banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Apa itu Dompet MetaMask dan Cara Menggunakannya

Metamask adalah dompet cryptocurrency populer, lebih dari 10 juta pengguna bulanan aktif menggunakan dompet kripto ini. Ini adalah dompet kripto yang dapat Anda gunakan bersama browser web untuk berinteraksi dengan aplikasi terdesentralisasi.

Itu dapat menyimpan beberapa kunci pribadi dan dapat bekerja di beberapa jaringan, seperti jaringan Ethereum dan jaringan Binance Smart Chain. Jika Anda pernah mendengar berita tentang Axie Infinity dan game blockchain lainnya, Anda mungkin pernah mendengar tentang MetaMask juga.

Ini memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi antara aplikasi terdesentralisasi seperti UniSwap, PancakeSwap, ShibaSwap, dan sebagainya, hanya dengan beberapa klik. Anda juga dapat menggunakan MetaMask untuk mendaftar di pasar NFT.

Misalnya, Anda pergi ke mal untuk berbelanja, apakah Anda harus mengingat kredensial perbankan Anda untuk memiliki akses ke dana Anda di dalamnya? Tidak, karena Anda memiliki kartu kredit/debit cepat melakukan pembayaran. Ini otomatis, Anda hanya perlu menggesek kartu Anda, ketik PIN Anda (jika mereka membutuhkannya), dan selesai! MetaMask bekerja seperti itu, membuat hidup Anda jauh lebih mudah, tetapi untuk kripto.

Salah satu keuntungan menggunakan MetaMask adalah memiliki biaya yang sangat rendah, dibandingkan dengan platform lain yang membutuhkan biaya gas yang besar hanya agar transaksi Anda berjalan lebih cepat. Tak perlu dikatakan bahwa ini adalah salah satu dompet perangkat lunak cryptocurrency paling populer di luar sana.

Baca : Apa itu Bitcoin? Penjelasan Lengkap Tentang Bitcoin

Cara Instal MetaMask

Ada banyak cara untuk menggunakan Metamask, tetapi sangat penting untuk waspada saat mengklik tautan.

Karena, banyak oknum tak bertanggung jawab suka membuat salinan MetaMask palsu, dan membuat pengguna kehilangan semua kripto mereka karena scammer.

Jadi, ketika berbicara tentang kripto, dan karena ini adalah topik hangat saat ini, selalu kunjungi situs web resmi aplikasi dan dapatkan tautan langsung dari sana.

Untuk kenyamanan Anda, Anda dapat menggunakan MetaMask di platform ini:

  • Google Chrome
  • Mozilla Firefox
  • Edge
  • Android
  • iOS

Tautan di atas diambil langsung dari situs web resmi masing-masing, tetapi selalu baik untuk memeriksa ulang sebelum memasang apa pun!

Dibawah ini adalah langkah-langkah install Metamask yang perlu Anda ikuti, dalam contoh ini saya menggunakan browser Chrome dan tentu saja tidak jauh berbeda dengan di browser lainnya.

1. Ucapan Selamat Datang

dompet kripto metamask 1

2. New to MetaMask – instalasi baru atau impor dompet yang ada

dompet kripto metamask 2

Jika Anda sudah memiliki MetaMask dan ingin mengimpornya ke perangkat baru, pilih opsi pertama. Jika ini adalah instalasi baru, pilih opsi kedua.

3. Statistik

dompet kripto metamask 3

4. Pengaturan kata sandi

dompet kripto metamask 4

5. Video Keamanan Dompet

dompet kripto metamask 5

Tolong, demi keamanan, jangan lewatkan bagian ini tanpa menonton video dan membaca informasi tambahan di sebelah kanan.

6. Frase Pemulihan Rahasia

dompet kripto metamask 6

 

Ini mungkin bagian terpenting dari keamanan Anda saat menggunakan Cryptocurrency. Untuk dompet, semua aplikasi memerlukan frase pemulihan rahasia – atau Frase Benih.

Ini adalah sesuatu yang Anda tidak boleh berbagi dengan siapa pun. Jangan pernah menyalin dan menempelkannya di suatu tempat di komputer Anda atau aplikasi lain.

Yang sangat saya rekomendasikan adalah agar Anda menuliskan ini di selembar kertas dan menyembunyikan kertas itu di tempat yang aman di mana tidak ada seorang pun kecuali Anda yang dapat mengaksesnya.

7. Konfirmasi Frase Pemulihan Keamanan

dompet kripto metamask 7

Untuk memastikan bahwa Anda telah menyalin frase Anda di suatu tempat yang aman, MetaMask akan meminta Anda untuk mengetiknya secara berurutan.

8. Pengaturan – Selesai!

dompet kripto metamask 8

Sekarang Anda selesai dengan pengaturan. Ini adalah tampilannya di layar penuh. Tetapi juga terlihat sama pada tampilan add-on yang akan saya tunjukkan selanjutnya.

Untuk memberi Anda gambaran, di kanan atas adalah jaringan. Secara default, ini diatur ke Ethereum Mainnet. Di sebelahnya adalah pengaturan akun, di sini Anda dapat membuat lebih banyak dompet.

Dan akan terlihat seperti gambar dibawah ini :

dompet kripto metamask 9

Cara mentransfer token dan Ethereum yang ada ke MetaMask

Anda dapat mengirim token dan ETH dari dompet lain ke akun MetaMask Anda. Cukup salin alamat publik MetaMask Anda dan buka dompet Anda yang ada untuk mengirim dana ke alamat dompet baru Anda.

Token yang tersedia di MetaMask adalah ETH dan token berbasis ETH (erc20, 721, dll).

Anda mungkin perlu membuat daftar beberapa token secara manual untuk melihatnya di dalam MetaMask.

Pada saat yang sama, MetaMask juga mendukung dompet perangkat keras seperti “Trezor” dan “Ledger” pada ekstensi. Belum ada dukungan dompet perangkat keras di ponsel.

Penting juga untuk dicatat bahwa dompet hanya dapat digunakan untuk menyimpan kunci pribadi untuk jaringan Ethereum.

Bagaimanapun, menyetor dan menarik token ke dan dari MetaMask itu mudah. Untuk contoh khusus ini, saya menginstal MetaMask di browser Google Chrome saya.

  • Klik pada ikon MetaMask
  • Pastikan Anda berada di Jaringan yang tepat dengan mengklik opsi dropdown atas. Secara default, itu akan berada di Ethereum Mainnet.
  • Setelah Anda memastikan bahwa Anda berada di jaringan yang tepat, inilah saatnya untuk memutuskan token apa yang ingin Anda kirim ke MetaMask. Anda dapat memeriksa tab Aset untuk melihat token yang tersedia. Jika token tidak ada, buka CoinGecko dan cari token Anda. Di bilah sisi, Anda akan melihat alamat kontrak. Klik ini dan itu akan memandu Anda tentang cara menambahkan token tertentu ke MetaMask.
  • Kemudian, cukup klik pada akun Anda, dalam hal ini nama defaultnya adalah “Account 1”. Dengan mengklik ini, Anda akan menyalin alamat MetaMask Anda.
  • Sekarang, Anda siap untuk mentransfer token Anda ke MetaMask. Jadi, anggaplah Anda membeli token Anda dari pasar kripto terbesar seperti Binance, Crypto.com, KuCoin, Kraken, CoinMama, Indodax, Tokocrypto atau lainnya, cukup masuk ke aplikasi mereka dan cari cara untuk Menarik token Anda. Dan saat Anda dimintai alamat, masukkan alamat MetaMask yang baru saja Anda salin.
  • Itu dia. Di bawah aplikasi MetaMask Anda, periksa tab Aktivitas setelah beberapa menit untuk melihat transaksi.

Ini sederhana, tetapi seperti biasa, Anda harus berhati-hati terlebih dahulu.

Cobalah untuk mengirim sejumlah kecil terlebih dahulu untuk melihat apakah semuanya sudah diatur dengan benar, sebelum mengirim jumlah penuh. Faktanya, bahkan Vitalik Buterin, pencipta Ethereum, mengirimkan jumlah tes terlebih dahulu sebelum melanjutkan seluruh transaksi.

Cara Mengirim, Menerima, dan Membeli Dana

Di aplikasi seluler, ada tombol menu di kanan atas. Klik Wallet, lalu pilih token atau collectible, lalu klik Send atau Receive.

Anda juga dapat membeli Ethereum dengan kartu debit atau Apple Pay langsung di MetaMask. Cukup klik “Add Fund”.

Catatan: Anda juga dapat mengirim atau menerima dana dengan mengirimkan permintaan pembayaran yang menunjukkan kode QR Anda ke teman, atau dengan membagikan alamat publik Anda.

MetaMask Swap

Pengguna MetaMask juga dapat menukar token di dalam dompet mereka dengan mengumpulkan dan membandingkan data dari beberapa platform pertukaran terdesentralisasi untuk memastikan bahwa pengguna mendapatkan harga terbaik dengan biaya jaringan terendah.

Menggunakan MetaMask Swaps itu sederhana. Cukup Pilih token yang Anda miliki saat ini dan token yang ingin Anda tukarkan (yaitu ETH, ERC-20, dll.), lalu klik “Swap”.

Dan itu saja! Tidak ada yang lebih mudah dari itu.

Berikut adalah beberapa token berbasis ETH yang dapat Anda tukar, dan jika token yang Anda inginkan tidak ada, cukup buka CoinGecko lagi dan salin alamat kontrak (atau tambahkan token secara langsung dengan mengklik tautan alamat kontrak di CoinGecko).

  • Ethereum
  • Smooth Love Potion
  • Ripple
  • USDC or USDT
  • Shiba,
  • dan masih banyak lagi.

Jika Anda kesulitan menemukan token di MetaMask Swap, kemungkinan besar likuiditasnya tidak cukup. MetaMask bekerja secara otomatis dan menggabungkan likuiditas yang tersedia dari DEX terkemuka dan Pembuat Pasar Profesional.

Fitur MetaMask ini sangat membantu bagi pemula karena memungkinkan mereka untuk menukar token mereka dengan mudah.

Dibandingkan dengan metode tradisional, katakanlah, misalnya, penggunaan PancakeSwap. Memasukkan alamat kontrak dan token yang ingin mereka beli, kemudian mengubah slippage transaksi untuk dilalui, dan memastikan bahwa biaya gas cukup tinggi sehingga mereka diproses dengan cukup cepat.

Nah, itu banyak pekerjaan untuk seseorang yang tidak yakin dengan apa yang mereka lakukan.

MetaMask melakukan semua pekerjaan kompleks untuk mereka, itu hanya mengurangi sebagian kecil untuk biaya transaksi yang berkisar antara 0,3% – 0,875% yang secara otomatis diperhitungkan dalam setiap kutipan, yang kemudian mendukung pengembangan berkelanjutan untuk MetaMask.

Keamanan

Dengan semua manfaat yang ditawarkan perangkat lunak ini, ia juga gratis untuk diunduh dan digunakan. Kedengarannya seperti sesuatu yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, bukan?

Jadi, apakah aman?

Tentu saja! MetaMask telah diaudit dan dipelajari oleh individu yang cerdas dan ingin tahu. (yang dapat dilihat di beberapa platform media sosial seperti Facebook, YouTube, dan sebagainya).

Kunci pribadi dan kata sandi Anda yang disimpan di MetaMask tidak dikirim ke server perusahaan mereka, itu disimpan secara lokal, di dalam perangkat yang Anda gunakan. Ini seperti dompet digital offline yang hanya Anda aktifkan kapan pun Anda membutuhkannya, dan hanya Anda yang memiliki akses ke sana.

Satu-satunya cara di mana itu akan rentan adalah jika Anda menggunakan perangkat rusak yang memberi peretas akses ke informasi pribadi Anda, atau jika Anda menjadi korban situs atau aplikasi phishing. Jadi, pastikan Anda mengunduh MetaMask versi asli karena ada banyak aplikasi salinan/mirip di luar sana yang dibuat untuk mendapatkan informasi pribadi Anda dan mengakses dana Anda.

Cara Menjaga dompet Anda tetap aman

MetaMask memiliki Frase Pemulihan Rahasia bagi Anda untuk memulihkan dana Anda jika Anda kehilangan akses ke sana. Anda disarankan untuk menuliskannya dan menyimpannya di tempat yang aman karena jika Anda kehilangan akses ke akun Anda, tanpa Frase Pemulihan Rahasia, MetaMask tidak akan dapat membantu Anda memulihkan dompet Anda.

Juga, gunakan Metamask di perangkat pribadi Anda karena semua kata sandi penting disimpan secara lokal. Dan jangan pernah membagikan Frase Pemulihan Rahasia Anda kepada siapa pun.

Baca : 10 Layanan Dompet Bitcoin Terbaik Saat Ini

Kelebihan dan Kekurangan

Untuk menyelesaikannya, mari kita bahas kelebihan dan kekurangan menggunakan MetaMask.

Kelebihan:

  • Kemampuan teknologinya yang luar biasa membuat transaksi menjadi cepat dan mudah.
  • Ini juga memiliki pembelian Token bawaan yang memungkinkan Anda membeli token yang Anda inginkan hanya dengan beberapa klik.
  • Dan tentu saja, faktanya gratis!

Kekurangan:

  • Salah satu kelemahan MetaMask adalah masalah keamanannya.
  • Ini adalah dompet/penyimpanan “panas”, yang berarti rentan terhadap serangan online oleh peretas.
  • Belum memiliki dukungan dompet perangkat keras.
  • MetaMask hanya mendukung token Ethereum dan ERC20.

Kesimpulan

MetaMask adalah dompet kripto yang dapat Anda gunakan di berbagai perangkat seperti desktop dan ponsel. Ini aman dan dapat diandalkan. Itu membuat transaksi cepat dan sederhana membuat hidup Anda sebagai trader/investor jauh lebih mudah. Itu sebabnya ini adalah salah satu dompet cryptocurrency paling populer untuk Ethereum dan token terkait.

Dan yang perlu di ingat adalah JANGAN PERNAH membagikan frasa awal Anda kepada siapa pun, bahkan dukungan MetaMask resmi tidak akan memintanya!

Baca : 10 Mata Uang Digital Cryptocurrency Terbaik Selain Bitcoin

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published.