How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Install Font Baru Keren di iPhone iOS 13

Cara Install Font Baru Keren di iPhone iOS 13 – Menginstall font pada iPhone sebenarnya sudah lama bisa kita lakukan, tetapi bagi pengguna iPhone iOS 13 atau yang baru saja mengupdate ke iOS 13, ada sesuatu yang berbeda, dimana iPhone iPhone iOS 13 membawa fungsionalitas font itu ke level yang berbeda.

Selama Apple memperkenalkan iPhone iOS 13 dan iPadOS, perusahaan memperkenalkan font kustom untuk perangkat mereka. Ini tetap merupakan fitur yang agak terbatas karena ini bukan untuk seluruh sistem, tetapi merupakan langkah ke arah yang benar. Apple, yang telah lama dikenal akan privasinya yang berlebihan, dimana mereka benar-benar memberikan batasan kepada para pengguna untuk akses internal yang dalam ke perangkat lunak mereka.

Sebelumnya, aplikasi yang tersedia di App Store mampu melakukan beberapa perubahan dan juga tentang menginstall font, tetapi di iPhone iOS 13 / iPadOS, menjadi pertama kalinya Apple secara resmi mendukung instalasi.  Dan berikut adalah cara install font baru pada software terbaru Apple yaitu di iPhone iOS 13 atau iPadOS.

Baca : 30+ Font Sans Serif Terbaik Untuk Heading Website

Temukan Font Manager

Sebelum Anda menginstall font kustom, Anda harus tahu di mana menemukan font manager. Namun, sebelum ke topik utama, sebaiknya Anda tahu bahwa Font kustom hanya dapat digunakan di sebagian kecil aplikasi. Ketika saya mengatakan kecil, itu berarti sangat terbatas pada beberapa aplikasi saja. Sampai sekarang, font kustom benar-benar hanya berfungsi untuk aplikasi milik Apple sendiri seperti Mail, Keynote, Number dan Pages.

Namun, Adobe telah menjanjikan dukungan untuk font kustom di aplikasi Photoshop dan Illustrator mereka di masa mendatang. Tentu, itu menjadi sebuah kabar yang mengatakan bahwa font kustom kemungkinan besar dapat digunakan di aplikasi pihak ketiga. Font tersebut dapat di install tetapi tidak sebagai bagian font yang digunakan dalam antarmuka default.

Sekarang setelah Anda mengetahui hal tersebut, bagaimana Anda dapat menemukan font manager di iPhone iOS 13 atau iPadOS? Mari kita mulai dengan Mail.app karena ini adalah titik awal untuk menemukannya.

Install Font Baru di Mail App iPhone iOS 13

install fonts baru di iPhone ios13 mail app

1. Untuk mengakses menu font, silahkan coba dengan membuat email baru dan ketuk bagian mana saja, misal di di body pesan. Ketika Anda akan menulis email, maka keyboard akan muncul.

2. Di baris paling atas di paling kanan, ada simbol “<“. Ketuk simbol “<“. Sekarang Anda akan melihat banyak menu opsi ditampilkan. Dan cari simbol disebelah kiri yaitu “Aa“. Dan ketuk itu.

3. Akan muncul menu yang menggantikan keyboard dengan sekelompok opsi lain. Pilih “Default Font” di kolom kiri dan klik. Setelah melakukannya, Anda akan melihat semua opsi font yang tersedia yang dapat Anda pilih yang dapat muncul di aplikasi Mail.

Setelah Anda menginstall font kustom baru, mereka akan muncul secara otomatis di daftar ini.

Baca : 21 Font Untuk Tato dengan Gaya Terbaik Gratis

Download Font Kustom dari App Store

Setelah Anda tahu cara install font baru kustom, sekarang mari kita pelajari cara download font kustom dari App Store. Silahkan buka App Store. Ada sejumlah opsi aplikasi populer untuk menginstall font kustom termasuk Adobe Creative Cloud, yang dapat menambahkan 1.300 font tambahan secara gratis. Aplikasi seperti Font Diner dan Fonteer juga menyediakan pilihan font kustom yang banyak.

Install Kustom Font

Untuk mempermudah, mulai dengan menginstal aplikasi font kustom dari Adobe Creative Cloud. Untuk memulai, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Download font kustom baru iphone ios 13

1. Buka aplikasi Adobe di iPhone atau iPad, jika Anda perangkat iPhone Anda menggunakan iPhone iOS 13.1 atau yang lebih baru.

2. Buka tab “Font” di aplikasi.

3. Ketuk “Install Font“.

4. Menu sistem iOS akan muncul. Ketuk “Install” untuk memulai proses instalasi.

5. Sekarang Anda dapat melihat seluruh daftar pilihan font. Ketika Anda menemukan font yang ingin Anda tambahkan, klik “Install Font” dan tambahkan masing-masing font secara individual. Dengan 1.300 font yang tersedia, ada banyak opsi unik jadi silakan membaca seluruh daftar.

Setelah font diunduh, maka secara otomatis font di install pada perangkat iPhone iOS 13 Anda.

Manager Font Kustom

Apa pun aplikasi yang Anda gunakan, semua font kustom Anda dikelola di tempat yang sama. Ini berlaku untuk iPhone dan iPad. Untuk menemukan font, buka “Settings → General → Fonts“. Dari sini Anda dapat melihat semua font kustom yang ada.

install fonts baru iPhone ios13 dan delete fonts

Dan bagaimana jika Anda ingin menghapus font? Itu mudah. Dari menu Font di bawah Settings, cukup geser ke kiri pada font apa saja dalam daftar dan kemudian pilih “Delete“. Setelah Anda menekan delete, font tersebut akan segera dihapus dari perangkat. Jika Anda lebih suka menghapus beberapa font sekaligus, ketuk “Edit” di sudut kanan atas dan pilih font mana saja yang ingin Anda hapus. Saat Anda menentukan pilihan daftar yang ingin dihapus, ketuk “Delete” di bagian bawah layar.

Kesimpulan

Dengan Apple memberikan ijin untuk melakukan install font di pada perangkat iPhone iOS 13 mereka, itu menunjukkan betapa banyak kemajuan yang dilakukan oleh Apple untuk para penggunanya. Namun, tetap saja bahwa font tersebut masih hanya dapat digunakan pada bagian-bagian tertentu dan terbatas pada aplikasi bawaan. Tentu kita semua sangat berharap bahwa font kustom dapat dapat diinstal dan digunakan di setiap aplikasi dan menu di seluruh perangkat dan mudah-mudahan, ini hanya sekilas jenis kebebasan yang akan datang dalam rilis perangkat lunak iOS di masa depan.

Baca : Cara Mudah Mengganti Font Pada Nama dan Bio di Twitter

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Menghubungkan Macbook Ke Berbagai Layar TV dengan JustStream

Menghubungkan Macbook Ke Berbagai Layar TV dengan JustStream - Apakah Anda suka menonton streaming...

Cara Mengganti Foto Channel YouTube Melalui Komputer dan HP

Ingin mengganti foto profil channel YouTube Anda dengan cepat di komputer desktop atau smartphone?...

Close