How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

5 Jenis Pekerjaan Menjanjikan Selain Jadi Karyawan

5 Jenis Pekerjaan Menjanjikan Selain Jadi Karyawan – Mayoritas masyarakat Indonesia hanya tahu pekerjaan yang berstatus karyawan saja seperti karyawan bank, BUMN, atau PNS. Namun tahukah anda? Ada banyak jenis pekerjaan lainnya selain jadi karyawan yang juga tak kalah menjanjikan. Bahkan pekerjaan – pekerjaan tersebut bisa menghasilkan gaji hingga 2x gaji karyawan fresh graduate bahkan lebih.

Saat ini lapangan pekerjaan semakin sempit sedangkan pencari kerja semakin banyak jumlahnya. Kondisi ini membuat  para fresh graduate bingung harus melamar kerja dimana. Bila menjadi karyawan BUMN seperti pada umumnya, tentunya persaingan akan sangat ketat dan persentase untuk diterima menjadi semakin kecil.

Baca : 10 Tips Mengelola Keuangan Untuk Karyawan Baru

5 Jenis Pekerjaan Menjanjikan Selain jadi Karyawan

Pekerjaan selain jadi karyawan

Oleh karena itu terutuk anda yang ingin mendapatkan pekerjaan, namun tidak ingin menjadi karyawan, maka profesi atau pekerjaan berikut ini adalah beberapa rekomendasi jenis pekerjaan selain jadi karyawan :

1. Pengusaha

Untuk pekerjaan yang pertama ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bila tidak menjadi karyawan kantoran, maka menjadi pengusaha adalah pilihan yang tepat. Memang menjadi pengusaha atau membuat bisnis yang anda jalani sendiri bisa memberikan banyak keuntungan. Diantaranya jam kerja yang lebih fleksibel, penghasilan yang bisa kita atur sendiri, serta pendapatan yang juga bisa lebih besar daripada pekerja kantoran.

Tetapi anda juga perlu sadar bahwa pendapatan yang diperoleh sebagai pengusaha tidak bisa langsung besar layaknya seorang karyawan. Pendapatan anda tiap bulannya juga fluktuatif, tergantung berapa banyak penjualan per bulan. Dan menjadi seorang pengusaha tidak bisa dilakukan dalam waktu sebulan atau dua bulan.

Umumnya para fresh graduate yang langsung menjadi pengusaha sudah merintis bisnisnya sejak masih sekolah atau kuliah. Jadi bila anda juga ingin menjadi pengusaha yang sukses, mulailah bisnis anda dari sekarang.

Baca : 30 Cara Untuk Menjadi Pengusaha yang Lebih Sukses

2. Freelancer

Tak hanya jadi pengusaha, menjadi freelancer juga merupakan jenis pekerjaan selain jadi karyawan yang bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk fresh graduate. Bahkan saat ini sudah banyak anak muda baik yang masih sekolah maupun kuliah yang menjadi freelancer sebagai kerja sampingan atau part – time.

Sebenarnya cara kerja freelancer dan seorang pengusaha tidak jauh berbeda. Intinya, anda akan diminta membuatkan sesuatu oleh klien dengan jangka waktu tertentu dan bayaran yang sudah disepakati. Keuntungan dari menjadi freelancer adalah anda bisa mengerjakan pekerjaan anda dimana saja tanpa harus menggunakan seragam setiap hari atau bangun pagi tiap hari.

Freelancer juga ada banyak jenisnya. Mulai dari pengisi suara, desainer untuk baju ataupun banner, penulis artikel, programmer, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang, apapun kemampuan yang anda miliki bisa anda manfaatkan dengan menjadi freelancer.

3. Social Media Influencer

Berikutnya ada social media influencer, pekerjaan yang sering kali tidak kita sadari bisa berpotensi menghasilkan pendapatan yang besar. Untuk anda yang belum tahu, social media influencer ini bisa berupa menjadi selebgram, blogger, youtuber, selebtwit, dan lain – lain.

Salah satu syarat menjadi social media influencer adalah memiliki followers atau pengikut dalam jumlah banyak. Baik itu belasan ribu, ratusan ribu, bahkan jutaan orang. Sehingga tiap postingan yang anda buat akan berpengaruh untuk para pengikut anda.

Cara para social media influencer ini mendapatkan uang adalah melalui sponsor atau endorse. Namun bentuk endorse pun ada berbagai macam. Mulai dari paid promote, brand ambasador, dan lain – lain.

Jumlah pendapatan perbulan para social media influencer ini juga tergantung dari jumlah followers dan kualitas followers yang dimiliki. Bila anda memiliki pengikut yang loyal dan siap mendukung anda, pastinya para perusahaan yang ingin berpromosi di akun social media anda bersedia membayar lebih banyak.

4. Business Consultant

Jenis pekerjaan selain jadi karyawan yang berikut ini mungkin kurang cocok untuk para fresh graduate. Sebab untuk menjadi business consultant, anda butuh pengalaman bekerja di lapangan yang cukup banyak agar dapat meyakinkan klien. Jadi pekerjaan yang satu ini lebih cocok untuk para karyawan yang mulai memikirkan untuk resign dari kantornya dan mencari pekerjaan lain yang lebih flexible.

Business consultant adalah penasihat bisnis yang sangat dibutuhkan baik para pengusaha UMKM baru, startup, bahkan perusahaan besar. Selain itu, profesi satu ini juga dibutuhkan dalam menyeleksi pekerja dan SDM baru yang ingin diterima perusahaan.

Untuk menjadi business consultant yang baik anda juga membutuhkan pengetahuan di bidang bisnis, ekonomi, dan akutansi. Umumnya para business consultant berasal dari lulusan marketing, akutansi, atau bahkan kuliah S2 untuk memperdalam ilmunya.

Baca : Panduan Terbaik #1 Digital Marketing untuk Bisnis Online

5. Software Engineer

Pernahkah anda berpikir dari mana software atau aplikasi yang sehari – hari kita gunakan baik di laptop maupun smartphone? Software – software tersebut dibuat oleh para software engineer baik yang berasal dari perusahaan maupun yang dibuat secara independent atau produksi indie.

Para software engineer ini biasanya bukan hanya satu orang, melainkan tim yang berasal dari berbagai negara. Sehingga sudah pasti, mereka berkomunikasi melalui internet atau online, tanpa perlu ke kantor. Gaji dari software engineer ini bisa mencapai 1 miliar per tahunnya. Namun anda membutuhkan kemampuan dalam bahasa program tertentu untuk bisa menjadi software engineer yang handal.

Di ujung hari ketika anda sudah menemukan pilihan pekerjaan selain karyawan, akan muncul pertanyaan baru. Apakah kita bisa hidup mapan dan terjamin dari 5 jenis pekerjaan selain jadi karyawan ini? Mengingat para karyawan memiliki gaji dan penghasilan yang stabil meskipun terbatas.

Tapi masalah seperti ini bisa diatasi bila anda pandai mengatur uang dan menabung. Sebab karyawan yang sudah mapan sekalipun bisa mengalami masalah finansial bila tidak bisa menabung. Anda bisa juga membaca artikel berikut untuk → 5 Cara Paling Efektif Menabung Bagi Karyawan.

Baca : 4 Tips untuk Menemukan Pengacara Bisnis yang Tepat

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 Aplikasi Belanja Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

5 Aplikasi Belanja Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia - Di era modern seperti...

CosmosWP Tema WordPress Gratis Serbaguna Terbaik

CosmosWP Tema WordPress Gratis Serbaguna Terbaik - Apakah Anda saat ini sedang mencari tema...

Close