How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

12 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Laptop

Membeli laptop adalah proses yang menghabiskan waktu. Karena ini berhubungan dengan harusnya mengeluarkan biaya yang lumayan besar dan harus mendapatkan laptop yang benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan dan kita mendapatkan laptop tersebut dengan rasa puas. Sebagian besar orang merasa bingung ketika akan membeli laptop baru karena ada banyak produsen dengan jenis perangkat keras & konfigurasi perangkat lunak yang sama untuk laptop dalam kisaran harga tertentu.

Sebelum membeli laptop, banyak orang melakukan riset di internet tentang laptop tertentu. Tapi tetap saja, mereka bingung karena banyaknya informasi yang didapatkan. Di artikel ini saya akan memberikan Panduan membeli Laptop yang benar untuk, ini akan memberi tahu Anda hal-hal apa yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli laptop. Karena ada banyak komponen (perangkat keras & perangkat lunak) dalam sistem laptop.

panduan membeli laptop

Seiring perkembangan teknologi, fitur & desain laptop juga berkembang. Itu sebabnya kita harus mengetahui perubahan dalam teknologi yang terus berkembang. Pabrikan ini mengembangkan CPU, RAM, desain, dan fitur lainnya yang lebih baik di laptop. Perusahaan internasional seperti Intel selalu berupaya membuat prosesornya secepat mungkin untuk memenuhi kebutuhan pengguna & tren terbaru.

Loading...

Sekarang Anda tidak perlu melakukan penelitian yang tidak dibutuhkan di web tetapi pertimbangkan 10 poin sebelum membeli Anda memutuskan untuk membeli laptop. Panduan ini akan memberi tahu Anda hal-hal yang harus Anda ketahui sebelum membeli laptop. Mari kita lanjutkan.

Baca : Penjelasan Lengkap Tentang Apa itu Laptop Chromebook

Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Laptop (Panduan Membeli Laptop)

Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli laptop. Anda juga dapat menganggapnya sebagai panduan membeli laptop.

1. Anggaran: Poin Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Laptop

Anggaran adalah faktor terpenting yang pada akhirnya akan memutuskan mana laptop yang akan Anda beli. Setiap orang memiliki daya beli berbeda, Anda harus memutuskan berapa anggaran untuk membeli laptop. Sebagai contoh, Anda seorang mahasiswa yang ingin membeli laptop, karena Anda belum bekerja maka biasanya hanya mematok harga laptop di angka 5 jutaan. Berbeda dengan seorang yang sudah bekerja atau karyawan dengan penghasilan yang cukup biasanya akan menganggarkan uang untuk membeli laptop di angkat 7 juta sampai 15 juta.

Dalam kedua kasus, anggaran untuk membeli laptop berbeda karena daya beli juga berbeda. Jadi Anda harus memutuskan anggaran Anda, setelah itu Anda dapat mencari laptop dalam kisaran anggaran yang sudah Anda tentukan tersebut. Tentu saja, dalam hal ini Anda dapat membeli laptop yang lebih layak, jika Anda memiliki lebih banyak anggaran.

2. Prosesor (CPU)

Prosesor (CPU) adalah bagian utama dari sistem laptop atau komputer yang menentukan kecepatan pemrosesan tugas apa pun dalam sistem tertentu. Jika Anda ingin menjelajahi web, memainkan game terbaru, mengedit video atau tugas intensif apa pun yang Anda butuhkan adalah prosesor yang kuat. Prosesor yang cepat akan memungkinkan Anda untuk melakukan semua tugas pada buttery sistem dengan lancar. Sebagian besar laptop terbaru hadir dengan CPU dari dua merek, Intel dan AMD. Keduanya memberikan kinerja yang layak tetapi Intel dianggap lebih maju dari AMD. Laptop dengan prosesor Intel juga mahal daripada laptop berbasis AMD.

Jika Anda ingin kecepatan pemrosesan super cepat, pilih laptop Intel core i7 series. Lihat daftar laptop yang direkomendasikan untuk editing video dengan anggaran terbatas yang cocok untuk Anda beli di tahun 2020.

Baca : 10 Laptop Terbaik untuk Video Editing di 2020

3. RAM (Random Access Memory)

RAM atau Random Access Memory adalah memori fisik dari setiap sistem komputer yang membantu mempercepat pemrosesan aplikasi. Untuk kelancaran semua tugas atau kinerja komputer, disarankan untuk memiliki laptop dengan setidaknya 4GB RAM. Jika Anda ingin melakukan tugas-tugas pemrosesan berat seperti mengedit video, game dan desain grafis Anda benar-benar membutuhkan lebih dari 4GB RAM.

Selain itu, ini bukan hanya seberapa banyak memori yang Anda pasang di laptop Anda, tetapi tipe RAM juga memainkan peran penting dalam menentukan kecepatan. Anda harus mencari laptop dengan RAM DDR3 sebagai yang terbaru. DDR3 cenderung berjalan pada frekuensi yang lebih cepat daripada DDR2 yang lebih lama.

4. Hard Disk Drive

Hard Disk Drive akan menyimpan semua data Anda termasuk dokumen, perangkat lunak, video, gambar, dan file sistem lainnya. Berapa banyak ruang hard drive yang Anda butuhkan adalah pertanyaan besar lainnya. Sebagian besar laptop berharga murah hadir dengan hard drive 320GB. Anda dapat meningkatkan kapasitasnya dengan menggantinya dengan hard drive lain yang memiliki ruang penyimpanan lebih tinggi. Anda dapat memilih 500GB hingga 1TB tergantung pada anggaran dan harga yang Anda inginkan.

Jika Anda ingin sistem Anda melakukan tugas yang cepat dalam sepersekian detik maka SSD (Solid-State Drive) harus menjadi pilihan utama. Tetapi SSD ini cukup mahal dari HDD normal dan jauh lebih cepat dari HDD. Sebagian besar laptop kelas atas hadir dengan Solid-State Drive.

Loading...

5. Ukuran & Jenis Layar

Ukuran Layar & jenisnya juga penting saat memutuskan untuk membeli laptop. Sebagian besar laptop saat ini hadir dengan ukuran layar minimum 14,1 inci. Itu semua tergantung pada Anda semua untuk menentukan ukuran layar untuk Anda. Jika Anda gemar menonton film dan bermain game di laptop maka lebih baik membeli laptop dengan layar lebih besar 17 inci. Untuk tugas komputasi kasual seperti selancar web dan pekerjaan kantor, 14,1 atau 15,6 inci sudah cukup.

Juga disarankan untuk memilih layar HD dengan fitur anti-silau. Layar HD memungkinkan Anda untuk menonton film dengan resolusi HD. Sisi lain anti-silau adalah pelapis yang diletakkan di layar untuk anti-refleksi. Jika Anda menginginkan laptop layar sentuh, Anda dapat dengan mudah mendapatkannya di kisaran anggaran yang sudah saya sebutkan diatas. Layar sentuh membantu Anda menavigasi layar apa saja dengan mudah.

Baca : 5 Laptop Gaming Terbaik dan Tangguh di 2020

6. Desain

Desain laptop juga merupakan salah satu hal penting untuk dipertimbangkan dalam membeli laptop. Pembeli laptop saat ini juga memberikan preferensi untuk desain laptop sebelum membelinya. Semua orang menginginkan laptop dengan desain ramping dengan portabilitas tinggi. Laptop harus ramping dan berbobot rendah. Desain laptop juga berdampak pada harganya.

Saat ini laptop telah memiliki desain di mana layar laptop dapat dilipat atau dilepas dari keyboard dan dapat digunakan sebagai tablet. Tetapi laptop dengan jenis desain ini harganya mahal.

7. Prosesor Grafik atau GPU

Jika Anda seorang pecinta game murni dan suka menonton video HD & Full HD di laptop Anda maka GPU (Graphics Processing Unit) akan memainkan peran penting. GPU akan mengambil semua tugas pemrosesan grafis di dalamnya. Sebagian besar Prosesor Intel Core terbaru memiliki unit grafis yang terintegrasi & kuat dan dapat melakukan tugas-tugas intensif grafis dengan mudah.

Tetapi jika Anda menginginkan kinerja grafis terbaik, gunakan unit grafis diskrit seperti AMD dan Nvidia yang menyediakan grafik diskrit berkualitas tinggi.

8. Baterai

Kapasitas baterai adalah faktor penentu lain untuk membeli laptop. Karena laptop adalah perangkat portabel sehingga harus memiliki daya tahan baterai yang layak untuk dapat digunakan dan bekerja di mana saja. Laptop dengan daya tahan baterai yang buruk akan selalu mengganggu pekerjaan Anda. Sebagian besar laptop murah ini dilengkapi dengan baterai 6-sel. Masa pakai baterai tergantung pada penggunaan laptop dan seberapa baik Anda merawatnya.

Baterai laptop 6-sel dasar harus memberikan setidaknya cadangan minimum 4 jam. Prosesor modern memungkinkan baterai mencapai cadangan maksimum karena membutuhkan daya yang lebih kecil.

9. Sistem Operasi

Sistem operasi apa yang Anda inginkan di sistem Anda? Jika Anda ingin Mac OS X hanya ada satu opsi Apple MacBook. Untuk pilihan yang beragam, Anda harus memilih laptop dengan OS Windows. Sebelum membeli laptop, Anda harus memastikan bahwa laptop Anda sudah terinstall OS dan sebaiknya laptop tersebut sudah mendukung Windows 10 yang sudah berlisensi resmi sehingga ketika terdapat update terbaru tidak terjadi masalah. Namun, jika anggaran Anda diatas rata-rata saya sangat menyarankan untuk membeli laptop keluaran dari Apple atau Macbook, karena laptop ini benar-benar bekerja dengan baik dan tidak mengalami crash seperti yang sering terjadi di Windows.

10. Merek

Merek laptop sangat penting. Anda harus selalu memilih beberapa merek laptop terkemuka seperti Apple, Dell, HP, Lenovo, Microsoft, Asus dll. Anda juga dapat mencari merek laptop terbaik sebelum membeli laptop.

11. Garansi

Hal yang berkaitan dengan garansi adalah salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan saat membeli laptop. Asus dan Dell dikenal dengan layanan purna jual terbaik dan penawaran garansi yang menarik. Banyak perusahaan memberikan penawaran garansi yang panjang dan menarik. Poin lain yang harus Anda periksa adalah tentang adanya pusat layanan garansi di kota Anda atau tidak.

12. Tambah Anggaran Anda

Diawal tentu Anda sudah menetapkan anggaran Anda untuk membeli laptop. Setelah mengetahui kebutuhan Anda akan laptop seperti CPU, RAM, Scree, Brand, Design, dan banyak lagi, jika harga laptop yang Anda cari melebihi anggaran Anda, maka Anda sangat perlu untuk menambah anggaran atau hanya membeli laptop lain dengan fitur yang lebih rendah.

Ingat, semakin banyak anggaran yang Anda masukkan maka Anda dapat membeli laptop dengan kualitas yang lebih baik. Anda juga harus mencari beberapa fitur dasar lainnya seperti Bluetooth, Wi-Fi, Drive Optik, jenis Web Cam dan Keyboard.

Baca : 10 Laptop Terbaik Yang Harus Anda Miliki Pada 2020

Kesimpulan

Membeli laptop bisa membingungkan. Panduan ini akan memudahkan Anda membeli laptop impian Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah mengikuti tips di atas untuk membeli laptop. Anda harus bisa menyesuaikan anggaran Anda agar mendapatkan laptop yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda dan mendapatkan itur yang layak di laptop Anda.

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Panduan Lengkap Cara Menggunakan FTP Client [FileZilla]

Panduan Lengkap Cara Menggunakan FTP Client [FileZilla] - Saat Anda membaca tutorial tentang WordPress...

SyncMate – Menyinkronkan Data dan Perangkat Lain dengan Mac

SyncMate - Menyinkronkan Data dan Perangkat Lain dengan Mac - Apakah Anda seseorang yang...

Close