How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Tips Bekerja Dari Rumah Yang Nyaman dan Produktif

Penyebaran virus Corona Covid 19 memang memberikan dampak yang luar biasa di seluruh dunia, ini menyebabkan krisis yang sangat besar disemua negara. Karena penyebaran virus Corona Covid 19 ini sangat cepat dan berbahaya, dan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini adalah social distancing atau jaga jarak minimal 1 meter, membuat pemerintah membuat gagasan bagi karyawan manapun untuk mulai bekerja dari rumah.

bekerja dari rumah nyaman dan produktif

Gagasan bekerja dari rumah ini sudah diterapkan sejak beberapa minggu yang lalu, tapi masih banyak juga kantor-kantor dan tempat bisnis lainnya yang belum mengikuti ajuran tersebut secara menyeluruh. Jika Anda bekerja sebagai karyawan dan kantor Anda mulai menerapkan untuk bekerja dari rumah, maka disini saya akan memberikan 10 tips terbaik bekerja dari rumah yang nyaman dan tetap produktif.

Jadi, meskipun bekerja dari rumah adalah impian banyak orang, tapi ini bisa menjadi sesuatu hal yang membuat banyak orang kesulitan dan membutuhkan banyak penyesuaian. Silahkan simak tips bekerja dari rumah dibawah ini agar Anda dapat bekerja dengan nyaman dan sama produktifnya dari jarak jauh.

Baca : Panduan Cara Install Skype di Ubuntu 18.04

1. Tanyakan Apa yang Anda Butuhkan

Jika Anda diminta untuk bekerja dari rumah, terutama jika itu adalah relokasi sementara, tanyakan kepada atasan Anda untuk perlengkapan yang Anda butuhkan selama bekerja dirumah. Meskipun Anda tidak sepenuhnya mendapatkan semua perlengkapan bekerja Anda, tetapi jangan menganggap itu remeh, Anda harus bertanya dan karena itu tanggung jawab atasan Anda, maka atasan Anda setidaknya harus bertanggung jawab memenuhi kebutuhan Anda. Beberapa hal yang perlu ditanyakan tentang kebutuhan Anda adalah:

  • Komputer
  • Kamera web
  • Mouse / Keyboard Nirkabel
  • USB
  • Semua Software / Aplikasi yang dibutuhkan
  • Printer (jika perlu)

Sebaiknya Anda bertanya dan meminta apa pun yang menurut Anda akan Anda butuhkan ketika melakukan pekerjaan selama dirumah agar tetap efektif, efisien dan tentu saja tetap produktif.

2. Buat Ruang Kerja yang Nyaman

Ruang kerja sangat penting saat Anda bekerja dari rumah. Anda harus menyediakan ruang khusus yang benar-benar nyaman untuk bekerja, bersihkan ruangan tersebut dan tata dengan rapi komputer, file, dan persediaan apa pun yang Anda butuhkan untuk bekerja dengan nyaman, bahkan ketika Anda sedang tidak bekerja.

Buat ruang kerja yang tenang, ruangan yang terpisah dari ruang keluarga dan televisi. Juga, pastikan ada banyak colokan listrik di tempat Anda. Jadikan tempat kerja dirumah Anda tersebut sebagai tempat yang paling tenang dan paling pribadi di rumah Anda sehingga ketika Anda bekerja Anda terpisah dari sebanyak mungkin gangguan yang mungkin terjadi agar bisa fokus bekerja dan tetap produktif.

3. Lengkapi Ruang Kerja Anda

Jika Anda bekerja dari rumah, dan kelihatannya ini akan berlangsung lama mungkin beberapa minggu bahkan bulan. Anda sebaiknya melengkapi ruang kerja Anda dengan benar agar betah dan nyaman seperti ketika Anda dikantor. Silahkan untuk menyediakan beberapa perlengkapan seperti berikut :

  • Kursi yang bagus. Ya, ini sangat penting untuk kenyamanan dan agar tidak membuat Anda sakit dan betah duduk berjam-jam di depan komputer.
  • Komputer yang dapat menjalankan aplikasi / software Anda, jika kantor tidak menyediakannya. Komputer dengan spesifikasi bagus bisa menjadi opsi yang baik jika perlu.
  • Headphone sangat penting dan jika Anda diharuskan untuk melakukan panggilan konferensi, headset adalah yang sangat penting.

Jika peralatan diatas sudah Anda miliki, maka bekerja dari rumah bisa menjadi hal yang menyenangkan, nyaman dan tetap produktif.

Baca : 10 Software Panggilan Konferensi Terbaik untuk Bisnis

4. Pastikan Internet & Wi-Fi Anda Memenuhi Kebutuhan Anda

Semua pengaturan internet dan Wi-Fi tidak dibuat sama. Bandwidth yang Anda miliki di rumah mungkin lebih lambat dari yang biasa Anda gunakan di kantor. Uji kecepatan internet Anda, lalu uji streaming, uji panggilan konferensi, dan coba upload dan download file di lokasi yang Anda rencanakan untuk digunakan untuk kantor pusat Anda.

Jika Anda membutuhkan kecepatan lebih cepat, coba atur beberapa pengaturan, dan jika itu tidak berhasil, hubungi penyedia layanan internet atau ISP Anda untuk meminta peningkatan kecepatan internet sementara waktu ketika Anda bekerja dari rumah.

Selain itu, pastikan pengaturan kantor sementara Anda berada di area dengan jangkauan Wi-Fi yang kuat. Jika perlu, pertimbangkan untuk menginstal jaringan mesh untuk meningkatkan jangkauan nirkabel.

Pastikan untuk menguji kecepatan internet Anda saat menggunakan VPN (jaringan pribadi virtual) karena Anda mungkin saja diharuskan untuk menggunakan VPN oleh atasan Anda.

5. Menentukan Harapan untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

Bekerja dari rumah mungkin berarti ada penundaan dalam waktu respons Anda. Bergantung pada pekerjaan Anda, Anda mungkin tidak memiliki akses ke semua hal yang sama yang Anda lakukan di kantor sehingga mungkin perlu waktu lebih lama untuk berhubungan dengan orang-orang atau untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan. Mengkomunikasikan potensi keterlambatan dengan rekan kerja, klien, dan atasan Anda.

Tetapkan juga harapan untuk diri sendiri dan orang-orang yang menempati ruang yang sama dengan Anda. Itu termasuk menetapkan batasan untuk keluarga Anda untuk memandu jam kerja Anda.

6. Buat Jadwal dan Kelola Waktu Anda Dengan Baik

Bekerja dari rumah bukanlah hal yang mudah, karena ada begitu banyak gangguan dan hal yang akan membuat Anda kehilangan fokus dan waktu terbuang sia-sia untuk hal-hal yang tidak diperlukan. Karena bekerja dari rumah tidak ada atasan dan rekan kerja, maka Anda bisa saja menjadi sangat santai dan malas.

Untuk menghindari rasa malas dan gangguan yang mungkin terjadi, pastikan untuk selalu membuat jadwal pekerjaan yang harus diselesaikan setiap harinya. Hal ini akan secara otomatis menuntut Anda untuk bekerja secara produktif dan tahu pekerjaan-pekerjaan apa yang harus Anda selesaikan.

Buat tulisan tentang jadwal pekerjaan yang harus diselesaikan di papan tulis atau kertas besar, dan tempelkan itu di tembok tepat di depan Anda agar Anda selalu dapat membaca dan mengingatnya.

7. Panggilan Video Konferensi

Bekerja dari rumah mungkin berarti rapat Anda akan dipindahkan secara online. Jika Anda menggunakan software panggilan konferensi video seperti Zoom atau GoToMeeting, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan selama panggilan konferensi video dilakukan.

  • Nyalakan kamera Anda: Kecuali jika itu adalah rapat di mana yang Anda lakukan hanyalah mendengarkan, gunakan kamera sebagai cara mempertahankan gambar profesional dan rasa kehadiran fisik.
  • Pastikan mikrofon Anda aman dari suara-suara di belakang Anda yang mungkin akan menggangu ketika adanya panggilan konferensi video. Konfigurasikan perangkat lunak konferensi video Anda untuk membisukan secara default saat dimulai.
  • Pastikan pencahayaan ruangan Anda bagus agar orang lain dapat melihat wajah Anda saat mereka berbicara kepada Anda ketika panggilan konferensi berlangsung.
  • Pastikan background Anda bersih dan agar kolega Anda tidak melihat semua kekacauan dibelakang Anda.
  • Pastikan untuk menggunakan pakaian yang rapi dan sopan agar orang lain tetap melihat Anda serius dan tidak main-main ketika bekerja. Karena perlu di ingat, meskipun Anda bekerja dirumah tapi Anda masih bekerja dibawah pengawasan atasan Anda. Jadi pastikan Anda selalu siap tampil rapi dan sopan ketika atasan Anda ingin melakukan video konferensi.

8. Hindari Kebiasaan Buruk Bekerja dari Rumah

Apa pun yang dilarang di tempat kerja juga tidak boleh Anda lakukan di rumah. Pastikan Anda tidak menghabiskan waktu Anda untuk bermain-main media sosial, YouTube dan acara streaming di komputer Anda. Selain ini akan membuat Anda tidak produktif dan menghambat pekerjaan Anda, ini juga bisa menjadi kebiasaan yang buruk dan berlangsung setiap hari selama Anda bekerja dari rumah. Anda boleh melakukan itu, kecuali jika itu adalah bagian dari pekerjaan Anda.

9. Tetap Terhubung dengan Rekan Kerja Anda

Berapa kali sehari Anda beristirahat untuk terhubung dengan kolega Anda, berbagi informasi, atau hanya menjauh dari meja Anda? Jika Anda bekerja dari rumah, itu jauh lebih sulit untuk dilakukan, tetapi tidak kalah pentingnya. Gunakan aplikasi seperti Slack –– sistem pesan untuk tim –– untuk tetap berhubungan dengan orang-orang yang bekerja dengan Anda.

Kolaborasi juga penting. Anda mungkin mengandalkan kekuatan rekan-rekan Anda setiap saat ketika Anda sedang bekerja. Jangan biarkan bekerja dari rumah menghentikan itu. Gunakan alat kolaborasi, jika perlu, tetapi terhubung dengan orang-orang yang dapat membantu Anda melakukan pekerjaan Anda dengan lebih baik.

Bahasa tubuh adalah aspek komunikasi yang penting dan terabaikan, terutama di tempat kerja. Salah satu stand-in yang efektif untuk bahasa tubuh saat bekerja dari jarak jauh adalah emoji yang sangat disukai! Sering menggunakannya, dan secara tepat, dan Anda akan menyampaikan isyarat non-verbal yang penting kepada rekan kerja Anda.

10. Bersikap Fleksibel

Bekerja dari rumah kebanyakan tentang fleksibilitas. Anda harus dapat bekerja di tengah-tengah gangguan yang tidak Anda temukan ketika di kantor Anda. Anda harus berkomunikasi dengan orang rumah Anda tentang keadaan Anda, beritahu mereka kapan waktu Anda harus fokus dan tidak boleh diganggu dan kapan mereka boleh meminta bantuan Anda.

Meskipun bekerja dari rumah tidak semudah dan seindah yang dibayangkan, Anda harus tetap mencoba kebiasaan baru ini sebaik mungkin agar Anda nyaman bekerja dari rumah dan tetap produktif.

Baca : MyJio – Aplikasi Untuk Memeriksa Gejala Virus Corona (Covid 19)

Kita semua berharap wabah virus corona ini segera berakhir dan semua aktivitas kembali normal seperti sebelumnya. Mari kita berdoa dan berusaha agar tetap jaga jarak, bekerja dari rumah dan selalu menjaga kebersihan. Karena hanya itulah yang bisa kita lakukan agar virus covid 19 ini tidak menyebar dan benar-benar hilang. Semoga semua sehat selalu dan selamat bekerja dari rumah. Semoga sukses 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
10 Bank Penyedia Kartu Kredit Terbaik di Indonesia

10 Bank Penyedia Kartu Kredit Terbaik di Indonesia - Saat ini, sudah banyak penyedia...

10 Software Panggilan Konferensi Terbaik untuk Bisnis

10 Software Panggilan Konferensi Terbaik untuk Bisnis - Semenjak peristiwa luar biasa ini terjadi...

Close