fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Panduan Lengkap : Cara Instal Ubuntu Server 18.04

Panduan Lengkap : Cara Instal Ubuntu Server 18.04 – Setelah sebelumnya saya membuat artikel tentang cara instal ubuntu 18.04 versi desktop, sekarang saya akan membagikan pada Anda panduan lengkap cara Instalasi Ubuntu Server 18.04. Ubuntu server 18.04 saat ini merupakan sistem operasi server yang sangat ramah-cloud dan sedikit berbeda dari pendahulunya. Berikut adalah perubahan signifikan dari Ubuntu server 18.04.

Ubuntu Server baru telah tiba dan menjanjikan sebagai platform OS server yang paling ramah cloud saat ini dibanding Linux server dari distro linux lainnya. Perubahan pada ubuntu server terbaru ini telah dibuat sangat jelas adalah bahwa instalasi Ubuntu Server telah berubah. Meskipun instalasi masih berbasis teks (tetap di sisi lite), ada beberapa perubahan. Anda tidak hanya akan segera melihat perubahan tampilan yang sedikit dipoles, tapi juga ada beberapa tambahan yang dapat menyebabkan satu atau dua hal yang benar-benar menarik dan membuat Anda merasa ini sangat mudah.

Saya akan memandu Anda melalui proses instalasi iterasi terbaru dari Ubuntu Server 18.04. Dan saya juga akan menyoroti bit-bit yang merupakan perubahan signifikan pada iterasi platform sebelumnya.

Dapatkan Image Installer

Tentunya, sebelum Anda instal ubuntu server, Anda harus memiliki Image installer. Tentu saja Anda dapat mengunduh secara gratis Image ISO dari Ubuntu Server 18.04 disini. Setelah proses download image selesai, Anda dapat membakarnya ke CD / DVD / USB flasdisk atau menggunakannya untuk mesin virtual (melalui VirtualBox atau VMware). Saya akan instal melalui VirtualBox. Untuk proses pembuatan booting ISO ubuntu server di flashdisk USB, Anda bisa membaca pada artikel berikut :

Baca : Panduan Lengkap: Cara Instal Linux Ubuntu 18.04 LTS Dekstop

Cara Instal Ubuntu Server 18.04

Hal pertama yang akan Anda perhatikan adalah instalasi itu sendiri terlihat berbeda (Gambar A).

ubuntu server 18a

Gambar A – Instalasi Ubuntu Server yang baru (dan lebih berwarna).

Walaupun mungkin terlihat sedikit berbeda, cara menavigasi instalasi adalah sama. Gunakan tombol panah pada keyboard, tombol Tab, dan tombol Enter.

Layar pertama yang mengungkapkan perubahan signifikan adalah tipe instalasi (Gambar B). Di sini Anda dapat memilih dari instalasi standar (Instal Ubuntu) dan instal dua jenis instalasi cloud bare-metal MAAS. Dua jenis server MAAS adalah:

  • Region Controller (berurusan dengan permintaan operator)
  • Rack Controller (menyediakan layanan bandwidth tinggi ke banyak rak)

ubuntu server 18b

Gambar B – Jenis instalasi Ubuntu Server 18.04.

Jika Anda tidak bekerja dengan MAAS, pilih opsi pertama dan tekan Enter pada keyboard Anda. Saya akan menggunakan instalasi standar ini sebagai contoh di artikel ini.

Layar ke 4/9 akan menyebabkan banyak orang merasa senang. Karena ini berbeda dengan versi ubuntu server sebelumnya, dimana Anda akhirnya dapat mengkonfigurasi jaringan IP dengan halaman yang memiliki antarmuka jaringan untuk menggunakan alamat IP statis (Gambar C).

ubuntu server 18c

Gambar C – Sekarang sangat mudah untuk menetapkan alamat IP statis ke antarmuka jaringan Anda.

Anda dapat menetapkan alamat IPv4 atau IPv6, membuatnya jauh lebih mudah untuk membuat server siap digunakan, tanpa harus secara manual mengkonfigurasi alamat statis (pasca instalasi) dimana sebelumnya Anda harus menetapkan semuanya pada halaman kosong tanpa adanya antarmuka seperti saat ini.

Selama instalasi, Anda diminta untuk membuat pengguna baru (new user). Di layar ini (Gambar D), Anda juga dapat mengimpor identitas SSH dari Github atau Launchpad. Jika Anda memilih untuk mengimpor SSH Keys, mereka akan secara otomatis ditambahkan ke file ~/.ssh/authorized_keys Anda.

ubuntu server 18d

Gambar D – Menambahkan pengguna (user) selama instalasi.

Instalasi akan selesai dengan cukup cepat. Ketika selesai, Anda akan diminta untuk reboot (Gambar E) dan Anda siap untuk mulai bekerja dengan platform server yang sangat ramah cloud.

ubuntu server 18e

Gambar E – Sekarang proses instalasi sudah selesai, Dan Anda siap untuk melakukan reboot dan login ke Ubuntu server Anda.

CATATAN: Saya telah mengalami (pada beberapa kesempatan) bahwa prompt login awal dibanjiri dengan output. Jika ini terjadi pada Anda, cukup ketikkan nama pengguna (username) Anda (meskipun Anda tidak melihat prompt login), tekan Enter, dan Anda akan dimintai kata sandi. Proses Login akan bekerja persis seperti yang diharapkan.

Meskipun antarmuka berbeda untuk instalasi, dengan pengecualian beberapa layar, untuk prosesnya seharusnya cukup akrab bagi pengguna yang sudah pernah menginstal ubuntu server versi yang lebih lama. Para pengembang telah melakukan pekerjaan yang baik untuk menjadikan instalasi Ubuntu Server versi terbaru ini merupakan salah satu yang termudah yang pernah Anda alami.

Baca : Distro Server Linux Terbaik Pada Tahun 2019

Dan itulah panduan instal ubuntu server 18.04 yang sangat mudah dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Codelobster IDE Editor PHP, HTML, CSS, JavaScript Gratis

Pada artikel ini, saya sarankan Anda untuk berkenalan dengan editor gratis untuk bahasa pemrograman...

Cara Install dan Settings WP Super Cache WordPress

Cara Install dan Settings WP Super Cache WordPress - Kecepatan website atau blog menjadi...

Close