fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Tips Mengelola Keuangan Untuk Karyawan Baru

10 Tips Mengelola Keuangan Untuk Karyawan Baru – Manajemen keuangan adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh setiap orang yang menginginkan hidupnya berjalan lebih baik dan terhindar dari masalah keuangan dikemudian hari. Manajemen keuangan adalah mengatur atau mengelola bagaimana uang Anda digunakan dengan tepat agar tidak mengalami masalah kesulitan uang dikemudian hari.

Munculnya manajemen keuangan bahkan ini di ajarkan di berbagai pusat pendidikan karena memang pelajaran manajemen keuangan memiliki peran sangat penting dalam kehidupan sehari-hari bagi setiap orang.

Apakah Anda saat ini adalah seorang yang baru diterima kerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan atau tempat kerja apapun? Jika iya, maka selamat untuk Anda.

Selanjutnya, setelah Anda bekerja sebagai karyawan selama beberapa bulan, dan sudah menerima gaji dari perusahaan Anda, maka ini saatnya bagi Anda untuk mengelola uang yang Anda dapatkan dari hasil kerja Anda untuk tujuan yang lebih baik di masa depan.

mengelola keuangan karyawan

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan gaji Anda selain menghabiskannya, karena uang memiliki peran penting yang akan berguna untuk masa depan Anda nantinya. Berikut ini adalah 10 Tips mengelola keuangan bagi karyawan baru.

Buat Tabungan Rencana

Tips mengelola keuangan untuk karyawan yang pertama adalah buat tabungan rencana. Jika Anda seorang karyawan yang sudah bekerja setidaknya 6 bulan, maka ini saatnya bagi Anda untuk membuka tabungan rencana dan berjangka). Segera pergi ke bank terbaik pilihan Anda untuk membuka tabungan rencana dan pastikan Anda meminta petugas bank untuk melakukan auto debet dalam melakukan setoran di tanggal setelah Anda menerima gaji Anda, Hal ini bertujuan agar dana tersebut segera berpindah ketabungan rencana Anda dan Anda tidak ada kesempatan lagi untuk memanfaatkan uang tersebut untuk keperluan lain. Cara ini memang sedikit memaksa tapi ini terbukti ampuh untuk Anda yang ingin mengelola keuangan Anda dan mencapai tujuan rencana beberapa tahun kemudian seperti rencana pernikahan atau lainnya.

Konsisten Menabung

Menabung pada poin dua ini tentu berbeda dengan tabungan rencana, ini adalah tabungan pada rekening biasa. Anda bisa menyisihkan uang Anda secara konsisten setiap bulan untuk mencapai tujuan yang lebih besar. Setidaknya Anda harus menabung sebesar 20% dari gaji Anda, tentu ini tidak besar karena Anda sudah menabung dengan model lain yaitu deposito. Tapi meskipun itu hanya 20% dari  gaji Anda, jika Anda lakukan dengan konsisten maka Anda akan dengan cepat mewujudkan cita-cita Anda jauh lebih cepat daripada tidak sama sekali.

Baca : Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog Anda?

Catat Pengeluaran Anda

Sekarang setelah Anda memiliki uang masuk dari gaji Anda, Anda harus dengan pintar mengelola keuangan Anda dan mengendalikan kemana dana Anda akan digunakan. Cara terbaik untuk mengawasi penghasilan Anda adalah dengan mencatat semua penghasilan dan pengeluaran Anda, Anda bisa mencatat secara manual namun ini akan terlihat sulit dan juga kuno. Sekarang adalah zamanya teknologi yang super mudah, jadi Anda bisa menggunakan perangkat lunak atau aplikasi untuk manajemen uang pribadi Anda. Anda bisa mendapatkan software atau aplikasi semacam itu secara gratis baik untuk perangkat komputer atau smartphone Anda.

Dengan menggunakan aplikasi manajemen keuangan yang sederhana, Anda bisa dengan mudah mencatat dan melacak pengeluaran Anda dan mengatur anggaran pribadi yang mudah digunakan untuk pengeluaran di masa mendatang. Dengan mencatat pengeluaran Anda setiap hari, maka Anda bisa mengoreksi semua itu di akhir bulan dan memperbaiki keuangan Anda dibulan depan jika terdapat hal-hal yang tidak seharusnya Anda mengeluarkan uang.

Siapkan dana darurat

Dana darurat sangat penting dalam manajemen atau mengelola keuangan seorang karyawan, karena hal-hal bisa terjadi tanpa kita rencanakan seperti masalah kesehatan, handphone rusak atau kendaraan rusak. Untuk memastikan Anda memiliki uang untuk menutupi biaya tak terduga tersebut, Anda harus menyisihkan dana darurat yang berjumlah setidaknya 3 hingga 6 bulan untuk biaya hidup. Anda tidak perlu mengumpulkan jumlah tersebut sekaligus, Anda bisa menyisihkan uang tersebut secara perlahan setiap bulan dan Anda tabung dalam rekening tabungan pribadi Anda sehingga Anda mencapai angka tersebut dan memiliki dana darurat yang siap untuk digunakan kapan saja.

Fokus pada pengurangan hutang Anda

Bagian ini tentu bagi seorang karyawan yang memiliki hutang, Namun jika Anda seorang karyawan yang tidak memiliki hutang, maka selamat buat Anda karena beban biaya hidup Anda menjadi lebih ringan dan mudah tanpa tuntutan hutang.

Namun untuk Anda karyawan yang memiliki hutang. Dengan penghasilan tetap, Anda sekarang dapat menangani beberapa masalah manajemen keuangan Anda dengan percaya diri, dan Anda dapat mulai membayra hutang apa pun yang Anda miliki. Selalu bayar tagihan Anda tepat waktu dan, jika mungkin bayar lebih dari minimum cicilan yang Anda bayar tiap  bulan karena Anda akan mengurangi hutang lebih cepat dengan cara ini.

Siapkan Dana Pensiun

Pensiun tampaknya masih jauh jika Anda adalah seorang karyawan baru, tetapi semakin Anda rajin menyisihkan uang dari sekarang, semakin banyak uang yang Anda miliki saat pensiun. Jika Anda memiliki kebiasaan menabung yang sehat, maka bisa dipastikan bahwa Anda juga mendapatkan masa pensiun yang sehat. Menyisihkan uang untuk dana pensiun berbeda dengan menabung yang harus Anda lakukan secara konsisten setiap bulannya, Anda hanya perlu menyisihkan sedikit setidaknya 5% dari penghasilan gaji Anda setiap bulan.

Miliki rencana untuk tujuan jangka panjang

Tidak pernah terlalu dini untuk mengatur panggung untuk memenuhi tujuan jangka panjang Anda. Berikut adalah beberapa ide untuk membantu Anda tetap fokus di masa depan meskipun saat ini Anda adalah seorang karyawan baru yang mencoba untuk mengelola keuangan Anda dengan baik:

  • Visualisasikan tujuan Anda: pikirkan betapa memuaskannya memiliki mobil atau rumah, memulai perjalanan keliling dunia, memulai bisnis, atau bahkan pensiun dini! Kemudian berkomitmen untuk mewujudkannya.
  • Rencanakan anggaran Anda dengan cermat dan perhatikan pengeluaran Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi manajemen keuangan Anda yang akan membantu Anda dengan mudah mengelola anggaran pribadi Anda dan menemukan cara untuk menghemat. Penghematan apa pun yang Anda lakukan harus diterapkan pada sasaran dan rencana jangka panjang Anda.
  • Berkomitmen untuk menyisihkan sejumlah gaji Anda setiap bulan.
  • Untuk tujuan jangka panjang, pertimbangkan untuk menginvestasikan uang Anda di pasar saham.

Baca : 5 Tips Untuk Memulai Bisnis Online Anda Sendiri

Dan itulah 7 cara mengelola keuangan bagi karyawan baru, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan membantu Anda dalam mengelola keuangan Anda sehingga tercapai tujuan Anda dimasa depan. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 Browser Paling Aman Untuk Berselancar di Internet

5 Browser Paling Aman Untuk Berselancar di Internet - Jika Anda termasuk orang yang...

Cara Membuat Verifikasi Usia Pada Website WordPress

Diantara kita pasti sering menemui ada konten di website yang ketika kita kunjungi akan...

Close