fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Bagaimana Peran Internet Dalam Mengubah Bisnis

Dunia teknologi informasi dan internet yang juga termasuk di dalamnya kini berkembang begitu pesat. Awalnya yang semua sangat sederhana kini menjadi lebih modern dan kompleks pada saat ini. Termasuk diantaranya bisnis yang mengalami banyak perubahan seiring dengan adanya perkembangan internet. Tak hanya perusahaan saja, pebisnis perorangan pun juga sama-sama memiliki peluang yang sangat besar untuk bisa menerbangkan bisnis semakin tinggi berkat kemudahan dan kemajuan teknologi.

Yang paling sederhana, dahulu mungkin seorang penjual memiliki akses yang terbatas untuk bisa memperkenalkan produknya kepada khalayak luas. Tetapi berkat adanya internet, seorang pebisnis bisa memperkenalkan produk atau jasa yang dijual dengan begitu mudah dan cepat. Cukup dengan bermodalkan ponsel android untuk melakukan promosi dan marketing membuat segalanya menjadi lebih mudah.

Internet lebih menguntungkan kepada para pebisnis online yang notabene mayoritas kegiatan bisnisnya memang dilakukan secara daring melalui internet. Mulai menyiapkan produk digital, membuat website, mempromosikan, hingga menjualnya secara otomatis melalui website yang sudah dibuat tersebut.

Istilah kerennya, bisnis atau menggunakan jaringan komunikasi internet juga disebut dengan e-commerce. Kegiatan dalam e-commerce dapat meliputi transfer dana atau uang elektronik, pertukaran data elektronik, sistem pengumpulan data otomatis. eCommerce hanyalah satu dari sekian banyak bukti yang menunjukkan bahwa internet memang mampu untuk mengubah bisnis menjadi lebih baik lagi.

Baca : 10 Startup Terbaik dan Ternama di Indonesia

Internet Membuat Bisnis Menjadi Lebih Baik

Selain pemaparan diatas, internet telah membawa perubahan besar dalam bisnis dan manfaat berikut ini pasti anda rasakan semenjak internet menjadi bagian dari sebuah bisnis. Apa saja itu? Baca ulasannya di bawah ini :

Panduan digital marketing lengkap 2

1. Menambah Informasi dan Pengetahuan Tentang Bisnis

Ilmu dan pengetahuan membuat seseorang bisa cerdas dan berkembang. Hal itu juga berlaku bagi seorang pebisnis yang tentunya membutuhkan banyak ilmu dan pengetahuan sebagai bekal untuk mengembangkan bisnisnya menjadi jauh lebih baik lagi. Salah satu sumber pengetahuan tersebut bisa didapatkan dari internet.

Melalui internet, semua bisa didapatkan dengan mudah. Anda hanya perlu melakukan satu klik dan semuanya sudah terlihat dan bisa anda baca. Tak hanya itu, dengan semakin banyaknya ilmu tentang bisnis atau yang berkaitan seperti pemasaran dapat dengan mudah mengatur strategi untuk bisa mengalahkan kompetitor bisnis anda.

Baca : 10 Manfaat SEO untuk Situs Web Bisnis Anda

2. Promosi dan Marketing Kini Jauh Lebih Mudah

Promosi dan Marketing merupakan dua hal yang wajib dilakukan oleh para pebisnis. Tanpa promosi ataupun Marketing sulit rasanya membuat produk atau jasa yang dijual dikenal oleh orang banyak. Jika sudah sepi pembeli maka otomatis akan mengalami kerugian.

Cara promosi dahulu dengan sekarang tentu berbeda. Jika di zaman dulu mungkin harus dari mulut ke mulut, tetapi kini berkat adanya teknologi promosi bisa dilakukan dengan begitu mudahnya. Anda bisa memanfaatkan sosial media ataupun membangun website sendiri untuk memasarkan bisnis anda supaya semakin dikenal oleh banyak orang.

Baca : Panduan Terbaik #1 Digital Marketing untuk Bisnis Online

3. Branding Pun Juga Mudah

Branding sejatinya berasal dari kata brand yang artinya merk. Maksud dari branding disini adalah berbagai kegiatan promosi, pemasaran, atau komunikasi yang dilakukan oleh pebisnis/perusahaan dengan tujuan untuk membangun dan membesarkan sebuah brand atau merek supaya lebih dikenal banyak orang.

Dengan melakukan branding membuat produk yang anda jual menjadi lebih terkenal dan berpotensi mendapatkan Repeat order dari pembeli jika pembeli puas dengan produk atau jasa yang anda jual. Dengan branding pula, seorang pembeli tidak akan lupa dan selalu ingat dengan merk dagang si penjualnya. Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, anda bisa memanfaatkan internet untuk melakukan branding, baik itu branding personal maupun branding untuk produk yang anda jual.

Baca : Panduan Terbaik #1 Cara Membangun Merek yang Kuat

4. Penjual dan Pembeli Serasa Lebih Dekat

Memang proses jual beli bisa dilakukan dengan cara CoD guna meningkatkan rasa saling percaya antara penjual dan pembeli itu sendiri. Tetapi tidak mungkin rasanya jika hal itu dilakukan jika keduanya tinggal di tempat yang sangat jauh. Akan banyak modal lagi yang harus dikeluarkan, terutama untuk biaya perjalanan.

Semua bisa dilakukan di sosial media atau langsung melalui chat whatsapp ataupun aplikasi chatting lainnya. Bagaimana jika nantinya ada yang tertipu? Tidak perlu takut, anda bisa menggunakan jasa rekber atau rekening bersama yang akan mengamankan transaksi anda dan meminimalisir terjadinya tindakan penipuan online.

5. Transaksi Juga Lebih Mudah, Cepat, dan Efisien

Setiap proses jual beli itu tentu membutuhkan uang, benar bukan? Mungkin jika kita melakukan jual beli di toko atau warung pembayaran bisa dilakukan secara langsung. Tetapi berbeda dengan bisnis online yang tentunya tidak mungkin apabila pembayaran dilakukan dengan menemui langsung si penjual.

Beruntung negara kita mempunyai 4 bank terbesar di indonesia yakni BRI, BCA, BNI, dan Mandiri dan semua bank tersebut telah support internet banking sebagai salah satu layanan mereka. Lantas apa keuntungannya? Dan apa hubungannya dengan transaksi bisnis online? Dengan internet banking proses transaksi cukup dilakukan dari ponsel smartphone dan prosesnya pun sangat mudah dan cepat, bahkan kurang dari lima menit. Wow, luar biasa bukan? Hal ini membuat penjual tidak perlu menunggu lama uang dari pembeli.

Dunia transaksi online penuh dengan resiko penipuan. Bagaimana jika uang saya di bawa kabur? Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya anda bisa mengajak penjual untuk menggunakan jasa rekber (disarankan yang sudah berbadan hukum) guna menjamin keamanan transaksi antara kalian berdua. Atau untuk meyakinkan anda, bisa meminta testimoni atau review pembeli yang sudah pernah beli produk tersebut.

Penutup

Harus kita akui memang internet mampu merubah bisnis yang dahulunya jarang sekali dilirik oleh seseorang kini seakan menjadi fenomena karena begitu mudahnya seseorang melakukan jual beli barang dengan mudah, cepat, efisien, dan aman. Ketertarikan terhadap dunia bisnis juga semakin meningkat seiring dengan bertumbuhnya para startup muda yang menjadi bibit-bibit perusahaan besar di Indonesia.

Walaupun begitu, anda harus siap dengan berbagai dinamika bisnis dan teknologi yang mungkin saja berubah dalam beberapa tahun ke depan. Menurut anda apakah teknologi internet benar-benar telah mengubah bisnis menjadi lebih baik atau justru sebaliknya? Yuk sampaikan kritik, saran, dan juga pendapat anda dengan memberikan komentar yang positif. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca : 10 Bisnis Online Menjanjikan di 2019 Untung Besar

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 Tema WordPress Desain Premium & Fotografi untuk Bisnis Anda

Saat ini fotografi adalah seni. Fotografi menangkap momen paling penting dan paling penting dalam...

10 Startup Terbaik dan Ternama di Indonesia

Di era kemajuan teknologi yang berkembang pesat ini startup bagaikan jamur yang tumbuh di...

Close