Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Pengertian Lengkap Tentang Hosting dan Istilahnya

hosting plan

Apa itu Web Hosting?

Web Hosting atau ‘Hosting’ adalah layanan yang disediakan oleh vendor yang menawarkan lokasi fisik untuk penyimpanan halaman web dan file. Pikirkan Web Hosting Company sebagai jenis pemilik, mereka menyewa ruang fisik di server mereka yang  menjadikan halaman web untuk di tampilkan di Internet.

Baca : 10 Layanan Hosting Terbaik dan Murah [Best Host]

Jenis Web Hosting

Secara umum ada empat jenis web hosting: Shared, Virtual Private Server (VPS), Dedicated, dan Cloud Hosting.

Sementara semua jenis server hosting akan bertindak sebagai pusat penyimpanan untuk website Anda, mereka berbeda dalam jumlah kapasitas penyimpanan, kontrol, persyaratan pengetahuan teknis, kecepatan server, dan kehandalan. Mari kita menggali dan melihat perbedaan utama antara Shared, VPS, Dedicated, dan Cloud hosting.

Shared Hosting?

Dalam shared hosting, situs web seseorang ditempatkan pada server yang sama dengan situs lainnya, mulai dari beberapa ratusan atau bahkan ribuan. Biasanya, semua domain dapat berbagi dalam satu server dengan sumber daya server digunakan bersamaan, seperti RAM dan CPU. Dan biaya untuk shared hosting sangat rendah, sebagian besar situs dengan tingkat lalu lintas lancar menjalankan perangkat lunak standar yang di-host pada jenis server. Shared hosting juga diterima secara luas sebagai pilihan entry level hosting karena membutuhkan pengetahuan teknis minimal. Dan kekurangan dari shared hosting ini adalah tidak adanya akses root, kemampuan terbatas untuk menangani tingkat lalu lintas tinggi, dan performa situs dapat dipengaruhi oleh situs lain pada server yang sama.

Penyedia Shared hosting: iPageBlueHostSiteGround

Virtual Private Server (VPS) Hosting?

Sebuah virtual private server hosting membagi server ke server virtual, di mana setiap website adalah seperti host di dedicated server mereka sendiri, tetapi mereka benar-benar berbagi server dengan beberapa pengguna lain yang berbeda. Para pengguna dapat memiliki akses root untuk ruang virtual mereka sendiri dan lingkungan hosting dijamin lebih baik dengan jenis hosting lain. VPS adalah pilihan dari jenis web hosting yang membutuhkan kontrol yang lebih besar di tingkat server yang bisa Anda gunakan jika Anda tidak ingin menggunakan pilihan dedicated server. Kekurangan dari VPS adalah kemampuan untuk menangani tingkat lalu lintas tinggi terbatas, kinerja situs Anda masih bisa agak terpengaruh oleh situs lain di server.

Penyedia VPS Hosting: iPageBlueHostSiteGround

Dedicated Hosting?

Sebuah dedicated server menawarkan kontrol yang maksimum atas web server website Anda disimpan – Anda secara eksklusif menyewa seluruh server. website Anda (s) adalah satu-satunya situs yang tersimpan di server. Kekurangan dari Dedicated server adalah dengan kekuatan yang besar dan layanan yang baik tentu akan mempunyai biaya yang lebih mahal. Dedicated Server sangat mahal dan itu hanya disarankan untuk mereka yang membutuhkan kontrol yang maksimal dan kinerja server yang lebih baik.

Penyedia Dedicated Hosting: iPageBlueHostSiteGround

Cloud Hosting?

Cloud hosting menawarkan kemampuan terbatas untuk menangani lalu lintas atau traffic tinggi. Berikut adalah cara kerjanya: Sebuah tim dari server (disebut cloud atau awan) bekerja sama untuk menjadi host dari sekelompok website. Hal ini memungkinkan beberapa komputer untuk bekerja sama untuk menangani tingkat lalu lintas tinggi untuk setiap situs web tertentu. Sedangkan kekurangan dari Cloud hosting adalah banyaknya pengaturan cloud hosting tidak menawarkan akses root (diperlukan untuk mengubah pengaturan server dan menginstal beberapa perangkat lunak), dan cloud hosting ditawarkan dengan biaya yang lebih tinggi.

Istilah-istilah Hosting?

Berikut adalah banyak istilah-istilah yang terdapat pada hosting yang perlu anda ketahui :

♠ Apa yang dimaksud dengan Web Server?

Umumnya digunakan dalam referensi untuk perangkat keras komputer yang menyediakan jasa jaringan luas di dunia Internet, server Web mencakup perangkat keras, sistem operasi, perangkat lunak server, protokol TCP / IP dan konten situs web. Web server memproses permintaan dari Browser untuk halaman web dan melayani mereka melalui HTTP.

♠ Apa itu HTTP?

HyperText Transfer Protocol – protokol yang mendasari yang digunakan oleh World Wide Web. HTTP mendefinisikan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan, dan Web server dan browser bertindak mengambil dalam menanggapi berbagai perintah. Sebagai contoh, ketika anda memasukkan URL di browser anda, ini akan mengirimkan perintah HTTP dan mengarahkanya ke server Web untuk mengambil dan mengirimkan halaman Web yang diminta.

♠ Apa yang dimaksud dengan Nama Domain?

Sebuah pengalamatan membangun digunakan untuk mengidentifikasi dan menemukan komputer di Internet. Nama domain menyediakan sistem yang mudah mengingat alamat Internet, yang dapat diterjemahkan oleh Domain Name System (DNS) ke alamat numerik (Internet Protocol (IP) nomor) yang digunakan oleh jaringan. (centerklik.com adalah nama domain seperti Google.com)

♠ Apakah yang dimaksud dengan IP Address?

Setiap komputer yang terhubung ke Internet harus memiliki alamat yang unik yang dikenal sebagai IP (Internet Protocol) alamat. Alamat IP adalah alamat numerik ditulis sebagai satu set dari empat angka yang dipisahkan oleh titik, misalnya 64.149.219.213. Alamat menyediakan identifikasi unik dari sebuah komputer dan jaringan.

Baca : Cara Mengetahui Informasi Web Hosting di WordPress

♠ Apa itu URL?

Uniform Resource Locator – alamat global dokumen dan sumber daya lainnya di World Wide Web. Bagian pertama dari alamat menunjukkan protokol yang digunakan, dan bagian kedua menunjukkan alamat IP atau nama domain tempat sumber daya tersebut berada. https://www.centerklik.com/ adalah URL untuk website centerklik.

♠ Apa itu DNS?

Domain Name System – sistem nama pemetaan ke alamat IP. Karena nama domain adalah abjad, tentunya lebih mudah bagi manusia untuk mengingat. Internet, bagaimanapun, benar-benar didasarkan pada alamat IP. Setiap kali anda menggunakan nama domain, DNS menerjemahkan nama ke alamat IP yang sesuai. Hal ini mirip dengan buku telepon untuk Internet.

♠ Apa itu FTP?

File Transfer Protocol – Memungkinkan transfer dari satu atau lebih file dari satu komputer ke komputer lain di Internet. Biasanya dari komputer pribadi ke Server atau sebaliknya. FTP sepenuhnya dibahas di sini

♠ Apa itu Upload?

Mengupload adalah mentransfer file dari komputer lokal anda ke komputer remote, biasanya server.

♠ Apa itu Download?

Download adalah mentransfer file dari komputer remote atau server ke komputer lokal anda.

♠ Apa itu E-Mail?

Seperti kebanyakan orang sudah tahu E-mail adalah singkatan dari Electronic Mail dan sekarang merupakan bagian integral dari bisnis dan komunikasi pribadi.

♠ Apa POP dan SMTP server?

Post Office Protocol adalah protokol yang paling umum digunakan untuk mengambil e-mail dari sebuah mail server. Aplikasi  e-mail (kadang-kadang disebut klien e-mail) menggunakan protokol POP, meskipun beberapa dapat menggunakan IMAP baru (Internet Message Access Protocol). Versi terbaru, POP3, dapat digunakan dengan atau tanpa SMTP (e-mail pengirim protokol, singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol). Server IMAP mirip dengan POP server, satu-satunya perbedaan adalah mereka menyimpan e-mail sehingga mereka dapat diambil dari berbagai lokasi atau beberapa pengguna.

♠ Apa itu WebMail?

WebMail – Menyediakan pengguna antarmuka di Internet sehingga mereka dapat mengakses pesan e-mail mereka dari komputer manapun.

♠ Apa yang dimaksud dengan Layanan CGI?

CGI adalah singkatan dari Common Gateway Interface. CGI menyediakan metode untuk antarmuka program komputer dengan halaman HTML. Program CGI dapat ditulis untuk melakukan banyak hal yang berbeda, yang meliputi: menghitung pengunjung ke situs web anda; pengolahan data yang diperoleh dari formulir online; dan menciptakan animasi sederhana. Jika Anda ingin salah satu fitur tersebut adalah penting bahwa host anda menyediakan Layanan CGI biasanya dalam bentuk CGI-bin.

♠ Apa itu Bandwidth?

Bandwidth dalam hal hosting, adalah jumlah informasi yang dapat ditransfer dari server ke Browser. Host biasanya membatasi jumlah bandwidth pengguna telah tersedia per bulan. Sebagai contoh, jika anda memiliki sebuah file di situs anda dengan ukuran 1Mb dan Anda mempunyai 1Gb bandwidth, maka pengguna bisa men-download file 1000 kali.

♠ Apa itu Disk Space?

Disk Space – total jumlah kapasitas ruang fisik hard drive host yang di sediakan untuk pengguna.

♠ Apa itu Dedicated Server?

Dedicated Server adalah salah satu yang hanya memiliki satu situs Web yang berjalan di atasnya. Daripada server bersama atau shared server yang memiliki beberapa situs Web yang disajikan.

Baca : Cara Memilih Hosting Terbaik Untuk WordPress

Source (Wikipedia)

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Info Menarik

    sip mas, jadi jelaslah sudah sekarang setelah membaca artikel diatas …

  • atdhyctive

    sekarang lagi ngetrend tu disqus coment system, bikinin tutorialx bro.

Must Read...!
Pentingnya Plugin Google XML Sitemap WordPress

Seperti namanya, sitemap adalah seperti peta situs untuk membantu menavigasi halaman di situs Web...

Theme WordPress Coupon Responsive Free

Coupon Themes adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang di desain dengan baik untuk tema...

Close