How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

5 Cara Memulai Bisnis Fotografi Dengan Modal Terbatas

5 Cara Memulai Bisnis Fotografi Dengan Modal Terbatas – Jika anda ingin mendapatkan penghasilan sebagai seorang fotografer, saya rekomendasikan untuk membaca artikel berikut ini Mengenai cara memulai bisnis fotografi. Bisnis satu ini merupakan salah satu peluang usaha menjanjikan yang berasal dari hobi. Kegiatan yang dilakukan sesuai dengan minat dan passion anda. Jika minat dan passion dibayar dengan uang, tentu akan sangat menyenangkan.

cara memulai bisnis fotografi

Fotografi juga merupakan salah satu peluang bisnis yang dapat dikerjakan oleh anak kosan, pelajar, mahasiswa, atau yang lainnya. Dengan berbekal kamera dan skill memotret gambar, anda bisa mendapatkan pundi-pundi uang dari bisnis yang satu ini.

Baca : 5 Ebook Tutorial Gratis Terbaik untuk Photographers

Cara Memulai Bisnis Fotografi

Sayangnya, masih banyak yang tidak tau bagaimana menjalankan usaha atau bisnis dalam bidang fotografi hingga sukses. Sekalipun anda punya modal yang terbatas, itu bukanlah jadi penghalang untuk bisa mendapatkan penghasilan sebagai seorang fotografer. Bagaimana caranya?

1. Belajar Fotografi Terlebih Dahulu

Bila kamu ingin menjalani usaha di bidang fotografi, tentu anda harus menguasai tentang dunia tersebut. Dengan belajar, anda bisa terus mengasah kemampuan memotret gambar dengan posisi yang pas dengan hasil yang terbaik. Dan hal ini harus terus dilakukan secara berkelanjutan, ibarat sebuah pisau yang tidak pernah diasah pasti akan tumpul juga.

Belajar bisa dengan berbagai cara, baik secara otodidak maupun non otodidak. Kursus fotografi bisa juga anda lakukan untuk bisa menguasai teknik-teknik yang berkaitan dengan fotografi. Jika anda serius dan tekun belajar, saya yakin tak membutuhkan waktu lama pasti akan menguasai. Keahlian ini menjadi modal penting bagi siapapun yang ingin menjalani usaha di bidang fotografi.

2. Buat Portofolio Terbaik

Menyediakan portofolio foto hasil jepretan anda merupakan modal awal photography yang penting untuk anda miliki. Anda bisa memotret keluarga atau teman anda sendiri dan mintalah pendapat mereka tentang kualitas gambar tersebut. Jika mereka merasa hasilnya bagus, anda bisa menjadikan gambar tersebut sebagai portofolio. Anda juga bisa menggunakan objek barang atau pemandangan alam sebagai target pemotretan Anda

Portofolio tersebut bisa ditaruh dimana saja. Media sosial seperti instagram dan Facebook ataupun pada sebuah website. Anda juga perlu mempublikasikan hasil karya agar dapat dilihat oleh konsumen melalui internet. Jika mereka tertarik, bukan tidak mungkin pada akhirnya akan menggunakan jasa fotografi anda.

3. Menjadi Fotografi Freelance Terlebih Dahulu

Sebelum anda benar-benar memiliki studio fotografi sendiri, semua benar-benar harus dimulai dari nol. Sebagai permulaan, anda bisa menjadi fotografi freelance terlebih dahulu. Jadi, anda akan memotret setelah mendapatkan order atau pesanan dari orang lain via telepon ataupun email. Untuk pemasaran bisa dilakukan dimana saja termasuk sosial media.

Penghasilan seorang photographer memang kadang tidak menentu. Tetapi inilah sebuah proses. Tetap berikan pelayanan dan hasil terbaik kepada klien karena bukan tidak mungkin jasa anda akan menjadi langganannya. Bahkan anda bisa diajak bekerja sama untuk menggarap proyek yang jauh lebih besar.

4. Membeli Kamera yang Lebih Bagus

Cara memulai bisnis fotografi setelah anda menggeluti dunia freelancer adalaah membeli kamera yang lebih bagus. Penghasilan yang didapatkan selama menjadi pekerja lepas bisa dikumpulkan sedikit demi sedikit sehingga bisa membeli kamera yang baru dan tentunya harus jauh lebih bagus daripada sebelumnya.

Kamera berkualitas memberikan banyak keuntungan untuk perkembangan bisnis fotografi anda. Walaupun penggunanya sedikit lebih sulit, tetapi hasil gambar jauh lebih baik daripada kamera dengan kualitas yang biasa-biasa saja. Tetapi, tetap semua kembali kepada si pemilik kamera tersebut. Untuk itulah, sesuai apa yang telah saya sampaikan di poin pertama belajar fotografi harus terus dilakukan agar anda bisa menggunakan kamera merek dan tipe apapun.

Baca : 10 Kamera DSLR Terbaik Harga Dibawah 5 Jutaan

5. Jual Karya di Internet

Berbicara tentang fotografi, bukan hanya sekadar memotret satu orang, dua orang, atau banyak orang. Sekalipun pada waktu-waktu tertentu sama sekali tidak ada yang menggunakan jasa anda, bukan berarti penghasilan tidak bisa didapatkan. Anda masih bisa menjual karya fotografi di internet. Foto apapun yang anda disekitar anda (sekiranya terlihat menarik) dan taruh di beberapa website penyedia foto/gambar

Kamu dapat menjualnya di Shutterstock, Istockphoto, Dreamsite, Sribulencer. Dengan hasil karya terbaik bukan tidak mungkin anda bisa mendapatkan $10 setiap harinya. Teruslah mengupload gambar terbaik yang anda miliki

Baca : 10 Kamera Terbaik dan Murah Untuk Vlog

Itulah beberapa tips dan cara memulai usaha fotografi. Dengan ketekunan, konsisten, dan kerja keras bukan suatu hal yang mustahil suatu saat anda bisa memiliki studio foto sendiri. Sekian dan semoga bermanfaat.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Menghapus Cache DNS di (Mac, Windows, Linux, Chrome)

Pernahkah Anda diminta untuk menghapus atau membersihkan cache DNS Anda? Ini adalah tip pemecahan...

5 Rekomendasi Bisnis Anak Kosan yang Menjanjikan

Menjadi seorang perantauan memang bukanlah perkara yang mudah, harus berjuang keras dan hidup sendiri...

Close