banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Elementary OS Luna: Distro Linux Yang Bekerja Seperti macOS

macOS jelas merupakan salah satu OS desktop yang sangat bagus, konsisten dan merupakan estetika OS desktop yang menyenangkan dibanding OS lainnya hingga saat ini, orang yang sudah terbiasa menggunakan macOS pasti akan merasa ketagihan dengan OS buatan Apple ini. Tetapi untuk menggunakannya, Anda perlu membeli dan memiliki perangkat Mac yang tentu harganya tidak murah. Jika Anda pengguna komputer Windows dan ingin merasakan bagaimana menggunakan macOS di komputer Anda, tapi tidak ingin membuat Hackintosh, Anda dapat mencoba alternatif lain yaitu menggunakan Elementary OS Luna.

Elementary OS Luna adalah distro Linux berbasis Ubuntu 12.04 LTS. Ini adalah OS kedua yang dikembangkan oleh tim Elementary OS setelah Elementary OS Jupiter (yang didasarkan pada Ubuntu 10.10).

Tim Elementary OS dimotivasi oleh “keinginan untuk membuat OS berbasis Linux yang mengutamakan konsistensi dan desain hebat”, dan etos desain mereka berfokus pada penyediaan pengalaman pengguna yang ringkas dan konsisten dengan kebutuhan minimal untuk konfigurasi dan dokumentasi. Bagi saya, Elementary OS sangat mirip dengan macOS seperti yang Anda dapatkan di komputer macOS.

Baca : Cara Install Chrome OS di PC Komputer Windows 2020

Install Elementary OS Luna

Loading...

Seperti Ubuntu dan turunannya, OS Luna dikemas sebagai distro live. Dengan kata lain, Anda dapat membakarnya ke CDr (atau membuat thumb drive yang dapat di-boot) dan mem-boot langsung untuk uji coba.

elementary os luna install

Jika Anda merasa menyukainya, dan ingin menginstalnya, jalankan penginstal Ubiquity dari dok dan ikuti proses penginstalan langkah demi langkah.

Penginstal akan memandu Anda melalui proses tersebut, jadi ini adalah proses yang sederhana dan tidak membingungkan. Penginstal bahkan akan membantu Anda menginstal OS Luna bersama OS Anda saat ini atau menggantinya seluruhnya.

elementary os luna install 2

Loading...

Antarmuka Elementary OS Luna

Hal pertama yang akan Anda perhatikan saat Anda boot ke Elementary OS Luna adalah antarmuka penggunanya. Luna menggunakan lingkungan desktop internal yang disebut Pantheon, dan sekilas tidak mungkin untuk mengabaikan kesamaannya dengan macOS X.

Dari dok, ke bilah atas, hingga gradien halus dan desain jendela monokrom, terlihat jelas bahwa macOS X memiliki pengaruh besar pada filosofi desain tim OS Dasar.

elementary os luna desktop

Namun, meski kemiripan visualnya luar biasa, sebagian besar hanya sebagian luarnya saja dan Elementary OS Luna masih merupakan distro Linux.

Peluncur aplikasi Elementary OS Luna disebut Slingshot, dan dapat diakses dari panel kiri atas. Slingshot dapat menampilkan aplikasi yang diinstal sebagai grid yang tidak diurutkan dan dikategorikan.

elementary os luna slingshot

Bilah atas itu sendiri disebut Wingpanel. Wingpanel sama minimalisnya: peluncur aplikasi yang disebutkan di atas di sebelah kiri, jam di tengah, dan opsi daya dan konektivitas di sebelah kanan. Tentu saja, Wingpanel akan menampilkan ikon jika aplikasi memerlukannya, tetapi pada dasarnya ini adalah panel atas yang minimalis dan bersih.

elementary os wingpanel

Dok Elementary OS Luna, memiliki nama Plank, bekerja persis seperti dok yang Anda dapatkan di OS X. Plank, seperti dok OS X, menyoroti aplikasi yang saat ini sedang fokus, dan memiliki indikator untuk memberi tahu Anda aplikasi mana yang saat ini terbuka.

Sesuai dengan etos OS Dasar, Plank memenuhi perannya secara memadai, tanpa opsi penyesuaian dan konfigurasi rumit.

elementary os luna plank

Pantheon juga memiliki dukungan untuk Hot Corners dan Workspaces. Selain itu, Anda juga memiliki akses ke layar ikhtisar jendela dan ruang kerja.

Hot Corners memungkinkan Anda untuk menjalankan perintah seperti memicu layar ikhtisar workspace atau membuka Slingshot saat kursor Anda memasuki salah satu sudut tampilan. Fitur ini tidak diaktifkan secara default, tetapi bisa, di bagian Desktop dalam aplikasi System Settings.

elementary os luna hot corners

Secara keseluruhan, antarmuka pengguna Elementary OS Luna menyenangkan untuk digunakan. Ini tampak hebat, halus dan responsif, dan berhasil menjadi minimal dan terlihat menarik.

Loading...

Baca : 6 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk macOS

Elementary OS Luna: Software

Fokus tim Elementary OS pada minimalis melampaui antarmuka pengguna Luna. Elementary OS Luna hanya dilengkapi dengan aplikasi paling dasar yang sudah diinstal sebelumnya.

Di antara aplikasi tersebut adalah:

  • Midori, browser web
  • Noise, pemutar musik
  • Geary, klien email
  • Shotwell, Gallery foto
  • Totem, pemutar video
  • Empathy, klien perpesanan internet
  • Scratch, editor teks

elementary os luna music

Sama seperti aplikasi macOS, aplikasi pra-instal ini disimpan saat keluar dan akan dikembalikan ke status saat diluncurkan kembali.

Elementary OS Luna juga dilengkapi dengan pusat perangkat lunak yang diperlukan, pengaturan sistem (Switchboard) dan aplikasi pengelola file (File Pantheon). Namun, itu tidak termasuk office suite seperti LibreOffice. Ini mungkin tampak terlalu minim, tetapi tetap pada etos desain: ringkas, konsisten, dan minimal.

Pengguna dengan kebutuhan yang lebih spesifik harus beralih ke Software Center. Karena Luna didasarkan pada Ubuntu, ada banyak aplikasi untuk dipilih yang akan memenuhi kebutuhan setiap pengguna.

Baca : Penjelasan Lengkap Apa itu Windows Core OS (WCOS)?

File Pantheon

Untuk contoh pendekatan Elementary OS Luna terhadap aplikasi, mari kita lihat pengelola file Luna, Pantheon Files. File Pantheon, seperti kebanyakan aplikasi yang dikembangkan oleh tim untuk Elementary OS Luna, menawarkan penyesuaian dan pengaturan mendalam untuk pengalaman pengguna yang bersih.

File Pantheon bahkan tidak memiliki menu Pengaturan khusus. Ini tidak berarti bahwa fungsionalitasnya ringan. Dengan File Pantheon, Anda diberi pilihan antara tiga tampilan berbeda (List, Grid, dan Column) dan kemampuan untuk Menampilkan File Tersembunyi dari menu klik kanan.

elementary os luna pantheon files

Anda juga memiliki opsi kontekstual seperti Compress, Print dan Send file melalui Bluetooth di menu klik kanan yang sama. Opsi ini berdampingan dengan perintah biasa untuk memindahkan dan menghapus file. Panel samping juga dapat dinonaktifkan jika diinginkan.

elementary os luna pantheon files right click

Tweak Dasar: Sebuah Plugin

Salah satu kelemahan dari fokus OS Luna pada antarmuka pengguna yang ringkas dan konsisten adalah kurangnya opsi penyesuaian yang siap pakai. Hampir tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk menyesuaikan Plank atau Pantheon File, misalnya.

OS Luna juga tidak memiliki dukungan tema bawaan. Namun, Anda bisa mendapatkan akses ke opsi ini dan lainnya dengan menginstal Elementary Tweaks.

Elementary Tweaks adalah plugin untuk OS Luna, dapat diakses melalui Switchboard, yang akan memberi Anda kemampuan untuk mengubah sejumlah pengaturan sistem dan tampilan, sehingga Anda bisa menginstal Elementary OS Luna menjadi persis seperti yang Anda inginkan. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan Elementary Tweaks adalah:

elementary os luna elementary tweaks

  • Ubah ikon, tema, tata letak tombol, dan font.
  • Animasi jendela tweak dan bayangan drop.
  • Tambahkan dan ubah pintasan keyboard.
  • Ubah tema dan ukuran ikon di Plank.
  • Beralih antara klik tunggal dan klik dua kali di File Pantheon.

Elementary OS Luna berhasil menyediakan sesuatu yang sering dihadapi oleh distro Linux lainnya: desain yang konsisten dan pengalaman pengguna secara keseluruhan – tetapi hanya dengan aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya.

Masalah muncul saat Anda mengunduh aplikasi dari Software Center. Meskipun berfungsi dengan baik, aplikasi ini tidak diprogram dengan OS Dasar. Karenanya, aplikasi ini mungkin tidak menyatu secara visual dengan OS lainnya, dan sebagian besar aplikasi tidak menyimpan dan memulihkan statusnya saat keluar dan diluncurkan kembali.

Selain itu, ada kemungkinan Elementary OS terlalu minim untuk beberapa pengguna. Fakta bahwa itu tidak dilengkapi dengan office suite atau fitur keamanan seperti firewall bawaan mungkin terbukti menjadi masalah. Untuk mengatasinya, pengguna mungkin harus mengunduh aplikasi Ubuntu seperti yang disebutkan.

Baca : Cara Install Ubuntu 18.04 Desktop di VirtualBox

Kesimpulan

Secara keseluruhan, OS Luna adalah distro Linux bagus yang pasti akan menarik bagi pengguna yang mencari OS yang stabil dan lancar yang berhasil memberikan beberapa polesan visual macOS X dan pengalaman pengguna yang konsisten.

Elementary OS Luna tidak akan pernah menggantikan macOS X, itu pasti, tetapi bagi pengguna yang tidak dapat menjalankan versi terbaru macOS X di komputer mereka, Elementary OS Luna patut untuk dicoba.

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Panduan Terbaik #1 Cara Membangun Merek yang Kuat

Panduan Terbaik #1 Cara Membangun Merek bisnis yang Kuat - Ketika Anda menyiapkan bisnis...

7 Kamera CCTV Murah Terbaik untuk Keamanan Rumah 2021

Selalu waspada dan menerapkan keamanan adalah sebuah keharusan, kita semua tidak akan pernah tau...

Close