How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Faktor Pertimbangan Penting Sebelum Memilih Web Hosting

Memilih layanan web hosting dengan begitu banyaknya tawaran dari berbagai perusahaan layanan hosting tentunya akan membuat keputusan Anda dalam memilih perusahaan web hosting menjadi sulit. Karena kebanyakan semua perusahaan web hosting menjanjikan 99% uptime, sumber daya tak terbatas atau unlimited, dan dukungan yang luas. Dengan penawaran seperti itu, Anda tetap harus pintar-pintar dalam memilih web hosting yang tepat untuk website Anda.

hosting terbaik murah

Pada artikel ini saya akan memberikan Panduan lengkap kepada Anda untuk membantu membuat keputusan yang tepat sebelum membeli hosting. Dengan cara memahami beberapa faktor dari apa yang di tawarkan beberapa perusahaan web hosting, Sehingga Anda akan dapat memutuskan perusahaan web hosting dan paket yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca : Pengertian Lengkap Tentang Hosting dan Istilahnya

1. Harga

Harga memang merupakan faktor utama yang sering kita lihat pertama kali dalam pencarian penyedia layanan web hosting. Tapi, seharusnya harga tidak menjadi faktor penentu. Ketika Anda melihat perbedaan harga yang sangat rendah atau murah, anda harus selalu ingat kata pepatah lama bahwa kita mendapatkan apa yang kita bayar. Jika anda hanya melihat dari segi harga dan memilih yang termurah tentu itu bukanlah pilihan yang baik, terutama jika Anda mengandalkan situs Anda untuk menghasilkan uang atau bisnis.

2. Spesialisasi

Ini adalah fakta bahwa tidak semua penyedia layanan web hosting tepat untuk semua jenis kebutuhan pelanggan. Beberapa hanya menawarkan program hosting bersama atau shared hosting, dan tidak memiliki solusi yang baik untuk pertumbuhan bisnis, sementara yang lain memiliki solusi perusahaan besar tetapi tidak pas untuk seseorang dengan blog kapasitas kecil. Lihatlah ke spesialisasi perusahaan atau bidang keahlian sebelum Anda membeli, dan pilih penyedia hosting yang memahami kebutuhan khusus kepada Anda sebagai pelanggan. Anda dapat menemukan ulasan dan rekomendasi di situs mereka, dan cari lebih banyak informasi tentang kelebihan dan kelemahan perusahaan web hosting tersebut sebelum menentukan pilihan.

Baca : Solusi Web Hosting yang Tepat untuk Usaha Kecil

3. Spesifikasi

Pilih sesuai kebutuhan anda, maksudnya cari layanan hosting yang menyediakan paket hosting untuk kebutuhan situs anda. Jika Anda ingin menyewa hosting untuk keperluan blog, situs e-commerce, konten yang kaya, dan video, maka anda jangan memilih paket yang termurah. Karena sebuah rencana hosting murah mungkin tidak akan memiliki RAM yang cupuk dan ruang disk untuk melayani semua kebutuhan tersebut, dan Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menangani masalah downtime atau beban dari situs anda yang mungkin saja terjadi dikemudian hari.

Lihat dan pelajari, dan tentunya akan lebih baik jika anda berkonsultasi terlebih dahulu ke penyedia hosting yang akan anda pilih, untuk membantu memilih paket yang sesuai untuk situs anda nantinya. Dan pastikan layanan hosting yang Anda pilih memberi kemudahan dalam hal upgrade, karena jika terjadi masalah dengan rencana hosting Anda yang awal, Anda bisa segera beralih ke rencana hosting yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Tech Support

Pada kebanyakan pendapat orang, ini adalah salah satu yang paling harus Anda pikirkan. Karena bantuan yang cepat dan di dukung oleh para ahli dari penyedia hosting tersebut, tentunya akan memudahkan anda dalam menangani masalah, karena setiap situs pasti akan mengalami berbagai masalah, entah itu down, atau terdapat error pada situs anda.

Pilih penyedia layanan hosting yang memberikan layanan 24/7, baik melalui telepon, email dan live chat, pastikan semuanya bekerja dengan baik dan mereka benar-benar siap membantu anda setiap saat dengan tanggap dan menyelesaikan masalah dengan cepat.

Baca : Website Hosting – Fitur Apa yang anda butuhkan?

5. Fitur / Add-ons

Untuk faktor berikutnya adalah untuk mengetahui fitur apa yang ditawarkan kepada anda? Apa insentif tambahan yang mereka berikan untuk membuat hosting situs Anda menjadi lebih menarik? Apakah mereka mempunyai beberapa pusat data, praktek hemat energi, atau fitur tambahan seperti backup data secara teratur, anti virus atau privasi domain gratis. Karena perusahaan layanan hosting sering menawarkan lebih dari sekedar server. Jika Anda melihat perusahaan yang menawarkan sesuatu yang penting yang Anda butuhkan, yang dapat menjadi indikator yang baik maka Anda harus memilih penyedia hosting tersebut.

Bluehost hosting terbaik

6. Hardware

Anda mungkin juga harus mengetahui Apa jenis hardware yang digunakan perusahaan hosting Anda? Apakah mereka top-of-the-line, atau out-of-the-box dengan menggunakan hardware jenis baru?

Jika perusahaan hosting tidak mengatakan apa jenis server yang mereka gunakan, anda bisa meninggalkan perusahaan hosting tersebut, karena hardware dapat mempengaruhi kinerja kedua server dan situs Anda.

Baca : 7 Alasan Kenapa Anda Harus Pindah Hosting WordPress Anda

7. Ulasan Pelanggan / Kepuasan / Reputasi

Ini adalah salah satu faktor yang harus anda ketahui, dan anda harus mencari hasil ulasan pelanggan yang benar-benar jujur dan dari pengalaman pribadi. Lakukan pencarian melalui search engine Google untuk melihat  hosting tertentu, atau melihat mereka di Twitter – apa yang harus Anda lakukan untuk melihat apa yang dikatakan pelanggan mereka saat ini atau mantan pengguna mereka. Apakah mereka mudah untuk menghubungi dukungan? Berapa rata-rata waktu yang diperlukan untuk merespon tiket? Ketika mereka menemukan masalah dengan situs, apa tindakan mereka?

Anda harus mengetahui jawaban dari beberapa pertanyaan di atas, karena tentu saja itu sangat anda butuhkan.

8. Security

Banyak penyedia layanan hosting menyediakan fitur keamanan lebih, seperti firewall dan fitur kemanan lain. Cari situs perusahaan web hosting yang memberikan layanan keamanan data anda dan juga mengutamakan keamanan dalam layanan mereka. Sehingga anda tidak perlu khawatir jika suatu hari terjadi pada situs anda. Selain itu juga, anda harus mencari tahu apakah perusahaan hosting tersebut siap membantu anda jika terjadi masalah tersebut, apakah merekea mempunyai solusi untuk pencegahan.

9. Control Panel / User Interface

Control panel / User Interface haruslah yang user friendly, karena anda setidaknya harus tau bagaimana cara menginstal WordPress, pengaturan email, pengaturan account FTP – dimana Anda harus dapat melakukannya tanpa menelepon perusahaan hosting Anda. Apakah penyedia Anda menggunakan cPanel atau Plesk untuk membuat update dan modifikasi agar lebih mudah untuk digunakan pelanggan, atau mereka menggunakan beberapa antarmuka yang malah membingungkan dimana orang yang tidak terbiasa akan sangat kesulitan. Dan cari tahu apakah di situs penyedia hosting tersebut menyediakan beberapa tutorial untuk anda. Perusahaan hosting yang profesional tentunya akan menyediakan artikel mengenai tutorial hosting mereka.

Baca : 10 Layanan Hosting Terbaik dan Murah

10. Skalabilitas

Akhirnya, hal yang penting untuk mempertimbangkan tentang penyedia hosting Anda (dan rencana yang Anda pilih) adalah apakah mereka masuk ke dalam rencana Anda untuk masa depan. Dengan kata lain, mungkin Anda menganggap hosting yang anda pilih saat ini sudah cukup tapi belum tentu akan memenuhi kebutuhan Anda dua tahun kemudian, Karena anda akan tetap membutuhkan hosting yang lebih dari sekedar shared hosting setelah Anda mulai menjual barang-barang Anda secara online dan mendapatkan beberapa peningkatan lalu lintas pada situs anda.

Setiap perusahaan berbasis web harus memiliki dukungan pelanggan untuk melayani pertumbuhan dari situs pelanggan, jadi jika perusahaan hosting mungkin memiliki kesulitan menampung bahwa pertumbuhan itu bisa menimbulkan masalah. Apakah hosting tersebut memiliki layanan hosting jenis VPS , cloud server atau solusi Dedicated Server? Apakah mereka dapat dengan mudah meng-upgrade akun Anda? Karena mentransfer hosting satu ke hosting yang lainnya tentunya akan memakan waktu dan juga akan merugikan bisnis anda jika itu terjadi. Jadi teliti terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan hosting yang tepat.

Baca : Jenis-jenis Hosting Yang Perlu Anda Ketahui

Berikut adalah beberapa faktor penting yang harus anda ketahui sebelum menentukan pilihan untuk hosting situs anda, semoga artikel ini bermanfaat buat anda, dan sekarang anda bisa menentukan dimana perusahaan web hosting yang tepat untuk situs anda nantinya. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Kathmag Responsive Free

Kathmag adalah Tema WordPress Responsive Gratis yang di desain khusus untuk situs Magazine Online...

Cara Menerima Pembayaran BitCoin di WooCommerce

Bitcoin merupakan mata uang digital yang sangat populer saat ini dan digunakan sebagai alat...

Close