui akan dihapus secara otomatis oleh Google Drive dalam waktu 30 hari atau setelah 100 versi disimpan. Jika Anda tidak ingin file lama Anda dihapus, klik menu tiga titik pada file lama dan pilih “Keep Forever”.

file options

Langkah 3

Pilih file baru yang tersimpan di komputer Anda klik “Open”.

upload file Mengganti File Google Drive

Langkah 4

Setelah file baru diunggah atau di upload, Anda dapat melihat file versi yang lebih baru dan lebih lama dari file yang sama. Keduanya akan memiliki tautan atau link yang sama untuk dibagikan.

view uploaded file

Dan selesai! Secara default, Google Drive akan menyimpan versi lama dari file apa pun selama 30 hari. Anda juga dapat mengunduh file versi lama, menghapusnya atau menyimpannya selamanya. Anda juga dapat menggunakan metode tersebut di atas untuk mengganti file dengan format atau nama yang berbeda sementara tautan yang dapat dibagikan tetap sama.

Baca : Cara Mudah Backup dan Mengembalikan Pesan Chat WhatsApp dengan Google Drive

Dan itulah langkah mudah yang bisa Anda ikuti untuk mengganti atau memperbarui file di Google drive tapi tanpa perlu mengubah link atau tautan. Cara sederhana ini sangat penting ketika Anda sering melakukan update pada file yang Anda simpan di Google Drive Anda.

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Crello – Software Desain Grafis dan Editor Foto Online Gratis

Crello - Software Desain Grafis dan Editor Foto Online Gratis - Ketika Anda sedang...

10+ Software Backup dan Sinkronisasi Data Online Gratis

10+ Software Backup dan Sinkronisasi Data Online Gratis - Data adalah salah satu aset...

Close