How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Membuat Website Autoblogging dengan WP RSS Agregator

Cara Membuat Website Autoblogging dengan WP RSS Agregator – Membuat website Autoblogging bisa menjadi sebuah ide yang sangat menarik. Dimana Anda bisa mengumpulkan satu atau banyak topik dalam satu website dengan sangat mudah tanpa usaha yang melelahkan. Anda bisa menampilkan berbagai macam artikel menarik di website Anda dari berbagai sumber terpercaya dan menjadikan pembaca Anda lebih mudah menemukan konten yang benar-benar menarik dan mereka cari.

Website autoblogging yang saya maksud disini adalah website Anda hanya menampilkan judul dan cuplikan dari konten sumber, selanjutnya bagi pembaca yang ingin membaca konten secara keseluruhan maka akan di tautkan kembali ke sumber asli, dimana pembaca dapat mengakses konten secara lengkap melalui sumbernya langsung. Salah satu contoh situs web yang menggunakan metode ini dalam mengumpulkan konten feed dari berbagai sumber berita adalah Google News.

Pada artikel kali ini, saya akan mengulas tentang plugin WP RSS Aggregator dan menjelaskan bagaimana membuat website autoblogging di WordPress dengan mudah menggunakan plugin WP RSS Aggregator.

Apa itu WP RSS Aggregator?

WP RSS Aggregator adalah plugin WordPress yang berguna untuk mengimpor feed dari berbagai sumber dan menampilkannya di situs Anda. Anda dapat memilih konten relevan berkualitas dan diimpor dari berbagai sumber feed, memfilternya dan menampilkan konten sesuai keinginan Anda. Dan selanjutnya ini akan bekerja secara otomatis, dimana situs web Anda akan selalu memiliki konten segar dari berbagai sumber feed yang sudah Anda masukkan. Ini benar-benar akan membuat situs web Anda menjadi wadah konten yang menarik dari berbagai sumber tanpa perlu Anda membuatnya.

membuat website autoblogging WP RSS Aggregator

Dengan plugin ini Anda juga dapat mengatur bagaimana feed akan ditampilkan secara menarik di website Anda dengan gambar thumbnail dan cuplikan. Tidak hanya konten artikel saja, Anda bisa juga menampilkan konten video, instagram dan masih banyak lagi.

Plugin WP RSS Agregator adalah plugin gratis yang dapat Anda download langsung di library plugin WordPRess.org, namun plugin ini memiliki 7 add-on premium dan memiliki rencana harga yang dikemas dalam dua bundle, untuk harga termurah satu situs paket basic $59 pertahun dan pro $149 per tahun.

Cara Membuat Website Autoblogging dengan WP RSS Aggregator

Silahkan menginstal dan mengaktifkan plugin WP RSS Agregator, setelah aktivasi Anda akan melihat item baru bernama “WP RSS Aggregator” di sebelah kiri dashboard WordPress Anda dan Anda dapat melihat beberapa menu untuk Anda konfigurasi.

Instal Plugin Autoblogging WP RSS Aggregator

Settings

Pertama, mari kita masuk pada bagian pengaturan yaitu di RSS Aggregator → Settings, Pada bagian ini Anda akan menemukan beberapa menu tab seperti : General, Custom Feed dan Advanced.

Pada bagian “General”, Anda dapat menentukan update frekuensi impor (di mana saja antara setiap 15 menit hingga sekali setiap hari), urutan impor item umpan, Anda akan dapat menentukan usia maksimum dari item feed yang diimpor serta jumlah maksimum item per umpan.

Membuat autoblogging WP RSS Aggregator

Pada bagian “Custom Feed”, Anda dapat mengatur URL umpan khusus, judul feed dan batasan feed kustom.

Setting autoblogging WP RSS Aggregator 2

Pada bagian “Advanced”, Anda dapat mengatur tampilan umpan Anda sesuai dengan preferensi situs web Anda dengan mencentang “Disable Style” dan juga mengaktifkan feed cache.

Setting autoblogging WP RSS Aggregator 3

Feed Sources

Selanjutnya, setelah konfigurasi pada pengaturan plugin selesai, masuk pada bagian “Feed Sources” untuk menambahkan URL feed dari blog sumber yang mana kontennya ingin Anda impor ke situs WordPress Anda.

Silahkan untuk memberikan Nama Feed dan juga bisa Anda memasukkan nama dari blog sumber feed, selanjutnya isikan URL Feed menggunakan URL dari Feed RSS, kemudian memeriksa apakah URL feed berfungsi dengan baik dengan mengeklik opsi ‘Validasi Feed’

Feed Source WP RSS Aggregator

Selanjutnya, Anda dapat membatasi jumlah item dari feed yang diimpor untuk disimpan, di luar itu item yang lebih lama akan dihapus secara otomatis. Jika Anda mencentang opsi ‘Link to enclosur‘, Anda dapat mengakses tautan ke gambar, audio, video, dan lainnya.

Opsi ‘Unique Title Only‘ berguna untuk menghindari duplikasi ketika ada beberapa permalink untuk artikel yang sama atau ketika permalink berubah, Selain itu, Anda dapat mengaktifkan “Link source” ke situs sumber umpan RSS

Pada bagian kanan, ada panel khusus yang berfungsi untuk pemrosesan feed, dan juga Anda dapat menjeda feed, menghapus item feed lama, dan mengatur interval update.

Sekarang Anda dapat mencoba apakah Feed bekerja dengan baik, silahkan tekan tombol “Publish Feed”.

Selanjutnya, Anda juga bisa membuka menu “Feed Items” untuk melihat daftar feed yang sudah masuk dan melihat judul artikel, URL, tanggal publsih, dan source.

Templates

Pada bagian “Templates” Anda dapat mengatur bagaimana feed ditampilkan di situs WordPress Anda seperti mengatur panjang judul maksimum dan menautkannya ke posting asli, menunjukkan nama penulis untuk setiap item umpan, dan mengatur tautan untuk membuka di tab baru, menjadikan link nofollow. Ada opsi untuk menautkan ke item video atau menyematkan video di halaman Anda, membatasi jumlah item untuk ditampilkan dan memilih untuk pagination.

Membuat autoblogging WP RSS Aggregator Template

Anda juga dapat mengatur format tanggal, tanggal default adalah tanggal penerbitan posting dalam GMT. Anda juga dapat memilih format tanggal dan waktu lalu ketika item feed di publish.

Menampilkan Feed di Postingan

Untuk menampilkan item umpan dalam sebuah postingan, WP RSS Aggregator menyediakan kode pendek. Anda dapat mengakses kode pendek ini dengan mengklik ikon RSS pada Editor Visual pada posting.

shortcode autoblogging WP RSS Aggregator

Setelah shortcode ditambahkan pada postingan Anda, maka secara otomatis akan menampilkan semua item feed dalam sebuah postingan. Jika Anda menggunakan shortcode [wp-rss-aggregator] tanpa menambahkan apa pun padanya, maka semua item feed akan ditampilkan.

autoblogging WP RSS Aggregator

Import & Export

Fitur “Import” di WP RSS Aggregator berguna untuk sumber konten dari berbagai sumber. Sebagai contoh, jika Anda memiliki situs web berita, Anda bisa menambahkan sumber feed sebanyak yang Anda inginkan, Fitur ini akan membantu Anda mengimpor sekaligus semuanya.

Import & Export autoblogging WP RSS Aggregator

Untuk menambahkan sumber feed, Anda harus memasukkan nama dan URL feed Anda, pisahkan dengan koma di setiap baris.

Selanjutnya pada bagian “Export”, Anda dapat mengekspor sumber feed dengan klik tombol “Export Settings”.

Anda juga dapat mengekspor semua Pengaturan yang digunakan oleh WP RSS Aggregator. Di situs WordPress kedua, Anda dapat mengimpor file dan menekan tombol “Import Settings”, dan WordPress akan melakukan sisanya untuk Anda.

Blacklisted Items

Pada bagian ini, Anda bisa menggunakan sebagai alat untuk melewatkan beberapa item saat mengimpor feed. Dimana Anda dapat memasukkan judul artikel dan kemudian judul artikel yang sesuai tidak akan dimasukkan dalam Feed Items.

More Features

Pada bagian ini “More Features” Anda dapat menemukan sekitar 7 add on premium dari WP RSS Aggregator, Anda bisa membeli dan menginstal membelinya melalui menu ini. Add on ini memiliki fungsi yang berbeda-beda seperti Feed to Post, Templates, Keyword Filtering dan masih banyak lagi.

Addon autoblogging WP RSS Aggregator

Tentu saja jika Anda menambahkan Add on ini pada situs Autoblogging Anda, ini akan lebih memudahkan Anda dalam membuat website autoblogging yang profesional dan jauh lebih mudah dalam menjalankan website autoblogging.

Baca : Tutor LMS – Plugin WordPress Untuk Membuat Website Kursus Online

Dan itulah ulasan tentang plugin WordPress WP RSS Aggregator, cara konfigurasi dan membuat website autoblogging menggunakan WP RSS Aggregator. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Apa Yang Anda Butuhkan Untuk Menggunakan Linux?

Apa Yang Anda Butuhkan Untuk Menggunakan Linux? - Apakah Anda sudah bosan dengan sistem...

Cara Edit atau Hapus URL Category dan Tag di WordPress

Cara Edit atau Hapus URL Category dan Tag di WordPress - WordPress pada struktur...

Close