How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Penjelasan Tentang Arsip Email dan Cara Mengarsipkan Email di Gmail

Penjelasan Tentang Arsip Email dan Cara Mengarsipkan Email di Gmail. Apa maksud pengarsipan pesan di Gmail? Tidak seperti Outlook, saat Anda mengarsipkan pesan di Gmail, maka pesan disembunyikan dari tampilan kotak masuk Anda. Ini seperti pengarsipan file pada kehidupan nyata seperti di kantor, dimana file penting harus di simpan ditempat yang aman sebagai file arsip, dimana suatu saat jika dibutuhkan maka kita bisa mengambil kembali file tersebut pada ruang arsip.

Jadi pada dasarnya, pengarsipan memungkinkan Anda merapikan kotak masuk dengan memindahkan pesan dari kotak masuk atau Inbox ke label Semua Email “All Mail” Anda, sehingga Anda tidak perlu menghapus pesan tersebut.

Baca : Cara Membuat Email di Gmail dengan Komputer dan HP Smartphone

Hal ini seperti memindahkan sesuatu ke lemari arsip untuk disimpan, daripada menaruhnya di tempat sampah. Atau jika di Outlook Parlance, memindahkannya dari server ke hard drive lokal Anda.

Pesan apa pun yang telah diarsipkan dapat ditemukan dengan mengeklik label “All Mail” di sisi kiri halaman Gmail Anda. Anda juga dapat menemukan pesan yang telah diarsipkan dengan mengklik label lain yang telah Anda terapkan sebelumnya, atau dengan mencarinya.

Dan sesuatu yang menarik adalah ketika seseorang membalas email yang telah Anda arsipkan, email yang telah di arsipkan tersebut akan muncul kembali di “Inbox” atau kotak masuk Anda secara otomatis!

Jika Anda ingin membuat ruang di kotak masuk Gmail Anda tetapi Anda tidak yakin apakah Anda ingin menghapus pesan secara permanen, Anda dapat mengarsipkan email. Mengarsipkan email memungkinkan Anda menghapus pesan dari kotak masuk tanpa harus menghapusnya dari akun Anda. Email yang diarsipkan ditempatkan di folder terpisah, yang dapat diakses kapan saja.

Baca : Cara Mengganti dan Memasang Gambar Foto Profil di Gmail

Metode 1: Mengarsipkan Email di Web Gmail

1. Silahkan Login ke akun Gmail Anda dengan membuka web browser kesayangan Anda dan kunjungi halaman web Gmail.

Login email Gmail

Masukkan alamat email dan kata sandi Anda pada bidang teks yang dialokasikan, dan klik “Berikutnya” untuk masuk ke akun Google Mail atau Gmail Anda.

2. Setelah masuk, kotak masuk email Anda akan muncul menampilkan semua pesan di dalamnya. Temukan email yang ingin Anda arsipkan dan beri tanda centang pada kotak di sisi kiri.

Anda juga dapat mengarsipkan beberapa email sekaligus dengan memberi tanda centang pada kotak-kotak semua pesan email yang ingin Anda arsipkan. Lihat gambar yang di tandai merah nomor 1.

Arsip email Gmail

3. Arsipkan email. Setelah Anda memilih semua pesan yang ingin Anda masukkan ke dalam arsip, klik ikon kedua dari kiri di bagian atas daftar kotak masuk Anda (ikon kotak hitam dengan panah ke bawah) adalah tombol “Archive”. Dan sekarang semua pesan yang Anda pilih (centang) akan diarsipkan. Lihat gambar diatas dengan tanda merah nomor 2.

Baca : Cara Membuat Tanda Tangan Online dan Menambahkannya di Gmail

Metode 2. Mengarsipkan Email di Aplikasi Gmail

1. Buka aplikasi Gmail. Ketuk aplikasi dari perangkat seluler Anda (Android atau iOS) untuk membuka Gmail dan menampilkan kotak masuk akun Anda.

arsip gmail android

2. Temukan pesan untuk diarsipkan. Gulir ke bawah kotak masuk, dan tekan dan tahan email yang ingin Anda kirim ke arsip.

3. Arsipkan email. Setelah Anda memilih semua pesan yang ingin Anda masukkan ke dalam arsip, Ketuk (archive) ikon kotak hitam dengan panah ke bawah di bagian atas layar perangkat Anda untuk mengarsipkan email yang dipilih.

arsip gmail android 2

Dan itulah penjelasan tentang email Arsip dan bagaimana cara mengarsipkan email Anda di Gmail. Anda juga bisa membaca artikel saya sebelumnya jika Anda kebingungan untuk mencari email yang Anda arsipkan di Gmail di artikel yang saya tautkan dibawah ini.

Baca : Cara Mencari atau Menemukan Email Arsip di Gmail

Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan sekarang Anda bisa mengarsipkan email penting Anda tanpa perlu menghapusnya. Selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Panduan Terbaik #1 Cara Membangun Merek yang Kuat

Ketika Anda menyiapkan bisnis baru, satu tahap yang benar-benar tidak dapat Anda lewati adalah...

Cara Memasang Iklan AdSense Matched Content di Related Post WordPress

Cara Memasang Iklan AdSense Matched Content di Related Post WordPress. Google AdSense telah memperkenalkan...

Close