banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Bagaimana Cara Mengubah Lokasi dan Alamat IP dengan VPN?

Bagi siapa saja yang ingin mendapatkan pengalaman online lebih bebas dan aman, disarankan menggunakan VPN atau Virtual Private Network. VPN akan melindungi pengguna dengan mengenkripsi data serta dapat mengubah alamat IP dengan VPN.

ubah alamat ip dan lokasi online

Lantas, bagaimana cara mengubah lokasi dan alamat IP dengan VPN? Simak penjelasannya!

Alasan Mengubah Lokasi IP dengan VPN

Ada banyak alasan kenapa Anda harus mengubah lokasi IP dengan VPN. Salah satunya adalah untuk mengamankan data. Beberapa data sensitif seperti email kerja dan informasi pembayaran selalu dikirimkan secara online. Informasi tersebut bisa dilacak dan dieksploitasi dengan mudah.

Koneksi VPN akan membantu mengacak data pribadi Anda menjadi kode serta membuatnya tidak bisa terbaca oleh siapa saja. Fitur ini juga akan menyembunyikan aktivitas penjelajahan Anda, sehingga tidak ada satu orang pun yang bisa melihatnya. Manfaat mengubah lokasi IP dengan VPN lainnya adalah sebagai berikut:

  • Bisa mengakses website yang terblokir
  • Kerahasiaan data pribadi lebih aman
  • Akses jaringan dari alamat lokasi yang berbeda
  • Identitas IP asli tidak akan langsung diketahui.

Bagaimana VPN Mengubah Alamat IP dan Lokasi Anda?

Semua perangkat smartphone maupun komputer yang terhubung ke internet akan mendapatkan alamat IP untuk berkomunikasi dengan situs website. Alamat IP tersebut bisa digunakan untuk melacak aktivitas sekaligus lokasi Anda.

Menyembunyikan identitas digital merupakan cara yang tepat untuk menjaga privasi serta keamanan online. VPN menjadi solusi untuk mengubah alamat IP dan lokasi secara aman dan cepat. VPN akan menyembunyikan alamat IP serta mengenkripsi aktivitas online Anda untuk menjaga privasi.

Hal ini dilakukan dengan cara menghubungkan Anda dengan server VPN pribadi yang terenkripsi, bukan server yang dimiliki oleh ISP Anda. Dengan menggunakan server VPN pribadi, maka segala aktivitas dan lokasi Anda tidak bisa dilacak, disimpan, maupun disalahgunakan pihak ketiga.

Cara Mengubah Lokasi dan Alamat IP dengan VPN

Sebelum membahas tentang cara mengubah lokasi dan alamat IP dengan VPN, Anda harus memahami apa itu IP Address terlebih dahulu. IP Address merupakan serangkaian nomor acak yang menjadi alamat dari smartphone maupun komputer saat menggunakan koneksi internet.

Fungsi utama dari IP Address adalah untuk hosting atau identifikasi jaringan dan pengamatan lokasi. Sederhananya, IP Address dapat digambarkan sebagai alamat rumah yang digunakan untuk menerima dan mengirim surat.

Pada umumnya, alamat yang kita gunakan berada dalam pengendalian Kominfo. Ada beberapa surat yang tidak boleh dikirim maupun diterima oleh alamat tersebut. Solusi mengatasi hal ini adalah dengan memahami bagaimana cara mengganti IP Address ke negara lain.

Hal ini dilakukan agar seolah-olah kita berasal dari negara tersebut, sehingga bisa menerima dan mengirim surat dalam jenis apapun. Lalu, bagaimana cara mengubah lokasi dan alamat IP dengan VPN? Caranya sangat mudah. Ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Download dan install aplikasi VPN secara gratis di Google Play Store.
  • Setelah berhasil terinstall, silahkan buka aplikasi VPN tersebut.
  • Anda akan diberikan pilihan IP Address dari berbagai negara, seperti Singapura, India, Belanda, hingga Afrika Selatan.
  • Pilih IP Address yang paling sering digunakan serta lancar, misal : Singapura.
  • VPN otomatis akan aktif dan Anda terlihat seolah-olah mengakses internet dari Singapura.

VPN Terbaik untuk Mengubah Lokasi dan Negara IP Anda

Saat ini, ada banyak sekali jenis VPN yang hadir dan bisa digunakan oleh pengguna smartphone. Tentu saja, banyaknya pilihan VPN yang ada bisa membuat Anda bingung harus memilih yang mana. Apakah semua VPN tersebut aman dan berkualitas? Tentu tidak. Untuk itu, pilih VPN yang berkualitas.

Cara mengubah lokasi dan alamat IP dengan VPN berkualitas tentunya akan memberikan hasil perlindungan lebih maksimal terhadap aktivitas Anda di dunia maya. Lalu, apa jenis VPN terbaik untuk mengubah lokasi dan negara IP Anda? Ada 3 jenis VPN terbaik yang bisa Anda coba, yaitu:

Ketiga jenis VPN tersebut hadir dengan berbagai fitur yang akan memberikan proteksi secara maksimal. VPN ini bisa digunakan untuk semua jenis perangkat, seperti smartphone, tablet, komputer, laptop, bahkan router.

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara mengubah lokasi dan alamat IP dengan VPN. Sekarang, saatnya Anda mencoba untuk mengubah alamat IP agar bisa merasa lebih aman dan tenang saat berselancar di dunia maya.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *