Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Mulai Ngeblog Dan Sukses Dengan Blog

Ribuan blog baru yang diluncurkan setiap hari oleh para calon blogger dan orang-orang yang ingin mempunyai tempat untuk berbagi pikiran mereka secara online selalu tumbuh setiap hari, ada yang bertahan dan sukses dan ada juga yang gagal sebelum mencapai kesuksesan yang mereka impikan. Namun beberapa blog tersebut secara aktif hanya di update beberapa bulan kemudian dan bahkan tidak ingin menjadikan blognya sukses.

membuat blog dan sukses dari blog

Memang pada kenyataanya banyak blogger memiliki gagasan yang tidak realistis tentang apa yang dibutuhkan untuk membangun sebuah blog yang sukses. Mungkin anda melihat sebuah blog yang populer dan berpikir bisa membuatnya, Dan memang Anda bisa. Namun, perlu untuk memahami bahwa dibutuhkan banyak pekerjaan untuk mengembangkan blog ke titik di mana blog itu bisa berhasil dan sukses.

Tentunya perjalanan untuk sukses dalam blog membutuhkan waktu yang lama, seperti anda beberapa bulan melakukan update blog Anda tiga kali seminggu sampai anda benar-benar mendapat keuntungan finansial dari blog. Jangan pernah mengharap akan mendapatkan kesuksesan dalam blog dengan cepat. Karena pada kenyataanya Anda dapat menghabiskan beberapa jam untuk menulis artikel dan kemudian tidak mendapatkan kunjungan yang sepadan dan mendapatkan komentar dari artikel yang Anda tulis.

Baca : Cara Membuat Blog Dalam Waktu 30 Menit

Oleh karena itu jika Anda ingin membuat blog dan sukses dengan blog, maka Anda harus benar-benar terfokus pada blog tersebut untuk membuatnya sukses dikemudian hari. Kecuali Anda memiliki anggaran yang besar untuk menyewa orang lain untuk menulis di blog Anda. Dan dalam membangun kesuksesan sebuah blog tentunya banyak hal yang perlu di korbankan, misalnya anda lebih sering menghabiskan waktu di depan laptop dan lupa akan berkumpul dengan teman bahkan lupa untuk menonton tv. 🙂

Jika Anda bersedia untuk bertahan dan bekerja keras di blog Anda, itu tentunya akan menjadi sukses. Saya yakin tentang itu. Karena memang banyak hal yang perlu di pelajari dalam dunia blogging.

Pada artikel ini, saya ingin berbagi cara untuk mengembangkan blog dan membuatnya sukses.

1. Pilih Topik yang Anda Sukai

Banyak blogger yang fokus pada blog pertama mereka pada topik yang mereka tidak sukai atau tidak tertarik, karena mereka beranggapan hal itu akan membuat mereka menghasilkan lebih banyak uang. Ini adalah kesalahan besar.

Anda harus bergairah dan berfokus pada topik atauk niche blog yang benar-benar anda tertarik dan juga memahaminya. Jika Anda memulai sebuah blog tentang sesuatu yang Anda sendiri sebenarnya tidak tertarik, Maka cepat atau lambat akan kehilangan minat yang sangat cepat dan pasti berhenti untuk melakukan update blog  tersebut.

Pikirkan tentang website dan blog yang Anda baca setiap minggu. Ini akan memberikan indikasi tentang topik dimana Anda harus fokus. Sebagai contoh, saya bisa memulai blog di centerklik dengan topik blog, wordpress dan segala hal yang berhubungan dengan web, karena memang itu adalah topik yang saya nikmati ketika saya baca. Jika saya mulai blog tentang kecantikan, gadget dll, tentunya blog ini tidak akan pernah update lagi. Karena memang tidak ada ketertarikan di topik tersebut.

2. Pikirkan Tentang Bisnis Jangka Panjang

Ketika banyak ide yang baik bermunculan, tentunya anda akan tergoda untuk membeli nama domain, memulai blog, dan mulai menerbitkan artikel. Meskipun harus bersabar. Tapi akan memiliki perubahan yang lebih baik untuk membuat blog Anda sukses jika Anda melakukan banyak penelitian atau riset sebelumnya.

Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Siapa pesaing Anda?
  • Bagaimana pesaing Anda menghasilkan uang?
  • Bagaimana blog Anda akan menghasilkan uang?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menguangkan blog Anda?
  • Apa yang akan Anda lakukan secara berbeda terhadap blog Anda?
  • Apa masalah yang mungkin muncul ketika blog Anda diluncurkan?

Pikirkan tentang semua masalah ini sebelum memulai membuat blog Anda sehingga Anda tidak menghadapi masalah yang tak terduga di kemudian hari.

3. Pilih Nama Domain

Mencari nama domain yang bagus memang tidak mudah, namun itu adalah bagian yang penting untuk brand blog anda. [dot]COM tetap ekstensi nama domain yang terbaik, tetapi jika Anda menemukan domain yang besar yang menggunakan ekstensi yang berbeda, mungkin anda juga bisa menggunakan domain tersebut sebagai gantinya.

4. Pilih Hosting yang Terbaik

Hal ini penting untuk untuk blog Anda, karena jika anda membangun blog di perusahaan hosting terbaik, maka blog anda tentunya akan dapat diakses dengan cepat dan juga mendapatkan layanan yang baik jika terjadi masalah.

Baca : 10 Layanan Hosting Terbaik dan Murah

5. Gunakan Desain Profesional

Apakah Anda setuju atau tidak, pengunjung akan membuat penilaian tentang blog Anda dalam hitungan detik saat pertama di buka. Anda hanya mendapatkan satu kesempatan untuk membuat kesan pertama yang baik, maka dari itu gunakanlah desain blog yang terlihat profesional.

Saya sarankan menggunakan desain yang bersih dan rapi. Pastikan untuk menyertakan kolom pencarian, daftar posting terbaru dan postingan popular. Hal ini akan membantu pengunjung menemukan konten Anda dengan mudah.

Desain blog Anda mempengaruhi bagaimana pengunjung melihat Anda dan blog Anda.

Baca : Cara Membuat Layout Blog Cantik & Profesional

6. Speed ​​Up Blog

Sebuah blog yang lambat akan membuat calon pembaca tidak jadi untuk membuka blog anda dan kemungkinan mereka akan mengklik tombol kembali pada browser mereka sebelum halaman Anda di tampilkan dan itu akan berpengaruh buruk pada Bounce Rate. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengoptimalkan blog Anda sehingga dapat memuat halaman dengan cepat. Search engine juga menilai peringkat website dari loading yang cepat, sehingga mengoptimalkan desain blog dan akan membantu blog Anda mendapatkan lebih banyak lalu lintas dari mesin pencari.

Baca : 13 Cara Mempercepat Loading Website Blog WordPress

Ada beberapa cara di mana Anda dapat mempercepat blog Anda:

  • Memilih web host dengan waktu respon yang cepat
  • Optimalkan gambar
  • Hapus semua plugin WordPress yang tidak berguna
  • Mengurangi jumlah Post revisi yang disimpan
  • Menggunakan plugin caching seperti W3 Total Cache
  • Gunakan Pengiriman Jaringan Konten

7. Optimalkan Blog Anda untuk Mesin Pencari

Versi inti WordPress memiliki beberapa fitur SEO yang baik seperti kemampuan untuk menggunakan permalinks cantik dan pilihan untuk mengubah halaman artikel slug, namun Anda dapat mengoptimalkan blog lebih lanjut agar menjadi semakin mantap.

Saya sarankan menginstal plugin SEO WordPress seperti WordPress SEO by Yoast atau All in One SEO Pack. Menambahkan sitemap juga akan membantu indeks mesin pencari konten Anda.

Sebagian besar lalu lintas akan datang dari mesin pencari, sehingga mengoptimalkan blog Anda untuk mesin pencari merupakan prioritas utama.

Baca : Tips Trik Meningkatkan SEO WordPress

8. Tahu Subyek

Anda akan menulis tentang satu atau dua topik utama setiap minggu di blog Anda. Oleh karena itu harus banyak belajar tentang apa yang Anda tulis. Jika Anda blogging tentang sesuatu yang Anda sukai, Anda harus sudah memiliki pengetahuan tentang topik tersebut, tapi jangan menganggap bahwa ini berarti Anda harus seorang yang sudah ahli.

Untuk menjalankan sebuah blog yang sukses, Anda perlu untuk melakukan riset artikel secara menyeluruh dan dapat mendukung sudut pandang dengan fakta dan angka.

Oleh karena itu Anda harus secara aktif:

  • Tetap up to date dengan berita terbaru di niche Anda
  • Berlangganan ke blog yang baik dalam niche Anda
  • Baca buku-buku tentang topik Anda

9. Menulis Konten yang Bagus

Pada tahun 1996, Bill Gates terkenal menerbitkan sebuah artikel berjudul “Konten adalah Raja”. Dia benar percaya bahwa, seperti televisi, uang besar dalam konten.

Blog hidup dan mati oleh konten mereka. Jika Anda ingin mengembangkan blog yang sukses, Anda akan perlu fokus pada penerbitan konten berkualitas tinggi secara teratur. Oleh karena itu adalah penting untuk meningkatkan kualitas dari artikel.

  • Luangkan waktu untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda
  • Mengoreksi artikel Anda untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan tata bahasa atau kesalahan ejaan
  • Jujurlah dalam tulisan Anda dan memberikan pendapat Anda
  • Jadilah diri sendiri – Jangan mencoba dan meniru orang lain
  • Belajar dari yang terbaik – Ikuti blogger lain dan melihat apa yang mereka lakukan dengan baik dan beradaptasi ke gaya tulisan Anda sendiri

Kuncinya adalah untuk memberikan nilai kepada pembaca. Anda dapat melakukan ini melalui ulasan, tutorial, berita, dan pandangan. Dan pastikan untuk mempertahankan standar yang tinggi di blog Anda. Jika postingan Anda tidak siap, jangan mempublikasikannya.

Baca : 10 Tips Membuat Konten Blog yang Sempurna

10. Publish Artikel Secara Konsisten

Pembaca terbiasa dengan frekuensi di mana Anda mempublikasikan artikel di blog Anda. Oleh karena itu Anda harus mempunyai Frekuensi yang tepat dan tetap konsisten dengan Frekuensi tersebut.

Karena kesalahan umum para pemula adalah mempublikasikan artikel terlalu sering saat blog pertama kali diluncurkan. Antusiasme mereka untuk blog baru memang sangat baik, karena memposting sekali atau bahkan dua kali per hari. Tapi pada akhirnya, mungkin sulit untuk mempertahankan frekuensi posting ini di bulan-bulan berikutnya.

Anda bisa melakukan Update setiap hari satu artikel atau anda juga bisa melakukan update 4 kali dalam seminggu, daripada Anda melakukan update sehari 3 kali tapi hanya seminggu sekali. Di blog centerklik ini misalnya, saya akan konsisten untuk update blog setiap hari satu postingan dan tidak ada postingan di hari minggu. Intinya adalah konsisten terhadap frekuensi update artikel.

Baca : Cara Menjadwal Postingan di WordPress

11. Social Media

Setelah mesin pencari, layanan media sosial mungkin akan menjadi sumber trafik terbesar sebagai lalu lintas. Social media itu penting untuk kesuksesan blog dan membuatnya mudah bagi pengunjung untuk berbagi artikel.

Ada banyak layanan media sosial yang tersedia, namun saya percaya bahwa untuk sebagian besar blog layanan socail yang paling relevan untuk aktif adalah Twitter, Facebook, dan Google+. Anda harus membuat account untuk layanan ini dan juga menggunakan plugin seperti Sosial sahre untuk secara otomatis memperbarui account Anda dengan posting terbaru Anda.

Menampilkan link ke profil media sosial pada sidebar blog untuk mendorong pembaca untuk mengikuti Anda. Jika Anda dapat menghasilkan banyak pengikut di media sosial, Anda akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke blog.

Baca : Plugins Keren Floating Social Bar WordPress

12. Membangun Daftar Email

Sebuah daftar email yang ditargetkan dapat menjadi suatu yang bermanfaat untuk kesuksesan blog Anda. Ketika seseorang sign up untuk newsletter email blog Anda atau meninggalkan komentar di blog itu berarti mereka senang dengan artikel Anda. Dan dari pelanggan email sangat bernilai lebih dari pengikut media sosial.

Pengunjung akan berlangganan ke daftar email Anda jika mereka menikmati konten yang disajikan, namun Anda juga dapat meningkatkan untuk menjadi subscribe dengan memancing mereka dengan tawaran seperti e-book gratis.

Setelah mengembangkan daftar email yang ditargetkan, Anda dapat mengarahkan lalu lintas ke artikel utama dan mempromosikan produk dan jasa terkait kepada mereka.

Baca : Cara Mudah Export Alamat Email dari WordPress

13. Terlibat dengan Pembaca Anda

Blogging bukan saja komunikasi satu arah. Sebagian besar dari menjadi seorang blogger yang sukses adalah menghubungkan dengan pembaca Anda. Anda harus secara aktif mencoba dan terlibat dengan pembaca Anda dalam komentar, media sosial, daftar email, dan tentu saja melalui tulisan Anda. Anda juga dapat menggunakan video untuk berbicara langsung kepada audiens Anda.

Ini akan membantu blog tumbuh dengan pembaca setia yang menyebar informasi tentang blog Anda. Hal ini juga membuat pembaca lebih responsif terhadap setiap produk dan layanan yang Anda promosikan di masa depan.

Baca : Cara Memasang Disqus Comments di WordPress

14. Promosikan Blog Anda

Tidak ada yang lebih mengecewakan daripada menulis artikel yang berkualitas tinggi setiap minggu dan tidak melihat ada pertumbuhan dari pembaca. Kenyataannya adalah bahwa desain blog profesional dan konsisten menerbitkan konten yang baik setiap hari tidak akan menjamin sebuah blog Anda akan sukses. Anda perlu memasarkan blog Anda untuk mendapatkan pembaca.

Ada beberapa cara untuk melakukan ini:

  • Membangun jaringan dengan blogger lain
  • Blogging tamu di blog yang se-niche dengan blog Anda
  • Komentar pada blog terkait dan forum
  • Jadilah aktif di media sosial
  • Kompetisi

15. Monetize Blog Anda

Anda harus merencanakan bagaimana Anda akan menghasilkan uang dari blog Anda sebelum blog diluncurkan. Ini akan membantu Anda tau akan arah mana yang akan di ambil dalam mengembangkan blog.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan uang dari blog, dari program affiliasi, iklan mandiri, adsense atau juga review. Anda bisa membaca lebih jelas di artikel saya sebelumnya.

Baca : Cara Menghasilkan Uang dari Blog Anda

16. Jangan Cepat Puas

Jika anda sudah menghasilkan uang dari blog, dan Anda merasa cukup dari hasil tersebut dan anda menjadi lebih jarang melakukan update di blog dan juga tidak mau belajar untuk mengikuti perkembangan blog yang baru, maka itu sama saja anda bunuh diri.

Anda harus selalu belajar untuk memberikan yang terbaik, Anda harus mengikuti perkembangan saat ini dan juga harus selalu meningkatkan fitur yang lebih pada blog tersebut.

17. Luangkan Waktu untuk Nikmati Hidup

Jadwal blogging sibuk dan fokus pada membuat blog Anda sukses akan memiliki efek negatif pada Anda dan blog Anda. Banyak blogger kelelahan dengan bekerja terlalu lama dan tidak mengambil waktu untuk bersantai.

Jika blog Anda dibangun untuk menjadi sukses dalam jangka panjang, Anda harus memasukkan waktu luang dalam jadwal Anda. Bekerja terlalu keras akan mengurangi kualitas artikel Anda dan membuat Anda stress.

Coba dan jaga keseimbangan yang sehat antara bekerja dan bermain. Olahraga, tidur yang cukup dan bersosial secara langsung. Hal itu penting untuk mengurangi beban kerja Anda jika Anda merasa stres. Ini akan membantu Anda tetap antusias pada blog dan membuat Anda menjadi seorang blogger yang sukses sekaligus blogger bahagia.

Baca : 10 Blog Terkenal yang dibangun dengan WordPress

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memulai untuk membuat blog dan menjadikan blog Anda sukses nantinya, Amin. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Adjie Al-Faruq

    Wow artikelnya mantab aku baca sampai tuntas dan no 10 yang membuatku payah.

    • Pada dasarnya semua blogger melakukan hal itu pada awal-awalnya gan. Jadi itu wajar. Tapi yang paling penting adalah semangat pantang menyerah meskipun sebenarnya juga lelah. 🙂

      • Adjie Al-Faruq

        Bener banget mas, saya juga lagi belajar mendisiplinkan diri. tapi sekarang malah nyari kerja dulu di kanttor biar ada backupan penghasilan dulu. Kalo blog impianku, karena bisa menjadi tempat belajar bagi orang lain.

        • gunain plugin social comment gan. https://wordpress.org/plugins/social-comments/

      • Adjie Al-Faruq

        oh ya mas koment system kalo kayak ini keren ya mas. Ada wordpress, disqus, google+ dan facebook. gimana ya buatnya? https://blog.tokopedia.com/2014/10/alasan-tokopedia-menerima-softbank-dan-sequoia/

  • MAYO

    NICE

Must Read...!
Theme WordPress Juridica Responsive Free

Juridica adalah theme wordpress responsive gratis, ini merupakan tema minimalis baik untuk situs blogging...

WordPress vs Drupal, Mana yang Lebih Baik?

WordPress dan Drupal dirilis di tahun yang tidak terpaut jauh, drupal memang lebih tua...

Close