fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

5 Cara Meningkatkan Kecepatan Internet dengan Command Prompt

5 Cara Meningkatkan Kecepatan Internet dengan Command Prompt – Kecepatan internet yang lambat adalah masalah yang tidak pernah berakhir yang mengganggu pengguna internet setiap saat. Terkadang ini masalah dengan konfigurasi jaringan, kadang sumber masalahnya mungkin ada pada PC Anda atau bahkan ISP (Internet Service Provider) itu sendiri.

Namun, banyak masalah umum yang terkait dengan DNS, TCP, dan alamat IP dapat diatasi menggunakan Windows Command Prompt. Di bawah ini adalah beberapa cara meningkatkan kecepatan internet dengan perintah Command Prompt yang harus Anda coba gunakan ketika Anda menghadapi kecepatan internet yang lebih lambat dari biasanya.

Baca : Inilah Kecepatan Jaringan Internet 5G Dalam Angka

Akses Command Prompt

Sebelum memulai, pertama mari kita lihat bagaimana Anda dapat membuka jendela Command Prompt yang lebih tinggi.

Ada banyak cara untuk mengakses Command Prompt dengan hak administrator, dan setiap cara berbeda berdasarkan versi Windows. Namun, metode yang mudah dan pasti bekerja adalah dengan mengetikkan cmd di bilah pencarian Windows dan klik kanan pada opsi Command Prompt.

Sekarang pilih “Run as administrator” dari menu konteks dan konfirmasikan dialog untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator.

Catatan: Lebih baik menjalankan semua perintah yang disebutkan di bawah ini di Command Prompt dengan hak administrator. Ini juga merupakan persyaratan dari beberapa perintah yang akan dijalankan disini untuk meningkatkan kecepatan internet.

Baca : Apa itu WiFi 6? Penjelasan Lengkap Tentang WiFi 6

1. Perbarui alamat IP

Banyak masalah dapat memengaruhi alamat IP Anda saat ini dan membuat internet atau penelusuran Anda lambat. Ini bisa menjadi konflik IP atau bahkan masalah di server DHCP. Untungnya, dalam banyak kasus, hanya dengan setel ulang alamat IP maka itu sudah memperbaiki masalah tersebut.

Anda dapat menggunakan dua perintah Command Prompt untuk melepaskan koneksi dengan alamat IP saat ini dan kemudian memperbaruinya.

Begini caranya:

  • Tulis perintah ipconfig / release dan tekan Enter, dan beberapa kolom teks akan muncul.
  • Di sini, tulis ipconfig / renew dan tekan Enter lagi. Perintah ini akan mengatur ulang alamat IP Anda dan menyelesaikan semua masalah pada internet lambat yang mungkin terjadi karena masalah alamat IP.

Meningkatkan kecepatan internet ganti-ip-address

Catatan: Perlu diingat bahwa adalah normal untuk mengatur kembali alamat IP yang sama seperti sebelumnya. Intinya di sini adalah untuk memutuskan koneksi dan membuat koneksi baru.

2. Flush DNS Cache Resolver

Komputer PC Anda menyimpan daftar nama host situs web dan alamat IP yang Anda kunjungi dan menyimpannya dalam DNS Resolver Cache. Ini membuatnya mudah untuk membuat koneksi dengan situs web yang sebelumnya Anda akses.

Namun, ada kemungkinan bahwa terdapat corrupt dalam DNS Resolver Cache dapat menyebabkan lebih lambat atau tidak ada akses ke situs web. Ini mungkin tidak memperlambat internet Anda yang sebenarnya, tetapi bisa memperlambat keseluruhan penjelajahan Anda. Jika Anda menghadapi situasi seperti itu, maka Anda bisa menghapus DNS Resolver Cache untuk menyelesaikan masalah.

Untuk menghapus DNS Resolver Cache, masukkan perintah ipconfig /flushdns dan tekan Enter. Anda akan melihat konfirmasi yang mengatakan “Successfully flushed DNS Resolver Cache“.

flush dns

3. Reset Winsock

Windows menggunakan beberapa soket jaringan untuk bertukar informasi, dan program dapat menginstal LSP (Layered Service Providers) untuk mengatur lalu lintas dan mengarahkannya ke jalur yang benar. Namun, setiap Corrupt dalam soket atau LSP yang terinfeksi dapat menyebabkan koneksi lambat, pengalihan situs web, atau bahkan tidak ada akses ke situs web.

Jika ini terjadi, Anda dapat mengatur ulang soket jaringan Windows kembali ke default. Untuk melakukannya, ketik perintah netsh winsock reset di Command Prompt dan tekan Enter.

Setelah eksekusi berhasil, Anda harus me-restart PC Anda agar perubahan diterapkan.

Meningkatkan kecepatan internet reset winsock

4. Gunakan perintah Netsh

Perintah netsh memungkinkan Anda untuk mengonfigurasi beberapa pengaturan jaringan yang secara langsung memengaruhi kinerja koneksi Anda. Jika internet Anda memerlukan waktu lama yang tidak biasa untuk terhubung ke situs web, maka Anda dapat membuat beberapa perubahan dalam jaringan untuk mempercepat koneksi.

Di bawah ini adalah beberapa perintah netsh yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kecepatan koneksi Internet Anda. Status “Ok.” Merupakan pesan yang akan mengkonfirmasi bahwa itu telah dieksekusi. Perlu diingat bahwa beberapa perintah ini mungkin tidak berfungsi pada PC Anda karena kompatibilitas yang terbatas.

  • netsh int tcp set global chimney=enabled
  • netsh int tcp set global autotuninglevel=normal
  • netsh int tcp set supplemental (Alternatife command untuk pengguna Windows 7 ada di akhir)
  • netsh int tcp set global dca=enabled
  • netsh int tcp set global netdma=enabled
  • netsh int tcp set global ecncapability=enabled
  • netsh int tcp set global congestionprovider=ctcp (Untuk Pengguna Windows 7)

Meningkatkan kecepatan internet netsh commands

Enter semua perintah ini dan kemudian restart PC Anda untuk membiarkan konfigurasi mulai berlaku. Dalam kebanyakan kasus, mereka harus mempercepat konektivitas dan juga kecepatan internet secara keseluruhan.

Jika Anda menghadapi masalah, ganti bagian yang enabled dari perintah ini dengan yang disabled dan Enter untuk menonaktifkannya.

Sebagai contoh, perintah netsh int tcp set global chimney=disabledakan menonaktifkan fitur Chimney offload.

5. Mempercepat Streaming

Jika Anda mendapatkan kecepatan internet terbaik yang tersedia tetapi situs web streaming video seperti YouTube berputar lambat, maka ada kemungkinan ISP Anda mungkin mencekik koneksi Anda. Adalah umum bagi ISP untuk membatasi streaming untuk menghemat bandwidth. Untungnya, perintah sederhana dapat memperbaiki masalah ini.

Di Command Prompt, masukkan perintah yang disebutkan di bawah dan tekan enter:

netsh advfirewall firewall add rule name="StopThrottling" dir=in action=block remoteip=173.194.55.0/24,206.111.0.0/16 enable=yes

Ini hanya menambahkan aturan di firewall Anda yang akan mencegah ISP Anda membatasi koneksi Anda saat streaming.

Baca : 5 Alamat Website Terbaik untuk Cek kecepatan Website

Kesimpulan

Jika Anda menghadapi masalah kecepatan internet yang lambat, maka Anda harus mencoba semua perintah di atas terlebih dahulu untuk cara meningkatkan kecepatan internet Anda. Dalam kebanyakan kasus, penurunan kecepatan internet atau kesalahan akses halaman web yang tidak terduga biasanya disebabkan oleh masalah di area ini.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 Rekomendasi Asuransi Pendidikan Terbaik di Indonesia

Ada beberapa Asuransi pendidikan terbaik di indonesia yang bisa anda coba. Anda bisa mencarinya...

Cara Cepat Menguji Desain Web di Lintas Browser dengan Comparium

Cara Cepat Menguji Desain Web di Lintas Browser dengan Comparium - Apakah Anda seorang...

Close