banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Kerja Shared Hosting atau Hosting Bersama

Sebelum Anda memutuskan untuk berlangganan di layanan hosting terbaik pilihan anda, ada baiknya pahami dulu bagaimana cara kerja shared hosting atau hosting bersama. Karena walaupun banyak blogger dan pemilik website yang menggunakannya, tidak sedikit pula yang masih bingung mengenai bagaimana pembagian wilayah dalam jenis hosting yang satu ini.

shared hosting bersama

Seperti yang Anda ketahui, shared hosting merupakan salah satu jenis hosting yang disediakan oleh hampir semua provider layanan hosting, baik hosting di Indonesia maupun international.

Jenis hosting ini sangat laris dikalangan blogger pemula karena harganya yang terjangkau meskipun dengan keterbatasan fitur tertentu.

Loading...

Namun agar tidak bingung ketika hosting sudah dibayar, ada baiknya Anda pahami dulu bagaimana cara shared hosting bekerja dalam artikel berikut ini.

Apa itu Shared Hosting?

Secara sederhana, arti shared hosting adalah sebuah layanan hosting yang digunakan secara bersamaan dengan pengguna atau pemilik website lain. Artinya dalam satu server, akan ada 3 atau 5 pemilik website yang berbagi dalam satu server hosting yang sama seperti terlihat pada gambar ilustrasi diatas.

Beberapa shared hosting bahkan bisa digunakan oleh belasan hingga puluhan pengguna. Tergantung berapa besar kapasitas keseluruhan hosting tersebut dan berapa kapasitas web space GB yang digunakan oleh masing-masing pengguna.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, shared hosting ini sangat mudah ditemukan baik dari provider hosting luar negeri maupun dalam negeri. Bahkan beberapa di antaranya bisa Anda gunakan gratis, tanpa perlu berlangganan atau membayar biaya apapun.

Baca : 7 Rekomendasi Hosting Bayar Bulanan Murah Berkualitas

Bagaimana Cara Kerja Shared Hosting?

Sesuai dengan namanya, shared hosting adalah jenis hosting yang digunakan secara sharing alias berbagi dan di indonesia sering disebut sebagai hosting bersama. Jadi sederhananya, para pengguna hosting tersebut akan patungan dalam membayar biaya maintenance dan biaya sewa satu hosting tersebut.

Seperti yang Anda ketahui, menyewa satu hosting membutuhkan biaya yang cukup besar. Selain itu tidak semua kapasitas penyimpanan di dalamnya akan kita gunakan.

Sedangkan dengan berbagi pembayaran dengan pengguna internet dan pemilik website yang lain, biayanya jadi jauh lebih murah. Sehingga blogger yang masih baru dan belum berpenghasilan sekalipun bisa berlangganan.

Lalu bagaimana cara mengatur jatah penyimpanan tiap pemilik website?

Meskipun kebanyakan shared hosting akan membatasi setiap penggunanya dengan penyimpanan yang sama, namun beberapa hosting bisa digunakan dengan batas penyimpanan berbeda-beda. Dan yang mengatur tentang batas penyimpanan tersebut adalah provider hosting tersebut.

Loading...

Jadi ketika Anda membayar biaya langganan shared hosting, provider web host tersebut akan membuat ruang khusus untuk seluruh data dan konten yang Anda miliki. Jika Anda memilih langganan hosting dengan penyimpanan 500 mb, maka provider web host akan membatasi penyimpanan akun tersebut menjadi 500 mb.

Dengan begitu setiap pelanggan bisa menggunakan hosting dengan batas masing-masing sesuai dengan biaya langganan yang mereka bayar. Tidak ada yang merasa dirugikan karena bayar mahal namun penyimpanan kecil dan tidak ada pula yang diprioritaskan karena bisa mendapatkan ruang penyimpanan besar dengan biaya kecil.

Baca : 5 Penyedia Cloud Hosting Terbaik di Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja shared hosting, sekarang waktunya Anda pahami apa saja kelebihan dan kekurangannya. Karena walaupun banyak orang yang menggunakan, bukan berarti jenis hosting ini adalah yang terbaik.

Oleh karena itu, mari kita bahas apa saja sisi kelebihan dan kerugian menggunakan hosting ini.

Kelebihan Shared Hosting

Kelebihan shared hosting yang paling utama tentunya adalah harga sewa terjangkau. Seperti yang sudah dikatakan tadi, blogger yang baru mulai dan belum berpenghasilan sekalipun bisa menggunakan hosting jenis ini.

Selain itu, shared hosting ini sangat mudah untuk digunakan. Sebab hampir tidak membutuhkan kemampuan teknikal apapun. Bahkan kebanyakan customer service dari para provider hosting siap menginstall website Anda secara cuma-cuma.

Dan dengan cara kerja shared hosting yang sudah dibatasi oleh provider web host, maka Anda juga bisa memperluas kapasitas penyimpanannya kapanpun diinginkan. Tidak seperti dedicated hosting yang mana perlu melakukan migrasi data dan setting ulang seluruh konten bila ingin meningkatkan kapasitas penyimpanan hosting.

Kekurangan Shared Hosting

Untuk website pribadi atau konten yang hanya berisi artikel, shared hosting memang bisa dibilang lebih dari cukup. Karena penyimpanan 5 Gb sekalipun tidak akan habis, khususnya bila Anda hanya mengisi artikel di website tersebut sendirian.

Sedangkan untuk website bisnis dan toko online, shared hosting mungkin tidak akan cukup untuk menampung semua pengunjung blog dan konten website Anda.

Walaupun bagus untuk permulaan, namun cepat atau lambat Anda harus meng-upgrade ke kapasitas yang lebih besar dan memindahkan seluruh data dalam website tersebut ke media hosting baru.

Selain itu, shared hosting juga memiliki uptime rata-rata 90%. Walaupun server-nya jarang down, namun biasanya ada dalam 1 kali dalam 1 bulan dimana hosting tidak bisa diakses oleh pengunjung website Anda.

Baca : Apa itu Managed WordPress Hosting (Hosting Dikelola)?

Seperti itulah pembahasan mengenai cara kerja shared hosting atau hosting bersama. Jadi walaupun murah, masih ada beberapa kekurangan yang bisa Anda rasakan dalam layanan web hosting ini.

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Zero BS CRM – Plugin untuk Mengelola Pelanggan Gratis untuk WordPress

Zero BS CRM - Plugin untuk Mengelola Pelanggan Gratis untuk WordPress - Saat Anda...

Pilih Mana, Investasi Jangka Panjang, Pendek atau Menengah?

Pilih Mana, Investasi Jangka Panjang, Pendek atau Menengah? - Beberapa dari Anda mungkin ada...

Close