Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

10 Daftar PHP Frameworks Terbaik Untuk Para Pengembang

PHP adalah singkatan dari “PHP: Hypertext Prepocessor“, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. Pada awalnya PHP adalah singkatan dari “Personal Home Page Tools”. Selanjutnya diganti menjadi FI (“Forms Interpreter”). Sejak versi 3.0, nama bahasa ini diubah menjadi “PHP: Hypertext Prepocessor” dengan singkatannya “PHP”. PHP versi terbaru saat ini adalah veris 5.5.xx yang baru di rilis pada 06 agustus 2015, lebih dari sejuta website menggunakan PHP, di antaranya adalah NASA, Mitsubishi, dan RedHat, begitu juga WordPress juga menggunakan bahasa pemrograman PHP. Seperti pada tagline di situs reminya “PHP adalah tujuan umum bahasa scripting terpopuler yang sangat cocok untuk pengembangan web. Cepat, fleksibel dan pragmatis, kekuatan PHP untuk segala sesuatu dari mulai untuk blog sampai situs-situs yang paling populer di dunia”.

Sekarang ini para pengembang di tuntut untuk membangun web atau aplikasi web dengan tingkat kompleksitas yang tinggi, dan di atas tuntutan tingkat kompleksitas tertentu tentunya dapat menghabiskan terlalu banyak waktu dan kerumitan jika selalu diharuskan untuk memulai dari awal, maka datanglah solusi untuk memecahkan masalah tersebut dan di buatlah framework atau kerangka terstruktur untuk pembangunan web.

Dalam artikel kali ini saya akan memberikan 10 daftar framework atau kerangka PHP populer yang terbaik dapat memfasilitasi dan merampingkan proses pembangunan web yang bisa Anda coba dalam membangung proyek Anda.

Baca : Mengapa Anda Harus Gunakan WordPress?

Mengapa Menggunakan PHP Framework?

Sebelum pada inti dari artikel ini, sebaiknya mari kita lihat alasan utama mengapa banyak pengembang ingin menggunakan Framework PHP dan bagaimana framework ini dapat menaikkan level proses pembangunan proyek Anda.

  • Mempercepat dalam pengembangan Web.
  • Memberikan kode yang terorganisir dengan baik, kode dapat digunakan dan dipelihara kembali.
  • Memungkinkan Anda untuk tumbuh dari waktu ke waktu sebagai aplikasi web yang berjalan pada kerangka kerja yang terukur.
  • Meminimalisir kekhawatiran tentang keamanan tingkat rendah dari sebuah situs.
  • Menggunakan pola MVC (Model-View-Controller) yang menjamin pemisahan antara presentasi dan logika.
  • Mempromosikan praktek pengembangan web modern seperti pemrograman berorientasi obyek.
  • Code dan file teroganisir dengan baik.
  • Terdapat banyak komunitas pengembang

Dalam penggunaan framework Anda akan sering menemukan istilah tentang MVC, berikut sedikit pengertian tentang MVC dibawah ini.

Mengenal Konsep MVC

MVC adalah kepanjangan dari Model View Controller, MVC merupakan alur kerja dari Framework. Dengan konsep MVC ini, segala macam logika dan layout dipisahkan, sehingga programmer dan designer dapat mengerjakan tugas masing-masing secara fokus. Konsep model MVC juga dapat menuntun para programmer untuk membangun web dengan terstruktur.

Model : mewakili mendasari, struktur logis dari data dalam aplikasi perangkat lunak dan class tingkat tinggi yang terkait dengannya. Model objek ini tidak berisi informasi tentang user interface.

View : yang merupakan kumpulan dari class yang mewakili unsur-unsur dalam antarmuka pengguna (semua hal pengguna dapat melihat dan menanggapi pada layar, seperti tombol, kotak display, dan sebagainya.

Controller : yang merupakan class yang menghubungkan model dan tampilan, dan digunakan untuk berkomunikasi antara kelas dalam model dan view.

1. Laravel

laravel framework terbaik

Lavarel adalah kerangka pengembangan aplikasi web PHP gratis untuk pengembangan aplikasi web mengikuti model-view-controller (MVC) pola arsitektur yang diciptakan oleh Taylor Otwell. Meskipun Laravel adalah kerangka kerja PHP yang terbilang baru (dirilis pada 2011), menurut survei online Sitepoint baru-baru ini adalah kerangka paling populer di kalangan pengembang. Laravel memiliki ekosistem besar dengan instant hosting dan penyebaran platform, dan website resminya menawarkan banyak tutorial screencast disebut Laracasts.

Laravel memiliki banyak fitur yang membuat pengembangan aplikasi dengan cepat. Laravel memiliki engine template ringan sendiri yang disebut “Blade”, sintaks yang elegan yang memfasilitasi tugas Anda seperti authentication, sessions, queueing, caching and RESTful routing. Laravel juga mencakup lingkungan pengembangan lokal disebut packaged Vagrant box.

Kunjungi situs

2. Symfony

symfony framework terbaik

Symfony merupakan framework yang di ciptakan bertujuan untuk mempercepat penciptaan dan pemeliharaan aplikasi web dan untuk menggantikan tugas-tugas coding berulang. Komponen dari Framework Symfony 2 digunakan oleh banyak proyek mengesankan seperti CMS Drupal, atau forum software phpBB, begitu juga Framework Laravel yang saya sebutkan diatas juga bergantung pada symfony. Symfony memiliki komunitas pengembang yang luas dan banyak penggemar fanatik.

Komponen Symfony dapat menggunakan kembali Library PHP untuk menyelesaikan tugas-tugas berbeda, misalnya pembuatan form, konfigurasi objek, routing, otentikasi, template, dan banyak lainnya. Anda dapat menginstal salah satu komponen dengan Composer PHP manager. Pada Website Symfony juga terdapatĀ  bagian showcase yang menunjukkan beberapa proyek mengesankan yang dibangun dengan Framework Symfony.

Kunjungi situs

3. CodeIgniter

codeigniter framework terbaik

CodeIgniter adalah framework PHP ringan yang sudah lama, yaitu 10 tahun (awalnya dirilis pada tahun 2006). CodeIgniter memiliki proses instalasi yang sangat mudah yang hanya membutuhkan konfigurasi minimal, sehingga dapat menghemat banyak kerumitan. Ini juga merupakan pilihan ideal jika Anda ingin menghindari konflik versi PHP, karena bekerja dengan baik pada hampir semua platform shared hosting maupun dedicated hosting ( yang saat ini hanya membutuhkan PHP 5.2.4).

CodeIgniter tidak secara ketat didasarkan pada pola pengembangan MVC. Menggunakan Class Controller adalah suatu keharusan, tapi Model dan View merupakan opsional, dan Anda dapat menggunakan coding dan penamaan konvensi seuai keinginan Anda sendiri, itu membuktikan bahwa CodeIgniter memberikan kebebasan besar bagi para pengembang. Codeigniter mempunyai file download yang kecil hanya 2MB, itulah kenapa framework ini disebut sebagai kerangka PHP yang ramping, tetapi Anda masih memungkinkan untuk menambahkan plugin pihak ketiga jika Anda membutuhkan fungsionalitas yang lebih rumit.

Kunjungi situs

4. Yii 2

yii framework terbaik

Yii Framework open source, object-oriented, berbasis komponen MVC untuk kerangka aplikasi web PHP. Yii diucapkan sebagai “Yee” atau [ji:] dan dalam bahasa Cina berarti “sederhana dan evolusi”. Framework ini dapat memberikan dorongan untuk kinerja situs lebih cepat dari kerangka kerja PHP lainnya, karena secara ekstensif menggunakan teknik lazy loading. Yii 2 adalah murni object-oriented, dan hal ini didasarkan pada DRY (Don’t Repeat Yourself) coding konsep, sehingga menyediakan kode dasar yang cukup bersih dan logis.

Yii 2 terintegrasi dengan jQuery, dan dilengkapi dengan serangkaian fitur AJAX-enabled, dan mengimplementasikan mekanisme skining dan theming yang mudah digunakan, sehingga dapat menjadi pilihan yang cocok untuk seseorang yang berasal dari latar belakang frontend. Ini juga memiliki class class kode generator kuat yang disebut Gii yang memfasilitasi pemrograman berorientasi objek dan prototyping cepat, dan menyediakan antarmuka berbasis web yang memungkinkan Anda untuk secara interaktif menghasilkan kode yang Anda butuhkan.

Kunjungi situs

5. Phalcon

phalconphp framework terbaik

Phalcon adalah Framework yang didirikan pada tahun 2012 berkinerja tinggi untuk aplikasi web PHP didasarkan pada pola model-view-controller (MVC). Tidak seperti kebanyakan kerangka PHP lainnya, Phalcon diimplementasikan sebagai perpanjangan yang ditulis dalam C. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kecepatan eksekusi dan mengurangi penggunaan sumber daya dengan tujuan agar dapat menangani lebih permintaan per detik daripada kerangka kerja yang sebanding yang ditulis dalam PHP. Salah satu kelemahan dari phalcon ini adalah bahwa akar / akses administratif diperlukan pada server untuk menginstal Phalcon dengan membangun biner kustom atau menggunakan satu precompiled.

Phalcon juga dikemas dengan banyak fitur keren seperti auto-loader universal, manajemen aset, keamanan, terjemahan, caching, dan banyak lainnya. Phalcon juga merupakan kerangka yang terdokumentasi dengan baik dan mudah digunakan.

Kunjungi situs

6. CakePHP

cakephp framework terbaik

CakePHP adalah framework yang satu tahun lebih tua dari CodeIgniter (versi pertama CakePHP dirilis pada tahun 2005), tapi tetap menjadi kerangka kerja PHP paling populer, karena selalu berhasil menjaga perkembangan seiring berjalannya waktu. Versi terbaru, CakePHP 3.0 ditingkatkan pada manajemen sesi, meningkatkan modularitas oleh decoupling beberapa komponen, dan meningkatkan kemampuan untuk menciptakan perpustakaan mandiri yang lebih powerfull.

CakePHP sudah digunakan oleh situs-situs besar seperti BMW, Hyundai, dan Express. Ini adalah alat yang sangat baik untuk menciptakan aplikasi web yang membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi, karena memiliki banyak fitur keamanan built-in seperti validasi input, pencegahan SQL injection, pencegahan XSS (cross-site scripting), CSRF (cross-site request forgery), dan masih banyak lagi.

Kunjungi situs

7. Zend Framework

zend framework terbaik

Zend adalah kerangka kerja PHP yang kuat dan stabil dikemas dengan banyak pilihan konfigurasi oleh karena itu biasanya tidak dianjurkan untuk proyek-proyek kecil tetapi sangat baik untuk proyek yang lebih kompleks. Zend memiliki mitra seperti IBM, Microsoft, Google dan Adobe. Kedatangan rilis utama Zend Framework 3 akan dioptimalkan untuk PHP 7, tapi masih akan mendukung PHP 5.5 dan seterusnya.

Pada saat rilis Zend Framework 2 juga memiliki banyak fitur-fitur keren seperti alat coding kriptografi, sebuah drag dan drop Editor mudah digunakan dengan dukungan untuk teknologi front-end (HTML, CSS, JavaScript), debugging instan online, satuan tools pengujian PHP, dan Database Wizard yang terhubung. Zend Framework diciptakan dengan metodologi Agile yang memfasilitasi aplikasi berkualitas tinggi kepada klien perusahaan.

Kunjungi situs

8. Slim

slim framework terbaik

Slim adalah kerangka kerja PHP mikro yang menyediakan Anda dengan semua yang anda butuhkan, ini merupakan framework yang minimalis dalam desain, mereka sangat baik untuk aplikasi yang lebih kecil. Pencipta Framework Slim terinspirasi oleh kerangka mikro Ruby yang disebut Sinatra.

Slim digunakan oleh banyak pengembang PHP untuk mengembangkan layanan RESTful API. Slim dilengkapi dengan fitur seperti routing URL, sisi klien HTTP caching, Sesi dan enkripsi, dan mendukung “flash” pesan di permintaan HTTP. Panduan Pengguna mudah dibaca, dan jika Anda tertarik pada fitur-fitur baru dari rilis mendatang juga sudah ada dalam versi beta.

Kunjungi situs

9. FuelPHP

fuelphp framework terbaik

FuelPHP adalah kerangka kerja PHP yang fleksibel dan tidak hanya mendukung pola MVC biasa tetapi juga versi berevolusi lainnya yaitu HMVC (hirarkis MVC) di tingkat arsitektur. FuelPHP menambahkan class opsional disebut Presenter (sebelumnya disebut ViewModel) antara lapisan Controller dan View untuk menahan logika diperlukan untuk menghasilkan Tampilan.

FuelPHP adalah modular dan dapat diperpanjang, untuk mengurus masalah keamanan disediakan fitur seperti input dan URI filter dan output encoding, dan dilengkapi dengan kerangka kerja otentikasi sendiri, dengan banyak fitur canggih lainnya dan mempunyai dokumentasi rinci.

Kunjungi situs

10. PHPixie

phpixie framework terbaik

PHPixie adalah kerangka kerja atau framework yang cukup baru, PHPixie diciptakan pada tahun 2012 dengan tujuan untuk menciptakan kerangka kinerja tinggi untuk website read-only. PHPixie juga menerapkan pola desain HMVC seperti FuelPHP, dan dibangun dengan menggunakan komponen independen yang dapat digunakan tanpa kerangka PHPixie itu sendiri. Komponen PHPixie adalah 100% diuji, dan membutuhkan dependensi minimum.

Situs resmi memiliki tutorial yang mengklaim Anda dapat mempelajari framework dalam 30 menit, dan blog mereka juga merinci banyak kasus penggunaan praktis. Di antara fitur Anda dapat menemukan ORM standar (pemetaan obyek-relasional), caching, validasi input, otentikasi dan otorisasi kemampuan. PHPixie juga memungkinkan Anda untuk menggunakan HAML markup language, memungkinkan migrasi skema, dan memiliki sistem routing yang canggih.

Kunjungi situs

Itulah 10 Framework terbaik yang dapat Anda pilih untuk Anda gunakan dalam belajar mengembangkan situs atau aplikasi web dengan lebih mudah dan selamat mencoba. Semoga bermanfaat šŸ™‚

(source : wikipedia & hongkiat)

Baca : WordPress vs Blogger, Mana yang lebih baik?

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Ronaldi Tumanggor

    Terimakasih telah berbagi banyak informasi mas. Sebelumnya saya hanya familiar dengan CI, laravel dan CakePHP.

    Salam blogger dari

    Tifkom(dot).net = Tips dan Info Komputer

Must Read...!
Theme WordPress Nouveau Riche Responsive Free

Nouveau Riche adalah Theme Wordpress responsive gratis yang di desain untuk blogging sederhana dibangun...

Theme WordPress Multishop Responsive Free

Multishop adalah Theme wordpress responsive gratis yang dirancang untuk situs bisnis e-commerce atau toko...

Close