How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Membuat Website Staging atau Web Kloningan WordPress

Jika Anda adalah seorang pengelola atau perancang web pasti akan menghadapi sebuah kondisi dimana Anda harus melakukan perubahan pada situs web yang Anda jalankan, perubahan tersebut bisa berupa update tema, plugin, memasang plugin baru, menambahkan kode baru atau atau melakukan segala bentuk pengeditan. Tapi apakah melakukan perubahan dan pengeditan pada website yang sedang live dan secara langsung akan berdampak baik pada situs Anda?

Perubahan memang bisa dilakukan secara langsung pada website live, tapi jika terjadi kesalahan maka secara otomatis akan terlihat oleh pengunjung Anda dan ini akan mengakibatkan pengalaman pengguna yang tidak baik. Selain itu melakukan edit saat situs live bisa mengakibatkan non-aktifnya beberapa atau semua fungsionalitas situs web jika terjadi kesalahan. Jadi cara terbaik untuk melakukan segala bentuk perubahan website tanpa mempengaruhi live website adalah dengan membuat website tiruan atau website staging. Dan disini saya akan menjelaskan secara lengkap mengenai website staging dan bagaimana membuat website staging untuk WordPress.

Apa itu Website Staging?

Website Staging

Website staging adalah website tiruan atau kloningan dari situs web Anda yang asli dan website tiruan ini tidak terhubung dengan situs asli secara langsung. Website staging ini biasanya digunakan oleh perancang atau pemilik web untuk menguji tema, plugin, dan kode khusus sebelum mengunggah dan menerapkannya pada website asli secara langsung. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi risiko membuat kesalahan pada situs web asli yang biasanya dilihat sebagai kode rusak, plugin non-fungsional atau tampilan halaman yang tidak sempurna. Website staging memungkinkan Anda mencoba dan melihat apa yang perlu diperbaiki atau dimodifikasi sebelum memindahkan atau menerapkan perubahan-perubahan tersebut pada website asli.

Mengapa Perlu Menggunakan Website Staging?

Melakukan perubahan atau mengedit pada website asli dan live memang tidak ada larangan dan itu sah-sah saja untuk Anda lakukan. Tapi jika website yang Anda jalankan adalah website aktif dan memiliki pengguna banyak maka bisa menjadi masalah saat Anda melakukan kesalahan saat melakukan perubahan tersebut. Apalagi jika website yang Anda jalankan adalah website bisnis, ini benar-benar dapat membawa Anda dalam kerugian. Jika Anda masih belum yakin mengapa Anda harus menggunakan website staging, maka alasan-alasan dibawah ini bisa Anda pertimbangkan:

  • Website staging memungkinkan Anda menguji secara menyeluruh situs dan membuat perubahan yang diperlukan sesuai keinginan Anda. Hal ini sangat berguna saat Anda menyimpan situs web baru yang belum diluncurkan. Dapatkah Anda membayangkan tekanan waktu dan tekanan yang tidak perlu yang akan Anda pakai saat Anda tahu bahwa situs live Anda sedang down atau sedang dalam mode perawatan? Anda lebih cenderung membuat kesalahan atau kehilangan sesuatu jika Anda terburu-buru sehingga Anda dapat membuat situs itu hidup kembali.
  • Jika Anda sudah memiliki website yang sudah aktif dan stabil dengan pengunjung yang banyak, maka menggunakan website staging dapat memastikan bahwa pengunjung dan pembaca tidak akan terganggu saat Anda bekerja dibelakang website Anda. Website staging ini dapat membuat semua fungsi situs tetap berjalan sempurna sehingga pengunjung tidak tahu ada pekerjaan yang sedang dilakukan dibelakangnya.
  • Website staging dapat mengurangi risiko kerugian pada bisnis jika website terjadi masalah. Tidak ada tampilan rusak yang terlihat karena terjadinya kesalahan pengkodean atau karena downtime apapun. Ini juga membantu meminimalkan kemungkinan kerusakan pada konversi, penjualan, dan SEO Anda. Karena mesin pencari curiga terhadap situs web yang rusak karena menganggapnya berisiko bagi keseluruhan pengalaman pengguna.

Diatas adalah beberapa alasan kenapa Anda perlu menggunakan website staging untuk setiap website yang Anda miliki, Dan setiap pemilik website profesional pasti melakukan hal yang sama untuk menjaga website mereka tetap berjalan dengan normal dan menghindari kerugian dari sisi bisnis.

Jika Anda adalah pengguna WordPress, ada beberapa plugin yang dapat Anda gunakan untuk membuat website staging. Meskipun ada cara manual yang bisa Anda lakukan untuk membuat website staging tapi dengan menggunakan plugin Anda akan mendapatkan keuntungan cara penerapan yang lebih mudah. Karena untuk menggunakan cara manual, Anda harus memiliki keterampilan teknis mengenai control panel, database dan WordPress terlebih dahulu untuk menyiapkan tempat untuk website staging. Dengan plugin semua proses tersebut sudah di wakili dan Anda hanya perlu melakukan proses dengan beberapa klik yang mudah.

Khusus pada artikel ini saya akan membahas cara membuat website staging di WordPress dengan menggunakan plugin yang bernama “WP Staging”. Untuk penggunaan cara manual dan plugin apa saja yang bisa digunakan untuk membuat website staging mungkin akan saya bahas pada artikel lain di lain waktu.

Apa itu WP Staging Plugin?

WP Staging adalah plugin WordPress yang memungkinkan Anda untuk membuat website tiruan atau cloning dengan cepat hanya dengan beberapa detik atau menit tergantung kecepatan server hosting Anda dengan tindakan sekali klik. Plugin ini sangat efektif dan efisien untuk digunakan oleh pemula sekalipun tanpa pengetahuan teknis karena memang plugin ini mudah untuk digunakan dan tidak ada pengaturan khusus yang membingungkan.

WP Staging Pro

WP Staging saat ini sudah digunakan oleh 10.000 lebih pengguna dan mendapatkan rating 5 bintang hampir 95%. Ini membuktikan bahwa plugin ini bekerja dengan baik dan menjadi solusi bagi banyak pengguna WordPress untuk menciptakan website tiruan (staging) dengan cepat hanya dengan satu kali klik saja. Dan plugin WP Staging ini merupakan pilihan yang bagus untuk menguji tweak dasar, atau memeriksa apakah plugin atau tema baru kompatibel dengan situs asli Anda sebelum Anda benar-benar menerapkan pembaharuan atau install baru pada situs asli.

Harga WP Staging

WP Staging merupakan plugin gratis yang bisa Anda download atau install secara langsung dari direktori WordPress.org, plugin ini juga memiliki versi premium dengan harga yang lumayan mahal, untuk paket terendah di hargai €69 per tahun. Dan berikut daftar harga lengkap dari WP Staging Pro :

  • Beta Version 1 Active Site – €69.00
  • Beta Version 30 Active Sites – €229.00
  • Beta Version 100 Active Sites – €529.00

Harga diatas sudah termasuk mendapatkan update dan dukungan penuh selama satu tahun. Dan plugin masih tetap bisa digunakan meskipun lebih dari satu tahun dari pembelian jika tidak memperpanjang lisensi tahunan. Namun, Anda tidak akan mendapatkan update dan dukungan setelah itu. Selain itu WP Staging memberikan Anda garansi 30 hari uang kembali jika merasa plugin tidak sesuai dengan harapan Anda.

Buy WP Staging Pro

Fitur WP Staging Pro

WP Staging veri premium akan memberikan beberapa fitur yang tidak akan Anda temukan pada plugin Staging WordPress lainnya, ini akan benar-benar menghemat waktu dan pekerjaan Anda jauh lebih ringan dari sebelumnya.

  • Cloning : WP Staging memungkinkan Anda untuk membuat tiruan dari situs Anda dengan satu klik mudah saat situs asli Anda sedang live dan proses cloning sama sekali tidak mengganggu situs asli.
  • Push Changes : Ini merupakan fitur keren yang di tawarkan oleh WP Staging untuk Anda, yaitu setelah Anda selesai menguji plugin dan tema di situs tiruan dan tidak mengalami masalah, Anda dapat dengan langsung melakukan copy plugin dan file tema dari situs tiruan ke situs live asli Anda dengan hanya satu kali klik saja.
  • Authentication : WP Staging hanya tersedia untuk pengguna yang sudah diautentikasi, sehingga untuk mengakses situs tiruan diharuskan untuk login terlebih dahulu ke situs asli.
  • High Performance : Proses cloning dilakukan dengan cepat hanya beberapa detika saja atau menit tergantung dengan server hosting Anda dan proses cloning ini sama sekali tidak memperlambat loading website.
  • Secure : WP Staging dikodekan dengan baik oleh pengembang berpengalaman sehingga plugin ini aman dan melindungi data Anda.

Cara Membuat Web Staging di WordPress dengan WP Staging

Untuk menggunakan plugin WP Staging hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstall dan mengaktifkan plugin WP Staging. Anda bisa membaca panduan saya mengenai cara install plugin WordPress di artikel berikut jika belum mengetahui cara install plugin » Panduan Lengkap Cara Install Plugin WordPress.

WP Staging Install

Setelah plugin Anda aktifkan, akan terdapat menu baru bernama “WP Staging” di area admin WordPress Anda.

Jika Anda pengguna WP Staging versi pro, Anda harus memasukkan license key terlebih dahulu untuk melakukan validasih pada menu WP Staging » License. Hal ini akan mengaktifkan fitur-fitur dari versi premium.

WP Staging Lisensi

Pada menu “Tools” Anda akan melihat halaman yang dapat Anda gunakan untuk melakukan import dan export untuk pengaturan WP Staging yang sudah Anda konfigurasi dalam bentuk file .json untuk Anda gunakan pada situs lain milik Anda. Dan juga terdapat menu tab “System Info” yang berisikan informasi tentang server hosting dan segala sesuatu tentang WordPress Anda.

WP Staging Tools

Pada menu “Settings” Anda dapat melakukan konfigurasi seperti DB Copy Query Limit, File Copy Batch Size, CPU Load Priority dan masih banyak lagi. Jika Anda memiliki pengetahuan tehnis tentang ini maka Anda bisa melakukan perubahan atau membiarkan pengaturan ini secara default.

WP Staging Setting

Pada menu “Start” disinilah Anda akan mulai bekerja menggunakan plugin WP Staging, dimana Anda hanya perlu melakukan tiga langkah mudah dengan beberapa klik untuk mulai melakukan cloning pada website asli Anda.

WP Staging Overview

Langkah pertama adalah “Overview”, disini Silahkan untuk klik tombol “Create New Staging Site”.

WP Staging Scanning

Langkah kedua adalah “Scanning”, disini Anda diharuskan memasukkan nama situs staging Anda. Sebagai contoh saya akan membuat nama situs staging dengan nama “Testing”. Dan ini akan secara otomatis membuat sub folder bernama “Testing” dibawah folder situs utama Anda. Pada bagian ini Anda juga dapat memilih folder dan database yang tidak ingin Anda copy. Anda hanya perlu melakukan un-centang jika tidak menginginkan file database dan folder untuk tidak di copy.

WP Staging Clonning

Langkah ketiga adalah “Clonning”, disini Anda hanya perlu menunggu plugin WP Staging melakukan pekerjaanya yaitu melakukan copy database tables, prepare directories, copy files, replace data. Anda bisa melihat indikator dengan jelas bahwa proses sedang berjalan. Pada uji coba yang saya lakukan proses ini hanya memakan waktu tidak lebih dari 2 menit.

Jika proses clonning selesai maka Anda akan melihat pemberitahuan ucapan “Congratulations” dan terdapat tombol “Open staging site”, cukup klik tombol tersebut dan Anda akan dibawa pada area login ke situs tiruan dan silahkan login untuk mencoba situs tiruan Anda.

WP Staging Clonning 2

Situs staging Anda selain secara URL berbeda juga dibedakan dengan bar yang memiliki warna berbeda dengan situs asli Anda.

WP Staging Bar

Dan itulah proses pembuatan situs tiruan atau staging yang dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat dengan bantuan plugin WP Staging.

Kesimpulan

Plugin WP Staging adalah plugin canggih yang dapat membantu Anda melakukan proses pembuatan situs tiruan dengan cepat dan mudah tanpa terjadi masalah pada situs asli. Dengan memanfaatkan plugin ini Anda dapat meninggalkan cara manual yang terlalu rumit bagi pengguna WordPress pemula dan membuat situs staging dapat menyelamatkan situs utama Anda mengalami masalah saat Anda ingin melakukan perubahan, update plugin dan tema atau penginstalan plugin dan tema pada website asli Anda.

Baca : Cara Mudah Memasang Iklan AdSense di WordPress dengan WP Quads

WP Staging Pro memang ditawarkan dengan harga yang lumayan mahal tapi ini akan terasa sesuai dengan manfaat yang akan Anda dapatkan. Jika Anda merasa plugin ini penting untuk kebutuhan Anda, maka ini saat yang tepat untuk membelinya. Dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Click Responsive Free

Click adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang dirancang khusus untuk para foto blogger, fotografer,...

Cara Membangun Website WordPress Keren dengan Oxygen Visual Website Builder

Anda bosan dengan desain themes WordPress yang biasa atau Anda ingin membuat tampilan website...

Close