vps murah
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mudah Menghapus atau Membersihkan Cache di WordPress

Sistem cache diciptakan untuk membuat pengguna mendapatkan waktu akses yang lebih cepat dari yang seharusnya. Pada browser, server dan web juga terdapat sistem cache yang bertujuan agar website dapat di akses dengan cepat dengan menyimpan file-file statis pada tempat yang lebih dekat sehingga mengurangi skrip PHP untuk melakukan pemanggilan ke server pusat. Jika website atau blog Anda tidak terdapat fitur untuk caching maka akan meningkatkan kinerja situs dan terasa lebih berat saat di akses.

Cache juga termasuk salah satu cara yang sering digunakan untuk optimasi kecepatan situs web dan dengan menggunakan cache ini maka banyak manfaat yang akan diperoleh seperti website akan lebih SEO friendly di mata mesin pencari karena algoritma mesin pencari lebih mengutamakan website-website yang memiliki kecepatan yang lebih baik. Namun, dengan adanya cache ini saat Anda melakukan perubahan pada web Anda biasanya tidak akan terlihat secara langsung. Sebagai contoh, ketika Anda melakukan sedikit perubahan pada tampilan web atau blog Anda dan setelah selesai Anda melakukan refresh pada website Anda tapi tidak melihat adanya perubahan pada tampilan yang sudah Anda lakukan, hal ini terjadi karena tampilan lama masih tersimpan dalam sistem cache Anda.

cache wordpress

Untuk mengatasi hal tersebut diatas maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghapus cache terlebih dahulu. Dan berikut beberapa cara untuk membersihkan cache Anda dengan benar di WordPress.

Baca : 13 Cara Mempercepat Loading Website Blog WordPress

Cara Menghapus Cache di WordPress

Pada WordPress ada banyak jenis plugin yang dapat digunakan untuk membuat WordPress memiliki fitur caching, ada plugin cache gratis dan juga berbayar. Dan yang paling populer adalah plugin caching WordPress seperti WP Super Cache, W3 Total Cache dan plugin cache yang berbayar seperti centerklik gunakan adalah WP Rocket.

Plugin-plugin tersebut menawarkan antarmuka yang mudah digunakan untuk mengendalikan cache, seperti mengatur jadwal cache, waktu kadaluarsa konten cache, dan membersihkan cache sesuai permintaan.

Selain itu, Jika Anda menggunakan layanan CDN seperti MaxCDN, mereka juga akan menyajikan salinan konten statis dari cache.

Jika Anda menggunakan aplikasi firewall web seperti Sucuri atau CloudFlare untuk meningkatkan keamanan WordPress Anda, mereka juga menyimpan cache mereka sendiri untuk mempercepat situs Anda dan mengurangi waktu tunggu loading sehingga menjadi lebih cepat.

Terakhir, aplikasi browser yang Anda gunakan juga dapat menyimpan versi halaman cache pada komputer Anda.

Dan berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membersihkan cache Anda di WordPress :

Langkah 1: Hapus Cache Browser Anda

Pertama, Anda perlu menghapus cache web browser Anda. Sebagian besar web browser dapat menyimpan konten statis seperti stylesheet, JavaScript, gambar dari situs web agar kunjungan berikutnya lebih cepat.

Namun terkadang web browser gagal menyadari bahwa halaman web telah berubah. Alih-alih mengambil salinan baru, mereka mungkin masih memuat ulang halaman dari penyimpanan versi cache di komputer Anda.

Berikut adalah cara membersihkan cache di browser di Google Chrome. Pertama anda perlu klik pada icon menu lalu pilih More Tools » Clear Browsing Data.

clear browsing data chrome

Ini akan memunculkan popup dengan pilihan untuk memilih konten yang ingin Anda hapus. Pastikan bahwa gambar dan file cache dicentang lalu klik tombol ‘Clear browsing data’. Dan sekarang cache di browser Google Chrome Anda sudah terhapus.

Untuk pengguna firefox, silahkan masuk pada menu History » Clear Recent History.

Clear cache firefox 1

Dan ini juga akan memunculkan pop up yang berisikan beberapa pilihan yang harus Anda centang, dan silahkan centang sesuai kebutuhan Anda. Untuk membersihkan cache silahkan centang Cache dan klik tombol “Clear Now” maka semua cache yang tersimpan di browser firefox akan terhapus.

Clear Cache Firefox

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah diatas maka Anda telah berhasil membersihkan cache browser Anda, dan sekarang Anda dapat mencoba mengunjungi situs web Anda dan silahkan refresh. Jika Anda masih belum melihat perubahan yang Anda buat, maka lanjutkan ke langkah berikutnya di artikel ini.

Untuk web browser lainnya lihat dokumentasi masing-masing tentang cara menghapus cache browser.

Langkah 2: Hapus Cache di Plugin Caching WordPress Anda

Jika Anda menggunakan plugin caching WordPress di situs Anda, Anda harus menghapus cache di plugin Anda. Kebanyakan plugin caching memungkinkan Anda untuk dengan mudah melakukan pembersihan cache dari halaman pengaturan plugin.

Hapus Cache di WP Super Cache

WP Super Cache adalah plugin caching WordPress yang paling populer. Ini memungkinkan Anda untuk membersihkan atau membersihkan semua konten dalam cache dengan sekali klik.

Untuk melakukannya, silahkan Anda perlu mengunjungi halaman Settings »WP Super Cache dan klik tombol ‘Delete Cache’.

wsc delete cache

Itu saja, WP Super Cache sekarang akan menghapus semua file cache dari situs Anda.

Hapus Cache di W3 Total Cache

W3 Total Cache adalah plugin caching WordPress yang populer lainnya. Plugin ini juga memiliki cara yang super mudah untuk membersihkan cache dengan sekali klik.

Silahkan masuk ke Performance »Dashboard dan klik ’empty all caches button’.

w3t empty cache

W3 Total Cache sekarang akan menghapus semua konten cache untuk situs Anda.

Hapus Cache di WP Rocket

WP Rocket adalah plugin cache yang memiliki fitur paling lengkap dan sangat mudah digunakan, tidak terlalu banyak pengaturan yang rumit. Tapi plugin ini hanya memiliki versi premium saja. Untuk menghapus cache di WP Rocket, silahkan klik menu Settings » WP Rocket, dan pilih menu “Tools” di bagian atas dan klik tombol “Clear Cache”.

Delete cache wp rocket

Dan WP Rocket secara otomatis akan menghapus semua cache yang tersimpan.

Hapus Cache di Sucuri

Jika Anda menggunakan web aplikasi firewall seperti Sucuri untuk melindungi keamanan situs Anda, maka mereka juga memiliki lapisan caching mereka sendiri.

Anda bisa menghapus cache dari plugin Sucuri Anda dengan membuka menu Sucuri »WAF di area admin WordPress Anda.

sucuri delete cache

Dan itulah beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk menghapus cache di WordPress, Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Baca : Perusahaan Layanan Web Hosting yang Direkomendasikan oleh WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

How to whitelist website on AdBlocker?
Must Read...!
Theme WordPress Excellent Responsive Free

Excellent adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang serbaguna, bersih, elegan dan profesional. Tema ini...

Eversign ~ Solusi Mudah Cara Membuat Tanda Tangan Digital Online

Tanda tangan adalah bagian penting yang dibutuhkan pada dokumen resmi, dengan adanya tanda tangan...

Close