Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

5 Pertimbangan Penting Sebelum Install Plugin WordPress

WordPress merupakan platform website yang sangat populer, dengan adanya plugin membuat WordPress menjadi semakin kuat dan menjadikan kita bisa membuat situs serba guna. Denga bantuan plugin kita dapat mengubah dan menambahkan hampir semua fungsi untuk WordPress dengan mudah. Namun, tidak semua plugin diciptakan sama. Sementara beberapa plugin dapat memperluas fitur di situs Anda, tapi sebagian lain mungkin benar-benar menghentikan situs Anda dari berfungsi. Ada kasus beberapa plugin yang bisa menanam lubang menganga untuk keamanan yang serius di website Anda.

plugins wordpress tutorial terbaik terlengkap

Saat ini ada lebih dari 37.000 plugin host di repositori plugin resmi WordPress. Memilih plugin terbaik bukanlah pekerjaan yang mudah. Meskipun demikian, ada beberapa pertimbangan penting yang dapat Anda ambil sebelum memutuskan apakah atau tidak untuk menginstal plugin WordPress tertentu.

Berikut adalah beberapa pertimbangan yang harus Anda lihat sebelum Anda menginstall plugin di situs WordPress Anda :

Baca : Beberapa Plugin WordPress Rekomendasi Centerklik

1. Apa Fitur dari Plugin tersebut?

Hal ini yang terpenting untuk di pertimbangkan karena kita mencari plugin berdasarkan fitur yang disediakan. Namun, meskipun dua plugin dapat melayani tujuan yang sama, dalam hal kegunaan, ini mungkin berbeda untuk setiap plugin individu.

Saya biasanya akan membandingkan dua atau lebih plugin yang melakukan hal yang sama kemudian melihat apakah fitur tersebut cukup untuk kebutuhan saya. Carilah plugin yang sekiranya mempunyai fitur yang cukup untuk kebutuhan situs Anda.

2. Apakah Updated Dan Kompatibel Dengan WordPress Terbaru?

WordPress diperbarui setiap beberapa bulan dengan fitur baru. Dalam repositori plugin resmi WordPress, Anda akan menemukan informasi ketika sebuah plugin terakhir diperbaharui, dan kompatibilitas terhadap versi WordPress diperbarui. Anda juga harus mempertimbangkan versi WordPress yang Anda gunakan.

Satu hal yang baik adalah bahwa WordPress biasanya memperingatkan kita jika plugin belum diperbarui selama dua tahun. Ini indikator bahwa pengembang mungkin telah meninggalkan plugin tersebut, sehingga plugin tidak akan mungkin melihat pembaruan lain di masa depan, dan sebaiknya jika sudah terdapat peringatan tersebut, Anda tidak harus memaksa untuk menggunakan plugin tersebut.

Baca : Apa dan Kegunaan Plugins WordPress?

3. Peringkat dan Ulasan Pengguna?

Untuk pertimbangan ketiga ini juga penting tapi tidak sepenuhnya harus di percayai. Sebuah Penilaian tidak memberitahu semua tentang kualitas plugin WordPress. Dan jujur ​​Sistem rating WordPress tidak begitu jelas. Plugin dengan peringkat yang lebih rendah tidak selalu menunjukkan bahwa plugin tersebut buruk.

Tetap ingat bahwa plugin mendapatkan update, dan rating sebelumnya mungkin tidak mencerminkan dengan benar terhadap kualitas plugin. Di Support WordPress Ulasan sangat berguna. Di sana, Anda dapat menemukan pengguna lain bercerita tentang pengalaman mereka dengan plugin tersebut. Anda juga dapat melihat ketika review diposting serta peringkat bintang yang telah mereka berikan. Ini adalah pengukuran yang lebih akurat untuk memutuskan untuk menginstal atau meninggalkan plugin.

Selain itu Anda mungkin ingin melakukan penelitian pada siapa saja yang menggunakan plugin tersebut. WordPress memiliki berbagai-macam basis pengguna dari situs independen kecil ke situs-situs perusahaan besar seperti New York Times dan TechCrunch. Jika Anda menemukan situs besar menggunakan plugin tertentu, mungkin menunjukkan bahwa plugin baik dan terpercaya.

4. Siapa Developernya?

Sebuah plugin WordPress bergantung pada dedikasi pengembang untuk mempertahankan dan memperbaiki bug. Biasanya, jika plugin didukung oleh beberapa pengembang, perusahaan, atau jika pengembang memiliki semacam dukungan keuangan dengan cara menawarkan fitur premium, plugin kemungkinan akan terus diperbarui. Dan juga semua masalah dapat sesegera mungkin di pecahkan dalam waktu yang relatif singkat.

Namun, jika plugin ditangani hanya oleh satu pengembang, berbicara dari pengalaman, Plugin saat mengalami masalah dengan update wordpress tidak akan segera di perbaharui dan juga akan di biarkan tanpa adanya solusi.

5. Apakah Desain Menarik?

Hal ini mungkin tidak begitu penting bagi sebagian orang, tapi bagi saya prribadi desain antarmuka Plugin akan memainkan peran penting dalam keputusan seseorang untuk mencoba plugin. Umumnya plugin akan menambahkan halaman Pengaturan baru di dashboard WordPress. Namun, beberapa plugin membuat tampilan dengan gaya versi mereka sendiri pada halaman Pengaturan. Kadang-kadang tampilannya terlihat tidak sesuai dengan elemen WordPress.

Saya pribadi ingin halaman Pengaturan setiap plugin menyesuaikan dengan gaya WordPress, atau setidaknya terlihat mirip secara keseluruhan. Anda bisa melihat perbandingan antara halaman Pengaturan plugin BPS Security dan iThemes Security Plugin. Bagi saya, halaman Pengaturan iThemes security lebih rapi. Menu terorganisasi dengan baik, masuk akal dan logis.

Baca : 5 Plugin WordPress Gratis untuk Membuat Invoice

Berikut adalah beberapa pertimbangan penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum melakukan install plugins, dan saran terakhir, selalu menginstall plugin dari halaman dashboard Anda untuk menghindari file tersebut terkena virus karena sudah Anda download dan simpan di komputer Anda. Semoga bermanfaat. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Influence Responsive Free

Influence adalah Theme WordPress Responsive gratis yang memberikan Anda sebuah kanvas untuk berbagi video,...

Cara Tepat Memilih Tema WordPress Terbaik

Pemilihan tema Wordpress yang tepat akan menentukan banyak aspek penting dari situs Anda. Memilih...

Close