fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

3 Cara Tanda Tangan File PDF Di Komputer dan Smartphone

3 Cara Tanda Tangan File PDF Di Komputer dan Smartphone – PDF adalah singkatan dari (Portable Document Format) atau File Dokumen Portabel. Seperti namanya, PDF adalah cara dokumentasi yang lebih cepat dan sederhana dan juga tidak tergantung pada perangkat keras apa pun dan dapat digunakan dan dibaca dengan platform yang berbeda.

Dalam keseharian kita, pasti kita sering menerima email yang disertai dengan dokumen penting baik itu dokumen dalam bentuk kontrak atau formulir pendaftaran berupa file format PDF. Dan dari file tersebut mungkin ada beberapa file PDF yang perlu untuk ditanda tangani.

Namun, bagi yang belum tahu cara menandatangani file PDF, mereka berpikir bahwa untuk menandatangani isi dari file PDF tersebut harus mencetak atau mengeprint file tersebut terlebih dahulu dan kemudian menandatanganinya, dan kemudian menscan lagi dan mengunggah kembali atau berbagi. Nah, tentu proses tersebut akan memakan waktu sedikit lebih lama dan juga melalui beberapa proses, apalagi jika Anda tidak memiliki printer dan alat scan, tentu itu akan sangat merepotkan.

Sekarang untuk menandatangani file PDF sangatlah mudah, Anda bisa melakukan di berbagai perangkat sekaligus baik itu di komputer maupun di perangkat Smartphone Android atau iPhone Anda. Dengan cara ini, Anda tidak memerlukan perangkat keras khusus untuk penandatanganan elektronik. Mudah untuk menerapkan dan memverifikasi identitas Anda. Ada sejumlah aplikasi di Play Store dan App Store yang tak terhitung banyaknya untuk Android dan iOS, beberapa di antaranya gratis sementara yang lain berbayar. Di sini saya telah memilih sendiri yang terbaik berdasarkan pengalaman saya setelah mencobanya.

Baca : 6 Software Editor File PDF Gratis Terbaik

Manfaat Tanda Tangan PDF Secara Elektronik

Menggunakan aplikasi penandatanganan PDF untuk dokumen digital melalui tanda tangan tulisan tangan selalu mudah dan menghemat waktu. Tidak memerlukan kertas dan tinta serta sangat mudah untuk dilakukan  dan tidak memerlukan waktu dan proses yang berbelit-belit, selain itu dengan menggunakan metode file PDF juga dapat membantu mengurangi limbah dan juga hemat biaya. Dengan tanda tangan elektronik, Anda dapat menghindari proses mencetak salinan dokumen digital, menandatanganinya dengan pena, dan kemudian kembali memindai untuk mengunggah.

Cara Tanda Tangan File PDF di Komputer

Pertama yang akan saya jelaskan adalah cara menandatangani file PDF di perangkat komputer. Untuk melakukan ini, Anda tidak perlu menginstal software tertentu dan hanya menggunakan layanan online dari website Smallpdf.

Smallpdf ini memiliki layanan online yang sangat lengkap berkaitan dengan file PDF seperti Kompres, Convert, mengunci file, tanda tangan digital dan masih banyak lagi.

1. Pertama Anda harus mengunjungi situs Smallpdf untuk tanda tangan disini → eSign SmallPdf.

2. Akan ada dua kolom yang tertera dan pilih “Sign a Document” disebelah kanan.

esign small pdf tanda tangan digital

3. Upload file PDF Anda dari komputer atau dari Cloud Storage seperti Google Drive dan Dropbox.

esign small pdf tanda tangan digital

4. Pilih menu “Place Signature” untuk memberikan tanda tangan, ada 3 pilihan “draw” untuk membuat tanda tangan tulisan tangan, “Upload” untuk mengunggah tanda tangan dalam bentuk gambar yang sudah ada, dan “Camera” untuk mengambil tanda tangan lewat kamera pada kertas yang sudah Anda tanda tangani. Jika Anda memilih “Draw” maka Anda bisa membuat tanda tangan dengan menggerakkan mouse Anda. Anda juga bisa menambahkan teks tambahan pada file pdf tersebut.

esign small pdf tanda tangan digital

5. Atur posisi tanda tangan sesuai keinginan Anda dan klik tombol “Finish” kemudian “Download” file yang sudah di tanda tangani tersebut.

Baca : Optimasi Gambar dan PDF Agar Lebih Ringan dengan ImageRecycle

Cara Tanda Tangan File PDF di Smartphone

Untuk tutorial berikutnya ini, saya akan membahas dua aplikasi yang akan Anda gunakan untuk tanda tangan file PDF di Smartphone Anda. Aplikasi ini tersedia di Android dan iPhone.

App 1: Menggunakan Adobe Fill & Sign

1. Buka app store, cari Adobe Fill & Sign, atau langsung gunakan tautan ini untuk Android dan ini untuk iOS dan Download aplikasi Adobe Fill and sign app.

Tanda tangan pdf

2. Buka aplikasi dan ketuk “Select a Form to fill out” dan pilih File PDF untuk mengunggah dokumen ke dalam aplikasi dari memori ponsel Anda. Pilih File PDF yang Diinginkan.

Tanda tangan pdf

3. Ketuk pada file dokumen yang baru saja Anda unggah ke dalam aplikasi, itu akan terlihat seperti gambar di bawah ini. File akan dibuka dalam tampilan skala penuh setelah Anda mengkliknya.

Tanda tangan pdf

4. Anda kemudian dapat mengetuk bidang tanda tangan atau di mana pun Anda inginkan dalam PDF. Dengan ini, keyboard Anda akan muncul di layar ponsel Anda. Sekarang, ketikkan nama Anda di bidang tanda tangan.

Tanda tangan pdf

5. Jika Anda ingin menggunakan tanda tangan dengan tulisan tangan maka Anda harus memilih ikon pena tinta di bagian atas dan pilih “Create Signature”.

Tanda tangan pdf

6. Layar popup akan muncul yang disebut “Place Signature”. Di sini, gunakan jari Anda atau pena stylus untuk memberikan tanda tangan Anda. Ketuk pada “Done” untuk menyimpannya.

Tanda tangan pdf

7. Sekarang, ketuk ikon pena dan pilih tanda tangan yang dibuat pada langkah di atas. Ini akan menambahkan tanda tangan pada dokumen. Anda dapat mengubah ukuran dan memindahkannya dengan menyeret dan menjatuhkannya ke posisi yang diinginkan.

Tanda tangan pdf

Anda juga dimungkinkan untuk menghapus tanda tangan dan menambahkan yang baru jika diperlukan.

Kelebihan dari Aplikasi ini adalah

  • Gratis untuk platform iOS dan Android.
  • Antarmuka Pengguna Minimalis.
  • Aplikasi ini sangat ringan dan biasanya tidak memakan banyak memori.
  • Memungkinkan Anda untuk menyesuaikan ukuran font sesuai perspektif pengguna.
  • Selain PDF, Anda juga dapat menggunakannya untuk file gambar.
  • Untuk bidang tertentu, Anda bisa lama menekannya untuk menambahkan notasi.

App 2: Menggunakan DocuSign

Yang kedua adalah menggunakan aplikasi DocuSign yang bisa Anda install dari Play Store atau App Store, dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Catatan: Di aplikasi ini, saya tidak dapat mengambil tangkapan layar untuk langkah-langkah karena kebijakan keamanannya.

1. Saat Anda membuka aplikasi, Anda akan diminta untuk login, Anda dapat login secara manual dengan id email Anda atau Anda bisa menggunakan akun Facebook atau Yahoo Anda. Setelah login, Anda akan diberikan tautan aktivasi di masing-masing id email Anda, klik tautan tersebut dan selesaikan aktivasi.

2. Di beranda aplikasi, Anda akan menemukan bagian “Quick Actions”. Di bawah itu, klik pada “Create Your Signature” dan Anda akan mendapatkan dua opsi. Anda dapat “Draw your Signature” atau “Take a picture of your signature”. Pilih yang diinginkan.

3. Saat memilih opsi menggambar, Anda akan diberikan jendela kosong. Di sini Anda dapat menggunakan jari atau pena stylus untuk memberikan tanda tangan Anda. Ketuk ikon centang di kanan atas untuk menyimpan tanda tangan. Jika Anda memilih gambar maka Anda akan mendapatkan opsi untuk mengambil gambar tanda Anda.

3. Tanda tangan elektronik, yang Anda berikan di aplikasi akan disimpan, dan Anda bisa menggunakannya dalam dokumen apa pun yang Anda buka di DocuSign.

4. Sekarang buka layar beranda aplikasi dan klik tombol tambah (+) untuk menambahkan PDF dan pilih file yang diinginkan. Anda harus memilih satu file sekaligus.

5. Setelah Anda memilih file, Anda akan menemukan tombol “SIGN NOW”. Klik tombol itu dan dokumen PDF Anda akan dilihat dalam tampilan skala penuh, Anda kemudian dapat mengetuk bidang tertentu untuk menambahkan tanda tangan dan detail lainnya.

6. Untuk menyelesaikan dengan dokumen Anda, tekan tombol “Done”, ia akan bertanya apakah Anda ingin membagikan dokumen setelah menandatangani. Jika Anda Pilih “Share”, maka Anda dapat membagikan file untuk dibagikan melalui Email, Drive, Bluetooth, dan WhatsApp juga.

Kelebihan

  • Menghemat tanda tangan elektronik Anda, jadi Anda tidak perlu mendaftar untuk setiap kali dokumen baru diunggah.
  • Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini sebagai pembaca PDF.
  • Sangat aman.

Kesimpulan

Tanda tangan elektronik dasar tidak memiliki perlindungan kriptografi digital, sehingga tidak ada jaminan atau bukti kuat untuk membuktikan siapa yang menandatangani dokumen. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menandatangani berbagai kontrak tingkat rendah, kwitansi dari toko online tetapi tidak begitu banyak diamankan dan tidak dapat digunakan sebagai sumber konfirmasi utama untuk layanan besar seperti perbankan atau kesepakatan bisnis antara dua perusahaan, dll. Otentikasi dokumen juga tidak diverifikasi.

Namun, tanda tangan elektronik ini akan menghemat banyak waktu dan limbah kertas jika Anda ingin dengan cepat menandatangani pendaftaran atau formulir serupa lainnya yang bisa lolos tanpa banyak verifikasi dan tidak membutuhkan keamanan tinggi.

Baca : 3 Cara Mengompres File PDF Untuk Mengecilkan Ukuran

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Mudah Download dan Konversi Video YouTube ke MP3 dan MP4

Cara Mudah Download dan Konversi Video YouTube ke MP3 dan MP4 - Apakah Anda...

Bridge Theme – Tema WordPress Terbaik untuk Semua Jenis Website

Salah satu keberhasilan dalam menjalankan website untuk menarik perhatian pengunjung adalah tampilan website yang...

Close