How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Mengelola Beberapa Toko Online Jadi Lebih Mudah Dengan WooMultistore

Mengelola Beberapa Toko Online Jadi Lebih Mudah Dengan WooMultistore – Apakah Anda pernah berpikir untuk membuat beberapa website toko online dengan WordPress dan menjual produk yang sama di beberapa website toko online Anda? Jika iya, maka itu benar-benar bisa Anda wujudkan dengan plugin toko online WooCommerce yang sangat populer dan merupakan plugin terbaik untuk membuat situs eCommerce di WordPress.

Membuat beberapa website toko online dengan menjual produk yang sama mungkin bisa Anda terapkan dan berakhir dengan kesuksesan jika strategi pemasaran dan SEO Anda benar. Karena persaingan di mesin pencari bisa Anda kuasai sepenuhnya.

WooMultistore

Namun, mungkin saja yang menjadi kendala ketika ingin membuat beberapa website toko online dan menjual produk yang sama di satu toko online dengan toko online yang lain adalah manajemen produknya. Jika Anda hanya membuat satu atau dua toko online dan dengan sedikit produk hal itu tidak masalah Anda lakukan secara manual. Tapi, bagaimana jika produk Anda berjumlah puluhan bahkan ratusan, dan Anda jual misal di 5 website toko online sekaligus?

Loading...

Itu akan benar-benar sulit dan melelahkan, karena Anda harus menyesuaikan banyak hal di beberapa toko online Anda secara manual. Misalnya, satu produk Anda memiliki 5 stok, dan terjual di toko online 1 maka Anda harus menyesuaikan jumlah stok di toko online lainnya, dan begitu sebaliknya. Belum lagi jika Anda ingin mengupdate informasi produk Anda yang lainnya seperti deskripsi dan hal-hal lain.

Untungnya ada plugin pihak ketiga untuk WooCommerce yang dapat menyelesaikan hal tersebut dan membuat semuanya serba otomatis untuk mengatur banyak hal dibeberapa toko online multistore Anda sekaligus, Anda hanya cukup mengupdate di satu toko online Anda dan toko online Anda yang lainnya akan mengikuti. Plugin yang sangat berguna dan memiliki fitur canggih untuk WooCommerce ini adalah WooMultistore.

WooMultistore

Apa itu WooMultiStore?

WooMultiStore adalah Plugin pihak ketiga yang berguna untuk meningkatkan fitur WooCommerce agar mendukung Multistore atau beberapa toko online sekaligus. Plugin WooMultistore ini dapat digunakan untuk mengelola fitur pada beberapa toko WooCommerce tanpa batas dari satu admin WordPress. Plugin ini mendukung baik instalasi WP yang berdiri sendiri maupun instalasi WordPress Multisite.

WooMultistore WooCommerce

Loading...

Dengan plugin ini, lebih mudah untuk menjalankan dan mengatur lebih dari satu situs toko online. Banyak pemilik toko WooCommerce ingin menjalankan sistem multistore di mana beberapa toko online yang menjual produk yang sama, atau banyak dari produk yang sama. Tetapi mereka kesulitan mempertahankan keakuratan persediaan atau stok di masing-masing toko. Menggunakan WooMultistore Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu karena plugin akan secara otomatis menyesuaikan jumlah stok di semua toko ketika jumlah stok produk berubah karena ada pembelian di salah satu toko yang lain.

Dan plugin ini juga dapat mencegah adanya suatu produk dipesan di satu toko ketika bagian stok hanya menyisakan stok terakhir dari produk yang dijual di toko lain sebelum Anda menyesuaikan jumlah stok secara manual.

Selain itu, Ketika Anda ingin membuat produk baru atau mengupdate produk di satu toko WooCommerce, toko online yang lain juga akan mendapatkan update produk yang sama, dan ini tentu akan sangat memudahkan pekerjaan Anda tidak peduli berapa produk dan jumlah situs toko online Anda.

Jika suatu produk diedit, mis. harga, deskripsi, atau data lain berubah. Maka situs toko online Anda yang telah di sinkronkan akan juga mendapatkan update yang sama di toko lain yang telah Anda buat. Anda juga dapat memilih untuk hanya menyinkronkan beberapa data, atau tidak semuanya. Fitur ini berguna ketika Anda ingin membuat perbedaan dari segi harga, deskripsi, dan sebagainya, di toko yang berbeda.

  • Pertahankan hanya satu stok untuk semua situs toko online Anda.
  • Ketika suatu produk dijual di satu toko maka jumlah stok di semua toko Anda diperbarui secara otomatis, Anda tidak perlu lagi mengedit nomor stok secara manual.
  • Anda dapat mendorong suatu produk dari satu toko ke semua toko lain sehingga Anda tidak perlu membuatnya secara manual atau mengimpornya dengan manual.
  • Dapat mengekspor pesanan dari semua atau toko yang dipilih ke file excel.
  • Tujuan menggunakan WooMultistore adalah untuk menghemat waktu. Karena Anda tidak perlu mengedit jumlah stok, Anda bisa lebih efektif dan menggunakan waktu Anda untuk melakukan hal-hal yang menghasilkan lain untuk lebih meningkatkan penjualan.

Baca : Plugin Pelaporan Terlengkap Untuk Toko Online WooCommerce

Fitur Utama WooMultistore

Manajemen stok produk yang unik : Manajemen stok produk yang unik untuk evaluasi inventaris yang mudah. Opsi sinkronisasi stok memungkinkan Anda untuk menyinkronkan jumlah nilai stok dari produk yang sama secara otomatis di semua situs web toko online di jaringan Anda.

Setiap toko dapat menggunakan opsi yang berbeda : Setiap toko dapat menggunakan bahasa, mata uang, opsi pembayaran yang berbeda, di samping semua opsi lain yang termasuk dalam toko online WooCommerce standar.

Satu dashboard pesanan WooCommerce utama : Hanya butuh satu panel pesanan WooCommerce utama untuk mengelola dan memantau semua domain dan pesanan dengan menggunakan plugin WooMultistore.

Loading...

Manajemen Produk : Produk dapat dikelola di situs utama, meskipun dimungkinkan untuk memperbarui atau menyesuaikannya di situs lain.

Ekspor data meta ke toko lain : Semua data meta produk dapat diekspor ke toko lain, termasuk konten media, galeri, dan gambar featured.

Jenis produk apa pun : Pilih jenis produk apa pun sebagai Simple, Grouped, External, atau Variations.

Judul produk berbeda, deskripsi dan lebih banyak untuk setiap toko : Kategori dapat diubah namanya di setiap toko dan bisa Anda sinkronkan di seluruh toko. Dan Anda juga memiliki kemampuan untuk tidak memilih menyinkronkan, judul produk, deskripsi produk, deskripsi singkat, harga, tag, gambar produk dan galeri gambar, thumbnail produk, variasi, atribut, ulasan, kategori, gambar kategori, deskripsi kategori, upsell, jual-silang, catatan pembelian, URL (slug produk ).

Membuat salinan produk apa pun : Setiap produk dapat di salin atau digandakan ke setiap toko online di seluruh jaringan situs Anda, sehingga cukup satu publikasi produk maka membuat produk tersebut juga tersedia di toko lain yang diinginkan. Pada halaman produk, Anda dapat menetapkan toko mana yang harus juga menambahkan produk yang sama. Anda juga dapat menetapkan banyak produk dalam jumlah besar, tidak perlu mendorong satu per satu jika Anda memiliki banyak produk untuk di publish.

Order Export : Plugin ini menyertakan fungsi export pesanan yang lengkap sehingga Anda dapat mengekspor pesanan atau orderan ke file CSV atau XLS. Anda memiliki opsi untuk mengekspor semua pesanan atau pesanan hanya dari satu toko. Anda juga dapat memilih bidang pesanan mana yang akan diekspor.

Publikasikan dan Kelola Produk : Plugin ini dapat digunakan untuk menyinkronkan produk di ratusan toko WooCommerce. Kelola dan publikasikan produk di beberapa toko web di berbagai domain, sub-domain, atau subdirektori.

Kelola Stok : Manajemen stok ditangani secara otomatis. Anda memiliki opsi untuk menyinkronkan jumlah stok produk yang sama di semua toko Anda. Jika Anda perlu toko memiliki jumlah stok yang berbeda, itu juga memungkinkan.

Kelola Pesanan : Manajemen order dibuat sederhana karena plugin WooCommerce Multistore menggunakan satu panel pesanan utama – menampilkan pesanan dari semua toko. Dari sana Anda dapat menavigasi ke setiap pesanan.

Cegah pesanan saat terjual habis : Saat menggunakan WooMultistore Anda juga akan mencegah memesan produk jika persediaan stok terakhir dari produk itu terjual di toko lain.

Baca : Membuat Website Marketplace Seperti Ebay dan Amazon dengan Dokan

Harga WooMultistore

WooMultiStore Price

WooMultistore merupakan jenis plugin premium, tidak tersedia versi gratis untuk plugin ini. Untuk menambahkan fitur luar biasa ini di toko online WooCommerce Anda, maka Anda harus membeli lisensi dari plugin ini. Ada dua rencana ditawarkan oleh WooMultistore yaitu :

  • Single network license $199
  • 5 developer licenses for 5 networks $299

Kesimpulan

WooMultistore merupakan plugin yang benar-benar bekerja dengan baik dan memudahkan pekerjaan Anda ketika Anda ingin membuat beberapa toko online WooCommerce di WordPress dengan Multistore atau menjual beberapa produk yang sama di masing-masing toko online yang Anda miliki.

Plugin ini memang mahal dengan lisensi single network seharga $199. Tapi jika Anda memang memiliki banyak produk dan banyak toko online, maka plugin ini benar-benar akan bermanfaat dan Anda butuhkan. Anda bisa mengelola semua toko online dan produk Anda hanya melalui satu situs dan satu dashboard saja.

Untuk cara instalasi dan konfigurasi dari plugin WooMultistore ini juga cukup mudah, Anda bisa membaca di dokumentasi yang sudah disediakan oleh WooMultistore di situs resminya. Dokumentasi sangat jelas disertai dengan gambar dan langkah-langkah yang mudah dipahami oleh pemula sekalipun. Silahkan kunjungi dokumentasi disini → WooMultistore Documentations.

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 Cara Paling Efektif Menabung Bagi Karyawan

5 Cara Paling Efektif Menabung Bagi Karyawan - Sebagai seorang karyawan, khususnya yang masih...

5 Jenis Pekerjaan Menjanjikan Selain Jadi Karyawan

5 Jenis Pekerjaan Menjanjikan Selain Jadi Karyawan - Mayoritas masyarakat Indonesia hanya tahu pekerjaan...

Close