Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

6 Tips Sukses Buat Anda yang Bekerja Dari Rumah

Semenjak teknologi internet semakin berkembang, kecepatan internet sudah memadai dan internet sudah menyebar ke berbagai daerah, semakin banyak pengusaha yang bekerja dari jarak jauh, bekerja dari rumah dan juga ada beberapa orang bahkan membangun “kantor” mereka di rumah dengan memanfaatkan ruang kecil atau dikamar untuk bekerja atau bahkan di kedai kopi yang sudah tersedia fasilitas internet. Untungnya, teknologi telah memungkinkan semua orang – bahkan pengusaha yang bolak-balik ke kantor setiap hari dengan mendapatkan keuntungan dari fleksibilitas bekerja dari rumah ketika dibutuhkan.

sukses bekerja dari rumah

Siapapun yang sudah merasakan bekerja dari rumah akan mengatakan kepada Anda bahwa bekerja dari rumah memiliki banyak manfaat, tapi juga tetap memiliki tantangan tersendiri. Memang bekerja dari rumah tidak cocok bagi setiap orang, ada tipe orang yang suka bekerja dengan banyak orang dan berinterasi dengan banyak orang, ada juga tipe orang yang suka melakukan kerja tanpa berinteraksi dengan orang lain.

Namun jika Anda ingin membangun karir Anda dengan bekerja dari rumah. Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda terapkan untuk tetap fokus pada pekerjaan Anda sepanjang hari dan Anda bisa meraih kesuksesan meski Anda bekerja dari rumah:

Baca : Cara Mulai Ngeblog Dan Sukses Dengan Blog

1. Mengatur dan Menjaga Jam Kerja

Kebanyakan orang yang bekerja dari rumah, mereka bekerja melebihi batas waktu dan ada juga yang malah kehilangan waktu untuk bekerja. Bekerja dari rumah, Anda juga tetap harus mengatur jam kerja Anda seperti layaknya orang bekerja di kantor, namun Anda bisa menentukan sendiri kapan waktu terbaik bagi Anda untuk bekerja dengan semangat dan produktif, yang terpenting jika Anda sudah menentukan bahwa jika Anda ingin bekerja sehari total 8 jam, maka bekerjalah selama 8 jam dengan pembagian waktu yang Anda atur sendiri tapi harus dilakukan dengan disiplin.

Lakukan yang terbaik untuk mengatur jam kerja dan waktu untuk berinteraksi dengan keluarga Anda. Kemudian mencoba yang terbaik untuk meninggalkan pekerjaan Anda dan segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan dan menikmati sisa waktu pada hari tersebut. Beri diri Anda waktu untuk istirahat atau sekedar berkumpul dengan keluarga Anda sehingga Anda dapat menjadi produktif lagi.

2. Rencana dan Struktur Hari Kerja

Atur struktur hari kerja Anda untuk memaksimalkan efisiensi. Memanfaatkan ritme alami tubuh Anda dan rencana kerja Anda pada jam yang membuat Anda merasa paling produktif. Semisal, jika Anda tidak suka melakukan pekerjaan di siang hari, maka Anda bisa melakukan pekerjaan hanya di waktu pagi, sore atau malam. Dan siang bisa Anda gunakan untuk berkumpul dengan keluarga, keluar rumah atau beristirahat.

Jika Anda tahu fokus terbaik Anda di pagi hari, maka tahan godaan untuk memeriksa email sampai jam 10 pagi.
Buatlah daftar tugas Anda untuk esok hari pada setiap Anda akan mengakhiri pekerjaan Anda hari ini, usahakan pekerjaan paling penting Anda masukkan dalam daftar paling utama sebelum pekerjaan yang tidak begitu penting.

3. Perhatikan diri Anda

Meskipun Anda bekerja dirumah, Anda tetap harus memperhatikan diri Anda. Jangan terlalu cuek dengan kebersihan diri Anda dan melupakan sarapan atau makan yang teratur. Lakuka sarapan dan makan dengan tepat waktu agar membantu Anda tetap focus dalam bekerja. Usahakan juga melakukan aktifitas mandi untuk menambah semangat kerja Anda dan mengganti pakaian Anda, hal tersebut tentu akan mempengaruhi Anda secara psikologis. Perlu Anda ketahui bahwa meluangkan waktu untuk membersihkan tempat kerja dirumah, mandi, sarapan, sikat gigi dan pakaian dapat membuat sesorang merasa lebih percaya diri.

4. Tempat Kerja yang Nyaman

Konsistensi merupakan aspek penting untuk bekerja dari rumah. Cobalah untuk bekerja di tempat yang sama setiap hari. Anda bisa menjadikan kamar tidur Anda sebagai kantorr, meja yang terletak di sudut ruang tamu atau ruang lain di rumah Anda.

Pastikan fungsi ruang kerja Anda secara efisien untuk Anda, bisnis Anda dan gaya Anda. Kelilingi diri Anda dengan hal-hal yang menginspirasi Anda dan membuat Anda bahagia diruangan tersebut seperti poster, gambar, bunga dan musik. Jadikan ruang kerja Anda sebagai tempat yang Anda dapat nikmati setiap hari dalam bekerja, pilih bagian dari rumah Anda di mana Anda dapat fokus dan melakukan pekerjaan terbaik.

5. Istirahat

Tentukan jadwal kapan Anda harus istirahat. Anda bisa bangkit dari meja kerja Anda dan melakukan peregangan atau berjalan di sekitar rumah atau keluar rumah. Mengambil istirahat untuk makan siang dan menikmati makanan siang Anda.

Jika Anda membutuhkan bersosialisasi sedikit, pergi keluar untuk makan siang dengan teman-teman atau klien. Sebuah keuntungan besar untuk bekerja dari rumah adalah memiliki fleksibilitas. Menjaga kebugaran tubuh juga merupakan hal yang sangat penting bagi Anda, Anda bisa mengatur jadwal pergi ke gym agar Anda tetap selalu sehat dan produktif dalam bekerja, bahkan mungkin Anda bisa mendapatkan ide saat Anda melakukan olahraga.

6. Hindari Gangguan

Salah satu tantangan bekerja dari rumah adalah akuntabilitas. Dengan tidak adanya kolega atau mitra kerja, tentu akan sangat mudah untuk terganggu. Gangguan bisa dari keluarga Anda sendiri, dari tentangga atau dari anak-anak Anda atau bisa juga gangguan untuk menjalankan tugas-tugas rumah tangga. Perlu bagi Anda untuk membicarakan dengan keluarga, kapan saat Anda tidak bisa di ganggu.

Tetap fokus pada pekerjaan di sepanjang hari untuk mempertahankan produktivitas yang konsisten. Hindari gangguan online juga. Batasi waktu yang dihabiskan untuk mengecek atau membalas email, media sosial, chating dan situs terkait dengan pekerjaan. Mengatur timer di ponsel atau komputer jika diperlukan. Dan jangan buang waktu atau uang pada pertemuan atau kegiatan yang kontraproduktif bagi keberhasilan Anda.

Baca : Tetap Termotivasi adalah Kunci Sukses Dalam Blogging

Diatas merupakan 6 tips sukses bekerja dari rumah, terapkan tips diatas agar Anda tetap dapat meraih kesuksesan meskipun Anda bekerja dari rumah. Semoga bermanfaat 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress BlogMaster Responsive Free

Blogmaster adalah Theme Wordpress Responsive Gratis untuk situs blogging yang membawa desain sederhana dan...

Sekarang WordPress.com Telah Merilis Aplikasi Versi Desktop

Wordpress beberapa waktu lalu telah merilis aplikasi desktop, aplikasi Wordpress versi dekstop ini hadir...

Close