How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Tools Google Gratis untuk Para Konten Marketer

Jika Anda adalah seorang blogger atau seseorang yang ingin menjadi ahli pemasaran konten secara online, maka Anda perlu untuk membaca artikel ini dan mengambil manfaat dari alat pemasaran konten yang gratis untuk digunakan.

Tool untuk pemasaran konten (Content Marketing) ini semuanya adalah milik google. Google banyak orang hanya melihat sebagai mesin pencari, tapi Google lebih dari itu.

google-logo

Google merupakan mesin pencari terbaik dan paling banyak digunakan diseluruh dunia, dan ini merupakan jalan utama dan paling sering mendominasi agar konten Anda ditemukan oleh pembaca.

Meskipun Anda seorang pemula atau seorang ahli sekalipun dalam pemasaran konten, Anda tetap tidak boleh mengabaikan alat-alat dari google ini karena tools google sangat berguna untuk siapa saja yang sedang menerapkan strategi pemasaran konten untuk websitenya.

Pada artikel kali ini saya akan membahas 10 tool Google gratis untuk konten marketer yang harus Anda gunakan. Meskipun semua tool google dibawah ini tidak semuanya cocok dengan Anda, tapi setidaknya mungkin satu atau dua alat dibawah ini akan berguna untuk Anda gunakan.

Baca : Cara Mendaftarkan Website di Google Webmaster Tools

1. Google AdWords : Keyword Planner

Keyword Planner adalah alat yang sangat bagus dan terbaik untuk menemukan dan menargetkan kata kunci untuk blog maupun bisnis Anda.

Meskipun ada banyak alat lain untuk menargetkan kata kunci tapi tetap saja alat Google keyword Planner adalah yang terbaik. Dan ini adalah gratis dan sangat mudah untuk Anda gunakan.

Keyword Planner

Sebagai pemasar konten, Anda harus selalu mencari kata kunci yang tepat untuk situs dan artikel yang akan Anda terbitkan. Dengan cara ini Anda bisa memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bersaing di halaman utama hasil pencarian.

Dengan Google Keyword Planner ini Anda akan mendapatkan hasil laporan yang lengkap mengenai kata kunci yang relevan, hasil pencarian bulanan, kompetisi dan masih banyak lagi.

2. Google Analytics

Google Analytics adalah alat pelacakan yang sangat baik dan ini merupakan alat pelacakan yang paling banyak digunakan oleh pemilik situs. Dengan google analytics ini Anda dapat melihat laporan statistik pengunjung situs Anda dengan sangat lengkap.

Google Analytics

Google Analytics juga merupakan alat yang bisa Anda gunakan sebagai asisten untuk memantau kinerja situs dan apakah strategi pemasaran konten yang Anda jalankan berjalan dengan tepat.

Semakin Anda menggunakan Google Analytics, semakin mudah untuk memfokuskan waktu Anda pada data yang akan memberikan dampak besar pada situs Anda.

3. Google Search Console

Google Search Console merupakan alat populer lain yang sering digunakan oleh para master content marketer dalam melihat kinerja situs mereka. Alat ini akan memeriksa kesehatan situs secara menyeluruh.

Google Search Console

Selain meninjau kesehatan keseluruhan dari situs Anda, ada beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan dengan alat ini. Seperti melihat apakah kata kunci yang Anda targetkan bekerja sesuai keinginan Anda, Anda dapat klik pada menu “Search Analytics” dan klik kotak Position untuk melihat lebih lanjut mengenai posisi rata-rata untuk semua kata kunci yang muncul di Google Search.

4. Google Trends

Google Trends merupakan alat dari google yang favorit untuk mencari ide-ide segar untuk blog. Jika Anda ingin bermain dengan konten-konten segar, Anda bisa melihat trend terbaru yang sering dicari orang melalui mesin pencari google.

Google trend

Dengan alat ini, Anda dapat menjelajahi topik apapun untuk melihat apa yang sedang tren. Anda juga dapat melihat cerita yang lagi ngetren saat ini.

Google trend sangat mudah untuk digunakan, bahkan pemula sekalipun tidak akan merasa kesulitan dalam menggunakan alat ini. Anda cukup ketik topik Anda dan meninjau apa yang akan di hasilkan oleh Google. Dan dari hasil tersebut Anda bisa langsung menuangkan dalam tulisan Anda dan siap bersaing dengan yang lain.

5. Google Sheets

Seorang Konten marketer akan selalu membutuhkan sistem untuk menyimpan data dari hasil analisa dari alat-alat seperti Google Keyword planner dan yang lainnya. Untuk memudahkan Anda dalam mengolah data tersebut Google memiliki alat yang bernama Google Sheet atau Google Spreadsheet, Alat ini mirip dengan Microsoft Excel tapi ini dapat digunakan secara online dan data tersimpan di awan. Dengan Google Sheet Anda dapat berbagai data dengan team Anda secara langsung dan karena berbasis awan, siapa saja dapat mengakses darimanapun selama terhubung dengan internet.

Google sheet

Google Spreadsheet merupakan salah satu tools yang paling sederhana dan paling efisien yang dapat Anda manfaatkan untuk merekam data, melacak perubahan dan berkolaborasi dengan orang lain.

Baca : Apa itu Aplikasi Google Duo, Cara Menggunakan Google Duo?

6. Google+

Google+ merupakan media sosial seperti facebook yang dibuat oleh google. Meskipun Google plus tidak sepopuler media sosial lain, tapi ini tetap menjadi favorit bagi para blogger untuk membagikan konten. Dan karena ini adalah milik google maka membagikan artikel konten Anda ke Google+ dapat memberikan dampak yang baik untuk peringkat hasil pencarian.

 Google plus

Sebagai pemasar konten, Anda bisa menggunakan Google+ untuk :

  • Untuk berbagi konten dengan pengikut Anda.
  • Untuk mengembangkan jaringan kontak Anda.
  • Untuk menemukan konten yang dapat mempengaruhi bisnis Anda.

Jadi mulai sekarang selain menggunakan sosial media seperti facebook dan twitter untuk membagikan konten Anda, juga lakukan untuk share konten Anda ke Google plus.

7. Gmail

Gmail adalah email terbaik saat ini, dengan Gmail Anda dapat berhubungan dengan siapa saja untuk membantu pekerjaan Anda sebagai seorang konten marketer. Mengirim dan menerima pesan baik text maupun file sangat mudah dengan menggunakan Gmail.

email gmail tutorial

Gmail juga menjadi alat favorit saya yang setiap hari selalu saya gunakan. Dengan memiliki akun Gmail Anda bisa menggunakan semua alat-alat produk google yang lainnya.

Jika Anda menggunakan Gmail secara mendalam, Anda akan menemukan banyak sekali plugin buit-in keren yang dapat membantu memudahkan pekerjaan Anda.

8. Google My Business

Jika Anda memiliki bisnis maka harus memanfaatkan tool gratis milik google ini, Google My Business dapat Anda manfaatkan untuk memasukkan informasi bisnis Anda termasuk nomor telepon, alamat, kategori bisnis, informasi bisnis dan tombol ke situs Anda.

Google My business

Manfaat menggunakan Google My Business adalah :

  • Kesempatan untuk menempatkan bisnis Anda di depan pelanggan yang tertarik pada apa yang Anda tawarkan.
  • Orang dapat mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan Anda, berdasarkan informasi yang Anda berikan.
  • Menampilkan gambar untuk menunjukkan bagaimana perusahaan Anda adalah unik.
  • Menampilkan ulasan pelanggan.

Pemasaran konten tidak hanya menghasilakn artikel berkualitas tinggi, tapi menulis dan menampilkan apa pun tentang bisnis Anda di internet adalah merupakan bagian dari strategi marketing, jadi jangan abaikan hal ini untuk bisnis Anda, karena ini akan memberikan dampak yang besar untuk bisnis Anda.

9. Google Docs

Google Docs merupakan alat penting yang bisa Anda gunakan untuk menulis draft dari tulisan atau berbagai macam bahan untuk konten pemasaran Anda

Docs Google

Dengan memanfaatkan Google Docs ini Anda akan mendapatkan banyak manfaat seperti :

  • Berbasis Cloud
  • File dan Data aman
  • Cek kesalahan ejaan.
  • Menyediakan jumlah kata yang akurat.
  • Memungkinkan Anda untuk dengan mudah memasukkan screenshot.
  • Memudahkan untuk berbagi dokumen dengan seluruh tim.
  • Gratis

Memang Anda bisa menggunakan alat lain seperit Microsoft Word, tapi menggunakan Google Docs akan memberikan kenyamanan lebih untuk Anda. Ini alat yang akan meningkatkan produktivitas Anda, mudah dan efisien untuk digunakan.

10. Google Calendar

Google Calendar akan menjadi asisten Anda yang dapat mengatur jadwal dan waktu Anda. Pekerjaan sebagai content marketer tentu saja akan memiliki banyak strategi-strategi yang perlu di terapkan dan semua harus berjalan dengan baik dan benar.

Google Calendar

Dengan melakukan penjadwalan langkah-langkah apa yang Anda ambil akan tepat dan Anda dapat memaksimalkan penggunaan waktu Anda.

Berikut adalah beberapa poin penting yang bisa Anda dapatkan dengan Google Calendar:

  • Membuat acara untuk tugas-tugas pemasaran yang paling penting.
  • Berbagi jadwal dan tugas dengan anggota tim.
  • Memanfaatkan waktu lebih maksimal

Baca : Cara Memasang Google Analytics di WordPress Dengan Google Analytics WD

Diatas adalah 10 Tools Google gratis yang harus Anda gunakan untuk pemasaran konten. Alat-alat diatas merupakan alat populer yang paling sering digunakan oleh para master konten marketer. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • gan saya mau nanya diluar tema postingan .. Bolehkah masang iklan Adnow dan Propeller barengan google adsense .. saya sering baca dan belajar dari web agan ..

    • Maaf saya belum pernah mencoba propeller. tapi kalo adnow digabung dengan adsense sangat boleh. Yang penting tidak berlebihan

Must Read...!
Theme WordPress Rock Star Responsive Free

Rock Star adalah Theme WordPress Responsive Gratis dengan desain modern dan ramping, tema ini...

Diskon Web Hosting Besar-besaran dari MetroWorldHost

Menyambut hari raya Natal 2016 dan Tahun baru 2017 ini banyak sekali perusahaan layanan...

Close