How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Kamera DSLR Terbaik Harga Dibawah 5 Jutaan

Selain menggunakan smartphone, terkadang seseorang juga menggunakan kamera untuk mengambil objek, baik itu orang, benda, ataupun yang lainnya. Kamera sejak zaman dahulu secara berkala mengalami banyak sekali perubahan hingga menjadi apik seperti saat. Dalam kehidupan sehari-hari, anda dapat menemukan beberapa jenis kamera yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan pengambilan gambar dan video, diantaranya adalah kamera saku, bridge camera, kamera mirrorless, kamera aksi, dan kamera DSLR.

Setiap kamera tersebut memiliki fitur yang berbeda-beda meskipun mempunyai fungsi yang sama, yaitu untuk mengambil. Sebagai contoh, kamera aksi yang menggunakan analog Single Lens Reflex (SLR) dan mudah dibawa kemana-mana. Selain dari fitur, bentuk dari kamera tersebut bermacam-macam ada yang kecil dan ada juga yang agak besar. Pada kesempatan ini, saya lebih memfokuskan untuk membahas kamera DSLR. Seperti apa sih alat potret yang satu ini?

Baca : 3 Langkah Cara Membuat Video Tutorial Yang Profesional

Kamera DSLR atau Digital Single lens Reflex merupakan sebuah alat potret yang memanfaatkan cermin untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder. Kamera ini memiliki beberapa bagian yaitu lensa, cermin pantul, shutter speed, sensor, lensa condensor, pentaprism, dan viewfinder. Setiap fitur tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda, yaitu sebagai berikut :

  • Lensa : berfungsi untuk memfokuskan cahaya yang datang dari luar kamera sehingga dapat membakar medium penangkap (film). Bentuknya seperti kaca bening.
  • Cermin Pantul : berfungsi untuk memantulkan cahaya yang masuk dari lensa utama, lalu dipantulkan ke atas oleh cermin pantul dan mengenai pentaprism (cermin segi lima).
  • Shutter Speed : Saat menekan tombol untuk memotret, terjadi pembukaan lensa sehingga cahaya yang masuk dan mengenai film. Nah kegunaan dari shutter speed ini adalah membuka dan kemudian menutup lagi kecepatan pada kamera DSLR.
  • Sensor : sebagai tempat dimana gambar atau foto dibentuk dan diubah menjadi sinyal data. Banyak jenis sensor yang sering kita dengar pada sebuah kamera, salah satu yang terbaik adalah CMOS.
  • Lensa Condensor : memiliki kegunaan untuk melihat benda yang sangat kecil dari suatu objek.
  • Pentaprism : pentaprism juga disebut sebagai cermin segi lima. Fungsinya yaitu untuk memantulkan cahaya beberapa kali hingga menyentuh bagian viewfinder (pembidik).
  • Viewfinder : viewfinder juga disebut sebagai jendela bidik. Fitur yang satu ini berfungsi untuk melihat objek gambar yang akan kita ambil. Tentunya, objek yang terlihat pada jendela bidik ini sesuai dengan kenyataan dan hasil yang ada di dalamnya bisa dicetak pada film.

Baca : Cara Membuat Channel YouTube dan Upload Video ke Youtube

Kamera DSLR menjadi primadona bagi banyak kalangan. Sudah banyak orang, terutama para fotografer menggunakan benda yang satu ini untuk memotret sebuah objek. Alasannya, kamera ini mempunyai spesifikasi yang tinggi dan menghasilkan foto dengan kualitas terbaik. Ada banyak merk kamera DSLR, namun beberapa yang terbaik dan berharga murah yaitu :

1. Handy Sony Alpha 290

Kamera terbaik dibawah 5 jutaan

Kamera yang satu ini dibekali dengan resolusi 14,2 megapixel dan peredam getar SteadyShot. Sementara itu, untuk ukuran layar kamera Handy Sony Alpha 290 memiliki ukuran 2,7 inchi sehingga lebih memudahkan.anda dalam membidik foto dan melihat hasilnya. Selain itu dengan rentang ISO 100-3200 dapat membantu anda saat mengambil gambar dalam kondisi kurang cahaya agar hasil foto semakin jelas. Cukup dengan harga 4 jutaan saja, anda sudah bisa mendapatkan kamera sekon.

2. Canon Powershot SX410 IS

Kamera ini memiliki suatu focal length dengan ukuran 24 mm. Kegunaan fitur ini yakni untuk mendapatkam hasil gambar yang fokus pada objek sehingga menjadi lebih jelas. Selain itu, dengan ditambah fitur image stabilizer membuat gambar tidak blur ketika di tekan tombol shot. Tak hanya itu saja, kamera Canon Powershot SX410 IS juga didukung CCD dan resolusi mencapai 20 MP dengan hasil gambar yang tentunya berkualitas. Kamera ini juga memiliki fitur optical zoom yang dapat digunakan untuk melakukan zooming gambar mencapai 40 kali lipat sehingga pengguna kamera dapat menangkap objek jarak jauh tanpa sedikitpun mengurangi kualitasnya. Harganya hanya 4 jutaan saja, murah bukan?

3. Canon EOS 4000D

Kamera dengan harga 4 jutaan ini hadir dengan berbekal sensor resolusi 18MP dan mesin proses gambar DIGIC 4+. Kamera EOS 4000D juga mampu memotret berkelanjutan hingga 3fps sehingga dapat menghasilkan gambar yang responsive dan juga didukung sensitivitas standar maksimum ISO yaitu 6400 yang mempunyai perluasan hingga 12800. Kamera DSLR ini juga mampu mengambil video dengan resolusi full HD. Sebagai salah satu kamera entry-level, Canon EOS 4000D tentunya memiliki harga yang terjangkau sehingga tidak menguras dompet anda. Cukup dengan dana 4,5 juta saja anda pun bisa mendapatkan kamera DSLR tersebut.

4. Olimpus TG-4

Bila anda mencari kamera DSLR yang memiliki ketahanan yang bagus di dalam air, maka Olimpus TG-4 jawabannya. Kamera tersebut tetap bekerja dengan baik pada kedalaman 50 kaki hingga 150 kaki dari permukaan air. Dengan bentuk dan tampilan yang sederhana, membuat kamera yang satu biji mudah untuk digunakan dan dapat dikeluarkan dan masuk dengan mudah dari dan ke dalam saku maupun tas bawaan. Kamera DSLR ini dibekali dengan resolusi 16 MP dan sensor gambar 1/2.3 inchi dan. Ukuran tersebut sudah standar, untuk kamera point and shoot.

5. Nikon D3300

Kamera DSLR Nikon D3300 diusung dengan kemampuan sensor kamera 24,2MP dan video full HD 1080p. Selain itu, secara bentuk fisik, kamera ini memiliki bentuk yang ringan dan kompak berukuran 124 x 98 x 75,5 mm dan berat 460 gr sehingga tidak menyulitkan anda ketika membawanya kemana-mana. Tak hanya itu saja, kamera Nikon yang satu ini juga memiliki kemampuan yang sama baiknya ketika merekam video, bahkan mampu menghasilkan kualitas yang full HD dengan resolusi 920 x 1080 Pixel. Kamera Nikon D3300 dibanderol dengan harga 4 jutaan saja di Indonesia. Terjangkau bukan?

Baca : 10 Software Perekam Layar Terbaik untuk Membuat Video Tutorial

6. Nikon 1 J5

Kamera terbaik murah untuk vlog Nikon 1 J5

Kamera ini memiliki keunggulan dalam hal menggabungkan gambar dan memiliki tampilan yang ramping. Selain itu, kamera Nikon 1 J5 ini didukung dengan sensor kamera 20.8 MP CX-format BSI CMOS dan prosesor gambar EXPEED 5A. Kamera DSLR yang satu ini mampu merekam hingga 20 fps dengan berbekal fitur auto fokus dan UHD 2160p/15. Untuk harga sendiri, Nikon 1 J5 dibanderol dengan harga 4 jutaan di tanah air.

7. Sony Alpha a5000

Kamera terbaik murah untuk vlog Sony A5100

Kamera keluaran perusahaan Sony ini juga tidak mau kalah untuk memberikan kamera murah dengan kualitas yang mumpuni. Kamera ini menggunakan sensor Exmor APS HD CMOS yang dikenal sebagai salah satu sensor yang memiliki kualitas yang apik. Tak hanya itu saja, Sony Alpha a5000 juga dilengkapi dengan teknologi the bionz yang dapat memisahkan warna dengan benar, mengurangi kebisingan yang berlebian, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan dana 4,6 juta saja, anda sudah bisa mendapatkan kamera DSLR yang satu ini.

8. Canon Power Shot SX710 HS

Dengan fitur 30 kali optikal zoom membuat Power Shot SX710 HS mempunyai kelebihan dalam menjangkau titik fokus area pemrotetan dengan baik. Selain itu, pada kamera ini juga tersedia tombol mode kecil pada bagian belakang yang dapat mempermudah anda untuk beralih dengan lebih cepat diantara mode pencahayaan yang berbeda. Kamera Canon Powershot SX710 HS dapat menjadi pilihan kamera terbaik dengan harga yang terjangkau.

9. Pentax K30

Kamera terbaik dibawah 5 jutaan pentax

Kamera Pentax K30 ini sangat tahan debu dan juga air. Selain itu rentang ISO pada kamera ini yaitu 100-12800 DNA bisa anda tambahkan hingga mencapai ISO 25600. Semakin tinggi ISo membuat anda bisa melakukan pemrotetan dengan baik walaupun pada kondisi yang kurang cahaya. Selain itu juga dapat meningkatkan kecepatan Shutter dalam menangkap momen gambar dengan begitu cepat.

10. Nikon D3100 Kit

Harga pemrotetan kamera yang satu ini bisa dikatakan cukup baik dan mampu menghasilkan suatu gambar dengan kualitas tinggi dalam segala kondisi, baik itu terang maupun gelap. Selain itu, kamera ini juga dibekali dengan resolusi 14,2 MP dan sensor CMOS berukuran 23,1 x 15,4 mm. Maksimum shutter speednya mencapai 1/8000 sec dengan rentang ISO 100 – 3200. Bagaimana soal harga? Cukup dengan uang 3,9 jutaan anda sudah bisa memiliki kamera tersebut.

Baca : 10 Kamera Terbaik dan Murah Untuk Vlog

Tentu kamera tersebut bisa menjadi solusi bagi anda yang menginginkan kamera DSLR berkualitas namun masih memiliki budget yang sedikit. Meski murah, kemampuan dan kinerja kamera tersebut juga tidak kalah kok dengan kamera yang berharga mahal. Bagaimana, apakah ada yang membuat anda tertarik?

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
10 Situs Web Terbaik Untuk Membuat Logo Online

Bagi sebuah perusahaan, bisnis, situs, atau yang lainnya logo menjadi sesuatu hal yang harus...

10 Situs (Web Portal) Berita Indonesia Terbaik dan Terpercaya

Di setiap harinya, kita pasti selalu disuguhkan berbagai pemberitaan dan informasi yang beraneka ragam....

Close