Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

10 Tips Jitu Menjadi Pebisnis atau Pengusaha Sukses

Sukses adalah kata yang sering kita dengar dan setiap orang ingin meraihnya. Dalam berbagai hal kesuksesan ingin di raih, baik sukses dalam pendidikan, sukses membangun rumah tangga dan sukses dalam berbisnis. Pada artikel ini saya akan membahas mengenai hal yang akan menjadikan Anda sukses dalam bisnis.

tips pengusaha pebisnis sukses

Memulai bisnis bukanlah hal yang mudah, setiap orang memang bisa memulai bisnis tapi untuk meraih kesuksesan tidak semua orang bisa mendapatkannya. Karena memulai bisnis butuh persiapan baik secara materi, waktu, pikiran dan kesiapan diri.

Ada banyak cara untuk memulai bisnis. Jika Anda seorang karyawan dan ingin memulai bisnis, Anda bisa memulainnya dengan melakukan bisnis sampingan, atau meninggalkan pekerjaan sebagai karyawan dan total menjalankan bisnis baru. Namun bagi Anda yang ingin memulai tanpa beban menjadi seorang karyawan, Anda bisa langsung berkonsentrasi penuh dengan merintis bisnis, karena saat Anda sudah bisas menikmati kesuksesan hasil dari perjuangan Anda dalam memulai dan merintis bisnis dari nol pasti akan sangat merasa puas. Namun untuk bisa menikmati kesuksesan tersebut Anda harus berjuang, tetap termotivasi, memantapkan tujuan dengan penuh semangat untuk bisa sampai dalam meraih kesuksesan.

Baca : 5 Tips Kembangkan Bisnis Agar Lebih Sukses di 2016

Berikut 10 Tips Jitu Menjadi Pebisnis Sukses :

1. Pahami dan Yakini

Hal pertama sebelum memulai terjun dalam dunia bisnis, Anda harus memahami tujuan Anda kenapa ingin memulai berbisnis. Dan yakini pilihan tersebut agar Anda tetap berkomitmen untuk benar-benar melakukan semua hal yang yang di perlukan untuk menjadikan bisnis Anda berjalan, berkembang dan menuai kesuksesan seperti yang Anda impikan. Tanpa keyakinan untuk sukses di awal menjalankan bisnis, maka bisnis tersebut akan benar-benar gagal di tahun pertama Anda.

2. Segera Mulai

Segera mulai apa ide bisnis yang sudah ada di kepala Anda, karena akan percuma jika Anda hanya membayangkan kesuksesan dalam berbisnis tapi ide bisnis yang sudah Anda punya tidak di realisasikan dengan segera. Jika Anda selalu menunggu waktu yang tepat atau menunggu momen yang tepat, maka ide bisnis Anda bisa saja menjadi ide yang sudah basi dan di jalankan oleh orang lain. Dengan segera memulai bisnis, Anda juga akan segera mulai belajar dan menemukan beberapa masalah dan kekurangan sehingga segera juga menemukan solusi.

3. Visi dan Misi

Visi dan misi adalah hal yang penting dalam bisnis. Anda harus memikirkan hal-hal apa saja yang ingin Anda capai dari bisnis yang Anda jalankan. Buat visi dan misi semuanya jelas dan tuangkan kedalam tindakan yang nyata. Misalnya siapa dan berapa target yang ingin Anda capai dalam bisnis tersebut.

4. Fokus

Fokus memang merupakan kunci dari setiap kesuksesan, Jadi Anda harus fokus dalam menjalankan bisnis, Anda harus menguasai bisnis Anda. Fokuskan pada rencana awal Anda, buat langkah-langkah kecil dan jangan terburu-buru untuk melakukan tahap-tahap yang lebih jauh yang menjadikan fokus Anda terpecah. Pikirkan inti dan kekuatan pada bisnis Anda terlebih dahulu dan selanjutnya Anda baru fokus pada langkah-langkah berikutnya sehingga Anda tidak melakukan banyak hal yang percuma. Selain itu Anda jangan mudah tertarik untuk merubah bisnis saat bisnis yang sedang dijalani berjalan lancar, karena bisnis baru berarti belajar hal baru yang menghabiskan waktu.

5. Totalitas

Totalitas adalah kewajiban yang harus di lakukan oleh setiap orang yang ingin meraih apa itu yang di namakan “sukses”. Begitu juga dalam bisnis sangat memerlukan totalitas bagi pelakunya, saat Anda sudah berkomitmen untuk terjun pada dunia bisnis, Anda harus mau melakukan segala hal untuk bertahan menjalankan bisnis tersebut dan mampu menemukan berbagai hal untuk mendukung kesuksesan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Baca : Cara Membangun Bisnis Online Pertama Anda Menjadi Sukses

6. Relasi

Relasi menjadi faktor penting. Karena dalam bisnis tentu tidak lepas dengan pemasaran, dengan begitu Anda harus mulai untuk mencari seseorang dan kenalkan mereka tentang bisnis Anda. Ini merupakan cara yang bagus untuk memperkenalkan Anda, brand dan produk Anda. Selain itu, untuk memperluas jaringan Anda, temukan orang-orang yang memiliki pemikiran yang sama untuk dijadikan teman dalam satu komunitas, sehingga bisa belajar untuk mengembangkan bisnis Anda bersama.

7. Belajar

Untuk meraih kesuksesan dengan cepat, belajarlah dari orang-orang yang sudah berpengalaman dalam menjalankan bisnis yang sama dengan Anda. Jika membutuhkan seorang tutor, Anda juga harus siap untuk menginvestasikan uang Anda untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman dari orang tersebut dalam bisnis. Dengarkan semua pengalaman mereka tentang kesalahan pada strategi pemasaran yang pernah mereka buat dan solusi saat mereka menemui kegagalan. Akan jauh lebih mudah jika Anda sudah mengetahui beberapa hal yang salah daripada Anda menemui kesalahan yang sama dan menemukan solusi itu sendiri. Dan Anda harus selalu tetap belajar dan menggali informasi dan jangan mudah puas dengan apa yang sudah Anda kuasai.

8. Bersikap dan berpikir positif

Menjalankan bisnis tidak seperti saat Anda sedang menjadi karyawan, Anda harus memikirkan dampak buruk dan baiknya, untuk itu selalu bersikap dan berpikir positif setiap keputusan yang Anda ambil. Tetap berkomitmen dan berpikir positif akan membantu Anda untuk lebih fokus dalam menghadapi situasi apapun, dan akan cepat menemukan solusi jika terjadi masalah.

9. Dengarkan kustomer

Memulai bisnis selalu akan berhubungan dengan kustomer dan bukan hanya soal memiliki produk yang hebat, tetapi Anda juga harus paham tentang apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Cara ini digunakan dalam pemasaran untuk memastikan bisnis Anda benar-benar berjalan. Dan karena kustomer lah bisnis Anda akan tetap hidup, dan jika kepuasan kustomer sudah Anda dapatkan, maka kesuksesan sudah di depan mata.

10. Siap dengan perubahan

Banyak orang yang memulai bisnis tidak mengalami tahap awal yang mulus. Anda perlu untuk mengorbankan waktu, pikiran dan tenaga sebelum benar-benar memiliki konsumen yang setia. Anda harus bisa memperkirakan, belajar dan beradaptasi dengan cepat. Jangan pertahankan metode yang sudah usang jika memang sudah harus mengikuti perkembangan, semisal Anda bisa mengembangkan bisnis Anda ke jalur online tapi Anda tidak mau mengembangkannya dan tetap hanya berjalan di offline saja.

Baca : 6 Tips Sukses Buat Anda yang Bekerja Dari Rumah

Diatas adalah 10 tips jitu jadi pebisnis yang sukses, gunakan tips ini untuk meraih kesuksesan Anda dalam berbisnis, jangan pernah takut untuk memulai dan selalu belajar dalam setiap langkah perjalanan bisnis Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga sukses. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Spacious Responsive Free

Spacious adalah Template Gratis Wordpress yang Responsif multiguna & dirancang dengan desain yang elegant. Anda...

30 Themes WordPress Toko Online Gratis Terbaik

Internet sudah membuat perubahan yang besar dari berbagai macam aspek, salah satunya adalah jual...

Close