vps murah
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Memilih Nama Domain untuk Bisnis Anda

Saat Anda ingin memulai bisnis online dan menjadikan media website sebagai sarana bisnis, salah satu hal yang harus Anda pikirkan adalah apa nama domain yang akan Anda gunakan untuk website bisnis Anda. Pikirkan nama domain tersebut sebagai nama bisnis yang akan dikenal secara online. Memilih nama domain adalah sama pentingnya dengan memberikan nama bayi yang baru lahir, karena bisa jadi seumur hidup bisnis Anda akan dikenal dengan nama itu. Ada banyak aturan praktis yang dapat Anda ikuti untuk menemukan nama domain yang sesuai dengan bisnis Anda dengan sempurna.

cara memilih domain bisnis

Memilih nama domain memang tidak begitu sulit tapi yang sulit adalah mengamankan nama domain, karena domain yang di inginkan sebagian besar adalah kata-kata populer dan umum di domain dengan ekstensi .com .org .net dan nama domain tingkat atas lainnya sudah di miliki oleh perusahaan atau orang lain. Selain itu para pemburu domain juga selalu menginvestasikan uang mereka untuk memburu domain baru dengan nama yang unik dan menjualnya kembali dengan harga yang berlipat-lipat yang pada dasarnya harga domain tidaklah mahal yaitu berkisar antara 100 ribu sampai 150 ribu.

Ketika Anda ingin memilih nama domain untuk sebuah bisnis atau perusahaan, Anda perlu menjaga merek Anda. Nama domain harus sama dengan nama merek Anda, tetapi pilihlah dengan “cerdas” dan nama yang mudah untuk di ingat. Jika nama perusahaan Anda adalah sesuatu seperti, Info Pariwisata, Anda dapat memilih untuk Pariwisata.com atau atau Infopariwisata.com (tergantung ketersediaan).

Baca : Pengertian Lengkap Tentang Niche Bisnis?

Berikut tips memilih nama domain

Untuk memudahkan Anda dalam memilih nama domain yang cocok untuk website atau blog bisnis Anda, silahkan ikuti tips dibawah ini sehingga apa yang Anda beli tidak mengecewakan pada kemudian hari.

Kata kunci dan Nama

Pilih setidaknya 10 kata kunci yang terkait dengan niche Anda, dan 5 kata populer acak. Anda dapat menggunakan layanan domain suggestion seperti domainsbot untuk membantu Anda menemukan nama domain dan untuk dipertimbangkan. Domainsbot merandom kata kunci yang Anda ketikkan, dan memberikan daftar semua nama domain yang tersedia. Dengan memiliki nama domain yang terdapat kandungan kata kunci yang Anda target maka akan menjadikan website Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari seperti Google. Nama domain dengan kata kunci akan mudah dikenali oleh mesin pencari untuk mengetahui apa sebenarnya isi situs Anda.

Nama domain

Sebagai blogger baru, Anda mungkin merasa memilih nama domain memang membingungkan, apalagi untuk menentukan ekstensi nama domain yang harus Anda pilih. Saya sangat menyarankan bagi Anda untuk merebut nama domain dengan ekstensi .com, karena ekstensi .com ini adalah ekstensi tertinggi dan terpopuler dibanding ekstensi domain yang lain. Dan jika versi .com yang Anda pilih tidak tersedia, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan ekstensi domain .org atau .net sebagai pilihan terbaik berikutnya. Jika tidak tersedia lagi, Anda dapat memilih ekstensi nama domain baru gTLD seperti .co dan banyak lainnya. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan nama domain .id jika memang target utama bisnis Anda adalah orang indonesia.

Mudah Di Ingat

Pilihlah nama domain yang mudah untuk di ingat dan mudah saat di ketikkan, karena nama domain Anda nantinya akan di ingat oleh pelanggan Anda, dan ketika di ketikkan di browser oleh pelanggan, mereka tidak melakukan salah pengetikan. Cobalah untuk menghindari nama-nama yang mudah diucapkan tapi mungkin menciptakan kebingungan dalam ejaan saat Anda mencoba untuk mengetik nama tersebut. Buat nama domain sesederhana mungkin untuk di eja maupun di ketik. Selain itu usahakan memilih nama domain yang singkat dan lebih baik tidak lebih dari 15 karakter, jangan memaksakan nama domain panjang hanya demi untuk memasukkan kata kunci.

Baca : 10 Layanan Hosting Terbaik dan Murah [Best Host]

Pelanggaran hak cipta!

Sebelum Anda memilih domain baru, pastikan Anda tidak melanggar kebijakan apapun dengan merek hak cipta yang sudah ada. Misalnya, WordPress tidak memungkinkan Anda untuk memiliki nama domain dengan “WordPress” di dalamnya. Jika Anda melakukannya, bersiap-siap untuk mendapatkan surat resmi. (Meskipun mereka akan membiarkan Anda menggunakan nama termasuk “WP” bukan “WordPress”). Jadi usahakan untuk sebisa mungkin menghindari pelanggaran hak cipta ini, usahakan untuk melakukan penelitian lebih dalam lagi agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

Hindari tanda hubung

Jika Anda membuat blog niche dan mencari nama domain yang mengandung kaya kata kunci, yang terbaik adalah untuk menjauh dari nama domain dengan tanda hubung di dalamnya. Karena nama domain dengan tanpa tanda hubung dahulu mendapatkan peringkat lebih baik daripada yang menggunakan tanda hubung, tapi ini tidak lagi terjadi saat ini. Jika Anda melihat sistem peringkat saat ini, Anda akan melihat dengan jelas bahwa mencari domain alternatif adalah merupakan ide yang baik daripada menggunakan nama yang mencakup tanda hubung. Selain itu pengguna juga tidak suka dengan nama domain yang menggunakan tanda hubung, karena ini mempersulit pengguna saat mengingat dan mengetik.

Kadang-kadang orang menyarankan bahwa Anda harus memilih nama domain sesuai dengan niche blog Anda. Tapi ini bukan nasihat besar untuk blogger yang mencari nama domain dengan kata-kata seperti “teknologi” dan “blog” di dalamnya, misalnya:

Techtip, Techblog, bloggertips dan sebagainya. Ada ribuan blog dan website di Internet yang sudah menggunakan nama yang mirip. Dengan kenyataan seperti itu, maka lebih baik untuk memilih nama yang dapat menjadi bagian dari merek khusus untuk Anda di masa depan.

Baca : Apa itu Domain Authority (Otoritas Domain)?

Dan di atas adalah merupakan tips yang perlu Anda ikuti agar Anda dapat memilih nama domain yang terbaik untuk website bisnis Anda.

Tempat Terbaik untuk Daftar Nama Domain

Anda dapat dengan mudah menemukan tempat untuk daftar dan membeli nama domain di internet, karena terdapat ratusan pendaftar domain tersedia di web saat ini. Meskipun banyak bisa Anda temukan, Anda juga tetap harus sangat hati-hati dimana Anda harus mendaftarkan nama domain Anda tersebut, karena suatu saat bisa sulit untuk memindahkan domain Anda di kemudian hari.

Untuk harga domain bisa saja berbeda tergantung kebijakan dari perusahaan yang menjual domain tersebut tapi biasanya hanya berkisar antara $12 – $25 (13000 ribu – 300000 ribu), hal ini sama seperti dengan web hosting yang juga ditawarkan dengan harga berbeda-beda.

Dan berikut adalah beberapa tempat yang saya sarankan untuk pendaftaran domain Anda.

Untuk memiliki nama domain, Anda bisa mendapatkannya secara gratis jika mendaftar sekaligus membeli web hosting. Dan web hosting biasanya menawarkan nama domain gratis untuk 1 tahun pertama dan tahun berikutnya membayar sekitar $14 saja. Jika Anda baru memulai untuk website bisnis, akan sangat baik mengambil keuntungan dari tawaran domain gratis ini. Dan berikut beberapa perusahaan layanan web hosting terbaik yang menawarkan domain gratis saat pendaftaran akun hosting baru :

Bluehost : Salah satu yang layanan web hosting tertua dan terbesar yang mungkin sering Anda dengar atau temui di web hosting. Dan ini merupakan web hosting yang secara resmi direkomendasikan oleh “WordPress”.

SiteGround  : Salah satu penyedia hosting yang paling populer dan menjadi pilihan para komunitas sehingga mendapat nilai tertinggi dalam industri. Mereka juga secara resmi direkomendasikan oleh “WordPress” sebagai penyedia hosting.

iPage : Kekuatan lebih dari 1 juta situs web dan yang paling rumah daripada yang ditawarkan oleh penyedia web hosting, hosting ini ditawarkan dengan harga $1,99 / bulan untuk web hosting dan Anda mendapatkan nama domain gratis.

Dan jika Anda memilih nama domain berbayar dan tidak ingin membeli hosting maka pilihan yang terbaik dan sudah sangat populer adalah di GoDaddy dan NameCheap.

Dan itulah diatas merupakan tips yang harus Anda ikuti agar mendapatkan nama domain yang bagus untuk situs bisnis Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Masonry Brick Responsive Free

Masonry Brick adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang mempunyai desain layout seperti namanya yaitu...

Nestify.io Solusi Web Hosting Terbaik untuk WordPress

Saat Anda membaca judul dari artikel ini yaitu Nestify.io adalah solusi hosting terbaik untuk...

Close