How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

5 Cara Paling Efektif Menabung Bagi Karyawan

5 Cara Paling Efektif Menabung Bagi Karyawan – Sebagai seorang karyawan, khususnya yang masih baru, penting untuk mengetahui bagaimana cara efektif menabung untuk karyawan. Terlebih bila status pekerjaan masih bersifat kontrak kerja, bukan karyawan tetap. Sebab bisa jadi bulan berikutnya kontrak kerja tak lagi diperpanjang dan anda harus memiliki uang simpanan.

Apapun status pekerjaan anda, menabung sangat perlu untuk dilakukan. Setidaknya, anda perlu memiliki tabungan dengan jumlah 4 – 5 bulan gaji anda sebagai dana darurat. Selain itu menabung juga bermanfaat untuk masa depan Anda baik itu untuk biaya pernikahan, sekolah anak, membeli rumah atau DP rumah dan juga bisa untuk membeli kendaraan tanpa nyicil yang tentu jauh lebih murah dibanding ketika Anda mencicil secara kredit.

cara efektif menabung bagi karyawan

Bagaimana Cara Menabung Bagi Karyawan yang Efektif?

Tetapi bagaimana cara menabung yang efektif untuk karyawan baru yang kebanyakan gajinya masih di bawah 5 juta per bulan atau masih UMR (Upah Minimun Regional)? Ketahui jawaban selengkapnya pada artikel berikut ini agar Anda dapat menabung dengan benar agar Anda tidak menyesal dikemudian hari karena uang yang selama ini Anda dapat dari bekerja tidak pernah terkumpul, dan dibawah ini juga sangat cocok bagi siapa saja bukan hanya karyawan, ini cocok di terapkan bagi pengusaha, freelancer atau bahkan anak kuliahan yang sedang berbisnis sampingan:

Baca : 5 Jenis Pekerjaan Menjanjikan Selain Jadi Karyawan

1. Sisihkan Uang Tabungan Yang Paling Pertama Sebelum Menghitung Untuk Kebutuhan Bulanan

Loading...

Kebanyakan dari anda mungkin berpikir jumlah tabungan setiap bulan adalah sisa dari uang yang digunakan untuk kebutuhan selama sebulan. Hal tersebut membuat  jumlah uang yang anda tabung tiap bulannya berbeda – beda bahkan tidak ada sama sekali.

Padahal cara efektif menabung adalah dengan menyisihkan uang untuk tabungan yang pertama sebelum uang untuk kebutuhan bulanan lainnya. Sehingga pada setiap bulannya, tabungan anda akan bertambah dalam jumlah yang sama. Hal ini menjadi salah satu cara paling cepat dalam menabung dan bisa ditarget sesuai keinginan.

Tetapi berapa jumlah uang yang perlu anda tabung setiap bulan? Jawabannya tergantung dari bagaimana kebutuhan dan anda sehari – hari dan juga pertimbangan gaji atau penghasilan yang anda dapatkan.

Umumnya seorang karyawan harus menyisihkan setidaknya 30% dari gajinya untuk tabungan. Artinya bila gaji anda sekitar 5 juta per bulan, maka anda perlu menabung sebanyak 1,5 juta setiap bulannya.

2. Buat Rekening Khusus Tabungan

Di era modern seperti saat ini, kebanyakan dari kita menyimpan uang sehari – hari di rekening tabungan. Dan kemudahan dalam bertransaksi melalui smartphone membuat uang dalam rekening tersebut juga mudah terpakai untuk hal – hal yang kadang tidak penting. Sehingga uang yang ditabung juga sering kali kita gunakan tanpa terasa.

Untuk menghindari hal yang seperti ini, anda perlu membuka satu tabungan lagi khusus untuk tabungan yang tidak tersambung dengan mobile banking maupun e-banking. Selain itu, taruh kartu atm untuk rekening khusus tabungan ini di rumah agar anda tidak bisa menggunakannya ketika berbelanja.

Dengan begitu, uang yang anda simpan untuk tabungan akan lebih aman baik dari tindakan pencurian atau kemalingan. Selain itu, uang tersebut juga tidak akan anda gunakan walaupun tidak disengaja.

Loading...

3. Berinvestasi Emas

Beberapa dari anda mungkin sudah tahu bahwa emas merupakan salah satu jenis investasi yang nilainya tidak pernah turun. Dibandingkan dengan menyimpan uang di rekening bank yang nilainya terus tergerus oleh kurs dan mata uang, menyimpan uang dengan berinvestasi emas dinilai jauh lebih efektif untuk menabung dalam jangka panjang.

Saat ini juga sudah banyak perusahaan yang siap membantu anda para karyawan yang mau menabung atau berinvestasi emas. Salah satunya adalah Perusahaan Pegadaian milik BUMN. Bahkan kini ada kredit emas, yaitu berinvestasi emas dengan cara dicicil atau kredit setiap bulan. Dan bisa Anda lakukan top up langsung melalui aplikasi pegadaian emas dan jika ingin menjual emas Anda juga bisa langsung melalui aplikasi, ini sangat praktis dan benar-benar cara yang efektif untuk menabung bagi karyawan.

Dengan investasi seperti itu, anda akan mengeluarkan jumlah yang sama setiap bulan untuk berinvestasi emas hingga kredit tersebut lunas. Dan ketika sudah lunas, emas yang anda miliki bisa disimpan dan dicairkan ketika dibutuhkan.

Baca : 10 Ide Bisnis Untuk Anak Kuliah Yang Mudah Dan Gak Ribet

4. Selalu Bawa Uang Pas Ketika Ingin Berbelanja

Cara efektif menabung bagi karyawan yang berikutnya adalah dengan selalu menyiapkan uang pas dan menghitung perkiraan uang yang akan dikeluarkan sebelum pergi berbelanja. Termasuk juga ketika anda ingin nongkrong atau hangout bersama teman di cafe atau mall yang memaksa anda jajan walaupun hanya sekedar beli kopi saja.

Dengan begitu, anda tidak akan mengeluarkan uang yang jumlahnya diluar perkiraan atau membeli barang – barang yang tidak anda rencanakan. Sebab salah satu hal yang membuat anak – anak muda lebih boros adalah karena sering membeli barang yang sebenarnya tidak penting atau tidak terlalu dibutuhkan.

Jadi usahakan sebelum pergi misalnya untuk berbelanja, buat dulu catatan barang apa saja yang ingin anda beli dan perkiraan harganya. Kemudian bawa uang yang jumlahnya sama atau sedikit lebih besar untuk persediaan. Hal ini juga menghindari anda lupa membeli suatu barang yang mengakibatkan anda perlu kembali lagi dan mengeluarkan 2x ongkos untuk kendaraan.

5. Ikut Arisan Kantor atau Keluarga

Dan cara menabung yang efektif bagi karyawan yang terakhir adalah dengan mengikuti arisan baik di lingkungan keluarga maupun lingkungan kantor. Selain untuk mempererat tali silaturahmi, arisan juga menjadi salah satu cara untuk memiliki tabungan secara tidak langsung.

Umumnya arisan di undi 1 bulan sekali dan tiap orang dipastikan mendapatkan uang arisan 1 kali dalam setahun. Artinya dalam 12 bulan, akan ada paksaan bagi Anda untuk menyisihkan uang untuk arisan (dalam artian sama dengan menabung) dan 1 bulan dimana anda juga bisa berkesampatan untuk mendapatkan uang arisan dan bisa menggunakan uang tersebut baik untuk tabungan berikutnya ataupun untuk dana darurat bila sedang ada keperluan.

Namun jangan terlena, bila anda mendapatkan uang arisan di awal tahun, anda juga masih harus membayar iuran untuk sisa tahun tersebut, namun mendapatkan uang arisan lebih awal juga sangat bagus bagi pelaku bisnis karena bisa menggunakan uang tersebut untuk modal usaha dan memutar untuk mendapatkan keuntungan daripada menunggu giliran di akhir-akhir tahun. Jadi jangan langsung habiskan uang arisan kecuali anda sangat membutuhkannya.

Baca : 10 Tips Mengelola Keuangan Untuk Karyawan Baru

Demikianlah 5 cara efektif menabung bagi karyawan, khususnya karyawan baru. Bila anda baru diterima dalam pekerjaan dan masih muda, ada baiknya anda mulai menabung dari sekarang. Sebab tabungan sangat penting baik untuk dana darurat maupun dana untuk mencapai apa yang anda inginkan.

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 Jenis Pekerjaan Menjanjikan Selain Jadi Karyawan

5 Jenis Pekerjaan Menjanjikan Selain Jadi Karyawan - Mayoritas masyarakat Indonesia hanya tahu pekerjaan...

5 Aplikasi Belanja Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

5 Aplikasi Belanja Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia - Di era modern seperti...

Close