How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Apa itu Plugin dan Apa Kegunaan Plugins WordPress?

Bagi pengguna baru WordPress pasti akan bertanya-tanya tentang apa itu plugin dan apa fungsi dari kegunaan plugin untuk WordPress, untuk menghilangkan rasa penasaran Anda maka pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap tentang apa itu plugin, cara kerja plugin dan kegunaan plugin WordPress.

Plugin akan Anda butuhkan jika Anda adalah pengguna WordPress di hosting sendiri atau self hosting, bagi pengguna WordPress gratisan yang daftar di WordPress.com maka tidak memerlukan plugin karena memang tidak ada fitur untuk menambahkan atau memasang plugin. WordPress.com secara otomatis sudah di sesuaikan agar bekerja dengan baik dibelakang layar, jadi pengguna WordPress gratisan hanya perlu daftar dan melakukan sedikit pengaturan saja.

Apa itu Plugin WordPress?

Plugin adalah merupakan bagian dari perangkat lunak yang mengandung berbagai fungsi yang dapat ditambahkan ke situs web WordPress. Plugin dapat memperluas fungsi dan kegunaan atau menambahkan fitur baru untuk situs WordPress sehingga WordPress dapat digunakan untuk berbagai tujuan situs. Plugin WordPress ditulis dalam bahasa pemrograman PHP dan terintegrasi sangat mulus dengan WordPress.

plugins wordpress gudang plugins for wordpress

Plugin berperan sangat penting untuk WordPress, bahkan ini bisa dibilang merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari WordPress. Plugin memiliki banyak fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan situs Anda. Sebagai contoh : ketika Anda ingin membangun website toko online di WordPress maka Anda harus memasang plugin seperti WooCommerce atau WP eCommerce yang memiliki fungsi dan fitur untuk toko online.

Bagaimana Plugin WordPress Bekerja?

WordPress ditulis sedemikian rupa sehingga pengembang lain bisa menambahkan kode mereka sendiri ke dalamnya. API plugin WordPress menawarkan serangkaian kait dan filter yang memungkinkan pengembang memodifikasi fungsionalitas WordPress yang ada atau menambahkan fungsionalitas baru.

WordPress juga memungkinkan pengembang untuk menyimpan data di database WordPress. Plugin dapat menggunakan jenis konten WordPress, taksonomi, dan bidang khusus yang memungkinkan pengguna menyimpan berbagai jenis konten bukan hanya postingan dan halaman saja.

Setiap plugin WordPress yang terpasang atau terinstall di situs Anda terdaftar di database WordPress Anda. Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkannya kapan pun Anda mau.

Pada setiap kunjungan, WordPress terhubung ke database, memuat perangkat lunak inti, dan kemudian memuat plugin aktif Anda. Semua kode ini diproses di server Anda dan kemudian dikirim ke browser pengguna.

Dimana Mendapatkan Plugin WordPress?

Untuk mendapatkan plugin WordPress Anda bisa masuk pada menu Plugins » Add New, di situs Anda akan melihat banyak sekali daftar plugin WordPress yang tersedia untuk Anda atau Anda bisa langsung mengunjungi situs WordPress.org dan masuk pada direktori plugin WordPress lebih tepatnya pada menu “Plugins” atau bisa melalui link berikut ⇒ Plugin WordPress.

Direktori Plugin WordPress

Saat saya menulis artikel ini, plugin di direktori atau perpustakaan resmi WordPress sudah terdapat 53.602 lebih plugins tersedia secara gratis yang dapat Anda download. Pada halaman utama direktori plugin Anda akan melihat tiga bagian yang terdiri dari “Featured Plugin”, “Popular Plugin” dan “Beta Plugin”, Anda bisa klik pada link bertuliskan “See All” untuk melihat daftar semua plugin atau melakukan pencarian dengan mengetikkan kata kunci plugin yang ingin Anda cari pada fitur pencarian.

Selain plugin gratis yang bisa Anda dapatkan dari direktori plugin WordPress.org, Anda bisa menggunakan plugin dari pihak ketiga dari berbagai pengembang WordPress yang ternama atau melalui marketplace seperti Codecanyon. Ada banyak plugin komersial atau pro yang menakjubkan tersedia dari perusahaan pihak ketiga dan pengembang. Kelebihan menggunakan plugin versi premium ini adalah fitur yang jauh lebih banyak dan dukungan yang diberikan ketika Anda mengalami kesulitan dalam menggunakan plugin.

Envanto Market Plugin WordPress

Mengapa Anda ingin membayar untuk sebuah plugin? Nah, ada beberapa alasan dibawah ini yang perlu Anda simak.

  • Meskipun ada puluhan ribu plugin yang tersedia secara gratis dari direktori Plugin, plugin berbayar biasanya menawarkan staf dukungan penuh dan pengembang juga akan selalu menjaga keamanan dan kompatibilitas plugin dengan versi terbaru dari WordPress serta dengan tema dan plugin lainnya.
  • Sebagian besar waktu, plugin bekerja dengan baik dengan file inti dari WordPress dan dengan plugin lainnya, tapi kadang-kadang kode plugin tidak bekerja dengan plugin lain secara mulus atau bahkan sama sekali tidak berjalan yang akan menyebabkan masalah kompatibilitas. Dengan plugin berbayar atau pro, Anda dapat dengan mudah meminta bantuan pada staf pendukung untuk dapat membantu Anda menyelesaikan masalah tersebut.

Plugin Berguna untuk Apa?

Jika Anda bertanya plugin berguna untuk apa maka jawabannya adalah plugin berguna untuk menambahkan fitur pada situs WordPress sesuai dengan keinginan Anda. Dengan banyaknya plugin WordPress seperti yang sudah saya jelaskan di atas tentu plugin memiliki banyak sekali kegunaan yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan pengguna WordPress sehingga platform WordPress dapat digunakan untuk membuat berbagai macam website.

WordPress secara default ketika pertama kali Anda install maka hanya memiliki fitur yang minimal dan mungkin itu hanya bisa Anda gunakan untuk membuat situs seperti blog atau situs dengan kemampuan yang minimalis dan berjalan kurang maksimal. Tapi ketika Anda menambahkan plugin untuk optimasi SEO maka WordPress akan menjadi sangat powerfull dan siap bersaing di mesin pencarian. Atau ketika Anda ingin membutuhkan WordPress untuk membangun situs toko online maka Anda perlu untuk menginstall plugin eCommerce. Berikut sedikit contoh untuk Anda :

  • Ketika Anda ingin membuat toko online maka Anda membutuhkan plugin WooCommerce.
  • Ketika Anda ingin WordPress ramah dengan mesin pencari Anda membutuhkan plugin SEO seperti All in One SEO atau SEO by Yoast.
  • Ketika Anda ingin meningkatkan keamanan WordPress Anda membutuhkan plugin Security seperti iThemes Security.
  • Ketika Anda ingin menambahkan fitur kontak Anda bisa menggunakan plugin Contact Form 7.
  • Dan masih banyak lagi…

Pada blog Centerklik banyak menulis tentang berbagai macam plugin WordPress yang terbaik yang bisa Anda gunakan untuk membangun situs WordPress Anda sehingga bekerja dengan baik. Saya bahkan telah berbagi daftar plugin yang disarankan untuk Anda gunakan berikut dengan tutorial dari masing-masing plugin tersebut.

Bagaimana Menggunakan Plugin WordPress?

Untuk menggunakan plugin WordPress itu sangat mudah, Anda dapat menambahkan, menginstal / uninstall plugin dari admin dashboard WordPress Anda. Anda juga dapat men-download dan menginstal secara manual dengan menggunakan software FTP client. Dan salah satu keuntungan utama menggunakan WordPress versi self-host adalah kemampuan untuk meng-upload, menginstal dan menggunakan plugin di situs WordPress Anda. Untuk bagian ini saya tidak akan membahas secara mendalam karena saya sudah membuat artikel yang mengulas secara lengkap tentang cara menginstall plugin WordPress yang bisa Anda baca tautan artikel dibawah ini.

Baca : Panduan lengkap cara install plugin WordPress

Untuk pengaturan plugin tidak akan sama, Ada plugin yang ketika di install dan di aktifkan langsung bekerja, ada plugin yang membutuhkan konfigurasi namun hanya membutuhkan pengaturan yang sederhana dan ada juga plugin dengan pengaturan yang harus Anda konfigurasi dengan penuh ketelitian dan detail. Maka dari itu Anda harus mempelajari atau membaca beberapa panduan untuk menggunakan plugin yang akan Anda gunakan. Anda mungkin bisa mencari panduan menggunakan plugin tertentu melalui blog centerklik ini agar Anda dapat menggunakan plugin tersebut bisa bekerja dengan baik.

Tamabahan

Karena sebagian besar plugin adalah bebas (gratis), penting untuk dicatat bahwa plugin biasanya tidak datang dengan dukungan teknis. Untuk alasan ini, penting untuk berhati-hati ketika memilih plugin mana yang sebaiknya Anda ingin install di situs Anda. Meskipun ada plugin yang dapat melakukan hampir semua fungsi, tapi tetap ada beberapa kualitas yang jauh lebih tinggi daripada itu. Dalam rangka untuk memilih yang tepat, Anda harus bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan.

  • Apakah plugin tersebut mendapatkan update yang berkelanjutan?
  • Apakah plugin tersebut kompatibel dengan versi terbaru dari WordPress?
  • Apakah pengguna plugin tersebut mendapatkan jawaban atas pertanyaan dukungan/support mereka?
  • Berapa rating dari plugin tersebut?
  • dan masih banyak lagi.

Anda dapat melihat plugin yang saya rekomendasikan untuk Anda gunakan pada situs WordPress Anda dengan melihat pada daftar-daftar plugin yang sudah saya pilihkan untuk Anda di List Recommended Plugins. atau Anda bisa juga membaca artikel saya tentang : 10+ Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Anda Install.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Medical Circle Responsive Free

Medical Circle adalah Tema WordPress Responsive gratis yang cocok untuk rumah sakit, panti jompo,...

Tutorial Membuat Widget Fixed atau Melayang Pada WordPress

Saat Anda mengunjungi beberapa blog atau website mungkin Anda akan melihat ada bagian yang...

Close